RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indoesia
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Materi Pokok : Teks Deskripsi
Alokasi Waktu : 5 Pertemuan (15 JP)
A.
Kompetensi Inti
(KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI-3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kmpetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2
Menelaah struktur dan
kaidah kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek
(sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
4.2 Menyajikan
data, gagasan, kesan dalam bentuk teks
deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) secara tulis dan lisan
dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis.
|
3.2.1
Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
3.2.2
Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi
yang
disajikan
3.2.3Menentukan
variasi pola pengembangan teks deskripsi
3.2.4Menelaah
bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi
yang
dirumpangkan
3.2.5Menentukan
dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat,
ejaan dan tanda
baca
4.2.1Merencanakan
penulisan teks deskripsi
4.2.2Menulis
teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan
kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
4.2.3
Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acaratelevisi
mendeskripsikan objek
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Pengetahuan
1.
Dengan
(setelah) membaca teks deskripsi Rumah Tongkonan, siswa mampu merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi dengan tepat.
2.
Dengan
(setelah) membaca teks deskripsi Rumah Tongkonan, siswa mampu Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian
pada teks deskripsi yang disajikan dengan tepat.
3.
Dengan
(setelah) membaca teks deskripsi Rumah Tongkonan, siswa mampu menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi dengan tepat.
4. Dengan
(setelah) membaca teks deskripsi Rumah Tongkonan, siswa mampu menelaah bagian struktur yang sesuai untuk
melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan dengan tepat.
5. Dengan
(setelah) membaca teks deskripsi Rumah Tongkonan, siswa mampu Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan
kata, kalimat, ejaan dan tanda baca dengan tepat
Keterampilan
6. Dengan(setelah) menonton tayangan video/gambar
wisata daerah sekitar, siswa mampu merencanakan penulisan teks deskripsi dengan tepat.
7. Dengan(setelah) menonton tayangan video/gambar
wisata daerah sekitar, siswa mampu menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan
kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda
baca/ejaan.dengan
tepat.
8. Dengan(setelah) menonton tayangan video/gambar
wisata daerah sekitar, siswa mampu menyajikan
secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi
mendeskripsikan objek.dengan
tepat
D.
Materi Pembelajaran
Pengetahuan
1. Struktur
teks deskripsi
2. Karakteristik
tiap bagian teks deskripsi
3. Contoh
cara melengkapi teks deskripsi
4. Contoh
penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat,
kalimat rincian
5. Contoh
sinonim dan hiponim pada teks deskripsi
6. Contoh
penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar
7. Contoh
langkah penyusunan teks deskripsi
8. Contoh
variasi judul pada teks deskripsi
9. Contoh
variasi identifikasi
10. Contoh
variasi rincian bagian
Keterampilan
1. Praktik
melengkapi struktur teks deskripsi (melengkapi bagian identifikasi/ gambaran
umum, deskripsi bagian)
2. Praktik
melengkapi kata/ kalimat
3. Praktik
membuat telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada
teks deskripsi
4. Praktik
menulis teks deskripsi dari objek sekitar yang diamati
5. Praktik
memberikan narasi lisan untuk video/ objek
6.
Praktik menyunting dan memperbaiki teks
yang dibuat
E.
METODE/MODEL
PEMBELAJARAN
Pendekatan Saintifik
F.
MEDIA/ALAT DAN BAHAN
1. Teks deskripsi
Rumah Tongkonan
2. Video/gambar wisata
daerah Probolinggo (Pantai Duta)
3.
Kertas plano 8 lembar
4. Kertas HVS sejumlah siswa
5. Laptop
6. LCD
G.
SUMBER BELAJAR
a. Harsiati, Titik dkk. 2016. Buku Siswa,Bahasa Indonesia
Studi dan PengajaranSMP/MTs Kelas VII (Edisi Revisi 2016). Jakarta:
Kemdikbud (hal. 18 – 41)
b. Harsiati, Titik dkk. 2016. Buku Guru,Bahasa Indonesia Studi dan Pengajaran SMP/MTs Kelas VII
(Edisi Revisi 2016) (Edisi Revisi 2016). Jakarta: Kemdikbud (hal. 33 – 46)
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan pertama: 3 JP
a.
Pendahuluan (10 menit)
1)
Siswa merespon salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan
sekitar tempat duduk dan kerapian meja kursi. (spiritual)
2)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
3)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
yaitu merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi dan kebermanfaatan teks
deskripsi..
4)
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan.
5)
Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu pengetahuan
b.
Kegiatan Inti (100 menit) Saintifik
1)
Peserta didik mengamati dan mencermati tabel
struktur teks deskripsi yang berjudul Rumah Tongkonan.
2)
Peserta didik bertanya jawab tentang
teks deskripsi Rumah Tongkonan dengan santun.
3)
Peserta didik membaca teks deskripsi
untuk menggali informasi tentang karakteristik
4)
Peserta didik membaca teks deskripsi
untuk menentukan identifikasi dan
deskripsi bagian
5)
Peserta didik membaca teks deskripsi
untuk menentukan struktur teks deskripsi
6)
Peserta didik menukarkan hasil
pekerjaannya dengan siswa lain untuk ditanggapi.
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
1)
Guru dan peserta
didik
merefleksi tentang manfaat dari kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
2)
Dengan difasilitasi guru, peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah
berlangsung.
3)
Peserta
didik
menerima tugas untuk menentukan
variasi pola pengembangan teks deskripsi hal
18-21.
2.
Pertemuan kedua. (3 JP )
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Siswa merespon salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan
sekitar tempat duduk dan kerapian meja kursi. (spiritual)
2)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
3)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
yaitu menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi dan kebermanfaatan
teks deskripsi..
4)
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan.
5)
Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu pengetahuan
b.
Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri empat orang.
2)
Peserta didik membaca teks deskripsi Rumah Tongkonan untuk menentukan variasi pola pengembangan
3)
Peserta didik mendiskusikan jenis pengembangan teks deskripsi.
4)
Peserta didik menentukan pola variasi dalam teks deskripsi pada
tiap-tiap kelompok
5)
Masinng-masing kelompok menempel di dinding hasil diskusi kelompok
dengan penuh tanggungjawab.
6)
Kelompok
lain menanggapi hasil kelompok lain dengan bahasa
santun.
c.
Kegiatan Penutup ( 12 menit )
1)
Guru dan peserta
didik
merefleksi tentang manfaat dari kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
2)
Dengan difasilitasi guru, peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah
berlangsung.
3)
Peserta
didik
menerima tugas untuk menelaah bagian
struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan hal
18-21.
3.
Pertemuan ketiga
( 3 JP )
a. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1)
Siswa merespon salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan
sekitar tempat duduk dan kerapian meja kursi. (spiritual)
2)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
3)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
yaitu menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang
dirumpangkan dan kebermanfaatan teks deskripsi..
4)
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan.
5)
Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu pengetahuan
b.
Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Peserta didik menerima teks yang belum
lengkap
2)
Peserta didik mengamati
teks yang belum lengkap
3)
Peserta didik mempertanyakan cara
melengkapi bagian struktur
4)
Peserta didik menggali informasi cara melengkapi
dengan membaca lagi struktur dan variasi bagian-bagiannya
5)
Peserta didik mendiskusikan bagian yang
tepat untuk melengkapi
6)
Peserta didik menelaah hasil melengkapi
teks dari segi ketepatan dan kelengkapan struktur dengan teliti.
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Guru dan peserta
didik
merefleksi tentang manfaat dari kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
2)
Dengan difasilitasi guru, peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah
berlangsung.
3)
Peserta
didik
menerima tugas untuk menentukan dan
memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca hal 18-21.
4.
Pertemuan keempat
( 3 JP )
a. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1)
Siswa merespon salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan
sekitar tempat duduk dan kerapian meja kursi. (spiritual)
2)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
3)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
yaitu menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan
dan tanda baca dalam teks deskripsi..
4)
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan.
5)
Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu pengetahuan
b.
Kegiatan Inti (100 menit )
1) Peserta
didik membaca dan mengamati contoh penggunaan kata, kalimat, tanda baca/ ejaan
2) Peserta
didik menanya tentang prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda
baca serta ejaan.
3) Peserta
didik membaca buku siswa dan sumber lain yang relevan tentang prinsip
penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan.
4) Peserta
didik bermain menelaah/ memperbaiki
penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan.
5) Peserta
didik memajang hasil telaah dari segi
penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Guru dan peserta
didik
merefleksi tentang manfaat dari kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
2)
Dengan difasilitasi guru, peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah
berlangsung.
3)
Peserta
didik
menerima tugas untuk menyajikan
teks diskripsi secara lisan dari video(sumber internet).
5.
Pertemuan kelima
( 3 JP )
a. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1)
Siswa merespon salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan
sekitar tempat duduk dan kerapian meja kursi. (spiritual)
2)
Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan
bernyanyi
3)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
4)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
yaitu merencanakan penulisan teks deskripsi. menulis teks deskripsi, dan menyajikan
secara lisan teks deskripsi
5)
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan.
6)
Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu ketrampilan.
b.
Kegiatan Inti.
1) Peserta
didik membuat kelompok yang terdiri dari empat orang
2) Peserta
didik mengamati tayangan video objek wisata.
3) Peserta
didik bersama kelompoknya berlatih merancang objek wisata yang ditayangkan
4) Peserta
didik melaporkan hasil tayangan video objek wisata
5) Peserta
didik menyusun teks deskripsi sesuai dengan tanyangan video obyek wisata
6) Peserta
didik lain memberikan tanggapan (kritik dan saran) atas hasil tulisan teks
deskripsi.
7) Peserta
didik memperbaiki hasil tulisan berdasarkan struktur teks
c.
Kegiatan Penutup
1) Guru dan peserta didik merefleksi tentang manfaat dari kegiatan pembelajaran
yang telah berlangsung.
2) Dengan difasilitasi guru, peserta
didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah
berlangsung.
3) Peserta
didik bersama guru
mereview hasil pembelajaran.
I.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a. Sikap (spiritual
dan sosial)
1) Observasi (
jurnal)
b. Pengetahuan
1) Tes tertulis
c. Ketrampilan
1) Praktik
2) Produk
2.
Instrument
Penilaian
1)
Jurnal
Nama Sekolah :
Kelas/Semester
:
Tahun pelajaran :
No.
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan Prilaku
|
Butir Sikap
|
TTD
|
Tindak Lanjut
|
1
|
12-4-2017
|
Raikan
|
Peserta
didik mengajukan pertanyaan dengan bahasa santun
|
|
|
|
2
|
|
|
Peserta
didik dapat mempertanggungjawabkan hasil pekerjaannya
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
2)
Tes tertulis
Bacalah teks berikut dengan saksama
saksama kemudian kerjakan soal yang mengikutinya!
Rumah Tongkonan
Tongkonan adalah rumah
adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk
bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang
berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Rumah adat ini
merupakan salah satu ikon suku Toraja selain upacara pemakamannya. Toraja
termasyur oleh karena rumah adatnya
yang unik dan cantik ini.
Oleh karena arsitekturnya yang menarik, Tongkonan kemudian dinobatkan sebagai
rumah adat Toraja. Tongkonan berada di antara pohonpohon bambu di puncak bukit.
Tongkonan terletak sekitar 12 km ke arah utara dari Rantepao. Memasuki
Rantepao akan kita temui Tongkonan berjajar rapi dan indah seakan menyambut
dengan ramah setiap pengunjung
yang datang.
Rumah adat yang satu ini
terbuat dari kayu yang bagus dan dihias dengan apik. Hiasan terdapat pada
sekujur badan rumah dan atap rumah. Ukiran di sekujur bagian rumah menambah
cantik bangunan ini. Ukiran yang menghias sekujur bangunan bermotif
garis-garis lengkung yang harmonis. Rumah adat yang berjenis rumah panggung
ini juga terbuat dari kayu yang kokoh. Bukan kayu sembarangan tentunya. Jenis
kayu yang digunakan untuk membuat Tongkonan kabarnya memiliki kualitas juara
dan hanya ditemukan di wilayah Sulawesi Selatan saja. Tanpa vernis dan plitur,
kayu rumah
Tongkonan tetap awet
hingga ratusan tahun. Suku Toraja juga menghias atap tersebut dengan tanduk
kerbau. Kerbau memang perlambang kebangsawanan Suku Toraja. Atap rumah
Tongkonan melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu. Tongkonan
tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian
depan rumah adat. Di setiap bangunan bagian depan terdapat deretan tanduk
kerbau.
Sungguh kaya warisan
budaya Indonesia. Kita bangga memiliki warisan budaya dengan nilai artistik
yang tinggi dan unik. Rumah adat Tongkonan warisan budaya yang perlu kita
jaga.
|
Soal Pengetahuan pertemuan pertama
1.
Jelaskan ciri bagian teks deskripsi (identifikasi)!
2.
Jelaskan ciri
bagian teks deskripsi
(deskripsi bagian)!
3.
Jelaskan ciri
bagian teks deskripsi (kesimpulan)!
Soal
Pengetahuan pertemuan kedua
1.
Tentukan variasi
pola pengembangan teks deskripsi dengan judul Rumah Tongkonan!
Soal Pengetahuan pertemuan
ketiga
1.
Lengkapi struktur
teks deskripsi yang acak berikut!
Rumah Tongkonan
Rumah adat yang satu ini terbuat dari
kayu yang bagus dan dihias dengan apik. Hiasan terdapat pada sekujur badan
rumah dan atap rumah. Ukiran di sekujur bagian rumah menambah cantik bangunan
ini. Ukiran yang menghias sekujur bangunan bermotif garis-garis lengkung yang
harmonis. Rumah adat yang berjenis rumah panggung ini juga terbuat dari kayu
yang kokoh. Bukan kayu sembarangan tentunya. Jenis kayu yang digunakan untuk
membuat Tongkonan kabarnya memiliki kualitas juara dan hanya ditemukan di
wilayah Sulawesi Selatan saja. Tanpa vernis dan plitur, kayu rumah.Tongkonan
tetap awet hingga ratusan tahun. Suku Toraja juga menghias atap tersebut
dengan tanduk kerbau. Kerbau memang perlambang kebangsawanan Suku Toraja.
Atap rumah Tongkonan melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan
bambu. Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang
ditancapkan di bagian depan rumah adat. Di setiap bangunan bagian depan
terdapat deretan tanduk kerbau.
Tongkonan adalah rumah adat
masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk
bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang
berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Rumah adat ini
merupakan salah satu ikon suku Toraja selain upacara pemakamannya. Toraja
termasyur oleh karena rumah adatnya
yang unik dan cantik ini.
Oleh karena arsitekturnya yang menarik, Tongkonan kemudian dinobatkan sebagai
rumah adat Toraja. Tongkonan berada di antara pohonpohon bambu di puncak bukit. Tongkonan
terletak sekitar 12 km ke arah utara dari Rantepao. Memasuki Rantepao akan
kita temui Tongkonan berjajar rapi dan indah seakan menyambut dengan ramah
setiap pengunjung yang datang.
|
Soal
Pengetahuan pertemuan keempat
1.
Tentukan dan
perbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca dalam teks deskripsi yang berjudul Rumah Tongkongan
pada teks tersebut!
Soal
Keterampilan pertemuan kelima
Tayangan
video objek wisata
1.
Praktik
Laporkan
sebuah tayangan video tentang objek wisata yang disediakan!
2.
Produk
Tulislah teks
deskripsi berdasarkan struktur teks deskripsi dengan tema bebas!
Pedoman
Penilaian
Kisi-Kisi
Penilaian Tes Uraian
Nama
Sekolah : SMP LPMP
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun pelajaran : 2017/2018
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Teknik
Penilaian
|
1.
|
.3.2 Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks
deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
|
Struktur teks deskripsi dan
contoh-contoh telaahannya
|
Disajikan sebuah teks deskripsi,
siswa dapat :
1. Jelaskan ciri bagian teks deskripsi (identifikasi)!
2.
Jelaskan ciri
bagian teks deskripsi
(deskripsi bagian)!
3.
Jelaskan ciri
bagian teks deskripsi (kesimpulan)!
|
tes uraian
|
2
|
3.2
Menelaah struktur dan kaidah
kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
|
Variasi pola pengembangan teks
deskripsi
|
Disajikan sebuah teks deskripsi,
siswa dapat :
1.
Menentukan
variasi pola pengembangan teks deskripsi dengan judul Rumah Tongkonan
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
Disajikan sebuah teks deskripsi,
siswa dapat
1.
Melengkapi struktur teks deskripsi yang acak
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
Rubrik Penskoran pengetahuan
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
|
Skor maksimal
|
1
|
Menentukan variasi
pola pengembangan bagian identifikasi dengan tepat
Menentukan variasi
pola pengembangan bagian identifikasi kurang tepat
|
2
1
|
2
|
2
|
Menentukan variasi
pola pengembangan bagian deskripsi bagian dengan tepat
Menentukan variasi pola pengembangan bagian deskripsi bagian kurang tepat
|
2
1
|
2
|
3
|
Menentukan variasi
pola pengembangan bagian kesimpulan/kesan dengan tepat
Menentukan variasi pola pengembangan bagian kesimpulan/kesan kurang
tepat
|
2
1
|
2
|
Skor maksimum
|
|
6
|
Pedoman
Penilaian
Kisi-Kisi
Penilaian Tes Uraian
Nama
Sekolah : SMP LPMP
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun pelajaran : 2017/2018
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Teknik
Penilaian
|
1.
|
.3.2
Menelaah struktur dan kaidah
kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
|
Struktur teks deskripsi dan contoh-contoh telaahannya
|
Disajikan sebuah teks deskripsi, siswa dapat :
4.
Jelaskan ciri bagian
teks deskripsi (identifikasi)!
5.
Jelaskan ciri
bagian teks deskripsi
(deskripsi bagian)!
6.
Jelaskan ciri
bagian teks deskripsi (kesimpulan)!
|
tes uraian
|
Rubrik Penskoran pengetahuan
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
|
Skor maksimal
|
1
|
Menjelaskan
karakteristik bagian teks deskripsi ( Identifikasi) dengan tepat!
Menjelaskan karakteristik bagian teks deskripsi (
Identifikasi) kurang tepat!
Menjelaskan
karakteristik bagian teks deskripsi ( Identifikasi) tidak tepat!
|
3
2
1
|
3
|
2
|
Menjelaskan karakteristik bagian teks deskripsi (deskripsi bagian) dengan tepat!
Menjelaskan karakteristik bagian teks deskripsi (deskripsi bagian) kurang tepat!
Menjelaskan karakteristik bagian teks
deskripsi(deskripsi bagian) tidak
tepat!
|
3
2
1
|
3
|
3
|
Menjelaskan karakteristik bagian teks deskripsi ( kesimpulan) dengan
tepat!
Menjelaskan karakteristik bagian teks deskripsi (kesimpulan) kurang
tepat!
Menjelaskan karakteristik bagian teks deskripsi (kesimpulan) tidak tepat!
|
3
2
1
|
3
|
Skor maksimum
|
|
9
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
………………………………………………………………………………….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar