RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RPP KE-
5
Satuan Pendidikan :
SMPN…
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VIII/ 2
Materi Pokok :
Teks Eksplanasi
Jumlah Pertemuan :
2 Pertemuan (4X40’)
A. Kompetensi Inti
KI.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI.3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
/teori.
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Pertemuan
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
I
|
3.9 Mengidentifikasi
informasi dari teks
ekplanasi berupa paparan
kejadian suatu fenomena
alam yang diperdengarkan
atau dibaca dengan
memperhatikan struktur,
unsur kebahasaan, dan isi
secara tertulis
|
3.9.1
Mengamati model teks eksksplanasi
3.9.2
Menyimpulkan ciri-ciri bahasa teks eksplanasi
3.9.3
Menentukan gagasan umum/pokok-pokok
informasi yang terdapat dalam teks eksplanasi
|
2. II
|
4.9 Meringkas isi teks
eksplanasi yang berupa
proses terjadinya suatu
fenomena dari beragam
sumber yang didengar
dan
dibaca
|
4.9.1
Mengidentifikasipokok-pokok informasi teks eksplanasi
4.9.2 menggabungkan
pokok-pokok informasi menjadi ringkasan teks eksplanasi
|
3. I
|
3.10Menelaah teks eksplanasi
berupa paparan kejadian
suatu fenomena alam
yang diperdengarkan atau
dibaca
|
3.10.1 Mengamati suatu
model eksplanasi
3.10.2 Mendata isi, struktur dan kaidah teks eksplanasi
3.10.3 Mendata peristiwa-peristiwa yang terjadi
dilingkungan peserta didik
|
4 II
|
4.10Menyajikan informasi,
data dalam bentuk teks
eksplanasi proses
terjadinya suatu fenomena
secara lisan dan tulis
dengan memperhatikan
struktur, unsur
kebahasaan, atau aspek
lisan
|
4.10.1 Menulis teks
eksplanasi sesuai dengan pola atau kerangka yang telah dirancang
4.10.2 Mempresentasikan
hasil karya yang sudah dibuat
|
C. TujuanPembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Setelah membaca teks eksplanasi,
peserta didik dapat:
a. Mengamati model teks
eksksplanasi
b. Menyimpulkan
ciri-ciri bahasa teks eksplanasi
c. Menentukan
gagasan umum/pokok-pokok informasi yang terdapat dalam teks eksplanasi
Fokus
penguatan pendidikan karakter :
-
Cermat
-
Teliti
2.
Pertemuan
kedua
Setelah membaca teks eksplanasi,
peserta didik dapat:
a. Mengidentifikasi pokok-pokok informasi teks eksplanasi
b.
menggabungkan pokok-pokok informasi menjadi ringkasan teks eksplanasi
Fokus
penguatan pendidikan karakter :
-
Cermat
-
Teliti
-
aktif
-
Kreatif
3.
Pertemuan
ketiga
Setelah membaca teks eksplanasi,
peserta didik dapat:
a. Mengamati suatu model
eksplanasi
b. Mendata isi, struktur dan kaidah teks eksplanasi
c. Mendata peristiwa-peristiwa yang terjadi dilingkungan
peserta didik
Fokus
penguatan pendidikan karakter :
-
Cermat
-
Teliti
-
Kreatif
-
Aktif
4. Pertemuan
keempat
Setelah membaca teks eksplanasi,
peserta didik dapat:
a.
Menulis teks eksplanasi sesuai dengan pola atau kerangka yang
telah dirancang
b.
Mempresentasikan hasil
karya yang sudah dibuat
Fokus
penguatan pendidikan karakter :
-
Cermat
-
Percaya diri
-
Teliti
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan Pertama
1)
Faktual
|
(2)
Konsep
a. Pokok-pokok informasi/gagasan umum teks eksplanasi
b. Ciri-ciribahasa
teks eksplanasi
·
Kata hubung
-
Kata penghubung temporal yang bermakna
kronologis (kemudian,lalu,setelah itu dan pada akhirnya)
-
Kata penguhubung kausalitas/sebab akibat
(sebab, olehkarena itu, oleh sebab itu)
·
Kata ganti
-
Kata ganti (tunjuk) seperti kata itu dan
ini
·
Istilah bidang ( ilmu biologi)
(3).
Prosedur
·
Pernyataan umum: berisi topik yang kan
dijelaskan mengenai proses
terjadinya/proses keberadaan
·
Urutan sebab akibat: berisi mengenai
detai penjelasan proses terjadinya yang disajikan secara urut atau bertahap
dari yang awal hingga paling akhir
·
Interpretasi : berisi tentang simpulan mengenai topik yang
telah dijelaskan
Pertemuan
Kedua
(1)
Faktual

(2)
konsep
a.
identifikasi
pokok-pokok informasi teks eksplanasi
b.
meringkas
teks eksplanasi
Pertemuan Ketiga
1. faktual

2. konsep
a.
pengamatan model eksplanasi
b.
Mendata isi, struktur
dan kaidah teks eksplanasi
c.
Mendata
peristiwa-peristiwa yang terjadi dilingkungan peserta didik
Pertemuan keempat
1.
Faktual
a.
Peserta didik menyusun beberapaide pokok sesuai dengan
tema sehingga menjadi teks eksplanasi
b.
Peserta didik mempresentasikan hasil karya yang
dibuatnya
2.
Konsep
a.
Menyusun teks eksplanasi
b.
Menyampaikan hasil karya yang dibuatnya
3.
Prosedur
a.
Menyusun ide pokok tiap paragraf
b.
Membuat teks ekplanasi
c.
Mempresentasikannya
2.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
a.
Disajikan teks eksplanasi dengan fenomena alam
“tsunami”
3.
Materi
Pembelajaran Remedial
a.
Mengidentifikasi aspek kebahasaan teks
eksplanasi
b.
Menjelaskan sturktur teks eksplanasi
c.
Menyusun
teks eksplanasi
4.
Metode
Pembelajaran
1.
Pedagogi Genre
2.
Saintifik
E. Media dan Bahan
a.
Media
1)
Video tentang fenomena alam
2)
Buku bahasa Indonesia kelas VIII
3)
Laptop
4)
Pengeras suara
b.
Bahan
1)
Infokus
2)
LK
pemandu kegiatan
F. Sumber Belajar
Mulyadi, yadi dkk. 2017. Buku teks
pendamping Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/M.Ts. Bandung: Yrama media,.Hlm.
111-134
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2
JP)
Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
a. Peserta
didikmengucapkan salam dan berdoa
di awal pembelajaran.
b. Guru
memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang fenomena alam.
c. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta
didik tentang materi yang akan di pelajari
d. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, yaitu
mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi tentang fenomena
alam yang dilihat disekitar
e. Guru
membentukPeserta didik menjadi sebuah
kelompok.
Kegiatan Inti (100
menit)
a. Peserta
didik mencermati tayangan videotentang
fenomena alam “tsunami”
b. Peserta
didik menanyakan hal-hal yang berhubungan tentang fenomena alam tersebut,
c. Peserta didik dapat menentukan jenis teks sesuai dengan
tayangan yang dilihatnya
d. Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasikan
ciri-ciri bahasa, teks eksplanasi.
e. Peserta
didikberdiskusi menentukan gagasan
umum/pokok-pokok informasi yang terdapat pada teks eksplanasi yang ditayangkan
f. Peserta
didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja tentang mengidentifikas ciri-ciri bahasa teks eksplanasi
dan menentukan gagasan
umum/pokok-pokok informasipada teks eksplanasi yang di tayangkan dan
guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami
kesulitan.
g. Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
h. Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
i.
Peserta didik mencermati penguatan
tentang hasil diskusi yang disampaikan oleh guru.
j.
Peserta didik melaksanakan evaluasi tes
tertulis.
Kegiatan Penutup (10
menit)
a. Peserta
didik mereviu (mengulas, merefleksi)hasil pembelajaran mengenai ciri-ciri bahasa dan gagasan umum/pokok-pokok informasi pada
teks eksplanasi
b. Guru
bersama peserta didik membuat simpulan mengenai ciri-ciri bahasa dan gagasan umum/pokok-pokok informasi pada
teks eksplanasi
c. Guru
bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran tentang ciri-ciri
bahasa dan gagasan umum/pokok-pokok informasi pada teks eksplanasi
d. serta
menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
e. Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan
cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali ciri-ciri bahasa dan gagasan umum/pokok-pokok informasi pada
teks eksplanasi
Pertemuan Kedua (2 JP)
Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
a.
Peserta didikmengucapkan salam dan berdoa di awal pembelajaran.
b.
Guru memotivasi peserta didik untuk
bertanya tentang fenomena alam.
c.
Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik tentang materi yang akan
di pelajari
d.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, yaitu meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses
terjadinya suatu fenomena alam yang di baca/diperdengarkan
e.
Guru membentuk Peserta didik menjadi sebuah kelompok.
Kegiatan Inti (100
menit)
a. Peserta
didik membaca teks eksplanasi yang berjudul siklus air hujan
b. Peserta
didik berdiskusi untuk mengidentifikasi
pokok-pokok informasi pada teks eksplnasi.
c. Peserta
didik berdiskusi untuk menggabungkan pokok-pokok informasi
tersebut menjadi ringkasan teks eksplanasi
d. Peserta didik menyunting hasil ringkasan yang sudah
dibuat oleh kelompok lain
e. Peserta
didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja (LK) yang sudah di sediakan
f. Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
g. Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
h. Peserta
didik menyimak penguatan hasil diskusi
yang disampaikan guru.
i.
Peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
kelompok untuk diberi penilaian.
Kegiatan Penutup (10
menit)
a. Peserta
didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai identifikasi pokok-pokok informasi dalam teks
eksplanasi
b. Guru
bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran tentang ringkasan teks
eksplanasi,
c. Guru menyampaikan tindak
lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d. Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan
cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali mengenai pokok-pokok informasi dalam teks
eksplanasi.
e. Peserta
didik mendapat tugas secara mandiri untuk membuat peta konsep dari teks eksplanasi
lain.
Pertemuan Ketiga (3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a.
Peserta didikmengucapkan salam dan berdoa di awal pembelajaran.
b.
Guru memotivasi peserta didik untuk
bertanya tentang fenomena alam.
c.
Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik tentang materi yang akan
di pelajari
d.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, yaitu menelaah teks
eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang dibaca
e.
Guru membentuk Peserta didik menjadi sebuah kelompok.
Kegiatan Inti (100
menit)
a. Peserta
didik mencermati teks eksplanasi yang
berjudul “pelangi hanya bisa dilihat di siang hari”
b. Peserta didik secara berkelompok menentukan struktur teks
eksplanasi
c. Peserta
didik secara berkelompok untuk mengumpulkan
data tentang fenomena alam yang
terjadi di lingkungan peserta didik mengenai teks eksplanasi
d. Peserta
didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja (LK)
e. Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f. Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g. Peserta
didik mencermati penguatan tentang hasil diskusi yang disampaikan oleh guru.
h. Peserta
didik melaksanakan evaluasi tertulis.
Kegiatan Penutup (10
menit)
a. Peserta
didik menyampaikan rasa puas atau
tidaknya mengikuti kegiatan penulisan teks eksplanasi dengan alasan yang logis
b. Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
menulis teks eksplanasi sesuai struktur teks eksplanasi
c. serta
menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d. Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran mengenai teks eksplanasi.
e. Peserta
didik mendapat tugas secara mandiri untuk membuat peta konsep dari teks eksplanasi
lain.
Pertemuan Keempat (3
JP)
Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
a. Peserta
didikmengucapkan salam dan berdoa
di awal pembelajaran.
b. Guru
memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang fenomena alam.
c. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta
didik tentang materi yang akan di pelajari
d. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, yaitu menelaah teks
eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang dibaca
e. Guru
membentuk Peserta didik menjadi
sebuah kelompok.
Kegiatan Inti (100
menit)
a. Peserta
didik secara berkelompok menyusun
ide pokok menjadi sebuah teks eksplanasi.
b. Peserta
didik mengumpulkan data tentang kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan
menyunting teks eksplanasi
c. Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
d. Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
e. Guru
memberikan penguatan hasil diskusi.
f. Peserta
didik mempublikasikan teks eksplanasi di mading kelas.
Kegiatan Penutup (10
menit)
a. Peserta
didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran teks eksplanasi
b. Guru
bersama peserta didik membuat simpulan mengenai teks eksplanasi
c. Guru
bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajarankerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks eksplanasi
serta menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d. Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan
cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali mengenai
kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks eksplanasi.
e. Peserta
didik mendapat tugas secara mandiri untuk membuat ringkasan teks eksplanasi sesuai dengan fenomena
alam yang terjadi
H.
Penilaian
Teknik
penilaian
a. Sikap
-
Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
-
Tes tertulis
c. Keterampilan
-
Produk
Instrumen
Penilaian
Pertemuan
Pertama
-
Instrumen penilaian sikap
JURNAL
PERKEMBANGAN SIKAP
Nama Sekolah
: SMP…………………
Kelas/Semester
: VIII/Semester 2
Tahun pelajaran
: 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
-
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
KISI-KISI TES TERTULIS
NO
|
LEVEL
KOGNITIF
|
LINGKUP
MATERI
|
INDIKATOR
|
INDIKATOR
SOAL
|
NO
SOAL
|
|
Pengetahuan
|
Teks Eksplanasi
|
1.9.1
Mengamati model teks eksksplanasi
1.9.2
Mengidentifikasi ciri-ciri
bahasa teks eksplanasi
1.9.3
Menentukan gagasan
umum/pokok-pokok informasi yang terdapat dalam teks eksplanasi
|
1. Menentukan model
teks eksplanasi (Tsunami)
2. Mengidentifikasi
ciri-ciri bahasa teks eksplanasi
3. Menentukan
pokok-pokok informasi dalam teks eksplanasi
4. Membedakan
bahasa pada hasil teks eksplanasi dan
teks eksposisi
|
1
2
3
4
|
-
Instrumen
Soal
Tes
tertulis
Bacalah
teks eksplanasiberikut kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!
Ibu, Inspirasiku
Ibuku
bernama Wulandari. Mukanya selalu bersinar seperti bulan. Cocoksekali dengan
namanya yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti
semut beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa.Beliau tidaklah
tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 tahun
kulihat rambutnya masih legam tanpasemir. Pandangan matanya yang kuat kini
sudah mulai sayu termakan usia.Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.
Ibu
adalah wanita yang sangat baik. Dia ramah dan tutur katanya lembutkepada
siapa saja. Dia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang dalam
kesusahan. Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk
selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama. Meskipun sudah berumur, ibuku
masih menuntut ilmu. Ibuku melanjutkanke jenjang S-2. Padahal harusnya dia
sudah tidak disibukkan oleh tugaskuliah. Tetapi, sepertinya ibuku sangat
menikmati sekolahnya. Sambilbernyanyi kecil dia mengerjakan tugas kuliahnya.
Belajar terus sepanjanghayat, itulah semboyannya.
|
- Menentukan model teks eksplanasi (Tsunami)
2. Mengidentifikasi
ciri-ciri bahasa teks eksplanasi
3. Menentukan
pokok-pokok informasi dalam teks eksplanasi
4. Membedakan
bahasa pada hasil teks eksplanasi dan
teks eksposisi
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN
PENSKORAN
No Soal
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
a.
Menentukan model sesuai dengan teks
eksplanasi berjudul
“tsunami”dengan tepat.
b.
Menentukan model sesuai teks eksplanasiberjudul “tsunami” dengan kurang tepat
c.
Menentukan model sesuai teks eksplanasiberjudul “tsunami” dengan tidak tepat
d.
Menentukan model sesuai teks eksplanasi berjudul “tsunami” dengan tidak menentukan model
|
4
3
2
1
|
|
JUMLAH
SKOR
|
4
|
2.
|
|
4
3
2
1
|
|
JUMLAH SKOR
|
4
|
3.
|
a.
Menentukan
pokok-pokok informasi dalam teks eksplanasiberjudul
“tsunami” dengan tepat
b. Menentukan
pokok-pokok informasi dalam teks eksplanasi berjudul “tsunami” kuran tepat
c. Menentukan
pokok-pokok informasi dalam teks eksplanasi berjudul “tsunami” tidak tepat
d. Menentukan
pokok-pokok informasi dalam teks eksplanasi berjudul “tsunami” tidak
menentukan pokok-pokok masalah
|
4
3
2
1
|
|
JUMLAH SKOR
|
4
|
4.
|
a. Membedakan bahasa pada
hasil teks eksplanasi dan teks
eksposisi dalam teks eksplanasi berjudul “tsunami” dengan tepat
|
4
|
|
||
|
JUMLAH SKOR
|
4
|
|
JUMLAH SKOR TOTAL
|
20
|
-
Kunci
Jawaban
1. Empat
objek teks eksplanasiIbu, Inspirasiku :
-
Mukanya bersinar seperti bulan
-
Rambutnya hitam bergelombang
-
Hatinya kuat bagikan baja
-
Dia ramah dalam tutur kata
2. Empat
tujuaan yang menggambarkan objek teks eksplanasiIbu, Inspirasiku:
-
Menggambarkan kecantikan seorang ibu
-
Menggambarkan ibu seorang wanita yang
baik
-
Menggambarkan ibu seorang yang masih
giat beljar
-
Menggambarkan ibu seorang wanita yang
kuat dalam menghadapi perjalanan hidup
3. Empat
kata umun dan kata khusus :
-
Kata umum ( bulan, muka, jawa, mata)
-
Kata khusus ( hitam legam, kulit sawo
matang, mata hati, ibu)
4. Empat
Kata sifat dan kata bersinonim :
-
hitam-legam
-
baik-ramah
-
kuliah-sekolah
-
wanita-ibu
5. Jenis
teks Ibu, Inspirasiku
Pedoman Penilaian:
Skor = jumlah perolehan angka
seluruh aspek

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 1)
3.1
Mengidentifikasi informasi dalam teks
eksplanasitentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau
suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!
PARANGTRITIS
NAN INDAH
Salah
satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis.Tepatnya Pantai
Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa
Yogyakarta.Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yokyakarta.
Pemandangan
Pantai Parangtritis sangat memesona.Di sebelah kiri, terlihat tebing yang
sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang
seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat.Pantai bersih
dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.
Kemolekan
pantai serasa sempurna di sore hari.Di sore hari, kita bisa melihat matahari
terbenam yang merupakan saat sangat istimewa.Lukisan alam yang sungguh
memesona.Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang
tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau.Rasa hangat berbaur
dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh.Seakan tersihir
kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan
air laut.
Banyaknya
wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini
tidak pernah sepi dari pengunjung.Di pantai Parangtritis ini kita bisa
menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati embusan segar
angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa
membawa kita ke areakarang laut yang sungguh sangat indah.
Objek teks
eksplanasibersifat khusus dengan ciri tertentu yang berbeda dengan
umumnya.
1. Daftarlah
hal yang dideskripsikan dari teks eksplanasidi atas!
NO
|
OBJEK/ HAL YANG DIDESKRIPSIKAN
|
1.
|
Pantai Parangtritis
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
|
Tujuan
teks eksplanasimenggambarkan objek dengan cara memerinci objeksecara subjektif
atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis
2. Daftarlah
tujuan yang akan dicapai dari keempat teks di atas!
NO
|
TUJUAN
|
1.
|
menggambarkan
keindahan Pantai Parangtritis
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
|
Teks
eksplanasimenggunakan sinonim kata yang bermakna khusus (legam,biru toska,
putih jernih, molek, permai).
3. Carilah
kata khusus pada teks eksplanasiyang dicontohkan di atas denganmengisi tabel
berikut!
NO
|
KATA UMUM
|
KATA KHUSUS
|
1.
|
Baik
|
Ramah
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
Pertemuan Kedua
-
Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMP…………………
Kelas/Semester : VII/Semester I
Tahun
pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Ttd
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
-
Instrumen Penilaian Keterampilan
KISI-KISI TES KETERAMPILAN
NO
|
LEVEL
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK KERJA
|
NO SOAL
|
|
Keterampilan
|
Teks
Deskripsi
|
a. Menuliskan
kata-kata kunci berdasarkan objek yang diamati
b. Mendaftar
kata-kata kunci sebagai bahan penulisan
teks eksplanasi
c. Membuat
peta konsep teks eksplanasidari kata-kata kunci.
|
Susunlah teks eksplanasiberdasarkan
kata-kata kunci dari teks berjudul Si Bagas, Kelinciku!
|
|
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN
PENSKORAN
ASPEK
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kelengkapan
struktur (identifikasi umum, deskripsi rincian,penutup)
|
-
|
Tiga
unsur struktur terpenuhi
|
Tiga
unsur struktur terpenuhi
|
Hanya
satu unsur terpenuhi
|
Ketepatan
isi pada setiap struktur
|
Semua
gambaran umum objek,gambaran rincian objek pada setiap bagian struktur teks
tepat.
|
Terdapat
satu bagian gambaran umum dan rincian
objeknya tidak tepat.
|
Terdapat
dua bagian struktur yang gambaran uumum dan rincian objeknya tidak tepat
|
Semua
bagian struktur yang gambaran dan rincian objeknya tidak tepat
|
Ketepatan
penggunaan bahasa
|
Penggunaan
kata emotif, kata depan di dan ke, dan konjungsi tepat
|
Terdapat
satu penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat
dua penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat
tiga penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
|
Kreativitas
penggunaan bahasa
|
Terdapat
empat atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat
tiga atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat
dua atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat
satu atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka
seluruh aspek

Pertemuan Ketiga
-
Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMP…………………
Kelas/Semester : VII/Semester I
Tahun
pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
-
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
KISI-KISI TES
TERTULIS
NO
|
LEVEL
|
LINGKUP
MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK
KERJA
|
NO
SOAL
|
|
Pengetahuan
|
Teks Deskripsi
|
1.2.1
Menentukan
bagian struktur teks deskripsi.
1.2.2
Menentukan
ciri kebahasaan teks eksplanasidengan tepat.
|
1.
Menentukan
bagian struktur teks deskripsi.
2.
Menentukan
ciri kebahasaan teks eksplanasidengan tepat.
|
1
2
|
-
Instrumen
Soal
Tes
tertulis
1. Bacalah
teks eksplanasiberikut kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!
Ibu,
Inspirasiku
Ibuku
bernama Wulandari. Mukanya selalu bersinar seperti bulan. Cocok sekali dengan
namanya yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti
semut beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa. Beliau tidaklah
tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 tahun
kulihat rambutnya masih legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini
sudah mulai sayu termakan usia. Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.
Ibu
adalah wanita yang sangat baik. Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada
siapa saja. Dia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang dalam
kesusahan. Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk
selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama.
Meskipun
sudah berumur, ibuku masih menuntut ilmu. Ibuku melanjutkan ke jenjang S-2.
Padahal harusnya dia sudah tidak disibukkan oleh tugas kuliah. Tetapi,
sepertinya ibuku sangat menikmati sekolahnya. Sambil bernyanyi kecil dia
mengerjakan tugas kuliahnya. Belajar terus sepanjang hayat, itulah
semboyannya.
|
2.
Tentukan bagian struktur teks
deskripsi teks eksplanasidi atas!
3.
Tentukan ciri kebahasaan teks eksplanasidi
atas!
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN
PENSKORAN
NO SOAL
|
URAIAN
|
SKOR
|
1.
|
a. Menentukan
struktur dalam teks eksplanasiberjudul Ibu, Inspirasiku dengan tepat.
b. Menentukan
struktur dalam teks eksplanasiberjudul Ibu, Inspirasiku dengan kurang tepat.
c. Menentukan
struktur dalam teks eksplanasiberjudul Ibu, Inspirasiku dengan tidak tepat.
|
3
2
1
|
2.
|
a. Menuliskan
4 ciri kebahasaan dalam teks eksplanasiberjudul Ibu, Inspirasiku dengan
benar.
b. Menuliskan
3 ciri kebahasaan dalam teks eksplanasiberjudul Ibu, Inspirasiku dengan
benar.
c. Menuliskan
2 ciri kebahasaan dalam teks eksplanasiberjudul Ibu, Inspirasiku dengan
benar.
d. Menuliskan
1 ciri kebahasaan dalam teks eksplanasiberjudul Ibu, Inspirasiku dengan
benar.
|
4
3
2
1
|
-
Kunci
Penilaian
1. Struktur
dalam teks eksplanasiberjudul Ibu, Inspirasiku
Identifikasi
Ibuku
bernama Wulandari.Mukanya selalu bersinar seperti bulan.Cocok sekali dengan namanya
yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut
beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa.Beliau tidaklah tinggi,
tidak pula pendek.Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 tahun kulihat
rambutnya masih legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai
sayu termakan usia. Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.
Deskripsi
bagian
Ibu adalah
wanita yang sangat baik.Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja.
Dia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang dalam kesusahan.
Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk selalu mengajarkan
kebaikan kepada sesama.
Simpulan
Meskipun
sudah berumur, ibuku masih menuntut ilmu.Ibuku melanjutkan ke jenjang
S-2.Padahal harusnya dia sudah tidak disibukkan oleh tugas kuliah.Tetapi,
sepertinya ibuku sangat menikmati sekolahnya.Sambil bernyanyi kecil dia
mengerjakan tugas kuliahnya.Belajar terus sepanjang hayat, itulah semboyannya.
2. Ciri
kabahasaan teks eksplanasiberjudul Ibu, Inspirasiku
a. Kata
benda dan kata yang mengikuti kata benda (yang menjelaskan)
Ibu adalah
wanita yang sangat baik
b. Kalimat
yang seolah-olah dapat dilihat, didengar, dan dirasakan.
Mukanya
bulat dengan alis tipis seperti semut beriring
c. Kata
Berimbuhan pada Teks Deskripsi
Mengokohkan,
menikmati
d. menggunakan kata bersinonim
bersinar,
bercahaya
Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka
seluruh aspek

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 3)
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!
PARANGTRITIS NAN INDAH
Salah
satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis.Tepatnya Pantai
Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa
Yogyakarta.Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yokyakarta.
Pemandangan
Pantai Parangtritis sangat memesona.Di sebelah kiri, terlihat tebing yang
sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang
seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat.Pantai bersih
dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.
Kemolekan
pantai serasa sempurna di sore hari.Di sore hari, kita bisa melihat matahari
terbenam yang merupakan saat sangat istimewa.Lukisan alam yang sungguh
memesona.Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang
tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau.Rasa hangat berbaur
dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh.Seakan tersihir
kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan
air laut.
Banyaknya
wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini
tidak pernah sepi dari pengunjung.Di pantai Parangtritis ini kita bisa
menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati embusan segar
angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa
membawa kita ke areakarang laut yang sungguh sangat indah.
1. Struktur
teks eksplanasidi atas!
NO
|
STRUKTUR
|
TEKS
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
2. Ciri
Kebahasaan teks eksplanasidi atas!
NO
|
STRUKTUR
|
KATA/KALIMAT
|
1.
|
Kata benda dan kata yang mengikuti kata benda (yang
menjelaskan)
|
|
2.
|
Kalimat yang seolah-olah dapat dilihat, didengar, dan
dirasakan.
|
|
3.
|
Kata Berimbuhan pada Teks Deskripsi
|
|
4.
|
Menggunakan kata
bersinonim
|
|
Pertemuan Keempat
-
Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMP …………………
Kelas/Semester : VII/Semester I
Tahun
pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Ttd
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
-
Instrumen
Penilaian Keterampilan
KISI-KISI TES KETERAMPILAN
NO
|
LEVEL
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK KERJA
|
NO SOAL
|
|
Keterampilan
|
Teks Deskripsi
|
4.2.1 Membuat kerangka teks sesuai dengan struktur teks deskripsi
|
1. Buatlah kerangka teks sesuai dengan struktur teks deskripsi
|
|
4.2.2 Menulis
teks eksplanasidengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan
kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang obyek wisata
4.2.3
Mengomunikasikan objek wisata
yang telah ditulisnya secara lisan.
|
2. buatlah
teks eksplanasidengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan
kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang obyek wisata
|
|
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN
PENSORAN
ASPEK
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kelengkapan
struktur (identifikasi umum, deskripsi rincian,penutup)
|
-
|
Tiga
unsur struktur terpenuhi
|
Tiga
unsur struktur terpenuhi
|
Hanya
satu unsur terpenuhi
|
Ketepatan
isi pada setiap struktur
|
Semua
gambaran umum objek,gambaran rincian objek pada setiap bagian struktur teks tepat.
|
Terdapat
satu bagian gambaran umum dan rincian
objeknya tidak tepat.
|
Terdapat
dua bagian struktur yang gambaran uumum dan rincian objeknya tidak tepat
|
Semua
bagian struktur yang gambaran dan rincian objeknya tidak tepat
|
Ketepatan
penggunaan bahasa
|
Penggunaan
kata emotif, kata depan di dan ke, dan konjungsi tepat
|
Terdapat
satu penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat
dua penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat
tiga penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
|
Kreativitas
penggunaan bahasa
|
Terdapat
empat atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat
tiga atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat
dua atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat
satu atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka
seluruh aspek

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 4)
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Membuat
kerangka teks sesuai dengan struktur
teks eksplanasidan Menulis teks eksplanasidengan memperhatikan pilihan
kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan
tentang obyek wisata
NO.
|
HAL
|
HASIL
|
1.
|
Kerangka
teks sesuai dengan struktur teks
deskripsi
|
|
2.
|
Menulis
teks eksplanasidengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan
kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang obyek wisata
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP ……………………………,
………………………………
NIP …………………………
|
…………………., Juli 2017
Guru Mata Pelajaran,
………………………………..
NIP …………………………..
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar