Minggu, 30 Juli 2017

LHO (3.7 74.7)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

                                    Sekolah                       : SMP Negeri ….
                                    Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
                                    Kelas/Semester          : VII/Gasal
                                    MateriPokok               : Teks Laporan Hasil Observasi (KD 3.7  dan 4.7)
                                    AlokasiWaktu              : 12 x 40 menit (4 pertemuan)

A.   Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam        ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.

Menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.(2)
Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar. (2)

4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku
pengetahuan yang dibaca dan
didengar

Menentukan gagasan pokok teks laporan hasil observasi (4)
Menentukan informasi rinci teks laporan hasil observari (2)
Menjawab pertanyaan tentang isi teks laporan hasil observasi (2)


C.   TujuanPembelajaran

Pertemuan pertama
Setelah menyelesaikan serangkaian kegiatan pembelajaran, guru dapat:
1.    Menentukan fungsi teks LHO dengan tepat
2.    Menentukan isi teks LHO dengan tepat
3.    Menjelaskan cirri umum teks LHO dengan tepat

Pertemuan kedua
Setelah menyelesaikan serangkaian kegiatan pembelajaran, guru dapat:
1.    Mengidentifikasi  kata sebagai cirri bahasa teks LHO dengan tepat
2.    Mengidentifikasi kalimat sebagai cirri  bahasa teks LHO dengan tepat

Pertemuan ketiga
Setelah menyelesaikan serangkaian kegiatan pembelajaran, guru dapat:
1.    Menentukan kalimat utama dengan tepat
2.    Menentukan gagasan pokok/gagasan pokok dengan tepat

Pertemuan keempat
Setelah menyelesaikan serangkaian kegiatan pembelajaran, guru dapat:
1.    Menjelaskan informasi secara rinci isi teks LHO dengan tepat
2.    Menjawab pertanyaan tentang isi teks LHO dengan tepat

Fokus penguatan karakter/nilai sikap
            Jujur
            Bertanggung jawab

D.   Materi Pembelajaran
Pengertian teks laporan hasil observasi
Contoh jenis teks laporan hasil observasi
Tujuan komunikasi teks laporan hasil observasi
Prinsip pengembangan isi pada teks laporan hasil observasi
Karakteristik kata/ kalimat/ kata sambung yang digunakan pada teks laporan hasil observasi
Contoh istilah dalam bidang lingkungan, flora fauna
Cara menentukan gagasan pokok
Ejaan dan tanda baca
Kosa kata atau istilah yang terkait dengan tema teks LHO
Menentukan gagasan pokok
Memahami isi teks laporan hasil observasi (menjawab pertanyaan isi teks LHO)

E.    Metode Pembelajaran
Saintifik, discavery learning

F.    Media, alat dan Bahan Pembelajaran
Tayangan  objek pariwisata Lumpur Lapindo
Gambar Lapangan sepak bola Gelora Joko Samudro
Contoh Teks LHO
Laptop, LCD projector, salon, layar
Kertas HVS bergaris, kertas Plano

       F. Sumber Belajar
1.    Harsiati, Titik. 2014. Bahasa Indonesia SMP/MTs VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud. Hal. 123 s.d. 126
2.    ---------- 2014. Buku Guru Bahasa Bahasa Indonesia SMP/MTs VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud.
3.    Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993.Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
4.    Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia

G.   Langkah-LangkahPembelajaran

            Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)

            1.  Pendahuluan ( 10 menit )
1)    Guru dan siswa mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan berdoa selanjutnya guru menanyakan siswa yang tidak hadir dan siswa menyiapkan buku dan peralatan belajar.
2)    Guru memotivasi siswa untuk mengikuti pelajaran dengan menjelaskan manfaat pelajaran yang akan dipelajari.
3)    Guru mengajukan pertanyaan tentang materi pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan materi pembelajaran yang akan dipelajari.
4)    Guru menjelaskan kompetensi, tujuan, dan langkah pembelajaran dan penilaian yang akan dilaksanakan.
5)    Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
6)    Guru membentuk kelompok belajar, tiap kelompok terdiriatas empat/lima orang.
           
1.    Kegiatan Inti (60 menit)
1)    Siswa mencermati tayangan video objek pariwisata Lumpur Lapindo
2)    Siswa bertanya jawab tentang isi tayangan video
3)    Siswa membentuk kelompok dengan cara berhitung 1 sampai 4 selanjutnya nomor yang sama berkelompok
4)    Siswa secara kelompok berdiskusi isi tayangan video
5)    Masing-masing kelompok membacakan hasil diskusinya
6)    Secara berkelompok siswa membaca teks LHO teks 1 dan teks 2 buku siswa hal.123  s.d. 126 selama
7)    Guru mengamati aktivitas siswa selama dalam proses pembelajaran sambil membuat catatan.
8)    Siswa bertanya jawab cara merumuskan fungsi dan isi teks
9)    Secara berkelompok siswa merumuskan fungsi teks LHO yang dibaca
10) Secara berkelompok siswa merumuskan isi teks LHO yang dibaca
11) Secara bergantian perwakilan kelompok memaparkan rumusan tujuan dan isi teks
12) Kelompok lain menanggapi dengan bahasa yang santun

3.  Kegiatan Penutup (10 menit)
1)    Siswa dengan dipandu guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2)    Siswa bersama guru melakukan refleksi untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran,hasil-hasil yang diperoleh, dan manfaatkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
3)    Siswa menerima umpan balik dari proses dan hasil pembelajaran.
4)    Siswa menerima tugas dari guru yang harus dikerjakan di rumah.
5)    Siswa mendapat penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya..

Pertemuan kedua
            1.  Pendahuluan ( 10 menit )
1)    Guru dan siswa mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan berdoa selanjutnya guru menanyakan siswa yang tidak hadir dan siswa menyiapkan buku dan peralatan belajar.
2)    Guru memotivasi siswa untuk mengikuti pelajaran dengan menjelaskan manfaat pelajaran yang akan dipelajari.
3)    Guru mengajukan pertanyaan tentang materi pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan materi pembelajaran yang akan dipelajari.
4)    Guru menjelaskan kompetensi, tujuan, dan langkah pembelajaran dan penilaian yang akan dilaksanakan.
5)    Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
6)    Guru membentuk kelompok belajar, tiap kelompok terdiriatas empat/lima orang.
           
3.    KegiatanInti (60 menit)
1)    Siswa membentuk kelompok dengan cara berhitung 1 sampai 4 selanjutnya nomor yang sama berkelompok
2)    Secara berkelompok siswa membaca ulang  teks LHO teks 1 dan teks 2 buku siswa hal.123 s.d. 126 selama 15 menit
3)    Siswa bertanya jawab cara mengidentikasi kata dan kalimat sebagai cirri kebahasaan teks
4)    Secara berkelompok siswa mengidentifikasi kata sebagai ciri bahasa teks LHO yang dibaca
5)    Secara berkelompok siswa mengidentifikasi kalimat sebagai cirri bahasa  teks LHO yang dibaca
6)    Secara berkelompok siswa merumuskan kata dan kalimat sebagai cirri bahasa teks LHO yang dibaca
7)    Secara bergantian perwakilan kelompok memaparkan rumusan tujuan dan isi teks
8)    Kelompok lain menanggapi dengan bahasa yang santun

3.  KegiatanPenutup (10 menit)
1)    Siswa dengan dipandu guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2)    Siswa bersama guru melakukan refleksi untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran,hasil-hasil yang diperoleh, dan manfaatkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
3)    Siswa menerima umpan balik dari proses dan hasil pembelajaran.
4)    Siswa menerima tugas dari guru yang harus dikerjakan di rumah.
5)    Siswa mendapat penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya..


       F. Penilaian

1.    Teknik Penilaian
a.    sikap
Jurnal Perkembangan Sikap
Nama Sekolah      : SMP  LPMP Surabaya
Kelas/Semester    : VII/Satu
Tahun Pelajaran    : 2016/2017

No
Waktu
Namasiswa
Catatan Perilaku
Butir sikap
1.




2.




3.






b.    pengetahuan

No
teknik
Bentuk instrumen
Uraian soal
waktu
Ket.
1.
tes
tertulis
Setelah membaca teks “Hutan Bakau” dan “Museum” jelaskan
1.     fungsi  teks
2.     tujuan teks tersebut
3.     isi yang dibicarakan dalam teks
4.     cirri umum teks LHO
5.     sebutkan sepuluh kata baku dalam teks
6.     tuliskan dua  kalimat definisi dalam teks
7.     tuliskan dua kalimat klasifikasi

15




                        4. Pedoman Penskoran

No.
Aspek/Indikator
Deskriptor/Kriteria
Skor
1.




Menentukan ciri umum teks LHO

Dapat menyebutkan fungsi teks LHO dengan tepat
3
Dapat menyebutkan fungsi teks LHO kurang sempurna
2
Tidak dapat menyebutkan fungsi teks LHO dengan tepat
1
Dapat menjelaskan tujuan teks LHO dengan tepat
3
Dapat menjelaskan tujuan teks LHO kurang sempurna
2
Tidak dapat menjelaskan tujuan teks LHO dengan tepat
1
Dapat menentukan isi teks LHO dengan tepat
3
Dapat menentukan sebagian isi teks LHO
2
Tidak dapat menentukan  isi teks LHO dengan tepat
1
Dapat menentukan 3 ciri teks deskripsi(objek, tujuan, dan isi)
3
Dapat menentukan 2 ciri teks deskripsi
2
Dapat menentukan 1 ciri teks deskripsi
1



Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.(2)
Dapat mendaftar 8 - 10 kata baku dengan tepat
3


Dapat mendaftar 5 – 7  kata baku dengan tepat
2


Dapat mendaftar kurang dari 5 kata baku dengan tepat
1


Skor maksimal
15




            Pertemuan ketiga ( 4 x 40 menit)
            1.  Pendahuluan ( 15 menit )
1)    Siswa dan guru mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan berdoa selanjutnya guru menanyakan siswa yang tidak hadir dan siswa menyiapkan buku dan peralatan belajar.
2)    Guru memotivasi siswa untuk mengikuti pelajaran dengan menjelaskan manfaat pelajaran yang akan dipelajari.
3)    Guru mengajukan pertanyaan tentang materi pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan materi pembelajaran yang akan dipelajari.
4)    Guru menjelaskan kompetensi, tujuan, dan langkah pembelajaran dan penilaian yang akan dilaksanakan.
5)    Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
6)    Guru membentuk kelompok belajar, tiap kelompok terdiriatas empat/lima orang.
           
2.    Kegiatan Inti (130 menit)
1)    Siswa membentuk kelompok dengan cara berhitung 1 sampai 4 selanjutnya nomor yang sama berkelompok
2)    Secara berkelompok siswa membaca teks LHO teks 3 dan teks 4 buku siswa hal.130  s.d. 134 selama 15 menit
3)    Siwa bertanya jawab cara menentukan kalimat utama dan gagasan utama
4)    Secara berkelompok siswa merumuskan kalimat utama teks LHO yang dibaca
5)    Secara berkelompok siswa merumuskan dan gagasan utama teks LHO yang dibaca
6)    Secara bergantian perwakilan kelompok memaparkan rumusan kalimat utama teks
7)    Secara bergantian perwakilan kelompok memaparkan rumusan gagasan utama teks
8)    Kelompok lain menanggapi dengan bahasa yang santun

3.  Kegiatan Penutup (15 menit)
1)    Siswa dengan dipandu guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2)    Siswa bersama guru melakukan refleksi untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran,hasil-hasil yang diperoleh, dan manfaatkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
3)    Siswa menerima umpan balik dari proses dan hasil pembelajaran.
4)    Siswa menerima tugas dari guru yang harus dikerjakan di rumah.
5)    Siswa mendapat penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya..

Pertemuan keempat (2x 40 menit)
            1.  Pendahuluan ( 10 menit )
1)    Siswa dan guru mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan berdoa selanjutnya guru menanyakan siswa yang tidak hadir dan siswa menyiapkan buku dan peralatan belajar.
2)    Guru memotivasi siswa untuk mengikuti pelajaran dengan menjelaskan manfaat pelajaran yang akan dipelajari.
3)    Guru mengajukan pertanyaan tentang materi pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan materi pembelajaran yang akan dipelajari.
4)    Guru menjelaskan kompetensi, tujuan, dan langkah pembelajaran dan penilaian yang akan dilaksanakan.
5)    Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
6)    Guru membentuk kelompok belajar, tiap kelompok terdiriatas empat/lima orang.
           
4.    KegiatanInti (60 menit)
1)    Siswa membentuk kelompok dengan cara berhitung 1 sampai 4 selanjutnya nomor yang sama berkelompok
2)    Secara berkelompok siswa membaca ulang  teks LHO teks 3 dan teks 4 buku siswa hal.130 s.d. 134 selama 15 menit
3)    Siswa bertanya jawab  cara mengidentifikasi kata dan kalimat sebagai cirri kebahasaan teks
4)    Secara berkelompok siswa mengidentifikasi kata sebagai ciri bahasa teks LHO yang dibaca
5)    Secara berkelompok siswa mengidentifikasi kalimat sebagai cirri bahasa  teks LHO yang dibaca
6)    Secara berkelompok siswa merumuskan kata dan kalimat sebagai cirri bahasa teks LHO yang dibaca
7)    Secara bergantian perwakilan kelompok memaparkan rumusan tujuan dan isi teks
8)    Kelompok lain menanggapi dengan bahasa yang santun

3.  KegiatanPenutup (10 menit)
1)    Siswa dengan dipandu guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2)    Siswa bersama guru melakukan refleksi untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran,hasil-hasil yang diperoleh, dan manfaatkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
3)    Siswa menerima umpan balik dari proses dan hasil pembelajaran.
4)    Siswa menerima tugas dari guru yang harus dikerjakan di rumah.
5)    Siswa mendapat penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya..









……………………. (Lanjutkan sendiri ya!)







           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar