Selasa, 25 Juli 2017

3.2 dan 4.2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       :  SMP
Mata Pelajaran          :  Bahasa Indoesia
Kelas/Semester          :  VII/Ganjil
Materi Pokok             :  Teks Deskripsi
Alokasi Waktu           :  5 Pertemuan (15 JP)

A.      Kompetensi Inti (KI)

  KI-1   :    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  KI-2   :    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),  santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3   :    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4  :     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kmpetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Menelaah struktur  dan kaidah kebahasaan dari  teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)     yang didengar dan dibaca.


4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk  teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)  secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis.

3.2.1 Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
3.2.2 Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi
yang disajikan
3.2.3Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
3.2.4Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi
yang dirumpangkan
3.2.5Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat,
ejaan dan tanda baca
4.2.1Merencanakan penulisan teks deskripsi
4.2.2Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
4.2.3 Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acaratelevisi mendeskripsikan objek


C.    Tujuan Pembelajaran
Pengetahuan
1.      Dengan (setelah) membaca teks deskripsi Rumah Tongkonan, siswa mampu merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi dengan tepat.
2.      Dengan (setelah) membaca teks deskripsi Rumah Tongkonan, siswa mampu Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan dengan tepat.
3.      Dengan (setelah) membaca teks deskripsi Rumah Tongkonan, siswa mampu menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi dengan tepat.
4.      Dengan (setelah) membaca teks deskripsi Rumah Tongkonan, siswa mampu menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan dengan tepat.
5.      Dengan (setelah) membaca teks deskripsi Rumah Tongkonan, siswa mampu Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca dengan tepat
Keterampilan
6.      Dengan(setelah) menonton tayangan video/gambar wisata daerah sekitar, siswa mampu merencanakan penulisan teks deskripsi dengan tepat.
7.      Dengan(setelah) menonton tayangan video/gambar wisata daerah sekitar, siswa mampu menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.dengan tepat.
8.      Dengan(setelah) menonton tayangan video/gambar wisata daerah sekitar, siswa mampu menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek.dengan tepat

D.    Materi Pembelajaran 
Pengetahuan
1.      Struktur teks deskripsi
2.      Karakteristik tiap bagian teks deskripsi
3.      Contoh cara melengkapi teks deskripsi
4.      Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
5.      Contoh sinonim dan hiponim pada teks deskripsi
6.      Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar
7.      Contoh langkah penyusunan teks deskripsi
8.      Contoh variasi judul pada teks deskripsi
9.      Contoh variasi identifikasi
10.  Contoh variasi rincian bagian
Keterampilan
1.      Praktik melengkapi struktur teks deskripsi (melengkapi bagian identifikasi/ gambaran umum, deskripsi bagian)
2.      Praktik melengkapi kata/ kalimat
3.      Praktik membuat telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada teks deskripsi
4.      Praktik menulis teks deskripsi dari objek sekitar yang diamati
5.      Praktik memberikan narasi lisan untuk video/ objek
6.      Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat
E.        METODE/MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan Saintifik

F.        MEDIA/ALAT DAN BAHAN
1.      Teks deskripsi Rumah Tongkonan
2.      Video/gambar wisata daerah Probolinggo (Pantai Duta)
3.      Kertas plano 8 lembar
4.      Kertas HVS sejumlah siswa
5.      Laptop
6.       LCD

G.      SUMBER BELAJAR
a.    Harsiati, Titik dkk. 2016. Buku Siswa,Bahasa Indonesia Studi dan PengajaranSMP/MTs Kelas VII (Edisi Revisi 2016). Jakarta: Kemdikbud (hal. 1841)
b.    Harsiati, Titik dkk. 2016. Buku Guru,Bahasa Indonesia Studi dan Pengajaran SMP/MTs Kelas VII (Edisi Revisi 2016) (Edisi Revisi 2016). Jakarta: Kemdikbud (hal. 3346)


H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Pertemuan pertama: 3 JP
a.      Pendahuluan (10 menit)
1)        Siswa merespon salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk dan kerapian meja kursi. (spiritual)
2)        Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
3)        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yaitu  merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi dan kebermanfaatan teks deskripsi..
4)        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5)        Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu pengetahuan

b.      Kegiatan Inti (100 menit) Saintifik
1)      Peserta didik mengamati dan mencermati tabel struktur teks deskripsi yang berjudul Rumah Tongkonan.
2)      Peserta didik bertanya jawab tentang teks deskripsi Rumah Tongkonan dengan santun.
3)      Peserta didik membaca teks deskripsi untuk menggali informasi tentang karakteristik
4)      Peserta didik membaca teks deskripsi untuk  menentukan identifikasi dan deskripsi bagian
5)      Peserta didik membaca teks deskripsi untuk  menentukan struktur teks deskripsi
6)      Peserta didik menukarkan hasil pekerjaannya dengan siswa lain untuk ditanggapi.
c.       Kegiatan Penutup (12 menit)
1)      Guru dan peserta didik merefleksi tentang manfaat dari kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
2)      Dengan difasilitasi guru, peserta didik  menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
3)      Peserta didik menerima tugas untuk menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi hal 18-21.

2.      Pertemuan kedua. (3 JP )
a.    Kegiatan Pendahuluan (10  menit)
1)      Siswa merespon salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk dan kerapian meja kursi. (spiritual)
2)      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
3)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yaitu  menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi dan kebermanfaatan teks deskripsi..
4)      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5)      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu pengetahuan

b.      Kegiatan Inti (100 menit)
1)      Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri empat orang.
2)      Peserta didik membaca teks deskripsi Rumah Tongkonan untuk menentukan variasi pola pengembangan
3)      Peserta didik mendiskusikan jenis pengembangan teks deskripsi.
4)      Peserta didik menentukan pola variasi dalam teks deskripsi pada tiap-tiap kelompok
5)      Masinng-masing kelompok menempel di dinding hasil diskusi kelompok dengan penuh tanggungjawab.
6)      Kelompok lain menanggapi hasil kelompok lain dengan bahasa santun.
c.    Kegiatan Penutup ( 12 menit )
1)      Guru dan peserta didik merefleksi tentang manfaat dari kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
2)      Dengan difasilitasi guru, peserta didik  menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
3)      Peserta didik menerima tugas untuk menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan  hal 18-21.

3.      Pertemuan ketiga ( 3 JP )
a.       Kegiatan Pendahuluan (10  menit)
1)      Siswa merespon salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk dan kerapian meja kursi. (spiritual)
2)      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
3)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yaitu  menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan dan kebermanfaatan teks deskripsi..
4)       Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5)      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu pengetahuan
b.      Kegiatan Inti (100 menit)
1)      Peserta didik menerima teks yang belum lengkap
2)      Peserta didik mengamati teks yang belum lengkap
3)      Peserta didik mempertanyakan cara melengkapi bagian struktur
4)      Peserta didik menggali informasi cara melengkapi dengan membaca lagi struktur dan variasi bagian-bagiannya
5)      Peserta didik mendiskusikan bagian yang tepat untuk melengkapi
6)      Peserta didik menelaah hasil melengkapi teks dari segi ketepatan dan kelengkapan struktur dengan teliti.
c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
1)      Guru dan peserta didik merefleksi tentang manfaat dari kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
2)      Dengan difasilitasi guru, peserta didik  menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
3)      Peserta didik menerima tugas untuk menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca hal 18-21.

4.      Pertemuan keempat ( 3 JP )
a.       Kegiatan Pendahuluan (10  menit)
1)      Siswa merespon salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk dan kerapian meja kursi. (spiritual)
2)      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
3)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yaitu  menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca dalam  teks deskripsi..
4)      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5)      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu pengetahuan
b.      Kegiatan Inti (100 menit )
1)      Peserta didik membaca dan mengamati contoh penggunaan kata, kalimat, tanda baca/ ejaan
2)      Peserta didik menanya tentang prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan.
3)      Peserta didik membaca buku siswa dan sumber lain yang relevan tentang prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan.
4)      Peserta didik  bermain menelaah/ memperbaiki penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan.
5)      Peserta didik  memajang hasil telaah dari segi penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan
c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
1)      Guru dan peserta didik merefleksi tentang manfaat dari kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
2)      Dengan difasilitasi guru, peserta didik  menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
3)      Peserta didik menerima tugas untuk menyajikan teks diskripsi secara lisan dari video(sumber internet).


5.      Pertemuan kelima ( 3 JP )
a.    Kegiatan Pendahuluan (10  menit)
1)   Siswa merespon salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk dan kerapian meja kursi. (spiritual)
2)   Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan bernyanyi
3)   Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
4)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yaitu   merencanakan penulisan teks deskripsi. menulis teks deskripsi, dan menyajikan secara lisan teks deskripsi
5)   Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
6)   Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu ketrampilan.
b.    Kegiatan Inti.
1)   Peserta didik membuat kelompok yang terdiri dari empat orang
2)   Peserta didik mengamati tayangan video objek wisata.
3)   Peserta didik bersama kelompoknya berlatih merancang objek wisata yang ditayangkan
4)   Peserta didik melaporkan hasil tayangan video objek wisata
5)   Peserta didik menyusun teks deskripsi sesuai dengan tanyangan video obyek wisata
6)   Peserta didik lain memberikan tanggapan (kritik dan saran) atas hasil tulisan teks deskripsi.
7)   Peserta didik memperbaiki hasil tulisan berdasarkan struktur teks
c.         Kegiatan Penutup
1)   Guru dan peserta didik merefleksi tentang manfaat dari kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
2)   Dengan difasilitasi guru, peserta didik  menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
3)   Peserta didik bersama guru mereview hasil pembelajaran.

I.       Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.    Sikap (spiritual dan sosial)
1)      Observasi ( jurnal)
b.    Pengetahuan
1)      Tes tertulis
c.    Ketrampilan
1)      Praktik
2)      Produk
2.      Instrument Penilaian
1)      Jurnal





Nama Sekolah    :
Kelas/Semester   :
Tahun pelajaran :

No.
Waktu
Nama Siswa
Catatan Prilaku
Butir Sikap
TTD
Tindak Lanjut
1
12-4-2017
Raikan
Peserta didik mengajukan pertanyaan dengan bahasa santun   



2


Peserta didik dapat mempertanggungjawabkan hasil pekerjaannya



3






4






5







2)      Tes tertulis

Bacalah teks berikut dengan saksama  saksama kemudian kerjakan soal yang mengikutinya!
Rumah Tongkonan
Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Rumah adat ini merupakan salah satu ikon suku Toraja selain upacara pemakamannya. Toraja termasyur oleh karena rumah adatnya
yang unik dan cantik ini. Oleh karena arsitekturnya yang menarik, Tongkonan kemudian dinobatkan sebagai rumah adat Toraja. Tongkonan berada di antara pohonpohon bambu di puncak bukit. Tongkonan terletak sekitar 12 km ke arah utara dari Rantepao. Memasuki Rantepao akan kita temui Tongkonan berjajar rapi dan indah seakan menyambut dengan ramah setiap pengunjung yang datang.
Rumah adat yang satu ini terbuat dari kayu yang bagus dan dihias dengan apik. Hiasan terdapat pada sekujur badan rumah dan atap rumah. Ukiran di sekujur bagian rumah menambah cantik bangunan ini. Ukiran yang menghias sekujur bangunan bermotif garis-garis lengkung yang harmonis. Rumah adat yang berjenis rumah panggung ini juga terbuat dari kayu yang kokoh. Bukan kayu sembarangan tentunya. Jenis kayu yang digunakan untuk membuat Tongkonan kabarnya memiliki kualitas juara dan hanya ditemukan di wilayah Sulawesi Selatan saja. Tanpa vernis dan plitur, kayu rumah
Tongkonan tetap awet hingga ratusan tahun. Suku Toraja juga menghias atap tersebut dengan tanduk kerbau. Kerbau memang perlambang kebangsawanan Suku Toraja. Atap rumah Tongkonan melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu. Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah adat. Di setiap bangunan bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau.
Sungguh kaya warisan budaya Indonesia. Kita bangga memiliki warisan budaya dengan nilai artistik yang tinggi dan unik. Rumah adat Tongkonan warisan budaya yang perlu kita jaga.
                                   
Soal Pengetahuan pertemuan pertama

1.      Jelaskan ciri bagian teks deskripsi (identifikasi)!
2.      Jelaskan ciri bagian teks deskripsi (deskripsi bagian)!
3.      Jelaskan ciri bagian teks deskripsi (kesimpulan)!
Soal Pengetahuan pertemuan kedua
1.             Tentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi dengan judul Rumah Tongkonan!
                Soal Pengetahuan pertemuan ketiga
1.             Lengkapi struktur teks deskripsi yang acak berikut!

Rumah Tongkonan

        Rumah adat yang satu ini terbuat dari kayu yang bagus dan dihias dengan apik. Hiasan terdapat pada sekujur badan rumah dan atap rumah. Ukiran di sekujur bagian rumah menambah cantik bangunan ini. Ukiran yang menghias sekujur bangunan bermotif garis-garis lengkung yang harmonis. Rumah adat yang berjenis rumah panggung ini juga terbuat dari kayu yang kokoh. Bukan kayu sembarangan tentunya. Jenis kayu yang digunakan untuk membuat Tongkonan kabarnya memiliki kualitas juara dan hanya ditemukan di wilayah Sulawesi Selatan saja. Tanpa vernis dan plitur, kayu rumah.Tongkonan tetap awet hingga ratusan tahun. Suku Toraja juga menghias atap tersebut dengan tanduk kerbau. Kerbau memang perlambang kebangsawanan Suku Toraja. Atap rumah Tongkonan melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu. Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah adat. Di setiap bangunan bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau.
        Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Rumah adat ini merupakan salah satu ikon suku Toraja selain upacara pemakamannya. Toraja termasyur oleh karena rumah adatnya
yang unik dan cantik ini. Oleh karena arsitekturnya yang menarik, Tongkonan kemudian dinobatkan sebagai rumah adat Toraja. Tongkonan berada di antara pohonpohon bambu di puncak bukit. Tongkonan terletak sekitar 12 km ke arah utara dari Rantepao. Memasuki Rantepao akan kita temui Tongkonan berjajar rapi dan indah seakan menyambut dengan ramah setiap pengunjung yang datang.




Soal Pengetahuan pertemuan keempat
1.         Tentukan dan perbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca dalam  teks deskripsi yang berjudul Rumah Tongkongan pada teks tersebut!

Soal Keterampilan  pertemuan kelima
Tayangan video objek wisata
1.      Praktik
Laporkan  sebuah tayangan video tentang objek wisata yang disediakan!

2.      Produk
Tulislah teks deskripsi berdasarkan struktur teks deskripsi dengan tema   bebas!

Pedoman Penilaian
Kisi-Kisi Penilaian Tes Uraian

                                  Nama Sekolah             : SMP LPMP
                                  Kelas/Semester            : VII/Ganjil
                        Tahun pelajaran           : 2017/2018
                        Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Teknik
Penilaian
1.
.3.2 Menelaah struktur  dan kaidah kebahasaan dari  teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)     yang didengar dan dibaca.
Struktur teks deskripsi dan contoh-contoh telaahannya




Disajikan sebuah teks deskripsi, siswa dapat :
1.  Jelaskan ciri bagian teks deskripsi (identifikasi)!
2.     Jelaskan ciri bagian teks deskripsi (deskripsi bagian)!
3.     Jelaskan ciri bagian teks deskripsi (kesimpulan)!


tes uraian





2
3.2 Menelaah struktur  dan kaidah kebahasaan dari  teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)     yang didengar dan dibaca.
Variasi pola pengembangan teks deskripsi

Disajikan sebuah teks deskripsi, siswa dapat :
1.  Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi dengan judul Rumah Tongkonan







3


Disajikan sebuah teks deskripsi, siswa dapat
1.   Melengkapi struktur teks deskripsi yang acak


4




5






                   

Rubrik Penskoran pengetahuan

No.
Aspek yang Dinilai
Skor
Skor maksimal
1



Menentukan variasi pola pengembangan bagian identifikasi dengan tepat
Menentukan variasi pola pengembangan bagian identifikasi kurang tepat
    2

1
2

2
Menentukan variasi pola pengembangan bagian deskripsi bagian dengan tepat
Menentukan variasi pola pengembangan bagian deskripsi bagian kurang tepat
2

1
2
3

Menentukan variasi pola pengembangan bagian kesimpulan/kesan dengan tepat
Menentukan variasi pola pengembangan bagian kesimpulan/kesan kurang tepat
2

1

2
Skor maksimum

6








Pedoman Penilaian
Kisi-Kisi Penilaian Tes Uraian

                                  Nama Sekolah             : SMP LPMP
                                  Kelas/Semester            : VII/Ganjil
                        Tahun pelajaran           : 2017/2018
                        Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Teknik
Penilaian
1.
.3.2 Menelaah struktur  dan kaidah kebahasaan dari  teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)     yang didengar dan dibaca.
Struktur teks deskripsi dan contoh-contoh telaahannya




Disajikan sebuah teks deskripsi, siswa dapat :
4.  Jelaskan ciri bagian teks deskripsi (identifikasi)!
5.     Jelaskan ciri bagian teks deskripsi (deskripsi bagian)!
6.     Jelaskan ciri bagian teks deskripsi (kesimpulan)!
tes uraian






        
Rubrik Penskoran pengetahuan

No.
Aspek yang Dinilai
Skor
Skor maksimal
1



Menjelaskan karakteristik bagian teks deskripsi ( Identifikasi) dengan tepat!
Menjelaskan karakteristik bagian teks deskripsi ( Identifikasi) kurang tepat!
Menjelaskan karakteristik bagian teks deskripsi ( Identifikasi) tidak tepat!
    3

    2

    1
3

2
Menjelaskan karakteristik bagian teks deskripsi (deskripsi bagian) dengan tepat!
Menjelaskan karakteristik bagian teks deskripsi (deskripsi bagian) kurang tepat!
Menjelaskan karakteristik bagian teks deskripsi(deskripsi bagian) tidak tepat!
3

2

1
3
3

Menjelaskan karakteristik bagian teks deskripsi ( kesimpulan) dengan tepat!
Menjelaskan karakteristik bagian teks deskripsi (kesimpulan) kurang tepat!
Menjelaskan karakteristik bagian teks deskripsi (kesimpulan)  tidak tepat!
3

2

1
3
Skor maksimum

9


Mengetahui    
Kepala Sekolah                                   Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia




………………………………………………………………………………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar