RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 3 PETERONGAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indoesia
Kelas/Semester : VII/Satu
Materi Pokok : Teks Deskrpsi
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan (9 JP)
A. Tujuan
Pembelajaran
a. Aspek Sikap
1. Siswa
dapat mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan.
2. Siswa memiliki perilaku peduli terhadap
lingkungan sekitarnya.
b. Aspek
Pengetahuan
3.13.1
Siswa dapat menentukan ciri tujuan teks surat pribadi/resmi yang
didengar/ dibaca
3.13.2
Siswa dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks surat
pribadi/resmi
3.13.4 Siswa dapat menentukan ungkapan perasaan
penulis dalam teks surat pribadi/resmi yang dibaca.
c. Aspek Keterampilan
4.13.1Menjawab
pertanyaan teks surat
pribadi/resmi.
4.13.2 Menuliskan
bagian-bagian pokok teks surat pribadi/resmi
B. Kompetensi
Inti (KI), Kompetensi Dasar, dan Indikator Pencapaian
a.
Kompetensi Inti
KI-1: Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI-3: Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI-4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
b.
Kompetensi Dasar
4.13 Mengidentifikasi informasi
(kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
4. 13 Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang
dibaca atau diperdengarkan
c.
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)/ Tujuan Pembelajaran
KD 3.13
3.1.1 Menentukan ciri tujuan teks surat pribadi/resmi yang
didengar/ dibaca
3.1.2 Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks surat pribadi/resmi
3.1.4 Menentukan ungkapan perasaan penulis dalam
teks surat pribadi/resmi yang dibaca.
KD 4.13
4.1.1
Menjawab pertanyaan teks surat pribadi/resmi
4.1.2
Menyimpulkan bagian-bagian pokok teks surat
pribadi/resmi
C. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Teks Surat pribadi/resmi
2. Konsep : -surat pribadi adalah surat
yang dituli pleh seseorang pada orang lain
- surat resmi adalah surat yang ditulis oleh
lembaga
c. Ciri-ciri teks surat resmi : menggunakan kepala surat, tanggal, nomor, hal, salam, isi,
penutup
d. Klasifikasi/telaah
teks surat pribadi/resmi
3. Prinsip
a. Untuk dapat memahami teks surat
pribadi/resmi, peserta didik harus memahami struktur teks surat pribadi/resmi
dan ciri bahasa teks surat pribadi/resmi
b. Untuk dapat menangkap makna
teks surat pribadi/resmi, peserta didik harus dapat menjelaskan isi dalam teks surat
pribadi/resmi.
c. Untuk menelaah teks surat
pribadi/resmi maka peserta didik harus menemukan struktur dan ciri kebahasaan teks
surat pribadi/resmi
d. Untuk menyajikan teks surat pribadi/resmi,
peserta didik harus mampu mendata ciri-ciri surat dan tujuan surat
4. Prosedur
a. Teknik
memahami struktur teks surat pribadi/resmi
b. Teknik
memahami ciri bahasa teks surat pribadi/resmi
c. Teknik menelaah
teks surat pribadi/resmi
d. Teknik
menangkap makna teks surat pribadi/resmi
e. Teknik
menyajikan teks surat pribadi/resmi (lisan/tulis)
1. Materi pembelajaran reguler
a.
Contoh teks
surat pribadi/resmi
b.
Jenis teks surat pribadi/resmi
c.
Tujuan teks surat pribadi/resmi
d.
Kaidah-kaidah kebahasaan teks surat pribadi/resmi dan
contoh-contohnya
2.
Materi
pembelajaran pengayaan
a. Contoh teks
surat pribadi/resmi
b. Jenis teks surat
pribadi/resmi
c. Tujuan teks
surat pribadi/resmi
d. Kaidah-kaidah
kebahasaan teks surat pribadi/resmi dan contoh-contohnya
3.
Materi
pembelajaran remedial
a. Contoh teks surat
pribadi/resmi
b. Jenis teks surat pribadi/resmi
c. Tujuan surat pribadi/resmi
d. Kaidah-kaidah kebahasaan teks surat
pribadi/resmi dan contoh-contohnya
D. Metode
Pembelajaran
·
Pendekatan
Saintifik
·
Metode: Discovery Learning
E.
Media/Alat dan Bahan Pembelajaran,
Media/alat
·
Teks Surat
pribadi/resmi
·
LK 1, 2, 3
Bahan
Kertas
plano
Kertas
post it 5 warna
Kertas
hvs sejumlah siswa
F.
Sumber Belajar
Kemdikbud.
…Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud, halaman 12 s.d.42
Alwi,
Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Permendiknas
No. 50 Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan
yang Disempurnakan”.
Permendikbud No 24 Tahun 2016
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan
pertama: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Peserta
didik berdoa sebelum pembelajaran
2)
Peserta didik bertanya jawab tentang teks surat
pribadi/resmi dan contohnya.
3)
Peserta didik menerima kompetensi dan indikator
pencapaian kompetensi pembelajaran.
4)
Peserta didik menerima informasi dan target
lingkup penilaian pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Peserta didik membaca
contoh teks surat pribadi/resmi
2)
Peserta didik membuat pertanyaan
berkaitan dengan teks surat pribadi/resmi yang dibaca.
3) Peserta didik menukarkan pertanyaan untuk dijawab temannya.
4) Peserta didik mengonfirmasi hasil jawabannya.
5) Peserta didik mendiskusikan ide pokok teks secara umum.
6) Peserta didik
membaca beberapa contoh (minimal 3) teks surat pribadi/resmi yang disediakan
fasilitator/guru (kegiatan membaca dilakukan secara individual; peserta didik
diberi waktu untuk membaca senyap).
7) Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan teks tersebut berdasarkan
tujuan, isi,
dan ungkapan perasaan penulis yang disurat pribadi/resmikan dalam teks (LK 1).
8) Fasilitator/guru
memberikan pendampingan individual kepada tiap-tiap kelompok.
9) Peserta didik menyampaikan hasil temuan tentang tujuan dan isi dalam teks surat pribadi/resmi yang telah didiskusikannya
(perwakilan kelompok mempresentasikan hasil Japoknya).
10) Peserta didik bersama fasilitator
membahas hasil temuan secara klasikal.
11) Peserta didik
menuliskan ciri surat pribadi/resmi
secara individual.
12) Peserta didik
menukarkan dan menanggapu hasil kerjanya dengan teman dalam satu kelompoknya.
c. Kegiatan
Penutup (10
menit)
1) Peserta didik bersama guru menyimpulkan tujuan dalam teks surat
pribadi/resmi.
2) Peserta didik menerima penguatan tentang tujuan dan rincian objek dalam teks surat pribadi/resmi.
2.
Pertemuan kedua
(3 JP )
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Peserta didik menyampaikan
penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya
jawab bersama guru.
2)
Peserta didik menerima
kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi
pembelajaran
3)
Peserta didik menerima
penyampaian garis besar cakupan materi
dan kegiatan yang akan dilakukan
4)
Peserta didik menerima informasi dan
target lingkup penilaian pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Peserta didik (secara individual)
membaca kembali dua teks yang telah dipelajari sebelumnya.
2)
Peserta didik mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam keempat teks yang dibacanya
(LK 2)
3)
Peserta didik secara berpasangan mendata unsur kebahasaan dalam teks surat pribadi/resmi yang terdapat dalam teks.
4)
Peserta
didik mendapat pendampingan individual dalam menyelesaikan LK 2
5)
Secara bergantian peserta didik membacakan dan
menanggapi hasil temuannya berkaitan dengan unsur kebahasaan yang terdapat
dalam teks surat pribadi/resmi.
6)
Peserta didik
menemukan unsur kebahasaan dalam teks surat pribadi/resmi yang dibacanya.
7)
Peserta
didik membaca satu teks surat pribadi/resmi yang dibagikan fasilitator
8)
Secara
individual peserta didik mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks surat
pribadi/resmi
9)
Peserta
didik menukarkan dan menanggapi hasil kerjanya dengan teman dalam satu
kelompoknya
10)
Peserta
didik mengumpulkan hasil kerja yang telah dikomentari temanya
c. Kegiatan
Penutup (10
menit)
1) Peserta didik difasilitasi guru membuat simpulan tentang unsur kebahasaan teks surat
pribadi/resmi.
2) Peserta didik menerima penyampaian umpan balik dalam proses dan hasil pembelajaran .
3. Pertemuan ketiga: 3 JP
a. Kegiatan
Pendahuluan (10
menit)
1) Peserta didik bertanya jawab tentang teks surat
pribadi/resmi yang telah dibahas pada
dua pertemuan sebelumnya
2) Peserta didik menerima penyampaian kompetensi dan
indikator pencapaian kompetensi pembelajaran
3) Peserta didik menerima
penyampaian cakupan materi dan menyepakati
langkah-langkah kegiatan yang akan ditempuh.
4) Peserta didik bersama guru menyepakati penilaian yang akan digunakan, yaitu kinerja
dengan menyepakati rubrik yang akan
digunakan untuk menilai.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Peserta didik membaca dua teks yang dibagikan
fasilitator
2)
Secara individu, peserta didik membaca dua surat (satu pribadi, satu resmi)
3)
Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan LK 3 .
4)
Peserta didik menyelesaikan tugas LK-3
5) Peserta didik menyampaikan dan menanggapi hasil kerja kelompoknya
6) Peserta didik memberikan penilaian terhadap hasil
kerja kelompoknya dengan rubrik yang telah disediakan.
7) Peserta didik menukar dan menanggapi hasil Jadu dengan temannya
(dengan kelompok lain).
8)
Peserta didik
memperbaiki hasil Jadu-nya
c. Kegiatan
Penutup (10
menit)
1) Peserta
didik difasilitasi guru didik membuat butir-butir
pemetaan untuk menentukan isi teks
2) Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi kelebihan dan
kekurangan kegiatan pembelajaran.
3) Peserta didik menerima umpan balik guru dalam
proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi penguatan tentang penyajian teks surat pribadi/resmi secara lisan.
4)
Peserta didik menerima apresiasi
terhadap hasil kerja kelompok terbaik dengan memberikan
penghargaan untuk memotivasi peserta didik.
H.
Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a.
Penilaian sikap
sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
b.
Penilaian pengetahuan
dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.
Penilaian
keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.
2. Instrumen
Penilaian
a.
Instrumen
jurnal
Contoh:
Jurnal
Perkembangan
Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMPN 3 PETERONGAN
Kelas/Semester : VII/Satu
Tahun pelajaran : 2016/2017
‘No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
21/03/16
|
Sena
|
·
menyampaikan
usulan konstruktif dalam diskusi membangun konsep teks surat pribadi/resmi.
|
peduli
|
2
|
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Contoh:
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah
: SMPN 3 PETERONGAN
Kelas/Semester
: VII/Satu
Tahun pelajaran
: 2016/2017
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1
|
22/03/17
|
Erwin
|
·
tiga kali tidak mengerjakan
tugas bahasa indonesia
|
tidak bertanggung jawab
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Instrumen Teknik Tes
Tertulis
Soal
untuk KD: 3.13
Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian
kerjakan soal yang tersedia dengan tepat!
Teks 1
Jombang, 29 November 2015
Salam kangen.
Apa kabar, Aim?
Aim, setelah kamu pindah ke Samarinda,
kami dengar kamu bersekolah di sekolah
bertaraf internasional. Bagaimana rasanya
sekolah di sana? Liburan semester ini aku
dan keluarga berencana berkunjung ke
rumah pamanku di Samarinda. Aku akan
sangat senang jika dapat bertemu denganmu.
Kirimkan alamatmu kepadaku ya.
Sekian dulu, semoga kamu dapat
membalas surat ini. Aku tunggu balasanmu.
Sahabatmu,
Giati
Teks 2
PANITIA
PERSAMI KLUB SAINS BIOLOGI
OSIS
SMP BUDI LUHUR
JAKARTA
PUSAT
No. : 05/K/PKSB
9 Maret 2017
Lamp.: Satu berkas
Perihal: Permohonan Izin
Yth. Kepala Kwarcab Jakarta Pusat
di Jakarta
Dengan hormat,
Dalam upaya untuk lebih mengenal kawasan lingkungan pantai dan
membantu kegiatan pelestarian
lingkungan, Klub Sains Biologi OSIS SMP Mutiara I bermaksud
mengadakan kegiatan perkemahan Sabtu
dan Minggu di kawasan pantai Marunda pada tanggal 4-5 Juni 2015.
Kegiatan utama “persami” adalah pencatatan dan pendokumentasian tumbuhan
dan hewan yang hidup di kawasan tersebut secara terbatas. Untuk itu kami mohon
bantuan Bapak untuk dapat meminjamkan 3 (tiga) tenda besar kepada kami. Kami
mematuhi semua persyaratan yang ditentukan pihak Kwarcab dalam hal peminjaman
tenda. Sebagai bahan pertimbangan kami lampirkan proposal kegiatan.
Atas perhatian dan dikabulkannya permohonan ini, kami mengucapkan terima
kasih.
Hormat
kami,
Mengetahui Ketua
Panitia
Kepala Sekolah,
Rio Dewanto, M.Pd. Ria
Irawan NIP.
196602201987012001
Pertanyaan:
1.
Tentukan
tujuan surat 1 dan surat dua!
2.
Bagaimana
penggunaan bahasa pada surat 1 dan 2?
3.
Bagaiman
bagian-bagian surat 1 dan 2!
4.
Apa pesan
yang ingin disampaikan penulis surat 1 dan 2?
Kisi-kisi
dan Pedoman Penilaian Tes Uraian
Nama Sekolah : SMPN
3 PETERONGAM
Kelas/Semester : VII/I
Tahun pelajaran
: 2016/2017
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1.
|
4.13 Mengidentifikasi
informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang
dibaca dan didengar
|
Teks surat
pribadi/resmi, tujuan dan ciri
|
1)
Disajikan teks surat pribadi/resmi, peserta
didik menentukan tujuan, rincian, dan ungkapan
perasaan penulis.
2) Disajikan teks surat pribadi/resmi, peserta
didik menemukan penggunaan bahasanya
|
Tes uraian
Tes uraian
|
Skor A = maksimal 6; B maksimal 4 : Nilai = skor A
+B
·
Kisi-kisi
keterampilan
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1.
|
4. 13
Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang
dibaca atau diperdengarkan
|
Teks surat
pribadi/resmi, isi teks
|
1)
Disajikan teks surat pribadi/resmi, peserta
didik menentukan isi teks .
2) Disajikan teks surat pribadi/resmi, peserta
didik menyusun
pemetaan konsep berdasarkan ide pokok teks
|
Tes uraian
Tes uraian
|
Soal untuk KD: 4.13
Teks 1
Berjayalah Anak-anak Rasta
Buat anak-anak didikku,
Rasta Mania …
Salam perjuangan,
Anak-anakku Rasta (Rakyat
SMP 3: sebutan untuk siswa dan alumni SMPN 3 Peterongan, Jombang), ibu selalu
bangga pada Kalian. Bukan karena prestasi yang mendunia, bukan pula karena
kekayaan orangtua Kalian, tetapi semata-mata karena perilaku luhur yang Kalian
pelihara. Lihatlah betapa senangnya hati ibu bila Kalian bersedia mengucap
salam dan mencium tangan ibu ketika bertemu (padahal mungkin kadang-kadang
tangan ibu bau sambal ya! He..). Ibu juga merasa tersanjung jika Kalian sudah
menjadi alumni dan masih ingat pada Ibu; tersenyum dan menyapa Ibu ketika tanpa
sadar kita bertemu di jalan. Alangkah senangnya hati Ibu, Nak!
Belum lagi bila menjelang
ujian akhir Kalian memohon maaf dan meminta restu pada Kami... Bahagianya hati
ibu melihat Kalian tumbuh, sehat, cerdas,dan berakhlaq mulia. Ibu jadi teringat
waktu Kalian awal masuk di sekolah ini. Kalian harus bertahan dalam kesedihan
karena harus berpisah dengan orangtua Kalian. Demi sebuah cita-cita Kalian
harus tinggal di asrama dan berpisah dengan orang-orang terkasih Kalian.
Ah….betapa sebenarnya Ibu juga tidak tega melihat itu semua. Apalagi jika
Kalian harus menahan airmata untuk itu semua…Ibu juga tak sadar ikut meneteskan
airmata… Nak, Ibu sangat bangga pada perjuangan Kalian!
Inilah yang membuat Ibu
bahagia bisa menjadi guru Kalian. Ibu tidak pernah bermimpi untuk menjadi
jutawan karena Ibu tahu dan sadar akan profesi ibu sebagai guru. Akan tetapi,
satu hal yang ibu yakini dengan profesi ini bahwa ibu dan guru-guru Kalian
lainnya mampu melahirkan pemimpin-pemimpin Negara, pengusaha-pengusaha sukses,
dan ulama besar yang berbudi pekerti luhur sehingga mengangkat harkat dan
martabat bangsa ini di kemudin hari…..Amiin!!!
