RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Negeri ….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/Gasal
MateriPokok : Teks Laporan Hasil Observasi (KD 3.7 dan 4.7)
AlokasiWaktu : 12 x 40 menit
(4 pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.7
Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku
pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.
|
•
Menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.(2)
•
Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks laporan hasil observasi pada
teks yang dibaca/didengar. (2)
|
4.7
Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku
pengetahuan
yang dibaca dan
didengar
|
•
Menentukan gagasan pokok teks laporan hasil observasi (4)
•
Menentukan informasi rinci teks laporan hasil observari (2)
•
Menjawab pertanyaan tentang isi teks laporan hasil observasi (2)
|
C. TujuanPembelajaran
Pertemuan
pertama
Setelah menyelesaikan
serangkaian kegiatan pembelajaran, guru dapat:
1.
Menentukan
fungsi teks LHO dengan tepat
2.
Menentukan
isi teks LHO dengan tepat
3.
Menjelaskan
cirri umum teks LHO dengan tepat
Pertemuan
kedua
Setelah menyelesaikan
serangkaian kegiatan pembelajaran, guru dapat:
1.
Mengidentifikasi
kata sebagai cirri bahasa teks LHO dengan
tepat
2.
Mengidentifikasi
kalimat sebagai cirri bahasa teks LHO dengan
tepat
Pertemuan
ketiga
Setelah menyelesaikan
serangkaian kegiatan pembelajaran, guru dapat:
1.
Menentukan
kalimat utama dengan tepat
2.
Menentukan
gagasan pokok/gagasan pokok dengan tepat
Pertemuan
keempat
Setelah menyelesaikan
serangkaian kegiatan pembelajaran, guru dapat:
1.
Menjelaskan
informasi secara rinci isi teks LHO dengan tepat
2.
Menjawab
pertanyaan tentang isi teks LHO dengan tepat
Fokus penguatan karakter/nilai sikap
Jujur
Bertanggung jawab
D. Materi
Pembelajaran
Pengertian
teks laporan hasil observasi
Contoh
jenis teks laporan hasil observasi
Tujuan komunikasi teks laporan hasil
observasi
Prinsip
pengembangan isi pada teks laporan hasil observasi
Karakteristik
kata/ kalimat/ kata sambung yang digunakan pada teks laporan hasil observasi
Contoh
istilah dalam bidang lingkungan, flora fauna
Cara
menentukan gagasan pokok
Ejaan
dan tanda baca
Kosa
kata atau istilah yang terkait dengan tema teks LHO
Menentukan
gagasan pokok
Memahami
isi teks laporan hasil observasi (menjawab pertanyaan isi teks LHO)
E.
Metode Pembelajaran
Saintifik, discavery learning
F.
Media, alat dan Bahan Pembelajaran
Tayangan
objek pariwisata Lumpur Lapindo
Gambar
Lapangan sepak bola Gelora Joko Samudro
Contoh
Teks LHO
Laptop,
LCD projector, salon, layar
Kertas HVS bergaris, kertas Plano
F. Sumber Belajar
1.
Harsiati,
Titik. 2014. Bahasa Indonesia SMP/MTs VII.
Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud. Hal. 123 s.d. 126
2.
----------
2014. Buku Guru Bahasa Bahasa Indonesia
SMP/MTs VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud.
3.
Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan. 1993.Tata
Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
4.
Pedoman
Umum Ejaan Bahasa Indonesia
G. Langkah-LangkahPembelajaran
Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)
1. Pendahuluan ( 10 menit )
1) Guru dan siswa mempersiapkan
kegiatan pembelajaran dengan berdoa selanjutnya guru menanyakan siswa yang
tidak hadir dan siswa menyiapkan buku dan peralatan belajar.
2) Guru memotivasi siswa untuk
mengikuti pelajaran dengan menjelaskan manfaat pelajaran yang akan dipelajari.
3) Guru mengajukan pertanyaan
tentang materi pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan materi pembelajaran
yang akan dipelajari.
4)
Guru
menjelaskan kompetensi, tujuan, dan langkah pembelajaran dan penilaian yang akan
dilaksanakan.
5) Guru menyampaikan cakupan materi
dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
6) Guru membentuk kelompok belajar,
tiap kelompok terdiriatas empat/lima orang.
1.
Kegiatan Inti (60 menit)
1) Siswa
mencermati tayangan video
objek pariwisata Lumpur Lapindo
2) Siswa bertanya jawab tentang isi
tayangan video
3) Siswa membentuk kelompok dengan cara
berhitung 1 sampai 4 selanjutnya nomor yang sama berkelompok
4) Siswa secara kelompok berdiskusi isi
tayangan video
5) Masing-masing kelompok membacakan
hasil diskusinya
6) Secara berkelompok siswa membaca teks
LHO teks 1 dan teks 2 buku siswa hal.123
s.d. 126 selama
7) Guru mengamati aktivitas siswa selama
dalam proses pembelajaran sambil membuat catatan.
8) Siswa bertanya jawab cara merumuskan
fungsi dan isi teks
9) Secara berkelompok siswa merumuskan
fungsi teks LHO yang dibaca
10) Secara berkelompok siswa merumuskan
isi teks LHO yang dibaca
11) Secara bergantian perwakilan kelompok
memaparkan rumusan tujuan dan isi teks
12) Kelompok lain menanggapi dengan bahasa
yang santun
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Siswa
dengan dipandu guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2) Siswa
bersama guru melakukan refleksi untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran,hasil-hasil
yang diperoleh, dan manfaatkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
3) Siswa
menerima umpan balik dari proses dan hasil pembelajaran.
4) Siswa
menerima tugas dari guru yang
harus dikerjakan di rumah.
5) Siswa
mendapat penjelasan guru tentang
materi yang akan dipelajari
pada pertemuan selanjutnya..
Pertemuan kedua
1. Pendahuluan ( 10 menit )
1) Guru dan siswa
mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan berdoa selanjutnya guru menanyakan
siswa yang tidak hadir dan siswa menyiapkan buku dan peralatan belajar.
2) Guru memotivasi siswa
untuk mengikuti pelajaran dengan menjelaskan manfaat pelajaran yang akan
dipelajari.
3) Guru mengajukan pertanyaan
tentang materi pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan materi pembelajaran
yang akan dipelajari.
4)
Guru
menjelaskan kompetensi, tujuan, dan langkah pembelajaran dan penilaian yang akan
dilaksanakan.
5) Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
6) Guru membentuk kelompok
belajar, tiap kelompok terdiriatas empat/lima orang.
3.
KegiatanInti (60 menit)
1) Siswa membentuk kelompok dengan cara
berhitung 1 sampai 4 selanjutnya nomor yang sama berkelompok
2) Secara berkelompok siswa membaca
ulang teks LHO teks 1 dan teks 2 buku
siswa hal.123 s.d. 126 selama 15 menit
3) Siswa bertanya jawab cara mengidentikasi
kata dan kalimat sebagai cirri kebahasaan teks
4) Secara berkelompok siswa
mengidentifikasi kata sebagai ciri bahasa teks LHO yang dibaca
5) Secara berkelompok siswa
mengidentifikasi kalimat sebagai cirri bahasa teks LHO yang dibaca
6) Secara berkelompok siswa merumuskan
kata dan kalimat sebagai cirri bahasa teks LHO yang dibaca
7) Secara bergantian perwakilan kelompok
memaparkan rumusan tujuan dan isi teks
8) Kelompok lain menanggapi dengan bahasa
yang santun
3. KegiatanPenutup (10 menit)
1)
Siswa dengan dipandu guru
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2)
Siswa bersama guru melakukan
refleksi untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran,hasil-hasil yang diperoleh,
dan manfaatkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
3) Siswa
menerima umpan balik dari proses dan hasil pembelajaran.
4) Siswa
menerima tugas dari guru yang
harus dikerjakan di rumah.
5) Siswa
mendapat penjelasan guru tentang
materi yang akan dipelajari
pada pertemuan selanjutnya..
F. Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a.
sikap
Jurnal Perkembangan Sikap
Nama Sekolah : SMP LPMP Surabaya
Kelas/Semester : VII/Satu
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
No
|
Waktu
|
Namasiswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
sikap
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
b.
pengetahuan
No
|
teknik
|
Bentuk instrumen
|
Uraian soal
|
waktu
|
Ket.
|
1.
|
tes
|
tertulis
|
Setelah membaca teks “Hutan Bakau” dan
“Museum” jelaskan
1. fungsi teks
2. tujuan
teks tersebut
3. isi
yang dibicarakan dalam teks
4. cirri
umum teks LHO
5. sebutkan
sepuluh kata baku dalam teks
6. tuliskan
dua kalimat definisi dalam teks
7. tuliskan
dua kalimat klasifikasi
|
15
|
|
4. Pedoman Penskoran
No.
|
Aspek/Indikator
|
Deskriptor/Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Menentukan ciri umum teks LHO
|
Dapat menyebutkan fungsi
teks LHO dengan tepat
|
3
|
Dapat menyebutkan fungsi
teks LHO kurang sempurna
|
2
|
||
Tidak dapat menyebutkan
fungsi teks LHO dengan tepat
|
1
|
||
Dapat menjelaskan tujuan
teks LHO dengan tepat
|
3
|
||
Dapat menjelaskan tujuan
teks LHO kurang sempurna
|
2
|
||
Tidak dapat menjelaskan
tujuan teks LHO dengan tepat
|
1
|
||
Dapat menentukan isi
teks LHO dengan tepat
|
3
|
||
Dapat menentukan
sebagian isi teks LHO
|
2
|
||
Tidak dapat
menentukan isi teks LHO dengan tepat
|
1
|
||
Dapat menentukan 3 ciri
teks deskripsi(objek,
tujuan, dan isi)
|
3
|
||
Dapat menentukan 2 ciri
teks deskripsi
|
2
|
||
Dapat menentukan 1 ciri
teks deskripsi
|
1
|
||
|
|
||
|
Mendaftar
kata/kalimat sebagai ciri teks laporan hasil observasi pada teks yang
dibaca/didengar.(2)
|
Dapat mendaftar 8 - 10 kata baku
dengan tepat
|
3
|
|
|
Dapat mendaftar 5 – 7 kata baku dengan tepat
|
2
|
|
|
Dapat mendaftar kurang dari 5 kata
baku dengan tepat
|
1
|
|
|
Skor maksimal
|
15
|
Pertemuan ketiga ( 4 x 40 menit)
1. Pendahuluan ( 15 menit )
1) Siswa dan guru mempersiapkan
kegiatan pembelajaran dengan berdoa selanjutnya guru menanyakan siswa yang
tidak hadir dan siswa menyiapkan buku dan peralatan belajar.
2) Guru memotivasi siswa untuk
mengikuti pelajaran dengan menjelaskan manfaat pelajaran yang akan dipelajari.
3) Guru mengajukan pertanyaan
tentang materi pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan materi pembelajaran
yang akan dipelajari.
4)
Guru
menjelaskan kompetensi, tujuan, dan langkah pembelajaran dan penilaian yang akan
dilaksanakan.
5) Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
6) Guru membentuk kelompok
belajar, tiap kelompok terdiriatas empat/lima orang.
2.
Kegiatan Inti (130 menit)
1) Siswa membentuk kelompok dengan cara
berhitung 1 sampai 4 selanjutnya nomor yang sama berkelompok
2) Secara berkelompok siswa membaca teks
LHO teks 3 dan teks 4 buku siswa hal.130
s.d. 134 selama 15 menit
3) Siwa bertanya jawab cara menentukan
kalimat utama dan gagasan utama
4) Secara berkelompok siswa merumuskan kalimat
utama teks LHO yang dibaca
5) Secara berkelompok siswa merumuskan dan
gagasan utama teks LHO yang dibaca
6) Secara bergantian perwakilan kelompok
memaparkan rumusan kalimat utama teks
7) Secara bergantian perwakilan kelompok
memaparkan rumusan gagasan utama teks
8) Kelompok lain menanggapi dengan bahasa
yang santun
3. Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Siswa
dengan dipandu guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2) Siswa
bersama guru melakukan refleksi untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran,hasil-hasil
yang diperoleh, dan manfaatkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
3) Siswa
menerima umpan balik dari proses dan hasil pembelajaran.
4) Siswa
menerima tugas dari guru yang
harus dikerjakan di rumah.
5) Siswa
mendapat penjelasan guru tentang
materi yang akan dipelajari
pada pertemuan selanjutnya..
Pertemuan keempat (2x 40 menit)
1. Pendahuluan ( 10 menit )
1) Siswa dan guru
mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan berdoa selanjutnya guru menanyakan
siswa yang tidak hadir dan siswa menyiapkan buku dan peralatan belajar.
2) Guru memotivasi siswa
untuk mengikuti pelajaran dengan menjelaskan manfaat pelajaran yang akan
dipelajari.
3) Guru mengajukan pertanyaan
tentang materi pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan materi pembelajaran
yang akan dipelajari.
4)
Guru
menjelaskan kompetensi, tujuan, dan langkah pembelajaran dan penilaian yang akan
dilaksanakan.
5) Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
6) Guru membentuk kelompok
belajar, tiap kelompok terdiriatas empat/lima orang.
4.
KegiatanInti (60 menit)
1) Siswa membentuk kelompok dengan cara
berhitung 1 sampai 4 selanjutnya nomor yang sama berkelompok
2) Secara berkelompok siswa membaca
ulang teks LHO teks 3 dan teks 4 buku
siswa hal.130 s.d. 134 selama 15 menit
3) Siswa bertanya jawab cara mengidentifikasi kata dan kalimat
sebagai cirri kebahasaan teks
4) Secara berkelompok siswa
mengidentifikasi kata sebagai ciri bahasa teks LHO yang dibaca
5) Secara berkelompok siswa
mengidentifikasi kalimat sebagai cirri bahasa
teks LHO yang dibaca
6) Secara berkelompok siswa merumuskan
kata dan kalimat sebagai cirri bahasa teks LHO yang dibaca
7) Secara bergantian perwakilan kelompok
memaparkan rumusan tujuan dan isi teks
8) Kelompok lain menanggapi dengan bahasa
yang santun
3. KegiatanPenutup (10 menit)
1)
Siswa dengan dipandu guru
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2)
Siswa bersama guru melakukan
refleksi untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran,hasil-hasil yang diperoleh,
dan manfaatkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
3) Siswa
menerima umpan balik dari proses dan hasil pembelajaran.
4) Siswa
menerima tugas dari guru yang
harus dikerjakan di rumah.
5) Siswa
mendapat penjelasan guru tentang
materi yang akan dipelajari
pada pertemuan selanjutnya..
…………………….
(Lanjutkan sendiri ya!)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar