Minggu, 30 Juli 2017

eksplanasi kls 8



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RPP KE- 5

Satuan Pendidikan                     : SMPN…
Mata Pelajaran                           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                            : VIII/ 2
Materi Pokok                              : Teks Eksplanasi
Jumlah Pertemuan                     : 2 Pertemuan (4X40’)

A. Kompetensi Inti
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli  (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang /teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Pertemuan
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    
I
3.9 Mengidentifikasi
informasi dari teks
ekplanasi berupa paparan
kejadian suatu fenomena
alam yang diperdengarkan
atau dibaca dengan
memperhatikan struktur,
unsur kebahasaan, dan isi
secara tertulis
3.9.1          Mengamati model teks eksksplanasi
3.9.2          Menyimpulkan ciri-ciri bahasa teks  eksplanasi
3.9.3          Menentukan gagasan umum/pokok-pokok informasi yang terdapat dalam teks eksplanasi
2.     II
4.9 Meringkas isi teks
eksplanasi yang berupa
proses terjadinya suatu
fenomena dari beragam
sumber yang didengar
dan dibaca
4.9.1   Mengidentifikasipokok-pokok informasi teks eksplanasi
4.9.2 menggabungkan pokok-pokok informasi menjadi ringkasan teks eksplanasi
3.    I
3.10Menelaah teks eksplanasi
berupa paparan kejadian
suatu fenomena alam
yang diperdengarkan atau
dibaca
3.10.1    Mengamati suatu model eksplanasi
3.10.2    Mendata isi, struktur dan kaidah teks eksplanasi
3.10.3    Mendata peristiwa-peristiwa yang terjadi dilingkungan peserta didik

4      II
4.10Menyajikan informasi,
data dalam bentuk teks
eksplanasi proses
terjadinya suatu fenomena
secara lisan dan tulis
dengan memperhatikan
struktur, unsur
kebahasaan, atau aspek
lisan
4.10.1   Menulis teks eksplanasi sesuai dengan pola atau kerangka yang telah dirancang
4.10.2  Mempresentasikan hasil karya yang sudah dibuat




















C. TujuanPembelajaran

1.      Pertemuan Pertama
Setelah membaca teks eksplanasi, peserta didik dapat:

a.    Mengamati model teks eksksplanasi
b.   Menyimpulkan ciri-ciri bahasa teks eksplanasi
c.    Menentukan gagasan umum/pokok-pokok informasi yang terdapat dalam teks eksplanasi
Fokus penguatan pendidikan karakter :
-          Cermat
-          Teliti
2.      Pertemuan kedua
Setelah membaca teks eksplanasi, peserta didik dapat:
a. Mengidentifikasi pokok-pokok informasi teks eksplanasi
b. menggabungkan pokok-pokok informasi menjadi ringkasan teks eksplanasi

Fokus penguatan pendidikan karakter :
-          Cermat
-          Teliti
-          aktif
-          Kreatif 
3.      Pertemuan ketiga
Setelah membaca teks eksplanasi, peserta didik dapat:
a.       Mengamati suatu model eksplanasi
b.      Mendata isi, struktur dan kaidah teks eksplanasi
c.       Mendata peristiwa-peristiwa yang terjadi dilingkungan peserta didik
Fokus penguatan pendidikan karakter :
-          Cermat
-          Teliti
-          Kreatif
-          Aktif
4.      Pertemuan keempat
Setelah membaca teks eksplanasi, peserta didik dapat:
a.       Menulis teks eksplanasi sesuai dengan pola atau kerangka yang telah dirancang
b.       Mempresentasikan hasil karya yang sudah dibuat
Fokus penguatan pendidikan karakter :
-          Cermat
-          Percaya diri
-          Teliti
D. Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan Pertama
1)      Faktual


Description: C:\Users\PUTRAJAYA\Pictures\19703002_1695902014048709_4299028419189333899_o.jpg,Description: C:\Users\PUTRAJAYA\Pictures\19703022_1695902057382038_4297894981612088369_o.jpg
 









(2) Konsep
a.       Pokok-pokok informasi/gagasan umum teks eksplanasi
b.      Ciri-ciribahasa teks eksplanasi
·            Kata hubung
-          Kata penghubung temporal yang bermakna kronologis (kemudian,lalu,setelah itu dan pada akhirnya)
-          Kata penguhubung kausalitas/sebab akibat (sebab, olehkarena itu, oleh sebab itu)
·            Kata ganti
-          Kata ganti (tunjuk) seperti kata itu dan ini
·            Istilah bidang ( ilmu biologi)
(3). Prosedur
·         Pernyataan umum: berisi topik yang kan dijelaskan mengenai proses  terjadinya/proses keberadaan
·         Urutan sebab akibat: berisi mengenai detai penjelasan proses terjadinya yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang awal hingga paling akhir
·         Interpretasi :  berisi tentang simpulan mengenai topik yang telah dijelaskan
Pertemuan Kedua
(1)   Description: C:\Users\PUTRAJAYA\Pictures\19942639_1695913417380902_4007149974239930462_o.jpgFaktual













(2)   konsep
a.       identifikasi pokok-pokok informasi teks eksplanasi
b.      meringkas teks eksplanasi

Pertemuan Ketiga
1.       faktual
Description: C:\Users\PUTRAJAYA\Pictures\19787435_1695936164045294_6355911565799443462_o.jpg












2.       konsep
a.          pengamatan model eksplanasi
b.         Mendata isi, struktur dan kaidah teks eksplanasi
c.          Mendata peristiwa-peristiwa yang terjadi dilingkungan peserta didik
Pertemuan keempat
1.       Faktual
a.                   Peserta didik menyusun beberapaide pokok sesuai dengan tema sehingga menjadi teks eksplanasi
b.                  Peserta didik mempresentasikan hasil karya yang dibuatnya
2.       Konsep
a.       Menyusun teks eksplanasi
b.      Menyampaikan hasil karya yang dibuatnya
3.       Prosedur
a.       Menyusun ide pokok tiap paragraf
b.      Membuat teks ekplanasi
c.       Mempresentasikannya

2.      Materi Pembelajaran Pengayaan
a.       Disajikan  teks eksplanasi dengan fenomena alam “tsunami”
3.      Materi Pembelajaran Remedial
a.                   Mengidentifikasi aspek kebahasaan teks eksplanasi
b.                  Menjelaskan sturktur teks eksplanasi
c.                   Menyusun  teks eksplanasi
4.      Metode Pembelajaran
1.                  Pedagogi Genre
2.                  Saintifik         
E.     Media dan Bahan
a.       Media
1)      Video tentang fenomena alam
2)      Buku bahasa Indonesia kelas VIII
3)      Laptop
4)      Pengeras suara
b.      Bahan
1)      Infokus
2)      LK pemandu kegiatan
F.       Sumber Belajar
Mulyadi, yadi dkk. 2017.  Buku teks pendamping Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/M.Ts. Bandung: Yrama media,.Hlm. 111-134

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.       Peserta didikmengucapkan salam dan berdoa di awal pembelajaran.
b.      Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang fenomena alam.
c.       Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik tentang materi yang akan di pelajari
d.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, yaitu mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi tentang fenomena alam yang dilihat disekitar
e.       Guru membentukPeserta didik menjadi sebuah kelompok.

Kegiatan Inti (100 menit)
a.       Peserta didik mencermati tayangan videotentang fenomena alam “tsunami”
b.      Peserta didik menanyakan  hal-hal yang berhubungan tentang fenomena alam tersebut,
c.       Peserta didik dapat menentukan jenis teks sesuai dengan tayangan yang dilihatnya
d.      Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasikan ciri-ciri bahasa,  teks eksplanasi.
e.       Peserta didikberdiskusi menentukan gagasan umum/pokok-pokok informasi yang terdapat pada teks eksplanasi yang ditayangkan
f.       Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja tentang mengidentifikas ciri-ciri bahasa teks eksplanasi dan menentukan gagasan umum/pokok-pokok informasipada teks eksplanasi yang di tayangkan dan guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.
g.      Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
h.      Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
i.        Peserta didik mencermati penguatan tentang hasil diskusi yang disampaikan oleh guru.
j.        Peserta didik melaksanakan evaluasi tes tertulis.

Kegiatan Penutup (10 menit)
a.       Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi)hasil pembelajaran mengenai ciri-ciri bahasa dan gagasan umum/pokok-pokok informasi pada teks eksplanasi
b.      Guru bersama peserta didik membuat simpulan mengenai ciri-ciri bahasa dan gagasan umum/pokok-pokok informasi pada teks eksplanasi
c.       Guru bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentang ciri-ciri bahasa dan gagasan umum/pokok-pokok informasi pada teks eksplanasi
d.      serta menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
e.       Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali ciri-ciri bahasa dan gagasan umum/pokok-pokok informasi pada teks eksplanasi


Pertemuan Kedua (2 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.         Peserta didikmengucapkan salam dan berdoa di awal pembelajaran.
b.         Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang fenomena alam.
c.         Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik tentang materi yang akan di pelajari
d.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, yaitu meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena alam yang di baca/diperdengarkan
e.         Guru membentuk Peserta didik menjadi sebuah kelompok.

Kegiatan Inti (100 menit)
a.       Peserta didik membaca teks eksplanasi yang berjudul siklus air hujan
b.      Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi pokok-pokok informasi pada teks eksplnasi.
c.       Peserta didik  berdiskusi untuk menggabungkan pokok-pokok informasi tersebut menjadi ringkasan teks eksplanasi
d.      Peserta didik menyunting hasil ringkasan yang sudah dibuat oleh kelompok lain
e.       Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja (LK) yang sudah di sediakan
f.       Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
g.      Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
h.      Peserta didik menyimak penguatan hasil diskusi  yang disampaikan guru.
i.        Peserta didik mengumpulkan hasil diskusi kelompok untuk diberi penilaian.

Kegiatan Penutup (10 menit)
a.       Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai identifikasi pokok-pokok informasi dalam teks eksplanasi
b.      Guru bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentang ringkasan teks eksplanasi,
c.       Guru menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d.      Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali mengenai pokok-pokok informasi dalam teks eksplanasi.
e.       Peserta didik mendapat tugas secara mandiri untuk membuat peta konsep dari teks eksplanasi lain.

Pertemuan Ketiga (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.         Peserta didikmengucapkan salam dan berdoa di awal pembelajaran.
b.        Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang fenomena alam.
c.         Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik tentang materi yang akan di pelajari
d.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, yaitu menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang dibaca
e.         Guru membentuk Peserta didik menjadi sebuah kelompok.

Kegiatan Inti (100 menit)
a.       Peserta didik mencermati teks eksplanasi yang berjudul “pelangi hanya bisa dilihat di siang hari”
b.      Peserta didik secara berkelompok menentukan struktur teks eksplanasi
c.       Peserta didik secara berkelompok untuk mengumpulkan data tentang fenomena alam yang terjadi di lingkungan peserta didik mengenai teks eksplanasi
d.      Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja (LK)
e.       Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f.       Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g.      Peserta didik mencermati penguatan tentang hasil diskusi  yang disampaikan oleh guru.
h.      Peserta didik melaksanakan evaluasi tertulis.

Kegiatan Penutup (10 menit)
a.       Peserta didik menyampaikan rasa puas atau tidaknya mengikuti kegiatan penulisan teks eksplanasi dengan alasan yang logis
b.      Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi sesuai struktur teks eksplanasi
c.       serta menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d.      Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran mengenai teks eksplanasi.
e.       Peserta didik mendapat tugas secara mandiri untuk membuat peta konsep dari teks eksplanasi lain.

Pertemuan Keempat (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.       Peserta didikmengucapkan salam dan berdoa di awal pembelajaran.
b.      Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang fenomena alam.
c.       Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik tentang materi yang akan di pelajari
d.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, yaitu menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang dibaca
e.       Guru membentuk Peserta didik menjadi sebuah kelompok.
Kegiatan Inti (100 menit)
a.       Peserta didik secara berkelompok menyusun ide pokok menjadi sebuah teks eksplanasi.
b.      Peserta didik mengumpulkan data tentang kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks eksplanasi
c.       Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
d.      Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
e.       Guru memberikan penguatan hasil diskusi.
f.       Peserta didik mempublikasikan teks eksplanasi di mading kelas.

Kegiatan Penutup (10 menit)
a.       Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran teks eksplanasi
b.      Guru bersama peserta didik membuat simpulan mengenai teks eksplanasi
c.       Guru bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajarankerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks eksplanasi serta menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d.      Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali mengenai kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks eksplanasi.
e.       Peserta didik mendapat tugas secara mandiri untuk membuat ringkasan teks eksplanasi sesuai dengan fenomena alam yang terjadi

H.                Penilaian
Teknik penilaian
a.       Sikap
-          Observasi (jurnal)
b.      Pengetahuan
-          Tes tertulis
c.       Keterampilan
-          Produk
Instrumen Penilaian
Pertemuan Pertama
-          Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP

Nama Sekolah      : SMP…………………
Kelas/Semester     : VIII/Semester 2
Tahun pelajaran    : 2017/ 2018
No
Waktu
Nama Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3







-          Instrumen Penilaian Pengetahuan
KISI-KISI TES TERTULIS
NO
LEVEL KOGNITIF
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL
NO SOAL

Pengetahuan
























Teks Eksplanasi
1.9.1        Mengamati model teks eksksplanasi


1.9.2        Mengidentifikasi ciri-ciri bahasa teks  eksplanasi


1.9.3        Menentukan gagasan umum/pokok-pokok informasi yang terdapat dalam teks eksplanasi

1.      Menentukan model teks eksplanasi (Tsunami)
2.      Mengidentifikasi ciri-ciri bahasa teks eksplanasi
3.      Menentukan pokok-pokok informasi dalam teks eksplanasi
4.      Membedakan bahasa pada hasil  teks eksplanasi dan teks eksposisi

1




2



3


4













-          Instrumen Soal
Tes tertulis
Bacalah teks eksplanasiberikut kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!
Ibu, Inspirasiku
Ibuku bernama Wulandari. Mukanya selalu bersinar seperti bulan. Cocoksekali dengan namanya yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa.Beliau tidaklah tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 tahun kulihat rambutnya masih legam tanpasemir. Pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai sayu termakan usia.Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.

Ibu adalah wanita yang sangat baik. Dia ramah dan tutur katanya lembutkepada siapa saja. Dia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang dalam kesusahan. Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama. Meskipun sudah berumur, ibuku masih menuntut ilmu. Ibuku melanjutkanke jenjang S-2. Padahal harusnya dia sudah tidak disibukkan oleh tugaskuliah. Tetapi, sepertinya ibuku sangat menikmati sekolahnya. Sambilbernyanyi kecil dia mengerjakan tugas kuliahnya. Belajar terus sepanjanghayat, itulah semboyannya.

  1. Menentukan model teks eksplanasi (Tsunami)
2.    Mengidentifikasi ciri-ciri bahasa teks eksplanasi
3.    Menentukan pokok-pokok informasi dalam teks eksplanasi
4.    Membedakan bahasa pada hasil  teks eksplanasi dan teks eksposisi

RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
No Soal
Uraian
Skor
1.
a.         Menentukan model sesuai dengan teks eksplanasi berjudul “tsunami”dengan tepat.
b.        Menentukan model sesuai teks eksplanasiberjudul “tsunami” dengan kurang tepat
c.         Menentukan model sesuai teks eksplanasiberjudul “tsunami” dengan tidak tepat
d.        Menentukan model sesuai teks eksplanasi berjudul “tsunami” dengan tidak menentukan model
4


3


2


1

JUMLAH SKOR
4
2.
  1. Mengidentifikasi ciri-ciri bahasa teks eksplanasiberjudul “tsunami” dengan tepat
  2. Mengidentifikasi ciri-ciri bahasa teks eksplanasiberjudul “tsunami” kurang tepat
  3. Mengidentifikasi ciri-ciri bahasa teks eksplanasiberjudul “tsunami” tidak tepat
  4. Mengidentifikasi ciri-ciri bahasa teks eksplanasiberjudul “tsunami” tidak menentukan ciri-ciri bahasa
4

3
2


1


JUMLAH SKOR
4
3.
a.       Menentukan pokok-pokok informasi dalam teks eksplanasiberjudul “tsunami” dengan tepat
b.      Menentukan pokok-pokok informasi dalam teks eksplanasi berjudul “tsunami” kuran tepat
c.       Menentukan pokok-pokok informasi dalam teks eksplanasi berjudul “tsunami” tidak tepat
d.      Menentukan pokok-pokok informasi dalam teks eksplanasi berjudul “tsunami” tidak menentukan pokok-pokok masalah

4


3


2


1

JUMLAH SKOR
4
4.
a.       Membedakan bahasa pada hasil  teks eksplanasi dan teks eksposisi dalam teks eksplanasi berjudul “tsunami” dengan tepat
  1. Membedakan bahasa pada hasil  teks eksplanasi dan teks eksposisi teks eskplanasi berjudul “tsunami” kurang tepat
  2. Membedakan bahasa pada hasil  teks eksplanasi dan teks eksposisi teks eskplanasi berjudul “tsunami” kurang tepat
  3. Membedakan bahasa pada hasil  teks eksplanasi dan teks eksposisi teks eskplanasi berjudul “tsunami” tidak membedakan


4




JUMLAH SKOR
4

JUMLAH SKOR TOTAL
20

-          Kunci Jawaban
1.      Empat objek teks eksplanasiIbu, Inspirasiku :
-          Mukanya bersinar seperti bulan
-          Rambutnya hitam bergelombang
-          Hatinya kuat bagikan baja
-          Dia ramah dalam tutur kata
2.      Empat tujuaan yang menggambarkan objek teks eksplanasiIbu, Inspirasiku:
-          Menggambarkan kecantikan seorang ibu
-          Menggambarkan ibu seorang wanita yang baik
-          Menggambarkan ibu seorang yang masih giat beljar
-          Menggambarkan ibu seorang wanita yang kuat dalam menghadapi perjalanan hidup
3.      Empat kata umun dan kata khusus :
-          Kata umum ( bulan, muka, jawa, mata)
-          Kata khusus ( hitam legam, kulit sawo matang, mata hati, ibu)
4.      Empat Kata sifat dan kata bersinonim :
-          hitam-legam
-          baik-ramah
-          kuliah-sekolah
-          wanita-ibu
5.      Jenis teks Ibu, Inspirasiku

Pedoman Penilaian:
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek






























LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 1)

3.1              Mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasitentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.

Nama Peserta didik/Kelomok  :      ................................................................
Kelas/Kelompok                       :      ................................................................

Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!

PARANGTRITIS NAN INDAH

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis.Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yokyakarta.

Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona.Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat.Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari.Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa.Lukisan alam yang sungguh memesona.Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau.Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh.Seakan tersihir kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.

Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung.Di pantai Parangtritis ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati embusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke areakarang laut yang sungguh sangat indah.

Objek teks eksplanasibersifat khusus dengan ciri tertentu yang berbeda dengan
umumnya.

1.      Daftarlah hal yang dideskripsikan dari teks eksplanasidi atas!
NO
OBJEK/ HAL YANG DIDESKRIPSIKAN
1.
Pantai Parangtritis
2.

3.

4.


Tujuan teks eksplanasimenggambarkan objek dengan cara memerinci objeksecara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis
2.      Daftarlah tujuan yang akan dicapai dari keempat teks di atas!
NO
TUJUAN
1.
menggambarkan keindahan Pantai Parangtritis
2.

3.

4.


Teks eksplanasimenggunakan sinonim kata yang bermakna khusus (legam,biru toska, putih jernih, molek, permai).

3.      Carilah kata khusus pada teks eksplanasiyang dicontohkan di atas denganmengisi tabel berikut!
NO
KATA UMUM
KATA KHUSUS
1.
Baik
Ramah
2.


3.


4.


Pertemuan Kedua
-          Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP

Nama Sekolah      : SMP…………………
Kelas/Semester     : VII/Semester I
Tahun pelajaran    : 2017/ 2018

No
Waktu
Nama Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3







-          Instrumen Penilaian Keterampilan
KISI-KISI TES KETERAMPILAN
NO
LEVEL
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
PETUNJUK KERJA
NO SOAL

Keterampilan
Teks Deskripsi
a.       Menuliskan kata-kata kunci berdasarkan objek yang diamati
b.      Mendaftar kata-kata kunci sebagai bahan penulisan  teks eksplanasi
c.       Membuat peta konsep teks eksplanasidari kata-kata kunci.
Susunlah teks eksplanasiberdasarkan kata-kata kunci dari teks berjudul Si Bagas, Kelinciku!











RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
ASPEK
SKOR
4
3
2
1
Kelengkapan struktur (identifikasi umum, deskripsi rincian,penutup)
-
Tiga unsur struktur terpenuhi
Tiga unsur struktur terpenuhi
Hanya satu unsur terpenuhi
Ketepatan isi pada setiap struktur
Semua gambaran umum objek,gambaran rincian objek pada setiap bagian struktur teks tepat.
Terdapat satu bagian gambaran umum dan  rincian objeknya tidak tepat.
Terdapat dua bagian struktur yang gambaran uumum dan rincian objeknya tidak tepat
Semua bagian struktur yang gambaran dan rincian objeknya tidak tepat
Ketepatan penggunaan bahasa
Penggunaan kata emotif, kata depan di dan ke, dan konjungsi tepat
Terdapat satu penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Terdapat dua penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Terdapat tiga penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Kreativitas penggunaan bahasa
Terdapat empat atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat tiga atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat dua atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat satu atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi

Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
Pertemuan Ketiga
-          Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP

Nama Sekolah      : SMP…………………
Kelas/Semester     : VII/Semester I
Tahun pelajaran    : 2017/ 2018

No
Waktu
Nama Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3







-          Instrumen Penilaian Pengetahuan
KISI-KISI TES TERTULIS
NO
LEVEL
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
PETUNJUK KERJA
NO SOAL

Pengetahuan





Teks Deskripsi
1.2.1        Menentukan bagian  struktur teks  deskripsi.
1.2.2        Menentukan ciri kebahasaan teks eksplanasidengan tepat.
1.      Menentukan bagian  struktur teks  deskripsi.
2.      Menentukan ciri kebahasaan teks eksplanasidengan tepat.
1


2


-          Instrumen Soal
Tes tertulis
1.      Bacalah teks eksplanasiberikut kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!
Ibu, Inspirasiku
Ibuku bernama Wulandari. Mukanya selalu bersinar seperti bulan. Cocok sekali dengan namanya yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa. Beliau tidaklah tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 tahun kulihat rambutnya masih legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai sayu termakan usia. Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.
Ibu adalah wanita yang sangat baik. Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja. Dia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang dalam kesusahan. Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama.
Meskipun sudah berumur, ibuku masih menuntut ilmu. Ibuku melanjutkan ke jenjang S-2. Padahal harusnya dia sudah tidak disibukkan oleh tugas kuliah. Tetapi, sepertinya ibuku sangat menikmati sekolahnya. Sambil bernyanyi kecil dia mengerjakan tugas kuliahnya. Belajar terus sepanjang hayat, itulah semboyannya.

2.      Tentukan bagian  struktur teks  deskripsi teks eksplanasidi atas!
3.      Tentukan ciri kebahasaan teks eksplanasidi atas!

RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
NO SOAL
URAIAN
SKOR
1.
a.       Menentukan struktur dalam teks eksplanasiberjudul Ibu, Inspirasiku dengan tepat.
b.      Menentukan struktur dalam teks eksplanasiberjudul Ibu, Inspirasiku dengan kurang tepat.
c.       Menentukan struktur dalam teks eksplanasiberjudul Ibu, Inspirasiku dengan tidak tepat.
3

2


1
2.
a.       Menuliskan 4 ciri kebahasaan dalam teks eksplanasiberjudul Ibu, Inspirasiku dengan benar.
b.      Menuliskan 3 ciri kebahasaan dalam teks eksplanasiberjudul Ibu, Inspirasiku dengan benar.
c.       Menuliskan 2 ciri kebahasaan dalam teks eksplanasiberjudul Ibu, Inspirasiku dengan benar.
d.      Menuliskan 1 ciri kebahasaan dalam teks eksplanasiberjudul Ibu, Inspirasiku dengan benar.
4


3


2


1

-          Kunci Penilaian
1.      Struktur dalam teks eksplanasiberjudul Ibu, Inspirasiku
Identifikasi
Ibuku bernama Wulandari.Mukanya selalu bersinar seperti bulan.Cocok sekali dengan namanya yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa.Beliau tidaklah tinggi, tidak pula pendek.Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 tahun kulihat rambutnya masih legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai sayu termakan usia. Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.

Deskripsi bagian
Ibu adalah wanita yang sangat baik.Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja. Dia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang dalam kesusahan. Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama.

Simpulan
Meskipun sudah berumur, ibuku masih menuntut ilmu.Ibuku melanjutkan ke jenjang S-2.Padahal harusnya dia sudah tidak disibukkan oleh tugas kuliah.Tetapi, sepertinya ibuku sangat menikmati sekolahnya.Sambil bernyanyi kecil dia mengerjakan tugas kuliahnya.Belajar terus sepanjang hayat, itulah semboyannya.

2.      Ciri kabahasaan teks eksplanasiberjudul Ibu, Inspirasiku
a.       Kata benda dan kata yang mengikuti kata benda (yang menjelaskan)
Ibu adalah wanita yang sangat baik
b.      Kalimat yang seolah-olah dapat dilihat, didengar, dan dirasakan.
Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring
c.       Kata Berimbuhan pada Teks Deskripsi
Mengokohkan, menikmati
d.      menggunakan  kata bersinonim
bersinar, bercahaya

Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek

























LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 3)

Nama Peserta didik/Kelomok  :      ................................................................
Kelas/Kelompok                       :      ................................................................

Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!

PARANGTRITIS NAN INDAH

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis.Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yokyakarta.

Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona.Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat.Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari.Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa.Lukisan alam yang sungguh memesona.Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau.Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh.Seakan tersihir kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.

Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung.Di pantai Parangtritis ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati embusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke areakarang laut yang sungguh sangat indah.



1.      Struktur teks eksplanasidi atas!
NO
STRUKTUR
TEKS
1.


2.


3.



2.      Ciri Kebahasaan teks eksplanasidi atas!
NO
STRUKTUR
KATA/KALIMAT
1.
Kata benda dan kata yang mengikuti kata benda (yang menjelaskan)

2.

Kalimat yang seolah-olah dapat dilihat, didengar, dan dirasakan.

3.

Kata Berimbuhan pada Teks Deskripsi

4.
Menggunakan  kata bersinonim

















Pertemuan Keempat
-          Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP

Nama Sekolah      : SMP …………………
Kelas/Semester     : VII/Semester I
Tahun pelajaran    : 2017/ 2018

No
Waktu
Nama Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3







-          Instrumen Penilaian Keterampilan
KISI-KISI TES KETERAMPILAN
NO
LEVEL
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
PETUNJUK KERJA
NO SOAL

 Keterampilan
Teks Deskripsi
4.2.1     Membuat  kerangka teks sesuai dengan struktur  teks deskripsi
1.      Buatlah  kerangka teks sesuai dengan struktur  teks deskripsi

4.2.2       Menulis teks eksplanasidengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang obyek wisata
4.2.3        Mengomunikasikan objek wisata yang telah ditulisnya secara lisan.
2.      buatlah teks eksplanasidengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang obyek wisata














RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSORAN
ASPEK
SKOR
4
3
2
1
Kelengkapan struktur (identifikasi umum, deskripsi rincian,penutup)
-
Tiga unsur struktur terpenuhi
Tiga unsur struktur terpenuhi
Hanya satu unsur terpenuhi
Ketepatan isi pada setiap struktur
Semua gambaran umum objek,gambaran rincian objek pada setiap bagian struktur teks tepat.
Terdapat satu bagian gambaran umum dan  rincian objeknya tidak tepat.
Terdapat dua bagian struktur yang gambaran uumum dan rincian objeknya tidak tepat
Semua bagian struktur yang gambaran dan rincian objeknya tidak tepat
Ketepatan penggunaan bahasa
Penggunaan kata emotif, kata depan di dan ke, dan konjungsi tepat
Terdapat satu penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Terdapat dua penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Terdapat tiga penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Kreativitas penggunaan bahasa
Terdapat empat atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat tiga atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat dua atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat satu atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi

Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek

















LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 4)

Nama Peserta didik/Kelomok  :      ................................................................
Kelas/Kelompok                       :      ................................................................

Membuat  kerangka teks sesuai dengan struktur  teks eksplanasidan Menulis teks eksplanasidengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang obyek wisata

NO.
HAL
HASIL
1.


Kerangka teks sesuai dengan struktur  teks deskripsi

2.




Menulis teks eksplanasidengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang obyek wisata



Mengetahui,
Kepala SMP ……………………………,




………………………………
NIP …………………………
………………….,    Juli 2017
Guru Mata Pelajaran,




………………………………..
NIP …………………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar