RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP Negeri ……….
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/Satu
Materi Pokok : Teks
Deskrpsi
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan (6 JP)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1:Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2:Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3:Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan deskripsial) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
KI-4:Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
1
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks
deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
|
3.1.1 Mendaftar ciri
umum teks deskripsi
dari segi isi dan tujuan komunikasi pada
teks yang dibaca.
3.1.2 Menuliskan
ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan
(kata umum, kata khusus, kalimat perincian, kata sifat, majas) teks
deskripsi pada teks yang didengar dan
dibaca.
3.1.3 Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca
|
2
|
4.1 Menentukan isi teks
deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni
daerah, dll) yang didengar dan dibaca.
|
4.1.1 Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagian) pada teks yang
didengar dan dibaca.
4.1.2 Menjawab pertanyaan isi
teks deskripsi yang dibaca.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik melalui menyaksikan tayangan dan membaca teks
deskripsi diharapkan dapat:
1.
Mendaftar ciri umum teks
deskripsi dari segi isi dan tujuan
Komunikasi dengan penuh tanggung jawab
2.
Menuliskan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan (kata umum,
kata khusus, kalimat perincian, kata sifat, majas) teks
deskripsi pada teks yang didengar dan
dibaca dengan semangat kerja sama
3.
Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca.
4.
Memetakan isi teks deskripsi (topik
dan bagian-bagian) pada teks yang didengar dan dibaca dengan kreatif.
5.
Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi yang dibaca dengan penuh
tanggung
jawab.
Aspek Sikap yang
dikembangkan : jujur, peduli, tanggung jawab, kerjasama, kreatif.
D. Materi
Pembelajaran
1. Materi
Pengetahuan
a.
Pengertian teks deskripsi
b.
Contoh teks deskripsi (terlampir)
c.
Ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi
d.
Ciri kebahasaan teks deskripsi
e.
Jenis teks deskripsi
2. Materi
Keterampilan
a.
Cakupan isi teks deskripsi
b.
Pemahaman teks deskripsi
c.
Contoh pemetaan teks deskripsi
d.
Contoh pola pengembangan teks isi teks deskripsi
E.
Metode
Pembelajaran
1. Saintifik
2. Discoveri Leraning (DL)
F. Media, alat ,dan Bahan pembelajaran
1.
Media
a.
Contoh Teks Deskripsi berjudul “Parangtritis
nan Indah, Ayah panutanku, Ibu Inspirasiku, Si Bagas kelinciku”. (terlampir).
b.
Kartu Kata
c.
Tayangan deskripsi “Tari Remo”
d.
LCD (penayang), laptop, pelantang
e.
Kertas post it 5 warna
f.
Kertas HVS
g.
Mindmap teks deskripsi
G. Sumber Belajar
a.
Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
b.
Harsiati, Titik, dkk. 2016. Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud Puskur &
Perbukuan Balitbang( halaman 1 s.d.17)
c.
Permendiknas No. 50
Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan”.
d.
www://http: youtube Tari Remong.on line _diunduh Selasa 12 April 2017.
H. Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan pertama
( 3 JP )
Kegiatan
|
Uraian
kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Guru mengondisikan
suasana belajar. (memberi salam kepada siswa, berdoa sebelum belajar dan mengabsen
kehadiran peserta didik).
2)
Guru melakukan apersepsi
dengan bertanya jawab kepada siswa tentang teks deskripsi dalam kehidupan
sehari-hari. Misalnya deskripsi suasana sekolah ketika pagi hari dan
penayangan vedio objek wisata.
3)
Guru memberi motivasi
kepada peserta didik mengenai manfaat belajar teks deskripsi dalam kehidupan sehari-hari seperti.
4)
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
5)
Guru menyampaikan
cakupan materi pembelajaran yang akan dilakukan dan tagihan penilaian.
|
10’
|
Inti
|
1)
Peserta didik mencermati tayangan vedio deskripsi Tari Remo dengan penuh tanggung jawab.
2)
Peserta didik menanyakan ciri umum tayangan teks deskripsi yang diamatinya dengan percaya diri.
3)
Peserta didik berkelompok sesuai dengan jenis hobinya kemudian menerima lembar kerja dari
guru.
4) Peserta
didik dalam kelompok membaca contoh teks
deskripsi kemudian berdiskusi mengerjakan LK dari guru untuk mendaftar ciri umum , tujuan , jenis, dan ciri
kebahasaan teks deskripsi sesuai
lembar kerja yang diterimanya dengan
penuh percaya
diri.
5) Peserta didik dalam kelompok menggali
informasi ciri umum, tujuan, jenis, dan ciri kebahasaan teks
deskripsi dari berbagai sumber untuk
mengerjakan LK yang diberikan guru dengan
penuh tanggung jawab.
6)
Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan ciri umum teks deskripsi, tujuan, jenis
teks deskripsi, dan ciri kebahasaan teks deskripsi dalam bentuk peta pikiran
atau mind map dengan penuh tanngung
jawab sedangkan guru melakukan observasi untuk
penilaian.
7)
Peserta didik menyimpulkan ciri umum,
tujuan, jenis, dan ciri kebahasaan teks deskripsi dengan penuh tanggung jawab.
8)
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok kemudian dikomentari oleh kelompok lain dengan santun.
9)
Peserta didik penampil baik dengan jawaban benar
mendapatkan kartu point nilai dari guru.
|
60’
|
Penutup
|
10)
Guru memandu peserta didik menyimpulkan pelajaran
terkait ciri umum, tujuan, jenis dan ciri kebahasaan teks deskripsi.
11)
Guru memberikan umpan balik dan refleksi ciri umum,
tujuan, jenis dan ciri kebahasaan teks deskripsi ke
peserta didik.
12)
Guru memberikan tugas mencari contoh teks deskripsi
di majalah, koran, atau di buku.
13)
Guru memberikan tindak lanjut tentang
kegiatan pembelajaran berikutnya.
|
10’
|
2. Pertemuan kedua (3 JP)
Kegiatan
|
Uraian
kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Guru mengondisikan
suasana belajar (dengan menyampaikan
salam kepada siswa, berdoa sebelum belajar dan mengabsen kehadiran peserta
didik).
2)
Guru melakukan apersepsi
dengan bertanya jawab kepada siswa mengenai pembelajaran teks deskripsi pada pertemuan sebelumnya.
3)
Guru memberi motivasi
belajar peserta didik mengenai
manfaat materi belajar teks
deskripsi .
4)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
5)
Guru menyampaikan
cakupan materi pembelajaran yang akan dilakukan dan tagihan penilaian.
|
10’
|
Inti
|
6) Peserta didik berkelompok
sesuai dengan jenis hobi.
7) Peserta didik dalam kelompok membaca contoh teks deskripsi
yang diberikan guru dengan
penuh tanggung jawab
.
8)
Peserta didik dengan
bimbingan guru bertanya jawab mengenai isi teks deskripsi dalam kelompok dengan penuh percaya diri.
9)
Peserta didik bertanya
jawab mengenai cara memahami teks
deskripsi dalam
kelompok secara jujur.
10) Peserta didik dalam kelompok
mendiskusikan
isi teks deskripsi yang dibacanya dengan
penuh tanggung jawab.
11) Peserta
didik dalam kelompok memetakan isi
teks deskripsi
yang dibaca pada
LK yang
diberikan guru dengan kreatif..
12)
Peserta didik dalam kelompok diskusi
membandingkan isi beberapa teks
deskripsi
sesuai LK yang diberikan guru dengan kritis.
13)
Peserta didik menjawab pertanyaan bacaan
untuk menentukan isi teks
deskripsi dalam
kelompok dengan penuh percaya
diri.
14)
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok untuk ditanggapi
kelompok lain dengan santun
sementara guru melakukan
penilaian proses.
|
60’
|
Penutup
|
15)
Guru memandu peserta didik menyimpulkan pelajaran mengenai pemahaman isi teks deskripsi.
16)
Guru memberikan umpan balik dan refleksi mengenai
isi teks deskripsi.
17)
Guru memberikan tugas membaca teks dan menemukan isi dalam teks deskripsi
yang dibaca.
18)
Guru memberikan tindak lanjut tentang
kegiatan pembelajaran berikutnya.
|
10’
|
I.
Penilaian
1. Teknik Penilaian
a.
Penilaian
sikap dilakukan dengan teknik observasi melalui jurnal secara tidak
langsung.
b.
Penilaian
pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.
Penilaian
keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.
2. Instrumen Penilaian
a. Instrumen
jurnal
Contoh:
Jurnal
Perkembangan Sikap Spiritual
Nama Sekolah : SMPN LPMP Surabaya
Kelas/Semester :
VII/Satu
Tahun pelajaran :
2016/2017
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1
|
22/02/17
|
Edwin
|
·
Mengucap syukur karena dapat mengerjakan tugasnya dengan benar
|
Spiritual
(bersyukur)
|
|
|
Dst
|
|
|
Jurnal
Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMP
LPMP Surabaya
Kelas/Semester :
VII/Satu
Tahun pelajaran :
2016/2017
‘No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
|
Aulia
|
·
menyampaikan usulan konstruktif dalam diskusi membangun konsep teks
deskripsi.
|
peduli
|
2
|
dst.
|
|
|
|
b. Instrumen
Penilaian Tes Tertulis
1)
Kisi-kisi tes tulis
No KD
|
Materi
|
Indikator soal
|
Level kognitif
|
No soal
|
||
1
|
2
|
3
|
||||
3.1
|
Ciri
umum teks deskripsi
|
Disajikan
teks deskripsi, siswa dapat menuliskan ciri umum teks deskripsi
|
Ö
|
|
|
1
|
|
Jenis
teks
|
Disajikan
teks deskripsi siswa dapat mendata jenis teks deskripsi
|
|
Ö
|
|
2
|
|
Ciri kebahasaan
|
Disajikan
teks deskripsi, siswa dapat mendaftar ciri kabahasaan teks deskripsi
|
|
Ö
|
|
3
|
4.1
|
Isi
teks deskrpsi
|
Disajikan
kutipan teks diskripsi siswa dapat menentukan isi teks dengan tepat
|
|
|
Ö
|
4
|
|
Memetakan
teks
|
Disajikan
ilustrasi teks deskripsi siswa dapat memetakan teks deskripsi sesuai jenisnya
|
|
|
Ö
|
5
|
Instrumen Tes Tertulis
Soal untuk KD:
3.1
Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian
kerjakan soal yang tersedia dengan tepat!
Ibu, Inspirasiku
Ibuku bernama Wulandari. Mukanya selalu bersinar seperti bulan. Cocok sekali dengan namanya
yang berarti
bulan bersinar.
Mukanya
bulat dengan alis tipis seperti semut beriring. Kulit ibuku sawo
matang, khas
wanita Jawa. Beliau tidaklah tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitambergelombang. Sampai usia 56 tahun kulihat rambutnya masih legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai sayu termakan usia. Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.
Ibu adalah wanita yang sangat baik. Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja. Dia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang dalam kesusahan. Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama.
Meskipun sudah berumur, ibuku masih menuntut ilmu. Ibuku melanjutkan ke jenjang S-2. Padahal harusnya dia sudah tidak disibukkan oleh tugas
kuliah. Tetapi, sepertinya ibuku sangat menikmati
sekolahnya. Sambil bernyanyi kecil dia mengerjakan tugas kuliahnya. Belajar terus sepanjang hayat, itulah semboyannya.
Soal untuk KD 3.1
Jawablah soal berikut dengan jelas dan tepat!
1. Daftarlah ciri umum teks deskripsi “Ibu, Inspirasiku” dari
segi isi dan tujuan komunikasi!
2. Tuliskan ciri kebahasaan (kata umum, kata khusus,
kalimat perincian, kata sifat, majas) teks deskripsi “Ibu, Inspirasiku”
3. Tentukan jenis teks deskripsi “Ibu, Inspirasiku”.
Soal untuk KD 4.1
1. Petakan
isi (topik dan bagian-bagian) pada teks deskripsi “Ibu, Inspirasiku” dengan melengkapi peta konsep berikut!
![]() |
2. Jawablah pertanyaan bacaan berdasarkan teks deskripsi “Ibu, Inspirasiku”!
a. Apakah yang dibicarakan dalam Teks Ibu, Inspirasiku?
b. Apa saja yang dijelaskan penulis pada bagian awal, tengah
dan akhir teks?
c. Bagaimana penulis menggambarkan tentang sosok ibunya?
Berilah alasan untuk mendukung jawabanmu!
Rubrik
Penskoran
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Benar mendaftar ciri umum aspek isi dan tujuan terpenuhi
Benar dua
unsur kelengkapan terpenuhi
Benar satu unsur kelengkapan terpenuhi
|
3
2
1
|
2
|
Benar menuliskan
ciri kebahasaan teks deskripsi secara lengkap
Benar memuat dua
unsur ciri kebahasaa terpenuhi
Benar memenuhi satu unsur ciri kebahasaan terpenuhi
|
3
2
1
|
3
|
Benar mendata jenis teks deskripsi secara
legkap
Benar memuat dua unsur terpenuhi
Benar hanya memuat satu unsur terpenuhi
|
3
2
1
|
4
|
Benar memetakan isi teks deskripsi secara lengkap
Benar memuat dua
unsur ciri kebahasaa terpenuhi
Benar memenuhi satu unsur ciri kebahasaan terpenuhi
|
3
2
1
|
5
|
Benar menjawab 3 pertanyaan bacaan
Terdapat 1
kesalahan menjawab pertanyaan bacaan
Terdapat 2
kesalahan menjawab pertanyaan bacaan
|
3
2
1
|
Skor maksimum
|
15
|

Teknik Penskoran Total skor : 15 X 100
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Pembelajaran Remedial
Remedial
dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan
perorangan
·
Pembelajaran
ulang
Menulis
bersama kaidah kebahasaan teks deskripsi.
·
Bimbingan
perorangan
Penentuan pengertian teks
deskripsi
Penentuan
ciri umum (dari segi isi dan tujuan komunikasi) teks
deskripsi
Penentuan
struktur teks deskripsi
Penentuan kaidah kebahasaan teks deskripsi
b. Pembelajaran Pengayaan
·
Pengertian teks deskripsi
·
Ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi
·
Struktur teks deskripsi
·
Kaidah
kebahasaan pada teks deskripsi
Mengetahui
Kepala SMP LPMP
Surabaya Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP
NIP
Lampiran:
1.
Bahan Ajar
BAHAN AJAR TEKS DESKRIPSI
&
LEMBAR
KERJA SISWA
Sekolah :
SMP Negeri 1 Tajinan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 7/1
PERTEMUAN
PERTAMA
1. Mengidentifikasi
ciri umum dan tujuan teks deskripsi
Bacalah
teks deskripsi berikut untuk mengidentifikasi
ciri umum dan tujuan
komunikasi teks deskripsi !
Teks 1

Parangtritis nan Indah
Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis.
Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah
Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan
Yokyakarta.
Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri,
terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu
karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang
setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan
kombinasi hijau sungguh elok.
Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa
melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan
alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di
langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi
pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya
hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Seakan tersihir kita
menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam
hamparan air laut.
Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis
ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai
Parangtritis ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain
pasir. Tua muda menikmati embusan segar angin laut. Kita juga bisa naik
kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area
karang laut yang sungguh sangat indah.
Teks
2
![]() |
Teks 3
![]() |
Teks
Deskripsi 4
![]() |
a.Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
Diskusikan dengan temanmu ciri teks deskripsi dari segi isi dan tujuan teks deskripsi!
Teks
|
Objek/hal yang dideskripsikan
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
b. Mendaftar tujuan teks deskripsi
Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan
kondisi objek dari sudut pandang penulis.
Daftarlah
Tujuan teks deskripsi tersebut di atas dengan mengisi tabel berikut!
Teks
|
Tujuan
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
c. Menuliskan ciri tujuan teks
deskripsi
Teks
|
Tujuan
|
Rincian
|
Perasaan
terhadap objek
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
d. Menyimpulkan ciri umum, tujuan teks
deskripsi
Ciri umum
|
Tujuan
|
Ciri Isi
|
|
|
|
2. Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi
Diskusikan hal-hal berikut:
a.
Jenis teks
deskripsi ditinjau dari bentuknya
b.
Tulis dengan
bahasamu sendiri jenis teks deskripsi ditinjau dari kemandiriannya sebagai
sebuah teks!
3.
Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa Pada
Teks Deksripsi
Bacalah teks deskripsi di atas kemudian
lengkapilah tabel berikut untuk
mendaftar ciri kebahasaan teks deskripsi!
a.
Mendata penggunaan kata
Kata Umum
|
Kata Khusus
|
Baik
|
Ramah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Mendata ciri kalimat teks deskripsi
Kalimat
|
Kalimat perincian
|
Ibuku orang yang sangat baik
|
Dia berusah menolong semua orang. Dia ramah tutur
katanya lembut kepada siapa saja.
|
Ayahku seorang yang sabar
|
|
Kelinciku manja
|
|
c.Daftarlah
kalimat yang membuatmu seakan melihat, mendengar, dan
merasakan objek!
Seakan dapat melihat
|
Seakan dapat didengar
|
Seakan dapat dirasakan
|
Kulitnya kuning langsat
|
Bernyanyi kecil
|
Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
Mendaftar pilihan kata dengan emosi kuat
Kata Sifat
|
Kata emosi kuat
|
Baik
|
Tulus, ramah, penuh kasih, menginspirasi
|
Indah
|
|
Kuat
|
|
Kuning
|
|
|
|
|
|
e.
Mengidentifkasi penggunaan majas
Teks
|
Majas
|
1
|
Batu karang besar siap menjaga gempuran ombak yang datang
setiap pagi
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
2.
Bahan Ajar
BAHAN AJAR TEKS DESKRIPSI
&
LEMBAR
KERJA SISWA
Sekolah :
SMP Negeri 1 Tajinan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 7/1
KD : 4.2
PERTEMUAN
KEDUA
B.
Menentukan Isi Teks Deskripsi
Bacalah
teks berikut kemudian jawablah pertanyaan di bawahnya!
Pesona Pantai Senggigi
Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara
Barat. Pantai Senggigi sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan
Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai
Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan
bawah laut Senggigi juga menakjubkan. Pura Bolong menjadi pelengkap
wisata di Pantai Senggigi.
Memasuki bibir Pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang
lembut dan udara yang segar. Angin lembut terasa mengelus kulit. Garis
pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam
membuat keindahan pantai ini semakin menarik. Ombak yang tenang
di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap. Dari kejauhan
tampak hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih
putih bersih. Sungguh elok pemandangan pantai ini. Bukit-bukit tangguh
nampak menjadi latar bagian pantai. Pantai Senggigi dengan pesonanya

Pemandangan bawah laut
Senggigi juga tidak kalah
memesona. Terumbu karang yang
masih terawat menyuguhkan
pemandangan alam bawah laut
yang memukau. Terumbu karang nampak berwarna-warni sangat
indah. Ikan beraneka warna menambah keindahan bawah
laut Senggigi. Dengan snorkeling maupun menyelam anda dapat
menyaksikan pemandangan bawah laut yang mengagumkan .
Anda akan menyaksikan betapa
mempesonanya taman bawah lautnya. Air laut yang jernih serta banyak
terumbu karang terawat dengan ikan-ikan beraneka ragam menambah
keindahan taman laut di Senggigi.
Selain pemandangan bawah laut, terdapat juga pemandangan indah di Pura
Batu Bolong. Pada arah selatan bibir pantai Senggigi, terdapat pura kecil
yang bernama Batu Bolong.Sesuai dengan namanya, pura ini berdiri kokoh
di atas batu karang yang memiliki lubang di tengahnya. Sungguh sebuah
keagungan pura di tengah keindahan Senggigi. Berkunjung ke pura ini,
Anda langsung disambut buih-buih ombak yang tenang dan bersahabat.
Seketika kedamaian dan kenyamanan seperti merangkul saat berada di
area sekitar Pura Batu Bolong. Memasuki pura yang berhadapan langsung
dengan Selat Lombok dan Gunung Agung Bali ini, Anda harus berjalan
menuruni anak tangga. Pura pertama yang dijumpai berdiri di bawah
pohon rindang. Sementara, pura kedua berdiri kokoh di atas karang yang
menjulang setinggi sekitar 4 meter dan memiliki lubang di bawahnya. Jika
berkunjung saat cuaca sedang cerah, Anda dapat melihat pemandangan
Gunung Agung Bali yang menjulang tinggi. Pada waktu-waktu tertentu,
Anda juga bisa melihat para pemancing tradisional sedang mencari ikan
dengan cara menceburkan diri ke dalam laut. Selain itu, melewati senja
sambil memandang matahari terbenam di pura ini juga menjadi saat-saat
paling menyenangkan. Keindahan semburat merah sang mentari menjadi
pemandangan yang sangat menakjubkan.
Wisata pantai Senggigi menawarkan sejuta keindahan dan kenyamanan.
Sungguh pemandangan yang menakjubkan.
Latihan
1) Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan pemahamanmu
terhadap teks.
a) Apa yang dibicarakan penulis pada teks 1?
b) Keindahan bagian mana saja dari pantai Senggigi yang
dipaparkan penulis?
c) Apa tujuan penulis menampilkan teks di atas ?
d) Bagaimana penulis menggambarkan keindahan pantai
Senggigi? Berilah alasan untuk mendukung jawabanmu!
2) Buatlah pemetaan isi teks yang kamu baca dengan cara menuliskan
di tengah topik/ hal yang dibicarakan. Kemudian berilah garis-
garis sesuai dengan bagian-bagian yang diperinci! Lengkapi
contoh pemetaan di bagian berikut!
Pemetaan Isi Teks 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar