RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMPN
3 PETERONGAN, JOMBANG
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/Dua
Materi Pokok : Literasi
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan X 40 menit (9 JP)
A. Tujuan
Pembelajaran
Pengetahuan
1.
Menemukan unsur-unsur buku fiksi
2.
Menemukan unsur-unsur buku nonfiksi
Keterampilan
1. Membuat
synopsis/rangkuman buku fiksi dalam
bentuk pemetaan
2. Membuat
synopsis/rangkuman
dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku fiksi
3. Membuat
synopsis/rangkuman buku nonfiksi dalam bentuk pemetaan
4. Membuat
synopsis/rangkuman
dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku nonfiksi
Kompetensi Inti (KI)
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
3. 15 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.15
Membuat peta pikiran/ rangkuman alur tentang isi buku fiksi / buku nonfiksi
yang dibaca
C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD 3.2
3.15.1 Menemukan unsur-unsur buku fiksi
3.15.2 Menemukan unsur-unsur buku nonfiksi
KD 4.2
4.15.1 Membuat synopsis/rangkuman buku fiksi dalam
bentuk pemetaan
4.15.2 Membuat synopsis/rangkuman
dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku fiksi
4.15.3 Membuat synopsis/rangkuman buku nonfiksi dalam bentuk pemetaan
4.15.4 Membuat synopsis/rangkuman dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku nonfiksi
D. Materi Pembelajaran
1.
Materi pembelajaran reguler
a.
Contoh buku fiksi dan nonfiksi
b.
Unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
c.
Ciri kebahasaan buku fiksi dan
nonfiksi
d.
Rangkuman bentuk pemetaan dan bentuk wacana
2.
Materi pembelajaran pengayaan
- Contoh buku fiksi dan nonfiksi
- Unsur-unsur /Struktur buku fiksi dan nonfiksi
c. Ciri kebahasaan buku fiksi dan nonfiksi
d. Rangkuman
bentuk pemetaan dan bentuk wacana
3.
Materi pembelajaran remedial
a. Contoh buku fiksi
dan nonfiksi
b. Unsur-unsur
/Struktur buku fiksi dan nonfiksi
c. Ciri kebahasaan
buku fiksi dan nonfiksi
d. Rangkuman bentuk pemetaan dan bentuk wacana
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan pertama: 3
JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Fasilitator
membangun konteks pembelajaran
2)
Peserta didik beserta fasilitator merumuskan tujuan dan kebermaknaan pembelajaran
3)
Peserta didik menerima informasi dan target
lingkup penilaian pembelajaran
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Peserta didik mengamati gambar dalam tayangan
2) Peserta didik menentukan jenis buku berdasarkan gambar tayangan disertai alasan
3) Peserta didik menerima contoh bagian awal buku dari dua buku
yang berbeda
4) Peserta didik membaca senyap sumber yang telah
dibagikan
5) Peserta didik mengklasifikasi bagian-bagian buku tersebut (LK 1)
6) Peserta didik menemukan unsur-unsur buku sesuai isian dalam LK 1
7) Peserta didik menyampaikan hasil temuannya dan teman lain
menanggapinya
8) Peserta didik
memajangkan hasil kerjanya
9) Peserta didik
lainnya memberi masukan dengan post-it
c. Kegiatan
Penutup (10
menit)
1) Peserta
didik bersama guru menyimpulkan unsur-unsur
buku fiksi dan non fiksi serta kebahasaannya.
2) Peserta didik menerima penguatan dan reward dari fasilitator
2.
Pertemuan kedua
(3 JP ) -----BUKU FIKSI -------
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Peserta didik menyampaikan
penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya
jawab bersama guru.
2)
Peserta didik menerima
kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi pembelajaran
3)
Peserta didik menerima
penyampaian garis besar cakupan materi
dan kegiatan yang akan dilakukan
4)
Peserta didik menerima informasi dan
target lingkup penilaian pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Peserta didik
menunjukkan buku fiksi yang dibawa
2)
Peserta didik membuat pertanyaan
tentang isi buku yang dibaca
3)
Peserta didik menjawab pertanyaan yang telah dibuat
4)
Peserta
didik membacakan hasilkerjanya (2-3 peserrta didik)
5)
Peserta
didik membentuk kelompok (heterogen) yang terdiri atas empat –lima anak
6)
Peserta
didik menerima dua teks berisi contoh synopsis dalam bentuk yang berbeda (peta
konsep dan uraian)
7)
Peserta didik membaca contoh dua bentuk synopsis yang telah dibagikan fasilitator
(membaca senyap)
8)
Secara kelompok peserta didik mendiskusikan perbedaan dua bentuk synopsis
tersebut (LK 2)
9)
Secara kelompok peserta didik merumuskan hasil kerjanya di kertas plano
10)
Peserta
didik menyampaikan hasil kerja kelompoknya ke kelompok lain (karya kunjung)
11)
Peserta didik lain menanggapi hasil karya temannya dengan post-it
12)
Peserta didik mereviuw kembali hasil kerja
kelompoknya berdasarkan masukan teman
13)
Fasilitator
memberi kesimpulan dan penguatan
14)
Secara
individu peserta didik menyusun synopsis dari buku yang dibaca dalam bentuk
pemetaan
15)
Secara
individu peserta didik mengubah hasil kerjanya dari bentuk pemetaan ke dalam
bentuk uraian/paragraf
16)
Secara
berpasangan, peserta didik menukar hasil kerjanya dan memberi penilaian dan
komentar berdasarkan rubrik yang diberikan guru
17)
Secara
individu peserta didik memperbaiki hasil kerja individunya
c. Kegiatan
Penutup (10
menit)
1) Peserta didik difasilitasi guru membuat butir-butir simpulan tentang synopsis buku.
2) Peserta didik menerima penyampaian umpan balik dalam proses dan hasil pembelajaran .
3) Peserta didik melakukan refleksi tentang menyusun sinopsis buku fiksi
3. Pertemuan ketiga: 3 JP
-------------NONFIKSI----------------
a. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
1) Peserta
didik menerima KD dan indikator
2) Peserta
didik menyampaikan pembelajaran yang telah diterima sebelumnya
3)
Peserta didik menerima target dan penilaian pembelajaran
b. Kegiatan Inti (90 menit)
4) Peserta didik menerima contoh daftar
isi dan ringkasan teks nonfiksi
5) Peserta didik membaca senyap contoh
teks
6) Peserta didik menentukan unsur-unsur
buku nonfiksi secara individual
7)
Peserta didik mengonfirmasi dan mendiskusikan unsur buku nonfiksi dalam kelompoknya
8) Peserta didik menyampaikan
hasil diskusinya
9)
Peserta didik menanggapi presentasi kelompok lain
10) Peserta
didik menyimpulkan hasil
11)
Peserta didik membaca sekilas buku nonfiksi yang telah dibaca dan
dibawanya
12) Peserta
didik membuat peta konsep secara mandiri tentang isi buku nonfiksi yang
dibacanya
13)
Peserta didik menjelaskan isi peta konsep yang telah dibuatnya dalam
kelompoknya
14) Peserta didik menjawab pertanyaan dan menanggapi komentar teman seputar isi
buku nonfiksi yang dibacanya
15) Perwakilan peserta didik menyampaikan hasil
kerjanya secara klasikal
16) Pesertadidik memberikan penilaian
c) Kegiatan
Penutup
17)
Peserta didik menyampaikan kesimpulan pembelajaran
18)
Peserta didik menyampaikan hal-hal yang sudah didapat dan hal yang belum
dipahaminya
19) Peserta didik mendapat materi dan tugas
pengembangan terhadap kegiatan literasinya
F.
Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a.
Penilaian sikap
sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
b.
Penilaian pengetahuan
dilakukan dengan teknik penugasan.
c.
Penilaian
keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.
2. Instrumen
Penilaian
a.
Instrumen
jurnal
Contoh:
Jurnal Perkembangan
Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMPN 3
Peterongan
Kelas/Semester : VII/Dua
Tahun pelajaran : 2016/2017
‘No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
24/03/17
|
Zahra Zahida
|
· menyampaikan usulan
konstruktif dalam diskusi membangun konsep
|
peduli
|
2
|
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Contoh:
Jurnal Perkembangan
Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMPN 3 Peterongan
Kelas/Semester : VII/Dua
Tahun pelajaran : 2016/2017
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1
|
24/03/17
|
Makmur
|
· dua
kali tidak mengerjakan tugas bahasa indonesia
|
tidak bertanggung jawab
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Penilaian Pengetahuan
1.Teknik Penugasan
2. Instrumen penilaian
Soal untuk KD: 3.15
Bacalah Enam halaman awal buku
“The Kite Runner” dan “ Perempuan-Perempuan
Al-quran” berikut!
![]() |
Jawablah pertanyaan berikut!
1.
Tuliskanlah
identitas masing-masing buku!
2.
Apakah
persamaan dan perbedaan unsur-unsur dalam teks yang Kalian analisis!
3.
Menurut
Kalian, Apa kira-kira isi teks buku 1 dan 2 tersebut, uraiakan dalam satu
paragraph!
Kisi-kisi dan Pedoman
Penilaian Penugasan
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Nama
Sekolah : SMPN 3 Peterngan
Kelas/Semester
: VII/Dua
Tahun
pelajaran : 2016/2017
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1.
|
3. 15 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
Unsur-unsur
Buku Fiksi dan Nonfiksi
|
Disajikan enam halaman awal buku (Fiksi dan Nonfiksi),
peserta didik menganalisis identitas, persamaan dan perbedaan, dan perkiraan
gagasan isi buku
|
Penugasan
|
3. Rubrik Penilaian
No
|
Identitas Buku
|
Persamaan dan perbedaan buku
|
Perkiraan Isi Buku
|
1
|
Menuliskan
tiga atau lebih unsur identitas buku -----------skor 3
|
Menemukan tiga atau lebih perbedaan dan persamaan
buku ---(skor 4)
|
Menuliskan perkiraan isi buku dengan logis dan
sistematis
(skor 3)
|
2
|
Menuliskan
dua unsur identitas buku ------------------ skor 2
|
Menemukan dua perbedaan dan persamaan buku ---
(skor 3)
|
Menuliskan perkiraan isi buku dengan logis tapi
kurang sistematis
(skor 2)
|
3
|
Menuliskan hanya satu unsur identitas buku ---------
skor 1
|
Menemukan satu persamaan dan perbedaan buku
(skor 2
|
Menuliskan perkiraan isi buku
Tapi tidak logis
(skor 1)
|
Nilai = Skor yang didapat
Skor
Maksimal
C.
Penilaian Keterampilan
1.
Bentuk penilaian : Unjuk Kerja
2. Instrumen penilaian :
Bawalah
buku Novel/fiksi yang telah Kalian baca!
Bawalah
buku nonfiksi yang telah Kalian baca!
a. Buatlah synopsis bentuk pemetaan!
b. Terjemahkan bentuk pemetaan tersebut dalam bentuk uraian-uraian
(Paragraf-paragraf)
4.
Rubrik Penilaian
No
|
Perumusan Alur
|
Perumusan Ide
Pokok
|
Hubungan antar Gagasan
|
1
|
Alur cerita digambarkan dengan runtut (alur besar
dan alur di bawahnya tergambar dengan jelas)
(Skor : 4)
|
Ide pokok terumuskan dengan logis dan sistematis
sesuai isi buku
Skor : 3
|
Hubungan antar gagasan logis dan realistis
(skor 3)
|
2
|
Masih ada satu sampai dua alur yang kurang jelas
kedudukannya
Skor :3
|
Masih ada 1—3 ide pokok yang kurang terumuskan
dengan jelas
Skor :2
|
Masih ada 1-3 hubungan antar gagasan yang kurang
sesuai
Skor: 2
|
3
|
Alurnya belum tergambar dengan runtut
Skor : 2
|
Perumusan ide masih belum sistematis
Skor 1
|
Hubungan antar gagasan tidak logis
Skor: 1
|
4. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Pembelajaran Remedial
Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan
bimbingan perorangan
·
Pembelajaran
ulang
Menulis synopsis dari novel yang sudah dibaca
·
Bimbingan
perorangan
Penentuan unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
b.
Pembelajaran Pengayaan
Membaca Novel dan buku
pengetahuan popular lain dan membuat sinopsisnya dalam dua bentuk
G. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
a.
Buku fiksi (novel)
b.
Buku Nonfiksi (pengetahuan popular)
c.
Gambar mind map
d.
Contoh sinopsis
2. Bahan
a.
Kertas plano sejumlah kelompok
b.
Kertas post it 5 warna
c.
Kertas hvs sejumlah siswa
3. Sumber
Belajar
a.
Kemdikbud.
…Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud, halaman 12 s.d.42
b.
Hosseini Khaled . 2008. The Kite Runner. Penerjemah: Berliani M. Jakarta: Mizan
c.
Umairah, Abdurrahman. 2009.
Perempuan-perempuan Al-quran. Jakarta: Grafindo
Mengetahui,
Kepala SMPN
Syafak Efendi, M.Pd.I
NIP . 19671206 200604 1 003
|
Jombang, 05 Januari 2017
Guru Mata Pelajaran,
Faiqotur Rosidah, M.Pd.
NIP. 19740220 199903 2 004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar