Selasa, 25 Juli 2017

3.1 dan 4.1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                          :  SMP Negeri  ……….
Mata Pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :  VII/Satu
Materi Pokok                :  Teks Deskrpsi
Alokasi Waktu               :  2 Pertemuan (6 JP)


A.    Kompetensi Inti (KI)
  KI-1:Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  KI-2:Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  KI-3:Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan deskripsial) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  KI-4:Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.
3.1.1   Mendaftar  ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks   yang  dibaca.
3.1.2   Menuliskan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan (kata umum, kata khusus, kalimat perincian, kata sifat, majas) teks deskripsi pada teks yang didengar dan dibaca.
3.1.3   Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca
2
4.1 Menentukan  isi teks  deskripsi   objek (tempat wisata,  tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll)  yang didengar dan dibaca.
4.1.1 Memetakan  isi teks  deskripsi    (topik dan bagian-bagian) pada teks yang didengar dan dibaca.
4.1.2 Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi yang dibaca.


C.   Tujuan Pembelajaran
Peserta didik  melalui menyaksikan tayangan dan membaca teks deskripsi   diharapkan dapat:
1.   Mendaftar ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan
Komunikasi dengan penuh tanggung jawab
2.   Menuliskan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan (kata umum, kata khusus, kalimat perincian, kata sifat, majas) teks deskripsi pada teks yang didengar dan dibaca dengan semangat kerja sama
3.   Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca.
4.   Memetakan  isi teks  deskripsi    (topik dan bagian-bagian) pada teks yang didengar dan dibaca dengan kreatif.
5.   Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi yang dibaca dengan penuh
    tanggung jawab.

Aspek Sikap yang dikembangkan : jujur, peduli, tanggung jawab, kerjasama, kreatif.

D.  Materi Pembelajaran 
1.   Materi Pengetahuan
a.    Pengertian teks deskripsi
b.   Contoh teks deskripsi (terlampir)
c.    Ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi
d.   Ciri kebahasaan teks deskripsi
e.    Jenis teks deskripsi

2.   Materi Keterampilan
a.    Cakupan isi teks deskripsi
b.   Pemahaman teks deskripsi
c.    Contoh pemetaan teks deskripsi
d.   Contoh pola pengembangan teks isi teks deskripsi


E.    Metode Pembelajaran
1. Saintifik
      2. Discoveri Leraning (DL)
F.    Media, alat ,dan Bahan pembelajaran
1.      Media
a.    Contoh Teks Deskripsi berjudul “Parangtritis nan Indah, Ayah panutanku, Ibu Inspirasiku, Si Bagas kelinciku”. (terlampir).
b.   Kartu Kata
c.    Tayangan deskripsi “Tari Remo”
d.   LCD (penayang), laptop, pelantang
e.    Kertas post it 5 warna
f.     Kertas HVS
g.    Mindmap teks deskripsi

G.  Sumber Belajar

a.    Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai  Pustaka.
b.   Harsiati, Titik, dkk. 2016. Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud Puskur & Perbukuan  Balitbang(  halaman 1 s.d.17)
c.    Permendiknas No. 50  Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan”.
d.   www://http: youtube Tari Remong.on line _diunduh Selasa 12 April 2017.
e.    http://http: youtube tari. 3.bp.blogspot.com/ on line diunduh 12 April 2017


H.  Kegiatan Pembelajaran
1.   Pertemuan pertama ( 3 JP )

Kegiatan
Uraian kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1)   Guru mengondisikan suasana belajar.  (memberi salam kepada siswa, berdoa sebelum belajar dan mengabsen kehadiran peserta didik).
2)   Guru melakukan apersepsi dengan bertanya jawab kepada siswa tentang teks deskripsi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya deskripsi suasana sekolah ketika pagi hari dan penayangan vedio objek wisata.
3)   Guru memberi motivasi  kepada peserta didik mengenai  manfaat belajar  teks deskripsi  dalam kehidupan sehari-hari seperti.
4)   Guru menyampaikan  tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
5)   Guru menyampaikan  cakupan materi  pembelajaran yang akan dilakukan dan tagihan penilaian.
10’
Inti
1)   Peserta didik mencermati tayangan vedio deskripsi Tari Remo dengan penuh tanggung jawab.
2)   Peserta didik menanyakan ciri umum tayangan teks  deskripsi yang diamatinya dengan percaya diri.
3)   Peserta didik  berkelompok  sesuai dengan jenis hobinya   kemudian menerima lembar kerja dari guru.
4)   Peserta didik  dalam kelompok  membaca contoh teks deskripsi kemudian berdiskusi mengerjakan LK dari guru  untuk mendaftar  ciri umum , tujuan , jenis, dan ciri kebahasaan teks deskripsi  sesuai lembar kerja yang diterimanya  dengan penuh percaya diri.
5)   Peserta didik dalam kelompok menggali informasi ciri umum, tujuan, jenis, dan ciri kebahasaan teks deskripsi dari berbagai sumber  untuk mengerjakan LK yang diberikan guru  dengan penuh tanggung jawab.
6)   Peserta didik dalam kelompok  mendiskusikan  ciri umum teks deskripsi, tujuan, jenis teks deskripsi, dan ciri kebahasaan teks deskripsi dalam bentuk peta pikiran atau mind map dengan penuh tanngung jawab sedangkan guru melakukan observasi untuk penilaian.
7)   Peserta didik menyimpulkan ciri umum, tujuan, jenis, dan ciri kebahasaan teks deskripsi dengan penuh tanggung jawab.
8)   Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok kemudian dikomentari oleh kelompok lain dengan santun.
9)   Peserta didik penampil baik dengan jawaban benar mendapatkan kartu point nilai dari guru.
60’
Penutup
10)        Guru memandu peserta didik menyimpulkan pelajaran terkait ciri umum, tujuan, jenis dan ciri kebahasaan teks deskripsi.
11)        Guru memberikan umpan balik dan refleksi ciri umum, tujuan, jenis dan ciri kebahasaan teks deskripsi ke peserta didik.
12)        Guru memberikan  tugas mencari contoh teks deskripsi di majalah, koran, atau di buku.
13)        Guru memberikan tindak lanjut tentang kegiatan pembelajaran berikutnya.  
10’


    2. Pertemuan kedua (3 JP)

Kegiatan
Uraian kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1)   Guru mengondisikan suasana belajar (dengan menyampaikan salam kepada siswa, berdoa sebelum belajar dan mengabsen kehadiran peserta didik).
2)   Guru melakukan apersepsi dengan bertanya jawab kepada siswa mengenai pembelajaran  teks deskripsi  pada pertemuan sebelumnya.
3)   Guru memberi motivasi belajar peserta didik mengenai  manfaat materi belajar  teks deskripsi .
4)   Guru menyampaikan  tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
5)   Guru menyampaikan  cakupan materi  pembelajaran yang akan dilakukan dan tagihan penilaian.


10’
Inti
6)   Peserta didik  berkelompok  sesuai dengan jenis hobi.
7)   Peserta didik dalam kelompok membaca   contoh teks deskripsi yang diberikan guru    dengan penuh tanggung jawab .
8)   Peserta didik dengan bimbingan guru bertanya jawab mengenai isi teks deskripsi  dalam kelompok dengan penuh percaya diri.
9)   Peserta didik bertanya jawab mengenai  cara memahami teks deskripsi dalam kelompok secara jujur.
10) Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan
     isi    teks deskripsi  yang dibacanya dengan
     penuh     tanggung   jawab.
11)  Peserta didik dalam kelompok memetakan  isi
      teks   deskripsi  yang dibaca pada LK yang
      diberikan guru     dengan  kreatif..
12) Peserta didik dalam kelompok diskusi    
      membandingkan isi beberapa teks deskripsi   
      sesuai LK yang diberikan guru dengan kritis.
13) Peserta didik menjawab pertanyaan bacaan             
      untuk menentukan isi teks deskripsi  dalam
       kelompok  dengan penuh   percaya diri.
14)   Peserta didik mempresentasikan  hasil diskusi kelompok  untuk  ditanggapi kelompok lain dengan santun sementara guru melakukan  penilaian  proses.

60’
Penutup
15)   Guru memandu peserta didik menyimpulkan pelajaran  mengenai pemahaman isi teks deskripsi.
16)   Guru memberikan umpan balik dan refleksi mengenai isi teks deskripsi.
17)   Guru memberikan tugas  membaca  teks dan menemukan isi dalam teks deskripsi yang dibaca.
18)   Guru memberikan tindak lanjut tentang kegiatan pembelajaran berikutnya. 
10’


I. Penilaian
1.   Teknik Penilaian
a.    Penilaian sikap  dilakukan dengan teknik observasi melalui jurnal secara tidak langsung.
b.   Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.    Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.

2.   Instrumen Penilaian
a.      Instrumen jurnal
Contoh:
Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual
Nama Sekolah      : SMPN LPMP Surabaya
Kelas/Semester     : VII/Satu
Tahun pelajaran    : 2016/2017

No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1
22/02/17
Edwin
·         Mengucap syukur karena dapat mengerjakan tugasnya dengan benar
Spiritual
(bersyukur)


Dst



Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : SMP  LPMP Surabaya
Kelas/Semester     : VII/Satu
Tahun pelajaran    : 2016/2017

‘No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1.


Aulia
·     menyampaikan usulan konstruktif dalam diskusi membangun konsep teks deskripsi.
peduli
2
dst.





b.     Instrumen Penilaian Tes Tertulis
   1) Kisi-kisi tes tulis

No KD
Materi
Indikator soal
Level kognitif
No soal
1
2
3
3.1
Ciri umum teks deskripsi
Disajikan teks deskripsi, siswa dapat menuliskan  ciri umum teks deskripsi
Ö


1

Jenis teks
Disajikan teks deskripsi siswa dapat mendata  jenis teks deskripsi

Ö

2

Ciri kebahasaan
Disajikan teks deskripsi, siswa dapat mendaftar ciri kabahasaan  teks deskripsi

Ö

3
4.1
Isi teks deskrpsi
Disajikan kutipan teks diskripsi siswa dapat menentukan isi teks dengan  tepat


Ö
4

Memetakan teks
Disajikan ilustrasi teks deskripsi siswa dapat memetakan teks  deskripsi sesuai jenisnya


Ö
5

    
Instrumen  Tes Tertulis
Soal untuk KD: 3.1
Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal yang tersedia dengan tepat!
Ibu,  Inspirasiku

Ibuku bernama Wulandari. Mukanya selalu bersinar seperti bulan. Cocok sekali dengan  namanya  yang  berarti  bulan  bersinar.  Mukanya  bulat dengan alis tipis seperti semut beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa. Beliau tidaklah tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitambergelombang. Sampai usia 56 tahun kulihat rambutnya masih legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai sayu termakan usia. Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.

Ibu adalah wanita yang sangat baik. Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja. Dia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang dalam kesusahan. Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama.

Meskipun sudah berumur, ibuku masih menuntut ilmu. Ibuku melanjutkan ke jenjang S-2. Padahal harusnya dia sudah tidak disibukkan oleh tugas kuliah. Tetapi, sepertinya ibuku  sangat menikmati  sekolahnya. Sambil bernyanyi kecil dia mengerjakan tugas kuliahnya. Belajar terus sepanjang hayat, itulah semboyannya.


Soal untuk KD 3.1
Jawablah soal berikut dengan jelas dan tepat!
1.   Daftarlah ciri umum teks deskripsi “Ibu, Inspirasiku” dari segi isi dan tujuan komunikasi!
2.  Tuliskan  ciri kebahasaan (kata umum, kata khusus, kalimat perincian, kata sifat, majas) teks deskripsi “Ibu, Inspirasiku”
3.  Tentukan  jenis  teks deskripsi “Ibu, Inspirasiku”.

Soal untuk KD 4.1
1.  Petakan isi (topik dan bagian-bagian) pada teks deskripsi “Ibu, Inspirasiku” dengan melengkapi peta konsep berikut!



 
























2.  Jawablah pertanyaan bacaan berdasarkan teks deskripsi “Ibu, Inspirasiku”!
a.  Apakah yang dibicarakan dalam Teks Ibu, Inspirasiku?
b.  Apa saja yang dijelaskan penulis pada bagian awal, tengah dan akhir teks?
c.  Bagaimana penulis menggambarkan tentang sosok ibunya? Berilah alasan untuk mendukung jawabanmu!






Rubrik Penskoran
No
Aspek yang Dinilai
Skor
1


Benar mendaftar  ciri umum aspek isi  dan tujuan terpenuhi
Benar dua unsur kelengkapan terpenuhi
Benar satu unsur kelengkapan terpenuhi
    3
    2
    1
2
Benar menuliskan  ciri kebahasaan teks deskripsi secara lengkap
Benar memuat dua  unsur ciri kebahasaa  terpenuhi
Benar memenuhi satu unsur ciri kebahasaan terpenuhi
    3
    2
    1
3
Benar mendata jenis teks deskripsi secara legkap
Benar memuat dua unsur terpenuhi
Benar hanya memuat satu unsur terpenuhi
    3
    2
    1
4
Benar memetakan isi teks deskripsi secara lengkap
Benar memuat dua  unsur ciri kebahasaa  terpenuhi
Benar memenuhi satu unsur ciri kebahasaan terpenuhi
    3
    2
    1
5
Benar menjawab 3 pertanyaan bacaan
Terdapat 1 kesalahan menjawab pertanyaan bacaan
Terdapat 2 kesalahan menjawab pertanyaan bacaan
    3
    2
    1
Skor maksimum
15
Teknik Penskoran                 Total skor : 15 X 100

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.     Pembelajaran Remedial
Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan  
perorangan
·         Pembelajaran ulang
Menulis bersama kaidah kebahasaan teks deskripsi.
·         Bimbingan perorangan
Penentuan pengertian teks deskripsi
Penentuan ciri umum (dari segi isi dan tujuan komunikasi) teks
deskripsi
Penentuan struktur teks deskripsi
Penentuan kaidah kebahasaan teks deskripsi

b.     Pembelajaran Pengayaan
·         Pengertian teks deskripsi
·         Ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi
·         Struktur teks deskripsi
·         Kaidah kebahasaan pada teks deskripsi

Mengetahui                                           
Kepala SMP LPMP Surabaya                           Guru Mata Pelajaran


 ………………………..                                     
NIP                                                                NIP
Lampiran:
1. Bahan Ajar
BAHAN AJAR TEKS DESKRIPSI
&
LEMBAR KERJA SISWA

Sekolah                     : SMP Negeri 1 Tajinan
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                    : 7/1


PERTEMUAN PERTAMA

1. Mengidentifikasi ciri umum dan tujuan teks deskripsi

    Bacalah teks deskripsi  berikut untuk mengidentifikasi ciri umum dan tujuan
    komunikasi teks deskripsi !

 Teks 1
Parangtritis nan Indah

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis.
Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah
Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan
Yokyakarta.
Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri,
terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu
karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang
setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan
kombinasi hijau sungguh elok.
Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa
melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan
alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di
langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi
pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya
hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Seakan tersihir kita
menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam
          hamparan air laut.            
             Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis
ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai
Parangtritis ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain
pasir. Tua muda menikmati embusan segar angin laut. Kita juga bisa naik
kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area
karang laut yang sungguh sangat indah.




Teks 2


Text Box: Ayah, Panutanku
Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54
tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot
putih di dagunya. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak
dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya
hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.
Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar. Wajahnya
teduh dan selalu tersenyum menghadapi masalah apa pun. Ya, ayahku
adalah orang yang paling sabar yang pernah aku kenal. Tidak pernah terlihat
marah-marah atau membentak. Beliau selalu menunjukkan perasaanya
lewat gerakan bermakna di wajahnya. Jika melihat anaknya membandel,
ayah hanya menggeleng sambil berkata lirih untuk membujuknya.
Tidak seperti orang Batak yang logatnya agak keras, ayahku sangat pendiam.
Beliau yang irit kata, lebih suka memberi contoh langsung kepada anaknya
tanpa perlu menggurui. Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat
dalam. Beliau adalah teladan bagi anak-anaknya.
 





















Teks 3


Text Box: Ibu, Inspirasiku

Ibuku bernama Wulandari. Mukanya selalu bersinar seperti bulan. Cocok
sekali dengan namanya yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat
dengan alis tipis seperti semut beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas
wanita Jawa. Beliau tidaklah tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam
bergelombang. Sampai usia 56 tahun kulihat rambutnya masih legam tanpa
semir. Pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai sayu termakan usia.
Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.
   Ibu adalah wanita yang sangat baik. Dia ramah dan tutur katanya lembut
kepada siapa saja. Dia sangat suka membantu orang lain, terutama yang
sedang dalam kesusahan. Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan
prinsipnya untuk selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama.
    Meskipun sudah berumur, ibuku masih menuntut ilmu. Ibuku melanjutkan
ke jenjang S-2. Padahal harusnya dia sudah tidak disibukkan oleh tugas
kuliah. Tetapi, sepertinya ibuku sangat menikmati sekolahnya. Sambil
bernyanyi kecil dia mengerjakan tugas kuliahnya. Belajar terus sepanjang
   hayat, itulah semboyannya.
 


























Teks Deskripsi 4


Text Box: Si Bagas, Kelinciku

Kelinciku bernama Bagas. Kunamakan Bagas karena saya berharap
kelinci kesayanganku itu selalu sehat dan bugar. Bagas memiliki bulu
yang lebat dan putih bersih. Matanya cokelat seperti madu. Matanya
jernih menyejukkan untuk dipandang. Bibir mungilnya yang merah muda
sungguh menggemaskan. Telinganya panjang dan melambai-lambai kalau
dia berlari.
Bagas sangatlah manja. Hampir tiap malam, Bagas tidur di ujung kakiku.
Sebelum kuelus-elus dia akan selalu menggangguku. Kalau waktunya
makan dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan
telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperi orang sedang
berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu.
Bagas memiliki perilaku unik. Kalau marah, Bagas melakukan atraksi
yang menarik. Dia menggunakan kaki belakangnya dan melompat dalam
jangkauan yang begitu jauh. Buk! Sering terdengar dia menjatuhkan diri.
Kadang dia melompat sampai sejauh tiga meter. Kalau tidak dipedulikan,
kakinya dientak-entakkan seperti anak kecil yang merajuk minta dibelikan
mainan. Dengan menggunakan kaki belakangnya pula, dia berdiri sangat
tinggi seperti sedang menunjukkan bahwa dia bisa menarik perhatian kita.
 


























a.Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
Diskusikan dengan temanmu ciri teks deskripsi dari segi isi dan tujuan teks deskripsi!

Teks
Objek/hal yang dideskripsikan
1

2

3

4


b. Mendaftar tujuan  teks deskripsi
Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis.

Daftarlah Tujuan teks deskripsi tersebut di atas dengan mengisi tabel berikut!
Teks
Tujuan
1

2

3

4


c. Menuliskan ciri tujuan teks deskripsi
Teks
Tujuan
Rincian
Perasaan terhadap objek
1





2





3





4






d. Menyimpulkan ciri umum, tujuan teks deskripsi

Ciri umum
Tujuan
Ciri Isi










2. Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi

          Diskusikan hal-hal berikut:
a.    Jenis teks deskripsi ditinjau dari bentuknya
b.   Tulis dengan bahasamu sendiri jenis teks deskripsi ditinjau dari kemandiriannya sebagai sebuah teks!

3. Mendaftar  Ciri Penggunaan Bahasa Pada Teks Deksripsi
    Bacalah teks deskripsi di atas kemudian lengkapilah tabel berikut untuk
    mendaftar ciri kebahasaan teks deskripsi!

a. Mendata penggunaan kata
Kata Umum
Kata Khusus
Baik
Ramah












b. Mendata  ciri kalimat teks deskripsi

Kalimat
Kalimat perincian
Ibuku orang yang sangat baik
Dia berusah menolong semua orang. Dia ramah tutur katanya lembut kepada siapa saja.
Ayahku seorang yang sabar


Kelinciku manja



c.Daftarlah kalimat yang membuatmu seakan melihat, mendengar, dan
   merasakan objek!
Seakan dapat melihat
Seakan dapat didengar
Seakan dapat dirasakan
Kulitnya kuning langsat
Bernyanyi kecil
Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin...
















d. Mendaftar pilihan kata dengan emosi kuat
Kata Sifat
Kata emosi kuat
Baik
Tulus, ramah, penuh kasih, menginspirasi
Indah

Kuat

Kuning






e. Mengidentifkasi penggunaan majas
Teks
Majas
1
Batu karang besar siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap pagi
2


3


4


2. Bahan Ajar
BAHAN AJAR TEKS DESKRIPSI
&
LEMBAR KERJA SISWA

Sekolah                     : SMP Negeri 1 Tajinan
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                    : 7/1
KD                            : 4.2


PERTEMUAN KEDUA

B. Menentukan Isi Teks Deskripsi

Bacalah teks berikut kemudian jawablah pertanyaan di bawahnya!

Pesona Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara
Barat. Pantai Senggigi sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan
Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai
Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan
bawah laut Senggigi juga menakjubkan. Pura Bolong menjadi pelengkap
wisata di Pantai Senggigi.

Memasuki bibir Pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang
lembut dan udara yang segar. Angin lembut terasa mengelus kulit. Garis
pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam
membuat keindahan pantai ini semakin menarik. Ombak yang tenang
di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap. Dari kejauhan
tampak hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih
putih bersih. Sungguh elok pemandangan pantai ini. Bukit-bukit tangguh
nampak menjadi latar bagian pantai. Pantai Senggigi dengan pesonanya
benar-benar seperti lukisan di kanvas alam yang luas terbentang.
                                                                   Pemandangan                bawah laut
                                                                    Senggigi            juga       tidak     kalah
                                                                   memesona. Terumbu karang yang
                                                                   masih   terawat menyuguhkan  pemandangan alam bawah laut
yang memukau. Terumbu karang nampak berwarna-warni sangat
indah. Ikan beraneka warna menambah keindahan bawah   
 laut Senggigi. Dengan snorkeling maupun menyelam anda dapat
menyaksikan pemandangan bawah laut yang mengagumkan . 
Anda akan menyaksikan betapa   
mempesonanya taman bawah lautnya. Air laut yang jernih serta banyak
terumbu karang terawat dengan ikan-ikan beraneka ragam menambah
keindahan taman laut di Senggigi.

Selain pemandangan bawah laut, terdapat juga pemandangan indah di Pura
Batu Bolong. Pada arah selatan bibir pantai Senggigi, terdapat pura kecil
yang bernama Batu Bolong.Sesuai dengan namanya, pura ini berdiri kokoh
di atas batu karang yang memiliki lubang di tengahnya. Sungguh sebuah
keagungan pura di tengah keindahan Senggigi. Berkunjung ke pura ini,
Anda langsung disambut buih-buih ombak yang tenang dan bersahabat.
Seketika kedamaian dan kenyamanan seperti merangkul saat berada di
area sekitar Pura Batu Bolong. Memasuki pura yang berhadapan langsung
dengan Selat Lombok dan Gunung Agung Bali ini, Anda harus berjalan
menuruni anak tangga. Pura pertama yang dijumpai berdiri di bawah
pohon rindang. Sementara, pura kedua berdiri kokoh di atas karang yang
menjulang setinggi sekitar 4 meter dan memiliki lubang di bawahnya. Jika
berkunjung saat cuaca sedang cerah, Anda dapat melihat pemandangan
Gunung Agung Bali yang menjulang tinggi. Pada waktu-waktu tertentu,
Anda juga bisa melihat para pemancing tradisional sedang mencari ikan
dengan cara menceburkan diri ke dalam laut. Selain itu, melewati senja
sambil memandang matahari terbenam di pura ini juga menjadi saat-saat
paling menyenangkan. Keindahan semburat merah sang mentari menjadi
pemandangan yang sangat menakjubkan.
Wisata pantai Senggigi menawarkan sejuta keindahan dan kenyamanan.
Sungguh pemandangan yang menakjubkan.

Latihan
1) Jawablah       pertanyaan     berikut    berdasarkan     pemahamanmu
terhadap teks.
a) Apa yang dibicarakan penulis pada teks 1?
b) Keindahan bagian mana saja      dari pantai Senggigi yang
dipaparkan penulis?
c) Apa tujuan penulis menampilkan teks di atas ?
d) Bagaimana penulis menggambarkan keindahan pantai
Senggigi?  Berilah alasan untuk mendukung jawabanmu!
2) Buatlah pemetaan isi teks yang kamu baca dengan cara menuliskan
di tengah topik/ hal yang dibicarakan. Kemudian berilah garis-
garis sesuai dengan bagian-bagian yang diperinci! Lengkapi
contoh pemetaan di bagian berikut!
Pemetaan Isi Teks 1







Tidak ada komentar:

Posting Komentar