|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 3 Peterongan
Mata Pelajaran : Bahasa Indoesia
Kelas/Semester :
VII/Genap
Materi Pokok : Teks Puisi Rakyat
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan (9 JP)
A.
|
Tujuan
Pembelajaran
a. Aspek Sikap
1. Siswa
dapat mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan.
2. Siswa memiliki perilaku jujur dan
bertanggung jawab dalam berkarya.
b. Aspek Pengetahuan
Siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur
teks cerita puisi rakyat (pantun, syair, gurindam) daerah setemapt yang
dibaca dan didengar
c. Aspek Keterampilan
Siswa dapat menceritakan kembali isi teks cerita puisi
rakyat (pantun, syair, gurindam) yang
dibaca dan didengar.
Kompetensi
Inti (KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
||||
B.
|
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.9 Mengidentifikasi
informasi (pesan, rima, dan pilihan kata)
dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca
dan didengar.
4.9 Menyimpulkan isi puisi
rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang
disajikan dalam bentuk tulis
|
||||
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.9.1 Menjelaskan ciri puisi rakyat (pantun, syair, gurindam) dan menunjukkan buktinya pada teks yang dibaca/didengar.
3.9.2
Menentukan jenis cerita puisi rakyat (pantun, syair, gurindam) dan menunjukkan bukti pada teks yang dibaca/didengar.
KD 4.10
4.10.1 Menyimpulkan jenis
puisi
rakyat (pantun, syair, gurindam)
4.10.2 Menyimpulkan urutan puisi rakyat (pantun, syair, gurindam)
4.10.3
Menceritakan kembali isi puisi rakyat (pantun, syair, gurindam) isi puisi rakyat (pantun, syair, gurindam) lisan/ tulis.
|
||||
C.
|
Materi Pembelajaran
1. Fakta: Teks
puisi rakyat (pantun, syair, gurindam)
2. Konsep
a. Teks puisi rakyat (pantun, syair,
gurindam) adalah teks puisi lama yang hidup di masyarakat sebagai budaya lisan.
b. Struktur
teks puisi rakyat (pantun, syair, gurindam): pantun, syair, gurindam
c. Ciri-ciri bahasa teks puisi rakyat
(pantun, syair, gurindam
d. Telaah teks puisi rakyat (pantun, syair,
gurindam)
3. Prinsip
a. Untuk dapat memahami teks puisi rakyat
(pantun, syair, gurindam), peserta didik harus memahami struktur teks puisi
rakyat (pantun, syair, gurindam)dan ciri bahasa teks puisi rakyat (pantun,
syair, gurindam)
b. Untuk
dapat menangkap makna teks puisi rakyat (pantun, syair, gurindam), peserta
didik harus dapat menjelaskan unsur-unsur
dalam teks puisi rakyat (pantun, syair, gurindam).
c. Untuk
menelaah teks puisi rakyat (pantun, syair, gurindam) maka peserta didik harus
menemukan ciri isi dan ciri kebahasaan
teks puisi rakyat (pantun, syair, gurindam)
d. Untuk menyimpulkan teks puisi rakyat
(pantun, syair, gurindam), peserta didik harus mampu menemukan tokoh,
peristiwa, dan penyelesaian terhadap peristiwa.
4. Prosedur
a. Teknik memahami struktur teks puisi rakyat
(pantun, syair, gurindam)
b. Teknik memahami ciri bahasa teks puisi
rakyat (pantun, syair, gurindam)
c. Teknik menelaah teks puisi rakyat (pantun,
syair, gurindam)
d. Teknik menyimpulkan teks puisi rakyat
(pantun, syair, gurindam)
1.
Materi pembelajaran
reguler
a.
Mengidentifikasi karakteristik unsur pembangun cerita puisi rakyat
(pantun, syair, gurindam).
b.
Mengidentifikasi
jenis cerita puisi rakyat (pantun,
syair, gurindam)
c.
Menentukan tokoh, latar, dan urutan peristiwa
d.
Menceritakan kembali secara berantai isi teks
2.
Materi pembelajaran
pengayaan
a.
Mengidentifikasi karakteristik unsure pembangun cerita puisi rakyat
(pantun, syair, gurindam).
b.
Mengidentifikasi
jenis cerita puisi rakyat (pantun,
syair, gurindam)
c.
Menentukan tokoh, latar, dan urutan peristiwa
d.
Menceritakan kembali secara berantai isi teks
3. Materi pembelajaran remedial
a.
Mengidentifikasi karakteristik unsur pembangun cerita puisi rakyat
(pantun, syair, gurindam).
b.
Mengidentifikasi
jenis cerita puisi rakyat (pantun,
syair, gurindam)
c.
Menentukan tokoh, latar, dan urutan peristiwa
d.
Menceritakan kembali secara berantai isi teks
|
||||
D.
E.
F.
G.
|
Metode
Pembelajaran
Pendekatan tekstual, metode penemuan
Media,
Alat, dan Bahan Pembelajaran
a.
Media/alat
a.
Video puisi rakyat (pantun= tradisi palang pintu:
Betawi; Jula-juli, parikan, Jombang, Mojokerto; syair, gurindam)
b.
Teks
puisi rakyat
b.
Bahan
i.
Kertas
hvs sejumlah siswa
ii.
Kertas pos-it, dan plano
Sumber Belajar
a. Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud
b. Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
c. Buku-buku puisi rakyat (pantun, syair, gurindam:
Misalnya Gurindam 12
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama: 3 JP
|
||||
No.
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Keterangan
|
|||
A.
|
Pendahuluan
|
15’
|
|||
1.
|
Peserta didik merespon salam dari
Pendidik.
|
Sikap santun
|
|||
2.
|
Peserta didik bersama
pendidik berdoa bersama sebelum pembelajaran.
|
Sikap
religius
|
|||
3.
|
Pendidik menanyakan peserta didik yang tidak masuk pada hari itu beserta
penyebabnya.
|
Sikap
sosial
|
|||
4.
|
Peserta
didik menyampaikan yel-yel kelasnya
|
Memberikan motivasi dan sikap kebersamaan
|
|||
5.
|
|
|
|||
6.
|
Peserta didik
mencoba menebak tujuan pembelajaran
yang hendak dicapai.
|
Memberi respon awal
|
|||
7.
|
Peserta didik
dan pendidik menyepakati kegiatan yang akan dilakukan
|
Membangun kesepakatan
|
|||
B.
|
Kegiatan Inti
|
90’
|
|||
8.
|
|
Stimulasi
|
|||
9.
|
|
Mengamati
|
|||
10.
|
·
Peserta
didik menanya hal-hal yang berkaitan dengan teks puisi rakyat yang dibacanya
·
Peserta
didik berkelompok untuk mendiskusikan tugas
|
Menanya/Problem
statemen
|
|||
11.
|
|
Mengeksplorasi (Mencoba)/ Data
Collection
Data
processing
|
|||
12.
|
Hasil kerja
kelompok ditukar dengan hasil kelompok lain untuk diberi komentar dengan bimbingan dan rubrik yang diberikan.
|
Mengasosiasi (Menalar/membuktikan kebenaran
temuan)
|
|||
13.
|
Dengan
bimbingan pendidik, peserta didik mengerjakan tugas individunya
|
Verification
|
|||
14.
|
Peserta didik
menyampaikan hasil kerja
individunya
|
Mengomunikasikan
|
|||
C.
|
Penutup
|
15’
|
|||
15.
|
Peserta didik
membuat
rangkuman.
|
|
|||
16.
|
Peserta didik
dengan panduan pendidik melakukan penguatan dan refleksi, misalnya menegaskan ulang struktur dan
ciri bahasa teks puisi rakyat dan hal yang bisa dipelajari dari puisi rakyat.
|
Penguatan dan refleksi
|
|||
17.
|
Peserta didik mencatat
informasi tentang tugas untuk pertemuan kedua, yaitu membaca beragam contoh teks puisi rakyat dari sumber yang berbeda.
|
Menumbuhkan
minat baca
|
|||
18.
|
Salah seorang peserta didik
memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.
|
Sikap
religius
|
|||
Pertemuan 2
No.
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Keterangan
|
A.
|
Pendahuluan
|
15’
|
1.
|
Peserta
didik merespon salam dari Pendidik
|
Sikap
santun
|
2.
|
Salah seorang peserta didik
memimpin berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
|
Sikap religius
|
3.
|
Pendidik menanyakan peserta didik yang tidak masuk pada hari itu beserta
penyebabnya.
|
Sikap sosial
|
4.
|
Pendidik menanyakan kepada peserta didik tentang
pembelajaran sebelumnya.
|
Membangun
konteks
|
5.
|
Peserta didik mencoba menebak
tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
|
|
6.
|
Peserta didik dan pendidik menyepakati kegiatan yang akan dilakukan
|
|
B.
|
Kegiatan Inti
|
90’
|
7.
|
|
Stimulasi
|
8.
|
|
Mengamati
|
9.
|
·
Peserta didik menanyakan langkah mengerjakan
tugasnya.
·
Peserta didik berpasangan untuk mendiskusikan lembar
kerjanya.
|
Menanya/Problem statemen
|
10.
|
|
Mencoba/ Data Collection
Data processing
|
11.
|
Peserta didik mendiskusikan pertanyaan dan jawaban yang telah dikerjakannya.
|
Menalar/membuktikan kebenaran temuan
|
12.
|
Peserta
didik mendiskusikannya dalam kelompok besar untuk memperkuat pemahaman.
|
Verification
|
13.
|
|
Mengomunikasikan
|
C.
|
Penutup
|
15’
|
14.
|
Peserta didik
menyimpulkan hasil pembelajajan
|
|
15.
|
Peserta didik dengan panduan pendidik melakukan
penguatan dan refleksi mengenai teks puisi rakyat
|
|
16.
|
Peserta didik diharapkan
membaca buku puisi rakyat
|
Menumbuhkan minat baca
|
17.
|
Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri
pembelajaran.
|
Sikap religius
|
Pertemuan ketiga
No.
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Keterangan
|
A.
|
Pendahuluan
|
15’
|
1.
|
Peserta
didik merespon salam dari Pendidik
|
Sikap
santun
|
2.
|
Salah seorang peserta didik
memimpin berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
|
Sikap religius
|
3.
|
Pendidik menanyakan peserta didik yang tidak masuk pada hari itu beserta
penyebabnya.
|
Sikap sosial
|
4.
|
Pendidik menanyakan kepada peserta didik tentang
pembelajaran sebelumnya.
|
Membangun
konteks
|
5.
|
Peserta didik mencoba menebak
tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
|
|
6.
|
Peserta didik dan pendidik menyepakati kegiatan yang akan dilakukan
|
|
B.
|
Kegiatan Inti
|
90’
|
7.
|
|
Stimulasi
|
8.
|
|
Mengamati
|
9.
|
·
Peserta didik menanyakan langkah mengerjakan
tugasnya.
·
Peserta didik berpasangan untuk mendiskusikan lembar
kerjanya.
|
Menanya/Problem statemen
|
10.
|
|
Mencoba/ Data Collection
Data processing
|
11.
|
Peserta didik mendiskusikan pertanyaan dan jawaban yang telah dikerjakannya.
|
Menalar/membuktikan kebenaran temuan
|
12.
|
Peserta didik
mendiskusikannya dalam kelompok besar untuk memperkuat pemahaman.
|
Verification
|
13.
|
|
Mengomunikasikan
|
C.
|
Penutup
|
15’
|
14.
|
Peserta didik
menyimpulkan hasil pembelajajan
|
|
15.
|
Peserta didik dengan panduan pendidik melakukan
penguatan dan refleksi mengenai teks puisi rakyat
|
|
16.
|
Peserta didik diharapkan
membaca buku puisi rakyat
|
Menumbuhkan minat baca
|
17.
|
Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri
pembelajaran.
|
Sikap religius
|
H.
|
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
c.
Penilaian
sikap sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
d.
Penilaian
pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
e.
Penilaian
keterampilan dilakukan dengan teknik tulis/produk.
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Instrumen jurnal
|
Contoh:
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama
Sekolah : SMPN 3 Peterongan
Kelas/Semester : VII/Satu
Tahun pelajaran
: 2016/2017
‘No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
21/01/17
|
Ramadhani
|
· menyampaikan
usulan konstruktif dalam diskusi membangun konsep teks puisi rakyat
|
peduli
|
2
|
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Contoh:
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama
Sekolah : SMPN 3 Peterongan
Kelas/Semester : VII/Satu
Tahun pelajaran
: 2016/2017
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1
|
22/01/17
|
Raisya
|
·
dua kali tidak mengerjakan tugas bahasa indonesia
|
kurang bertanggung jawab
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Instrumen Teknik Tes Tertulis
Soal untuk KD: 3.3
Bacalah teks
berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal yang tersedia dengan tepat!
a. Pantun
(1)
Biarlah orang bertanam buluh
Kita akan bertanam padi juga
Biarlah orang bertanam musuh
Kita akan bertanam budi juga.
(2)
Kalau selalu memecahkan cawan
Lambat laun bercawan tempurung
Kalau selalu menyusahkan kawan
Lambat laun berlawan sekampung
(3)
Parang bungkuk bawa menebas
Tajam matanya karena diasah
Orang perajuk hidupnya malas
Kalau bekerja suka berkilah
(4)
Putih-putih bunga melati
merah-merah buah delima
Bagaimana hati tak geli
melihat gajah bermain mata.
|
b. Gurindam
(1)
Barang siapa menuntut ilmu
Tiada manusia yang akan menipu
(2)
Barang siapa kuat berusaha
Pasti kejayaan muncul bersama
(3)
Barang siapa ikhlas bersahabat
Pasti persahabatan terjalin hebat
(4)
Barang siapa berpegang kepada Al-Quran
Pasti jiwa tenang tiada
keresahan
(5)
Barang siapa menjalin muafakat
Pasti hidup menjadi berkat
(6)
Barang siapa yang kaya raya
Ingatlah kepada yang susah sengsara
|
c. Syair
(1)
Jika anakanda menjadi besar,
Tutur dan kata janganlah kasar,
Janganlah seperti orang sasar,
Banyaklah orang menaruh gusar.
(2)
Kesukaan orang anakanda cari,
Supaya hatinya jangan lari,
Masyurlah anakanda dalam negeri,
Sebab kelakuan bijak bestari.
(3)
Apabila perintah lemah dan lembut,
Semua orang suka mengikut,
Serta dengan malu dan takut,
Apa-apa kehendak tidak tersangkut.
(4)
Jika mamerintah dengan cemeti,
Ditambah dengan perkataan mesti,
Orang menerimanya sakit hati,
Barangkali datang fikir hendak mati.
|
Tentukan :
1.
Ciri ketiga teks tersebut!
2.
Pesan atau isi teks!
a.
|
Kisi-kisi dan Pedoman
Penilaian Tes Uraian
Nama Sekolah : SMPN 3
Peterongan
Kelas/Semester : VII/II
Tahun
pelajaran : 2016/2017
Mata Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
o.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1.
|
3.3 Mengidentifikasi
unsur-unsur teks puisi rakyat yang dibaca dan didengar.
|
Teks puisi rakyat, dan
unsur-
Unsur teks
Puisi Rakyat
|
Disajikan teks
puisi rakyat, peserta didik dapat
- menjelaskan ciri syair,
gurindam, pantun
-
menentukan diksinya,
-
Menentukan isi/pesannya
|
Tes uraian
Tes
uraian
Tes
uraian
|
Kisi-kisi Keterampilan
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1.
|
4.9 Menyimpulkan isi puisi
rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang
disajikan dalam bentuk tulis
|
Teks
|
1) Disajikan teks
pantun, syair, dan
gurindam peserta didik
menentukan isi teks
.
2)
Disajikan
teks pantun, syair,
gurindam peserta
didik menentukan
jenis dan cirinya
|
Tes
uraian
Tes uraian
|
Bacalah teks berikut!

Nang Jombang kampunge
Sengon
Lemah geneng akeh
wedhine
Najan gak sambang,
nek kirim ingon
Nek pancen gak
seneng, apa mesthine
II
Yen
kembang kembange lamtara,
dudu kembang wora
wari
Mumpung sira isih
mudha,
sing taberi ngati ati
III
Esuk
nembang sore nembang,
tembange
asmaradana
esuk
ngadhang sore ngadhang,
sing
diadhang ra teka teka
Tentukan :
1.
Isi teks tersebut!
2.
Tentukan jenis teks tersebut!
3.
Tentukan ciri teks tersebut!
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Bobot Nilai
|
1
|
Isi sesuai dengan teks
·
5 teks sesuai
·
4 teks sesuai
·
3 teks sesuai
|
5
4
3
|
50
|
2
|
Ciri dan jenis
·
2 ciri dan
jenisnya tepat
·
2 ciri dan satu
jenis tepat
·
1 ciri dan 1
jenis tepat
|
5
4
3
|
50
|
Skor maksimum
|
|
100
|
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Pembelajaran Remedial
Remedial
dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
i.
Pembelajaran ulang
ii.
Bimbingan perorangan
b.
Pembelajaran
Pengayaan
Pengayaan dilakukan dengan
memberikan teks fabel/legenda dengan kompleksitas lebih untuk ditelaah peserta
didik
Mengetahui
Jombang, 05 Januari 2017
Kepala
Sekolah,
Guru Mata Pelajaran
Syafak
Efendi, M.P.d.I Faiqotur
Rosidah, M.Pd.
NIP 19671206 200604 1 003 NIP.197402
199903 2004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 3 PETERONGAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indoesia
Kelas/Semester : VII/II
Materi Pokok : Teks Puisi rakyat
Alokasi Waktu : 4 Pertemuan (12 JP)
A. Tujuan
Pembelajaran
a.
Aspek Sikap
1.
Siswa dapat
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan.
2.
Siswa
memiliki perilaku kreatif dalam berkarya.
b.
Aspek
Pengetahuan
3.12.1
Siswa dapat menentukan bagian-bagian struktur teks puisi rakyat yang
disajikan secara tepat
3.12.2
Siswa dapat menentukan susunan teks puisi rakyat secara tepat
3.12.3 Siswa dapat memperbaiki
kesalahan penggunaan bahasa teks puisi rakyat, baik kalimat, ejaan, dan tanda
baca
c.
Aspek
Keterampilan
4.12.1 Siswa dapat menulis teks puisi rakyat dengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan
kalimat/tanda baca/ejaan dengan tepat
4.12.2 Siswa
dapat menyajikan secara lisan teks puisi rakyat dalam konteks bercerita
B. Kompetensi
Inti (KI), KD, dan IPK
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI-3: Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI-4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
3.10
Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi
rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
4.10
Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi rakyat secara lisan
dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
KD 3.12
3.12.1 Menentukan bagian-bagian struktur
teks puisi rakyat yang disajikan secara tepat
3.12.2 Menentukan susunan teks puisi
rakyat secara tepat
3.12.3 Menentukan unsur kebahasaan dalam puisi rakyat
KD 4.12
4.12.1 Menulis teks puisi rakyat dengan memperhatikan pilihan kata,
kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kalimat/tanda baca/ejaan dengan
tepat
4.12.2
Menyajikan secara lisan teks puisi rakyat dalam konteks bercerita
dengan benar
C. Materi Pembelajaran
1. Fakta
Teks Puisi
rakyat
2. Konsep
a. Teks puisi
rakyat adalah teks yang mengceritakan binatang atau asal –usul daerah .
b. Struktur teks puisi rakyat: identifikasi, puisi rakyat
bagian, dan simpulan atau kesan.
c. Ciri-ciri bahasa teks biografi: menggunakan
sinonim, kalimat rincian, kalimat pencecap/indrawi, majas perbandingan .
d. Klasifikasi/telaah
teks puisi rakyat
3. Prinsip
a. Untuk dapat memahami teks puisi rakyat,
peserta didik harus memahami struktur teks puisi rakyat dan ciri bahasa teks puisi
rakyat
b. Untuk dapat menangkap makna teks puisi rakyat,
peserta didik harus dapat menjelaskan objek
dan bagian-bagian objek dalam teks puisi rakyat.
c. Untuk menelaah teks puisi rakyat maka peserta
didik harus menemukan struktur dan ciri kebahasaan teks puisi rakyat
d. Untuk menyajikan teks puisi rakyat, peserta
didik harus mampu mendata ciri-ciri objek, kekhasan, mauun keunikan objek.
4. Prosedur
a. Teknik
memahami struktur teks puisi rakyat
b. Teknik
memahami ciri bahasa teks puisi rakyat
c. Teknik menelaah
teks puisi rakyat
d. Teknik menangkap makna teks puisi rakyat
e. Teknik
membuat peta konsep
e. Teknik menyajikan teks puisi rakyat
(lisan/tulis)
D. Metode
Pembelajaran
a.
Pendekatan
Saintifik
b.
Metode
inkuiri
E. Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
1.
Media/alat
a.
LK1, 2, 3,
dan 4
b.
Teks puisi rakyat yang tersusun secara acak (berupa
potongan paragraf)
c.
Kartu kata/pilihan kata
emotif tentang objek yang akan dipuisi rakyatkan
b.
Bahan
5)
Kertas manila/plano 8 lembar
6)
Kertas post it 5 warna
7)
Kertas hvs sejumlah siswa
8)
F.
Sumber
Belajar
a.
Sumber Belajar
a.
Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas VII.
Jakarta: Kemdikbud, halaman 12 s.d.42
b.
Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
c.
Permendiknas No. 50 Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan yang
Disempurnakan”.
d.
Buku-buku cerita puisi rakyat
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan
pertama: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Peserta didik bertanya jawab tentang teks puisi
rakyat dan contohnya
2)
Peserta didik menerima kompetensi dan indikator
pencapaian kompetensi pembelajaran
3)
Peserta didik menerima informasi dan target
lingkup penilaian pembelajaran
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Peserta didik secara
berkelompok mendiskusikan susunan teks
puisi rakyat yang disajikan secara acak bagian-bagiannya
2) Peserta didik menyusun teks puisi rakyat
ke dalam susunan teks puisi rakyat yang tepat
3) Peserta didik mencocokkan
susunan teks puisi rakyat dengan teks aslinya.
4) Peserta didik diminta untuk mengungkapkan
kembali penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya tentang ciri
umum teks puisi rakyat berdasarkan teks puisi rakyat tersebut dengan
menandainya
5) Peserta didik dengan bimbingan guru menelaah
struktur isi dan bagian-bagian teks puisi rakyat serta kaidah kebahasaannya
6) Peserta didik menyampaikan dan menanggapi hasil
telaah tentang struktur isi dan bagian-bagian teks puisi rakyat serta kaidah
kebahasaannya
c. Kegiatan
Penutup (10
menit)
1) Peserta
didik bersama guru menyimpulkan struktur isi dan
bagian-bagian teks puisi rakyat serta kebahasaannya.
2) Peserta didik menerima penguatan tentang struktur isi dan
bagian-bagian teks puisi rakyat serta kaidah
kebahasaannya
2.
Pertemuan
kedua (3 JP )
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Peserta didik menyampaikan
penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya
jawab bersama guru.
2)
Peserta didik menerima
kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi
pembelajaran
3)
Peserta didik menerima
penyampaian garis besar cakupan materi
dan kegiatan yang akan dilakukan
4)
Peserta didik menerima informasi dan
target lingkup penilaian pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Peserta didik ditunjukkan gambar, peristiwa sejarah, atau pergi ke taman sekolah
2)
Peserta didik menentukan sejumlah alternatif tema tentang objek yang dipilih untuk menulis teks puisi rakyat dengan pilihan kata emotif
3)
Peserta didik mendaftar kata-kata (kata yang
bersifat indrawi, kata umum-khusus, menunjuk waktu, bermajas, dan lain-lain) yang berkenaan dengan gambar objek
4)
Secara berpasangan peserta didik melengkapi kerangka teks puisi
rakyat dengan kata-kata yang telah didaftar.
5)
Secara perpasangan, peserta didik mendiskusikan
kelengkapan kerangka teks puisi rakyat
6)
Secara individu, peserta didik menyusun teks puisi
rakyat berdasarkan kerangka teks puisi rakyat.
7)
Peserta didik saling menukarkan hasil
pekerjaannya untuk mengoreksi kelengkapan struktur isi dan kebahasaan
8)
Peserta didik menyajikan secara lisan teks puisi
rakyat dalam bercerita
c. Kegiatan
Penutup (10
menit)
1) Peserta didik difasilitasi guru membuat butir-butir simpulan tentang teks puisi
rakyat.
2) Peserta didik menerima penyampaian umpan balik dalam proses dan hasil pembelajaran .
3) Peserta didik melakukan refleksi tentang teks puisi
rakyat
3. Pertemuan ketiga: 3 JP
a. Kegiatan
Pendahuluan (10
menit)
1) Peserta
didik bersama guru merenungkan keagungan Tuhan melalui ciptaan-Nya
dan mengajak peserta didik untuk mensyukuri keunikan dan keindahan Indonesia.
3) Peserta didik menerima penyampaian kompetensi dan
indikator pencapaian kompetensi pembelajaran
4) Peserta didik menerima penyampaian cakupan
materi dan menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan ditempuh.
5) Peserta didik bersama guru menyepakati penilaian yang akan digunakan, yaitu kinerja
dengan menyepakati rubrik yang akan
digunakan untuk menilai.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Peserta didik memperhatikan tayangan video film
berjudul Tikus vs Gajah
2)
Secara klasikal, peserta didik menyampaikan
pendapatnya mengenai film yang telah mereka simak.
3)
Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan
kelengkapan bagian teks puisi rakyat yang dirumpangkan salah satu bagiannya .
4)
Secara berkelompok, peserta didik mendaftar kata-kata dan mendiskusikannya sebagai bahan untuk menulis teks puisi rakyat .
5)
Secara berkelompok, peserta didik menyusun
kerangka berdasarkan kata-kata tersebut
6) Secara individual, peserta didik mengembangkan menjadi teks puisi rakyat
dengan memperhatikan kebahasaan, ejaan, dan tanda baca.
7) Secara berpasangan dengan
kelompok lain, peserta didik saling menukarkan hasil kerjanya untuk saling
mengoreksi kebahasaan, ejaan, dan tanda baca.
8) Peserta didik memperbaiki
teks puisi rakyat yang telah mendapatkan tanggapan dan masukan temannya.
9) Peserta didik menyajikan
secara lisan dan menanggapi teks puisi rakyat dalam
c. Kegiatan
Penutup (10
menit)
1) Peserta
didik difasilitasi guru didik membuat butir-butir
simpulan tentang teks puisi rakyat yang dibawakan
secara lisan tersebut
2) Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi kelebihan dan
kekurangan kegiatan pembelajaran.
3) Peserta didik menerima umpan balik guru dalam
proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi penguatan tentang penyajian teks puisi rakyat secara lisan.
4) Peserta didik menerima
penyampaian kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai
PR
5) Peserta didik menerima aparesiasi
terhadap hasil kerja kelompok terbaik dengan memberikan
penghargaan untuk memotivasi peserta didik.
3. Pertemuan
keempat (3 JP)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Peserta didik menyampaikan penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya dengan melakukan tanya jawab bersama guru.
2) Peserta didik menerima kompetensi dan indikator
pencapaian kompetensi pembelajaran
3) Peserta didik menerima penyampaian
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
4) Peserta didik menerima informasi dan target lingkup
penilaian pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
5)
Peserta didik secara individu membaca contoh teks
puisi rakyat (dua contoh : dari Lks)
6)
Peserta didik menentukan ciri teks puisi rakyat yang telah
dibacanya.
7)
Peserta didik menerima LK 4
8)
Secara individual peserta didik mencari dan menemukan bahan untuk menyusun
teks puisi rakyat
9)
Secara individual peserta
didik menyusun kerangka teks puisi rakyat
10)
Secara individu, peserta didik menyusun teks puisi rakyat berdasarkan
kerangka teks puisi rakyat.
11)
Peserta didik saling menukarkan hasil pekerjaannya untuk mengoreksi kelengkapandan kebahasaan teks puisi rakyat yang telah disusunnya
12)
Peserta didik menyajikan secara lisan teks puisi
rakyat (perwakilan ) dan peserta didik lain menanggapi
13)
Peserta
didik menukarkan hasil jadu dan memberikan penilaian pada temannya.
c. Kegiatan
Penutup (10
menit)
14) Peserta didik difasilitasi guru membuat butir-butir simpulan tentang teks puisi
rakyat.
15) Peserta didik menerima penyampaian umpan balik dalam proses dan hasil pembelajaran .
16) Peserta didik melakukan refleksi tentang teks puisi
rakyat
H.
Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a.
Penilaian sikap
sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
b.
Penilaian pengetahuan
dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.
Penilaian
keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.
2. Instrumen
Penilaian
a.
Instrumen
jurnal
Contoh:
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah
: SMPN 3 PETERONGAN
Kelas/Semester
: VII/Dua
Tahun pelajaran
: 2016/2017
‘No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
21/02/17
|
Tri Mardi
|
·
menyampaikan
usulan konstruktif dalam diskusi membangun konsep teks puisi rakyat.
|
peduli
|
2
|
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Contoh:
Jurnal
Perkembangan
Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMPN 3 PETERONGAN
Kelas/Semester : VII/Dua
Tahun pelajaran : 2016/2017
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1
|
22/03/17
|
Lita Cahyani
|
·
tiga kali tidak mengerjakan
tugas bahasa indonesia
|
tidak bertanggung jawab
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Instrumen Teknik Tes
Tertulis
Soal untuk KD: 3.10
Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian
kerjakan soal yang tersedia dengan tepat!
I
(1) Dijilatnya
rumah-rumah dan barang-barang
(2) Serta terpandang
api itu menjulang
(3) Rasanya arwahku
bagaikan hilang
(4) Seperti anak ayang
disambar lang
II
(1) Guru ra oleh
kesed ben ra ketinggalan
(2) Ilmune guru perlu
ditingkatna
(3) Senajan kesel kudu sregep maca
(4) Saiki jamane wis maju berkembang
(3) Senajan kesel kudu sregep maca
(4) Saiki jamane wis maju berkembang
III
(1) Sirih kuning diberi nama
(2) Adat dijunjung pusaka dikenang
(2) Adat dijunjung pusaka dikenang
(3) Sirih junjung sirih pinang
(4) Hidup berbudi muafakat bersama
(4) Hidup berbudi muafakat bersama
Soal tes tertulis bentuk uraian :
1. Teks tersebut susunannya
belum sesuai dengan urutan struktur bagian-bagian teks puisi rakyat, susunlah
dengan urutan yang tepat!
2. Tentukanlah bagian-bagian struktur isi teks puisi rakyat
tersebut dan tuliskan hal-hal yang diungkapkan pada setiap bagian!
3.
Di dalam
teks tersebut terdapat rima dan
kata-kata tertentu, temukan dan uraikan!
Kisi-kisi dan Pedoman
Penilaian Tes Uraian
Nama Sekolah : SMPN
3 PETERONGAM
Kelas/Semester : VII/II
Tahun pelajaran
: 2016/2017
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1.
|
3.12 Menelaah ciri, struktur, dan unsur kebahasaan dari
teks puisi rakyat (pantun, syair, dan
puisi daerah setempat) yang
dibaca/didengar
|
Teks puisi rakyat,
struktur isi teks puisi rakyat dan bagian-bagiannya
|
|
Tes
uraian
Tes uraian
Tes uraian
|
Soal untuk KD: 4.10
Buatlah satu pantu atau parikan (jika parikan
terjemahkan juga dalam Bahasa Indonesia) dan satu syair atau gurindam (pilih
satu), kemudian bacakan hasil kerjamu di depan teman serta mintalah komentar!
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Pembelajaran Remedial
Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan
bimbingan perorangan
·
Pembelajaran
ulang
Menulis bersama bagian-bagian teks puisi rakyat.
·
Bimbingan
perorangan
Penentuan struktur isi dan bagian teks
puisi rakyat
Penentuan kaidah penggunaan bahasa (kalimat, ejaan, dan tanda baca)
teks puisi rakyat
Penentuan kerangka kelengkapan teks puisi rakyat
Pengembangan dan penyajian teks puisi rakyat
b.
Pembelajaran Pengayaan
§
Penentuan struktur isi dan bagian teks puisi rakyat
§
Penentuan kaidah penggunaan bahasa
(kalimat, ejaan, dan tanda baca) teks puisi rakyat
§
Penentuan kerangka kelengkapan teks puisi
rakyat
§
Pengembangan dan penyajian teks puisi rakyat
Mengetahui
Peterongan, 05 Januari 2017
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Syafak Efendi, M.Pd.I Faiqotur
Rosidah, M.Pd.
NIP . 19671206 200604 1 003 NIP. 19740220 199903
2 004
RPPnya cukup membantu, bisa dijadikan bahan referensi dan perbandingan dalam menyempurnakan RPP sesuai yang diinginkan.
BalasHapus