Semoga Tuhan selalu
memberkati kita…
Ttd
Ibu Faiq

Jombang, 27 September 2015
Nomor :
025/USAID-PRIORITAS/EJ-IX/2015
Sifat : Penting
Lampiran :
1 (satu) lembar
Hal :
Pemberitahuan dan Ijin sebagai Fasda
Kepada Yth.,
Kepala Sekolah/Madrasah Kabupaten Jombang
Di Jombang
Dengan hormat,
Menindaklanjuti
kerjasama sekolah mitra dengan Usaid Prioritas pada tahun 2015, maka FASDA
akan mengadakan PRAKTIK PEMBELAJARAN (DO) “Model Pembelajaran CTL
“ untuk semua guru. Untuk
mendukung Fasda Kabupaten pada:
Hari :
Sabtu - Senin
Tanggal :
28 – 30 September 2015
Waktu :
08 – 12.30 Wib ( jadwal terlampir )
Tempat : Sekolah sasaran USAID PRIORITAS
Agenda :
Praktik Pembelajaran CTL (DO)
Keterangan :
Pengamat 10 Fasda
Agar
supaya kegiatan workshop berjalan lebih optimal dan bersemangat, kami mohon
dukungan Kepala sekolah untuk mengijinkan Para Fasda
SMP/MTs Kabupaten Jombang untuk hadir dan berperan aktif pada kegiatan tersebut.
Demikianlah
permohonan kami, atas perhatian dan kerjasamanya yang baik selama
ini, kami
sampaikan
ucapan
terima kasih.
Hormat
kami,

Syaifulloh
Koordinator
USAID PRIORITAS Kabupaten Jombang
Tembusan
: - Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan
Jombang
-
Pendma
Kemenag Jombang
Jawablah pertanyaan berikut:
- Siapakah pengirim dan penerima surat 1?
- Siapakah pengirim dan penerima surat 2?
- Apakah tujuan surat 1 dan 2?
- Apakah bagian-bagian surat 1 dan 2?
- Apakah isi surat 1 dan surat 2?
Rubrik
Penskoran kinerja
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
|
Bobot Nilai
|
1
|
Benar 2, jawaban logis dan sesuai teks
|
4
|
40
|
2
|
Benar 5, menjawab logis dan disertai rincian sesuai teks
|
10
|
100
|
Skor
maksimum
|
10
|
100
|
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Pembelajaran Remedial
Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan
bimbingan perorangan
·
Pembelajaran
ulang
Membaca teks surat pribadi/resmi lain dan menganalisis tujuan,
rincian, dan unsur kebahasaannya.
Membaca teks menjawab pertanyaan dan menyusun pemetaan
·
Bimbingan
perorangan
Penentuan tujuan dan
bagian-bagian suratteks
Penentuan ungkapan perasaan penulis
Penentuan isi teks
Penentuan unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks
b.
Pembelajaran Pengayaan
Memberi teks baru yang lebih kompleks : menentukan tujuan, ciri,
ungkapan perasaan, dan unsur kebahasaannya.
Mengetahui
Jombang, 5 Januari
2017
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Syafak Efendi, M.P.d.I Faiqotur
Rosidah, M.Pd.
NIP 19671206 200604 1 003 NIP.197402 199903 2 004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 3 Peterongan
Mata Pelajaran : Bahasa Indoesia
Kelas/Semester : VII/II
Materi Pokok : Teks Surat
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan (9 JP)
A. Tujuan
Pembelajaran
a. Siswa
dapat Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
b. Sswa
dapat Menulis surat (pribadi
dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks,kebahasaan,
dan isi.
Kompetensi Inti (KI)
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2: Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
KI-4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
3.14 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan
didengar.
4.14 Menulis surat (pribadi
dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD 3.14
3.14.1 Memetakan isi surat pribadi dan
surat dinas
3.14.2 Menjawab pertanyaan isi surat pribadi dan surat dinas
KD 4.14
4.14.1 Menjelaskan perincian struktur surat pribadi dan surat
dinasi
4.14.2 Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada surat pribadi dan
surat dinas
4.14.3 Melengkapi surat pribadi dan surat dinas sesuai struktur dan kaidah bahasa
4.14.4 Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan
tanda baca
4.14.5
Menulis surat resmi dan surat pribadi dengan tepat sesuai keperluan
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran reguler
a.
Contoh teks
surat pribadi dan surat dinas
b.
Unsur-unsur surat pribadi dan surat dinas
c. Struktus
surat pribadi dan surat dinas
d. Karakteristik tiap bagian surat pribadi dan surat dinas
e. Kata/frasa benda, kata/frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
f. Sinonim dan hiponim pada surat pribadi dan surat dinas
g.
Penggunaan tanda baca/ejaan baik yang salah maupun yang benar
2.
Materi
pembelajaran pengayaan
a. Contoh
teks surat
pribadi dan surat dinas
b. Unsur-unsur
surat pribadi dan surat dinas
c. Struktus
surat pribadi dan surat dinas
d. Karakteristik tiap bagian surat pribadi dan surat dinas
e. Kata/frasa benda, kata/frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
f. Sinonim dan hiponim pada surat pribadi dan surat dinas
g. Penggunaan tanda baca/ejaan baik yang salah maupun yang benar
3. Materi
pembelajaran remedial
a. Contoh
teks surat
pribadi dan surat dinas
b. Unsur-unsur
surat pribadi dan surat dinas
c. Struktus
surat pribadi dan surat dinas
d. Karakteristik tiap bagian surat pribadi dan surat dinas
e. Kata/frasa benda, kata/frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
f. Sinonim dan hiponim pada surat pribadi dan surat dinas
g. Contoh penggunaan tanda baca/ejaan baik yang salah maupun yang benar
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
scientifik/ tekstual dan metode inkuiri
F.
Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
a.
Teks surat resmi dan surat pribadi
b.
Video pembacaan surat
2. Bahan
a.
Kertas manila 5 lembar
b.
Kertas post it 5 warna
c.
Kertas hvs sejumlah siswa
3. Sumber
Belajar
a.
Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas VII.
Jakarta: Kemdikbud, halaman 12 s.d.42
b.
Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
c.
Permendiknas No. 50 Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan yang
Disempurnakan”.
d.
Teks surat resmi dan pribadi
e.
Lembar kerja siswa
G.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan
pertama: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Peserta didik bertanya jawab tentang teks surat pribadi dan surat dinas dan contohnya
2)
Peserta didik menerima kompetensi dan indikator
pencapaian kompetensi pembelajaran
3)
Peserta didik menerima informasi dan target
lingkup penilaian pembelajaran
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Peserta didik secara perorangan
dalam kelompok membaca isi surat pribadi dan surat dinas yang disajikan dalam lembar kerja
2) Peserta didik memetakan isi surat pribadi dan
surat dinas
3) Peserta didik menyajikan isi surat pribadi dan surat dinas di
depan kelas.
4) Peserta didik yang lain dengan bimbingan guru diminta menanggapi
ketepatan isi sesuai surat yang ditelaah
5) Peserta menjawab pertanyaan
tentang isi surat pribadi dan surat dinas yang telah disiapkan oleh guru
6) Peserta didik bersama guru
mencocokkan lembar jawaban
c. Kegiatan
Penutup (10
menit)
1) Peserta
didik bersama guru menyimpulkan isi umum surat resmi dan surat pribadi serta
kebahasaannya.
2) Peserta didik menerima penguatan tentang isi dan kaidah kebahasaan surat resmi dan surat pribadi.
2.
Pertemuan
kedua (3 JP )
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Peserta didik menyampaikan
penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya
jawab bersama guru.
2)
Peserta didik menerima
kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi
pembelajaran
3)
Peserta didik menerima
penyampaian garis besar cakupan materi
dan kegiatan yang akan dilakukan
4)
Peserta didik menerima informasi dan
target lingkup penilaian pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Peserta didik berkelompok
menentukan perincian unsur dan struktur pribadi dan surat dinas
2)
Peserta didik menentukan prinsip penggunaan kata/kalimat/paragraf pada
surat pribadi dan surat resmi
3)
Tiap-tiap
anggota kelompok berkontribusi menyampaikan pendapatnya dan saling memberikan
tanggapan atas pendapat temannya dalam kelompok.
4)
Menentuka
simpulan sementara hasil kerja kelompok
5)
Tiap
kelompok diberi kesempatan menyampaikan hasil kerjanya di depan kelas.
6)
Anggota kelompok lain mencermati dan menanggapi
hasil kerja penyaji
c. Kegiatan
Penutup (10
menit)
1) Peserta didik difasilitasi guru membuat butir-butir simpulan tentang unsur dan struktur surat resmi dan
surat pribadi.
2) Peserta didik menerima penyampaian umpan balik dalam proses dan hasil pembelajaran .
3) Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses pembelajran hari itu.
3. Pertemuan ketiga: 3 JP
a. Kegiatan
Pendahuluan (10
menit)
1) Peserta
didik diajak guru mendengarkan pembacaan surat pribadi yang dilakukan salah
seorang temannya.
2) Peserta didik bersama guru merenungkan keagungan Tuhan melalui anugerahnya-Nya dan
mengajak peserta didik untuk mensyukuri kemampuan berbahasa yang diperolehnya.
3) Peserta didik menerima penyampaian kompetensi dan
indikator pencapaian kompetensi pembelajaran
4) Peserta didik menerima penyampaian cakupan
materi dan menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan ditempuh.
5) Peserta didik bersama guru menyepakati penilaian yang akan digunakan, yaitu kinerja
dengan menyepakati rubrik yang akan
digunakan untuk menilai.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Peserta didik menerima lembar kerja berupa surat pribadi dan surat resmi yang
dirumpangkan beberapa bagiannya
2)
Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan
kelengkapan bagian surat resmi
dan pribadi yang dirumpangkan beberapa bagiannya.
3)
Secara berkelompok, peserta didik mendaftar kata, kalimat, ejaan dan tanda baca yang kurang tepat dan mendiskusikannya untuk diperbaiki.
4)
Secara berkelompok, peserta didik menyunting kembali surat pribadi dan surat remi sebelum di
tempel.
5) Peserta didik menempelkan hasil kerjanya dan tiap kelompok saling memberikan
tanggapan baik pujian atau perbaikan.
6) Secara individu peserta didik membuat surat
pribadi dan resmi sesuai ilustrasi yang terdapat dalam lembar kerja siswa
7) Peserta didik menukarkan hasil dan memberi
penilaian hasil kerja teman
c. Kegiatan
Penutup (10
menit)
1) Peserta
didik difasilitasi guru didik membuat butir-butir
simpulan tentang hal
penting dari struktur, isi, unsur, dan aspek kebahasaan yang digunakan
2) Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi kelebihan dan
kekurangan kegiatan pembelajaran.
3) Peserta didik menerima umpan balik guru dalam
proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi penguatan tentang penyajian teks deskripsi secara lisan.
4) Peserta didik menerima
penyampaian kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai
PR
5) Peserta didik menerima aparesiasi
terhadap hasil kerja kelompok terbaik dengan memberikan
penghargaan untuk memotivasi peserta didik.
6)
Peserta didik menerima informasi kompetensi pertemuan yang akan datang
7)
Peserta didik bersama guru berdoa mengakhiri pembelajaran.
H.
Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a.
Penilaian sikap
sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
b.
Penilaian pengetahuan
dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.
Penilaian
keterampilan dilakukan dengan teknik tertulis bentuk produk.
2. Instrumen
Penilaian
a.
Instrumen
jurnal
Contoh:
Jurnal
Perkembangan
Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah : SMPN 3 Peterongan
Kelas/Semester : VII/2
Tahun pelajaran : 2016/2017
‘No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
21/03/17
|
Didik Saputro
|
·
menyampaikan pendapat secara santun dan
sesuai konteks dalam diskusi kelompok.
|
peduli
|
2
|
27/3/2017
|
Anton K.
|
Tidak bersikap kooperatif dan
tertawa keras berlebihan ketika temannya melakukan kesalahan
|
Kesantunan
|
3
|
27/2/2017
|
Tinik Umi S.
|
Tidak menunjukkkan sikap
bersungguh-sungguh saat berdoa
|
Rasa syukur
|
4
|
dst.
|
|
|
|
b.
Instrumen Teknik Tes
Tertulis
Soal untuk KD: 3.14 (Pengetahuan)
Bacalah dua buah
surat berikut dengan saksama kemudian
kerjakan soal yang tersedia dengan tepat!
SURAT 1

Salam kangen. Apa kabar, Aim?
Aim, ……………………………………….(1) kami dengar kamu bersekolah
di sekolah bertaraf internasional. Bagaimana
rasanya sekolah di sana?
Liburan semester ini aku dan keluarga ……………………………………………
(2) Aku akan sangat senang jika dapat bertemu denganmu.
Kirimkan alamatmu kepadaku ya.
Sekian dulu, …………………………(3) surat ini. Aku tunggu balasanmu.
Sahabatmu, Giati
SURAT 2
![]() |
Sekolah Menengah
Pertama Negeri 43
Jalan Pahlawan Trip II Nomor 102 Jombang
…………………………..
Hal: Ucapan Terima Kasih
Yth. ………………………………..
Jombang
Dengan hormat,
Kami mengucapkan banyak terima kasih atas ………….…………… …………………..............(1) kepada siswa SMPN 43 saat kegiatan
karya wisata minggu lalu. Kami sangat berterima
kasih atas waktu dan kesabaran
menjawab
……………………(2), dan kesibukan
atas
kunjungan kami.
Kami perlu menyatakan bahwa
keluarga
besar SMPN 43
merasa puas
atas kunjungan
ke Museum Hasanuddin. Semoga ………………………………………………………………….(3).
Hormat kami,
Kepala Sekolah
Andi Laki Mappang, S.Pd.
Soal tes tertulis bentuk
uraian :
·
Ada berapa
bagian isi surat 1 tersebut?
·
Ada berapa
bagian isi surat 2 tersebut?
·
Berisi
apakah secara umum surat 1?
·
Berisi
apakah secara umum surat 2?
c.
Instrumen Penilaian
Soal untuk KD: 4.14 (Keterampilan)
Bentuk
tagihan : soal uraian
1.
Jelaskan
struktur surat pribadi dan surat dinas!
2.
Apakah
simpulan yang dapat kalian tarik dari dua jenis surat tersebut dari segi:
a.
Pilihan
kata
b.
Kalimat
yang digunakan
c.
pemaragrafan
3.
Lengkapilah
bagian rumpang masing-masing surat tersebut agar menjadi surat yang utuh dan
jelas!
4.
Adakah
kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca pada dua surat
tersebut? Jika ada, tandailah dan perbaikilah!
Bentuk tagihan : Produk
Tulislah masing-masing sebuah surat dengan memperhatikan :
- ketepatan struktur,
- kesantunan bahasa,
- ketepatan penggunaan kata,
- kalimat
- tanda baca dan
- ejaan!
a.
Surat pribadi
kepada pamanmu di Ujungpandang tentang prestasimu tahu ini;
b.
Surat resmi
dari OSIS kepada bupati di kotamu untuk kunjungan belajar.
Kisi-kisi dan Pedoman
Penilaian Tes Uraian
Nama Sekolah : SMPN
3 Peterongan
Kelas/Semester : VII/II
Tahun pelajaran
: 2016/2017
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1.
|
3.14 Menelaah unsur-unsur dan
kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca
dan
didengar.
4.14 Menulis surat (pribadi
dan dinas) untuk
kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks,
kebahasaan, dan isi.
|
Teks surat resmi dan surat pribadi
|
Disajikan dua buah teks surat, resmi dan pribadi, peserta didik dapat menjawab pertanyaan isi surat
Disajikan dua buah teks surat, resmi dan pribadi yang dirumpangkan, peserta didik dapat:
a.
menjelaskan strkturnya
b.
menyimpulkan prinsip penggunaan
kata, kalimat, dan pemaragrafan
c.
melengkapi bagian rumpang dengan
dengan tepat
d. memperbaiki
kesalahan ejaan dan
tanda baca
Disajikan sebuah
ilustrasi, siswa dapat menulis surat resmi dan surat pribadi sesuai
ilustrasi.
|
Tes uraian
Tes uraian
Produk
|
Rubrik
Penskoran Penilaian Pengetahuan
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Bobot Nilai
|
1.
|
a. Telaah unsur-unsur surat pribadi (bagian-bagian
surat)
b. Telaah unsur-unsur surat resmi
|
10
10
|
50
|
2
|
a.
Telaah kebahasaan surat pribadi
b.
Telaah kebahasaan surat resmi
|
10
10
|
50
|
|
40
|
100
|
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
c.
Pembelajaran Remedial
Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan
bimbingan perorangan
i.
Pembelajaran
ulang
Menulis bersama bagian-bagian surat resmi dan surat pribadi.
ii.
Bimbingan
perorangan
Penentuan struktur, isi, dan bagian teks surat
resmi dan surat pribadi.
Penentuan kaidah penggunaan bahasa (kalimat, ejaan, dan tanda baca)
surat resmi dan pribadi
d.
Pembelajaran Pengayaan
·
Penentuan struktur, isi, dan bagian teks surat resmi dan surat pribadi.
·
Penentuan kaidah penggunaan bahasa
(kalimat, ejaan, dan tanda baca) surat resmi dan pribadi
Mengetahui,
Kepala SMPN
Syafak Efendi, M.Pd.I
NIP . 19671206 200604 1 003
|
Jombang,
05 Januari 2017
Guru Mata Pelajaran,
Faiqotur Rosidah, M.Pd.
NIP. 19740220 199903 2 004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar