RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri …
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
/ Semester : VII
/ Genap
Materi pokok : Membaca Buku Fiksi dan Nonfiksi
Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran (3 x Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI
2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3.15 Menemukan
unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
3.15.1 Menentukan unsur-unsur buku fiksi
3.15.2 Menentukan unsur-unsur buku nonfiksi
3.15.3 Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku fiksi
dan nonfiksi
|
4.15 Membuat peta pikiran/ rangkuman alur tentang isi
buku nonfiksi/ buku fiksi yang
dibaca
|
4.15.1
Membuat rangkuman buku fiksi
4.15.2 Membuat rangkuman buku nonfiksi dalam bentuk pemetaan
4.15.3 Membuat rangkuman buku nonfiksi dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku
|
Aspek sikap yang ditumbuhkan
Sikap utama yang ditumbuhkan pada pembelajaran unit
ini adalah sikap peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, dan
kerjasama.
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Setelah mencermati buku/teks fiksi yang dibaca, peserta didik
dapat menentukan unsur-unsur buku fiksi
dengan kerja sama dan tanggung jawab
2.
Setelah mencermati buku/ teks nonfiksi yang dibaca, peserta didik dapat
menentukan unsur-unsur buku nonfiksi
dengan kerja sama dan tanggung jawab
3.
Setelah mencermati dua buku/teks (fiksi dan
nonfiksi) yang dibaca, peserta didik dapat menentukan persamaan dan perbedaan
unsur-unsur buku/teks (fiksi dan nonfiksi) dengan kerja
sama dan tanggung jawab
Pertemuan Kedua
1.
Setelah memahami
unsur-unsur buku/teks fiksi dan nonfiksi, peserta didik mampu merangkum
buku/teks fiksi dan nonfiksi dalam bentuk pemetaan dengan tanggung
jawab dan jujur berkarya
2.
Setelah memahami
unsur-unsur buku/teks fiksi dan nonfiksi, peserta didik mampu merangkum
buku/teks fiksi dan nonfiksi berdasarkan gagasan pokok dengan tanggung jawab dan jujur berkarya
D.
Pendekatan/
Model Pembelajaran/ Metode
1. Pendekatan:
Saintifik
E.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pengetahuan
·
Unsur-unsur
Buku Fiksi:
Kover
buku
|
Rincian bab
|
Rincian
subbab
|
Tokoh
dan penokohan
|
Tema
cerita
|
Bahasa
yang digunakan dalam buku fiksi
|
Alur
yang digunakan dalam buku fiksi
|
·
Unsur-unsur Buku/Teks Nonfiksi
Kover
buku
|
Rincian bab
|
Rincian subbab
|
Bahasa
yang digunakan dalam buku nonfiksi
|
·
Persamaan dan perbedaan
unsur-unsur buku/teks fiksi dan buku/teks nonfiksi
Pertemuan Kedua
Keterampilan
1.
Rangkuman buku/teks fiksi
2.
Rangkuman buku/teks nonfiksi dalam
bentuk pemetaan
3.
Rangkuman buku/teks nonfiksi
berdasarkan gagasan pokok
F.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan pertama: 3 JP
a. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1) Guru mengondisikan kelas
dalam suasana belajar yang menyenangkan
2) Guru memberikan apersepsi
dengan menceritakan
kisah orang-orang sukses karena membaca dan
menulis buku.
3) Guru mengajak siswa bertanya
jawab tentang pentingnya membaca buku.
4)Guru menanyakan
kepada siswa tentang pengalamannya dalam membaca buku pada pelajaran-pelajaran atau literasi sebelumnya
5) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari KD ini
6) Guru menjelaskan cakupan kegiatan pembelajaran yang akan diikuti dan
rencana penilaiannya
b.
Kegiatan Inti (100 menit)
1) Siswa diminta memilih hasil bacaan dari buku nonfiksi yang dilakukan sebelumnya.
2) Siswa membaca lagi buku yang dibawa
secara garis besar. Siswa mengecek unsur-unsur buku yang pernah dibaca dengan panduan pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan dengan unsur-unsur buku
3) Siswa
menentukan unsur-unsur buku/teks fiksi dan nonfiksi kemudian
mengonfirmasikannya, siswa/pasangan/kelompok lain menanggapi, guru mengamati
dan menilai
4) Siswa didorong untuk bertanya
jawab menentukan/ mengonfirmasi
persaamaan dan perbedaan
buku/teks
fiksi dan nonfiksi, guru mengamati dan menilai
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Guru
bersama siswa menyimpulkan butir-butir pokok
tentang unsur
buku fiksi dan nonfiksi
2) Guru
bersama siswa
melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari
itu.
3) Guru
memberikan umpan balik
pembelajaran
4) Guru
memberi tugas kepada siswa membawa buku fiksi
dan nonfiksi pada pembelajaran berikutnya
5) Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling
mengesankan.
2. Pertemuan kedua (3 JP )
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Guru memberikan apersepsi dan
mengondisikan kelas dalam suasana
belajar menyenangkan
2) Guru
dan siswa bertanya jawab tentang kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya
3) Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai
4) Guru
menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
5) Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan
b.
Kegiatan Inti (100 menit)
1) Siswa secara berpasangan membuat rangkuman buku/teks fiksi dalam LK, guru mengamati dan
membimbing mereka
2) Siswa secara individu/berpasangan membuat rangkuman buku/teks nonfiksi dalam bentuk pemetaan dalam LK,
guru mengamati dan membimbing mereka
3) Siswa secara berpasangan membuat rangkuman buku/teks nonfiksi berdasarkan gagasan pokok dalam
LK, guru mengamati dan membimbing mereka
3) Siswa memajang hasil pekerjaannya dan mengomunikasikannya, siswa/pasangan
siswa lainnya menanggapi, guru mengamati dan menilai
c. Kegiatan Penutup
(10 menit)
1) Guru bersama siswa melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan
pembelajaran pada hari itu.
2) Guru memberikan umpan balik dalam proses pembelajaran
4) Guru
memberikan tugas merangkum artikel dari majalah, koran, atau buku.
G.
Penilaian
1. Teknik Penilaian
b.
Penilaian sikap sikap
sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
c.
Penilaian pengetahuan
dilakukan dengan teknik tes tulis.
d.
Penilaian keterampilan
dilakukan dengan teknik kinerja.
2.
Instrumen
Penilaian
Pertemun Pertama
a.
Instrumen jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap
Spiritual
Nama Sekolah : SMPN 1 Watulimo
Kelas/Semester : VII/ Genap
Tahun pelajaran : 2016/2017
‘No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jurnal Perkembangan Sikap
Sosial
Nama Sekolah : SMPN 1 Watulimo
Kelas/Semester : VII/ Genap
Tahun pelajaran : 2016/2017
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.Instrumen Uraian
1) Bacalah buku/teks fiksi yang telah Anda bawa dengan
saksama kemudian tentukan unsur-unsur buku/teks tersebut!
2) Bacalah buku/teks nonfiksi yang telah Anda bawa dengan
saksama kemudian tentukan unsur-unsur buku/teks tersebut!
3) Cermatilah buku fiksi dan nonfiksi tersebut kemudian
tentukan persamaan dan perbedaan unsur-unsurnya!
4) Bacalah buku fiksi yang telah Anda pilih kemudian
susunlah rangkumannya!
Untuk
memudahkan merangkum, Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut kemudian
merangkaikannya.
Contoh pertanyaan
pemandu:
1.
Siapakah
tokoh utama dalam buku/teks tersebut?
2.
Di
mana latar cerita tersebut?
3.
Kapan
terjadinya?
4.
Apa
yang dilakukan tokoh?
5.
Apa
masalah/ konflik yang dihadapi tokoh?
6.
Bagaimana
pemecahan masalah yang dihadapi?
7.
Bagaimanakah
akhir ceritanya?
8.
Apa
pesan moral dari cerita tersaebut?
dan
seterusnya.
5) Bacalah
buku nonfiksi yang telah Anda pilih kemudian buatlah rangkumannya dalam bentuk
pemetaan!
6) Bacalah
buku nonfiksi yang telah Anda pilih kemudian buatlah rangkuman salah satu babnya
berdasarkan gagasan pokoknya!
Pedoman
Penilaian
Kisi-Kisi Penilaian
Pengetahuan
Nama Sekolah : SMPN 1 Watulimo
Kelas/Semester : VII/2
Tahun
pelajaran : 2016/2017
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Teknik
Penilaian
|
1.
|
3.15 Menemukan
unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
1.
Literasi buku fiksi dan nonfiksi
2. Unsur-unsur
buku
|
1. Disajikan
buku fiksi, siswa menentukan unsur-unsur buku tersebut.
2. Disajikan
buku nonfiksi, siswa menentukan unsur-unsur buku
tersebut.
3. Disajikan buku fiksi dan nonfiksi, siswa dapat menemukan persamaan dan perbedaan
unsur-unsurnya!
|
tes
uraian
|
Rubrik
Penilaian Pengetahuan
1.
Unsur-unsur buku fiksi
Teks
|
Objek
apa/yang dideskripsikan
|
|
|
ya
|
tidak
|
||
1
|
Menuliskan bagian cover buku
|
|
|
2
|
Menuliskan rincian subbab
|
|
|
3
|
Menuliskan judul subbab
|
|
|
4
|
Menuliskan tokoh dan penokohan
|
|
|
5
|
Menuliskan tema cerita
|
|
|
6
|
Menyebutkan bahasa yang digunakan dalam buku fiksi
|
|
|
7
|
Menyebutkan jenis alur yang digunakan dalam buku
fiksi
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
Keterangan
7
= Menyebutkan semua unsur benar
6
= Menyebutkan 6 unsur dengan benar
5 = Menyebutkan 5 unsur dengan benar
4 = Menyebutkan 4 unsur dengan benar
3 = Menyebutkan 3 unsur dengan benar
2 = Menyebutkan 2 unsur dengan benar
1 = Menyebutkan 1 unsur dengan benar
Skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------- x 100
Skor maksimal (7)
2. Unsur-unsur
buku nonfiksi
Teks
|
Objek
apa/yang dideskripsikan
|
|
|
ya
|
tidak
|
||
1
|
Menuliskan bagian cover buku
|
|
|
2
|
Menuliskan rincian subbab
|
|
|
3
|
Menuliskan judul subbab
|
|
|
4
|
Menyebutkan bahasa yang digunakan dalam buku
nonfiksi
|
|
|
5
|
Menyebutkan jenis alur yang digunakan dalam buku
nonfiksi
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
Keterangan
5 = Menyebutkan 5 unsur dengan benar
4 = Menyebutkan 4 unsur dengan benar
3 = Menyebutkan 3 unsur dengan benar
2 = Menyebutkan 2 unsur dengan benar
1 = Menyebutkan 1 unsur dengan benar
Skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------- x 100
Skor maksimal (5)
3. Persamaan
dan perbedaan unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
Rubrik Penilaian Persamaan
Unsur-unsur buku fiksi dan
non fiksi
No
|
Objek
apa/yang dideskripsikan
|
skor
|
1
|
Menyebutkan 5 persamaan dengan benar
|
5
|
2
|
Menyebutkan 4 persamaan dengan benar
|
4
|
3
|
Menyebutkan 3 persamaan dengan benar
|
3
|
4
|
Menyebutkan 2 persamaan dengan benar
|
2
|
5
|
Menyebutkan 1 persamaan dengan benar
|
1
|
|
Skor maksimal
|
5
|
Skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------- x 100
Skor maksimal (5)
Rubrik Penilaian Perbedaan
Unsur-unsur buku fiksi dan
non fiksi
N0
|
Objek
apa/yang dideskripsikan
|
skor
|
1
|
Menyebutkan 2 persamaan dengan benar
|
2
|
2
|
Menyebutkan 1 persamaan dengan benar
|
1
|
|
Skor maksimal
|
2
|
Skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------- x 100
Skor maksimal (2)
Kisi-Kisi
Penilaian Keterampilan
Nama Sekolah : SMPN 1 Watulimo
Kelas/Semester : VII/2
Tahun
pelajaran : 2016/2017
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Teknik
Penilaian
|
1.
|
4.15 Membuat peta
pikiran/ rangkuman alur tentang isi buku nonfiksi/ buku fiksi yang dibaca
|
Merangkum buku fiksi dan nonfiksi
|
1. Disajikan
buku fiksi, siswa dapat merangkumnya
2. Disajikan
buku nonfiksi, siswa merangkum
dalam bentuk pemetaan
3. Disajikan
buku nonfiksi, siswa merangkum berdasarkan
gagasan pokoknya
|
produk
produk
|
1.
Merangkum
buku fiksi
Rangkuman Cerita Bawang Merah dan Bawang Putih
Karya Tira Ikranegara
Bawang putih
adalah seorang gadis yang tidak punya ayah dan ibu. Ia ikut ibu tirinya. Ia punya
saudara tiri yang jahat yang bernama Bawang Merah. Bawang Putih diperlakukan
sebagai pembantu oleh ibu tiri dan saudara tirinya. Walaupun hidup menderita,
Bawang Putih tidak mengeluh. Ia selalu menyelesaikan tugasnya karena ia dibantu
oleh jelmaan ikan mas.
Suatu ketika
ibu tiri dan adik tirinya curiga, diintipnya ketika Bawang Putih sedang dibantu
ikan mas. Dengan kelicikan mereka ikan mas mereka goreng dan durinya diberikan
kepada Bawang Putih. Bawang Putih sangat sedih. Ia mengubur duri ikan itu dipinggir
jalan. Tumbuhlah bunga yang indah di tempat itu yang akhirnya menarik perhatian
pangeran. Pangeran mencari pemilik bunga itu dan akhirnya Bawang Putih
disunting sebagai istrinya.
Rubrik
Penilaian Rangkuman isi buku fiksi
Teks
|
Objek
apa/yang dideskripsikan
|
|
1
|
Menuliskan judul buku
|
|
2
|
Menuliskan tokoh
|
|
3
|
Menuliskan latar
|
|
4
|
Menuliskan tempat
|
|
5
|
Menuliskan konflik
|
|
6
|
Menuliskan pemecahan konflik
|
|
7
|
Menuliskan pesan
|
|
|
Jumlah
skor
|
|
Keterangan
2 = Menjawab secara tepat
1 = Menjawab kurang tepat
0 = Menjawab salah
Skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------- x 100
Skor maksimal (14)
2.
Merangkum buku nonfiksi dalam bentuk pemetaan
Terampil
Budidaya Anggrek
|
Bab 1
Pendahuluan
|
A.
Sejarah Singkat
|
|
B.
Jenis Tanaman
|
|
||
C.
Manfaat Tanaman
|
|
||
D.
Sentra Penanaman
|
|
||
E.
Syarat Pertumbuhan
|
|
||
Bab 2
Pedoman Budidaya Anggrek
|
A.
Pembibitan
|
|
|
B.
Pengolahan Media Tanam
|
|
||
C.
Teknik Penanaman
|
|
||
D.
Pemeliharaan Tanaman
|
|
||
Bab 3
Hama dan Penyakit
|
A.
Hama
|
|
|
B.
Penyakit
|
|
||
|
|
||
Bab 4
Panen dan Pasca Panen
|
|
|
|
|
|
||
Bab 5
Analisis
Ekonomi Budidaya Tanaman
|
|
|
|
|
|
||
Bab 6
Standar Produksi
|
|
|
|
|
|
||
|
|
||
|
|
||
|
|
||
|
|
||
|
|
||
|
|
||
|
|
Rubrik
Penilaian Rangkuman isi buku nonfiksi
Teks
|
Objek
apa/yang dideskripsikan
|
|
1
|
Menuliskan judul buku
|
|
2
|
Menuliskan judul bab
|
|
3
|
Menuliskan judul subbab
|
|
|
Jumlah
skor
|
|
Keterangan
4
= Menjawab secara tepat
3 = Menjawab kurang tepat
2 = menjawab salah
Skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------- x 100
Skor maksimal (12)
3.
Merangkum berdasarkan gagasan utama
Format merangkum dengan teknik menentukan gagasan
utama dan gagasan rincian adalah sebagai berikut:
a.
Judul Buku :……………….
b.
Judul Bab :……………….
c.
Judul Subbab :………………
d.
Gagasan utama setiap paragraf dalam subbab:
-
Paragraf 1 :……………….
-
Paragraf 2 :……………….
-
Paragraf 3 :
………………
-
Dan seterusnya.
Rubrik
Penilaian Rangkuman isi buku nonfiksi
Nomor
|
Objek
apa/yang dideskripsikan
|
|
1
|
Menuliskan judul buku
|
|
2
|
Menuliskan judul bab
|
|
3
|
Menuliskan judul subbab
|
|
4
|
Menuliskan gagasan utama tiap paragraf dengan benar
|
|
|
Jumlah
skor
|
|
Keterangan
4
= Menjawab secara tepat
3 = Menjawab kurang tepat
2 = menjawab salah
Skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------- x 100
Skor maksimal (16)
G. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/alat
a.
Buku Teks Hahasa Indonesia Kelas VII
2.
Bahan
a.
Kertas manila 5 lembar
b.
Kertas post it 5 warna
c.
Kertas hvs sejumlah siswa
3.
Sumber Belajar
a. Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud, halaman 122 s.d.166
b. Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
c. Permendiknas No. 50 Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan”.
2016
Mengetahui
Kepala
SMPN 1 Watulimo Guru Mata Pelajaran bahasa Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar