RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Negeri …………..
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pembelajaran : Teks Cerita Fabel
Alokasi Waktu : 3 pertemuan ( 9 JP )
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi, secara efektif dengan lingkungan
social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan
(factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji, dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/ teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/ legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.
|
3.11.1 Menyimpulkan ciri unsur cerita fabel
pada teks yang dibaca/didengar/dilihat.
3.11.2 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri cerita fabel pada teks yang dibaca/ didengar/dilihat.
|
4.11 Menceritakan kembali isi fabel/ legenda daerah setempat
|
4.11.1 Mengurutkan isi cerita fable sesuai struktur teks cerita fabel.
4.11.2 Menceritakan kembali isi cerita fabel secara lisan
dari cerita yang dibaca/didengar/dilihat.
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah kegiatan pembelajaran selesai,
diharapkan siswa mampu
Pertemuan pertama:
3.11.1 Menyimpulkan ciri unsur cerita fabel
pada teks yang dibaca/didengar/dilihat.
Pertemuan
kedua:
3.11.2 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri cerita fabel pada teks yang dibaca/ didengar/dilihat.
Pertemuan
ketiga:
4.11.1 Mengurutkan isi cerita fabel
4.11.2 Menceritakan kembali isi cerita
fabel secara lisan dari cerita yang dibaca/didengar/dilihat.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran regular
Pengetahuan
1.
Pengertian dan contoh-contoh teks fabel
2. Ciri-ciri kebahasaan teks cerita fabel
3. Ciri-ciri unsur cerita fabel
4. Struktur
teks fabel
Keterampilan
1. Kemampuan mengurutkan isi cerita fabel
2. Kemampuan menceritakan kembali isi fabel secara lisan
E.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Model : Saintifik
2. Metode :
diskusi, pemberian tugas
F.
MEDIA/ALAT
DAN BAHAN
1.
Media/alat dan bahan
a.
Video
tentang teks cerita fabel
b.
Laptop
dan LCD
c.
Teks Cerita Fabel
G.
SUMBER
BELAJAR
a.
Kemdikbud. Bahasa Indonesia Kelas VII.
Jakarta: Kemdikbud, halaman 193-208.
b.
Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku
Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
c.
Permendiknas No. 50 Tahun 2015.
“Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan”.
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a.
Peserta didik menjawab
salam dari guru dilanjutkan berdoa dipimpin salah seorang peserta didik.
b.
Peserta
didik bertanya jawab dengan guru tentang teks cerita fabel yang sudah dikenal.
c.
Peserta
didik dalam panduan guru mencermati kompetensi yang akan dicapai
d.
Peserta
didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi
dan kegiatan yang akan dilakukan
e.
Peserta
didik menerima informasi lingkup penilaian
Kegiatan Inti (100 menit)
a.
Peserta
didik menyimak video cerita fabel
b.
Peserta didik membentuk
kelompok kerja terdiri atas 5 s.d. 6 orang.
c.
Peserta didik menanyakan kepada sesama temandalam satu kelompok dalam panduan
guru dengan kritis hal-hal yang terkait tentang ciri-ciri unsur teks cerita fabel
d.
Peserta didik menggali
informasi tentang ciri-ciri unsur teks cerita fabel
e.
Peserta didik dengan cermat berdiskusi tentang ciri unsur teks
cerita fabel.
f.
Peserta didik menyimpulkan
ciri unsur teks cerita fabel.
g.
Peserta didik
mempresentasikan hasil penyimpualan isi teks cerita fabel secara bergantian dan
kelompok lain memberikan tanggapan.
h.
Masing-masing kelompok menyempurnakan hasil kerjanya.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pengertian dan
ciri-ciri unsur teks cerita fabel.
b.
Peserta
didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan
dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
c.
Peserta
didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran
mengenai teks cerita fabel.
d.
Peserta
didik menerima informasi tentang kegiatan
pembelajaran pertemuan berikutnya.
Pertemuan
II
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a.
Peserta
didik dengan kreatif
bertanya jawab tentang teks cerita fabel dalam kehidupan sehari-hari
b.
Peserta
didik bertanya jawab untuk mengetahui
penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya.
c.
Peserta
didik dipandu guru mengamati kompetensi yang akan dicapai, yaitu mendaftar
kata/kalimat sebagai ciri teks cerita fabel.
d.
Peserta
didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi
dan kegiatan yang akan dilakukan
e.
Peserta
didik menerima penyampaian lingkup penilaian
Kegiatan Inti (100 menit)
a.
Peserta
didik dengan penuh tanggung
jawab menyimak beberapa model teks cerita fabel.
b.
Peserta didik menanyakan secara kritis hal-hal yang terkait tentang kata/kalimat sebagai ciri cerita fabel.
c.
Peserta didik menggali
informasi tentang kata/kalimat sebagai ciri cerita fabel.
d.
Peserta didik mengidentifikasi
kata/kalimat sebagai ciri teks cerita fabel.
e.
Peserta didik menyampaikan hasil pekerjaan di depan kelas dan peserta didik lain memberi tanggapan.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan kegiatan
pembelajaran hari itu.
b.
Peserta
didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan
dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
c.
Peserta
didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran
mengenai kata/kalimat sebagai ciri cerita fabel.
d.
Peserta
didik menerima penyampaian guru tentang
kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
Pertemuan
III
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a.
Peserta
didik dengan kritis bertanya
jawab tentang isi teks cerita fabel.
b.
Peserta
didik diajak tanya jawab untuk mengetahui
penguasaan kompetensi yang telah dicapai
c.
Peserta
didik dipandu guru mengamati kompetensi yang akan dicapai, yaitu memetakan isi teks cerita fabel dan menjawab pertanyaan isi teks cerita fabel.
d.
Peserta
didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi
dan kegiatan yang akan dilakukan.
e.
Peserta
didik menerima penyampaian lingkup penilaian.
Kegiatan Inti (100 menit)
a.
Peserta
didik menyimak model teks cerita fabel.
b.
Peserta didik dengan kritis menanyakan hal-hal yang terkait tentang urutan teks cerita
fabel.
c.
Peserta didik menggali
informasi tentang isi teks cerita fabel.
d.
Peserta didik menceritakan
kembali isi teks cerita fabel yang telah dibaca.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
a.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan isi teks
cerita fabel .
b.
Peserta
didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan
dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
c.
Peserta
didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran
mengenai isi teks cerita fabel.
d.
Peserta didik
mendapat tugas dari guru, yaitu menjawab soal-soal berkaitan dengan teks cerita
fabel.
e.
Peserta
didik menerima penyampaian guru
tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
I.
PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/jurnal
b. Penilaian pengetahuan
dilakukan dengan teknik tes tulis.
c. Penilaian
keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja
2. Instrumen Penilaian
a. Instrumen jurnal perkembangan sikap
No
|
Waktu
|
Nama siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
b. Instrumen Penilaian Pengetahuan
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Soal
|
No soal
|
1
|
3.11
Mengidentifikasi informasi tentang fabel/ legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.
|
Teks
cerita fabel
|
Disajikan contoh
teks cerita fabel peserta
didik dapat menentukan ciri-ciri
unsur teks cerita fabel.
Disajikan contoh teks cerita
fabel peserta didik dapat menentukan ciri umum kata/kalimat
yang dipergunakan dalam teks
cerita fabel.
|
Sebutkan
ciri-ciri unsur teks
cerita fabel?
Bagaimanakah
ciri umum kata/kalimat
yang dipergunakan dalam teks cerita fabel?
|
1
2
|
Rubrik Penilaian Pengetahuan
No
|
Aspek yang dinilai
|
skor
|
1
|
Menyebutkan 4-5 ciri-ciri unsur teks
cerita fabel dengan benar
|
3
|
|
Menyebutkan 3-4 ciri-ciri unsur teks cerita fabel dengan benar
|
2
|
|
Menyebutkan 1-2 ciri-ciri unsur teks cerita fabel dengan benar
|
1
|
2
|
Menyebutkan 2 ciri
umum kata/kalimat
dalam teks cerita fabel dengan benar
|
3
|
|
Menyebutkan 1 ciri
umum
kata/kalimat dalam teks cerita fabel kurang benar
|
2
|
|
Belum
dapat menyebutkanciri
umum kata/kalimat
dalam teks cerita fabel dengan benar
|
1
|
Pedoman
Penskoran
Jumlah skor
Nilai =
X 100 = ..........
Skor maksimum
(Nilai
dalam bentuk puluhan)
c. Instrumen Penilaian Keterampilan
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
soal
|
Soal
|
No soal
|
1
|
4.11 Menceritakan kembali isi fabel/ legenda daerah setempat
|
Teks
cerita fabel
|
Disajikan
teks cerita fabel, peserta didik mampu menyimpulkan beragam informasi yang
terdapat dalam teks cerita fabel
|
Apa
informasi yang disampaikan dalam teks cerita fabel ?
ceritakan
kembali isi cerita fabel di depan kelas !
|
1
2
|
Rubik Penilaian keterampilan
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Menyebutkan
informasi yang ada dalam cerita fabel disertai bukti dengan benar
|
3
|
|
Menyebutkan
informasi yang ada dalam cerita fabel dengan benar tapi tidak disertai bukti
|
2
|
|
Menyebutkan
informasi yang ada dalam cerita fabel dengan tidak benar
|
1
|
2
|
Menceritakan
kembali cerita fabel secara urut dan benar
|
3
|
|
Menceritakan
kembali cerita fabel tidak urut dan kurang benar
|
2
|
|
Menceritakan
kembali cerita fabel tidak urut dan tidak benar
|
1
|
Pedoman Penskoran
Jumlah skor
Nilai =
X 100 = ..........
Skor maksimum
(Nilai
dalam bentuk puluhan)
ii.
Penilaian
Remedial
Pemberian
bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan.
iii.
Penilaian
Pengayaan
Secara
kelompok peserta didik menyimpulkan isi teks cerita fabel.
Mengetahui :
Kepala UPTD
SMP Negeri ................, Guru
Mata Pelajaran,
………………………………………. ………………………………….
NIP. .................................................... NIP. ……………………………
LAMPIRAN
TEKS FABEL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar