RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(Teks Puisi Rakyat Sikilus 1 )
Sekolah :
SMP
Mata Pelajaran : BAHASA
INDONESIA
Kelas/Semester : VII/dua
Materi Pokok : TEKS PUISI RAKYAT (SIKLUS 1)
Alokasi
Waktu : 9 jam (3 X pertemuan)
A. Kompetensi
Inti (KI)
KI.1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2 Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3 Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
KI-4:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
3.9 Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan
pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun,
syair, da bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
4.9 Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi
rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis
Indikator Pencapaian
Kompetensi KD 3.9
3.9.1 Menyimpulkan ciri umum
puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
3.9.2 Membandingkan
persamaan dan perbedaan struktur pantun, syair, dan gurindam pada teks yang
dibaca/didengar.
3.9.3 Mendaftar kata/
kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks yang dibaca/didengar.
Indikator Pencapaian Kompetensi KD 4.9
4.9.1 Setelah mempelajari
pengetahuan teks puisi rakyat tentang “pantun” siswa dapat menyimpulkan isi
pantun.
4.9.2 Setelah mempelajari pengetahuan teks puisi
rakyat tentang “syair” siswa dapat menyimpulkan isi syair
4.9.3 Setelah mempelajari
pengetahuan teks puisi rakyat tentang “gurindam” siswa dapat menyimpulkan isi gurindam.
C. TujuanPembelajaran
Pertemuan pertama :
Setelah mendengarkan atau membaca teks puisi rakyat (pantun, syair, dan
gurindam) siswa dapat :
1.
Menentukan tujuan komunikasi teks puisi rakyat
2.
Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun,
syair, dan gurindam) ;
3.
Menentukan kata benda dan kata sifat yang
ditemukan dalam teks
4.
Menjelaskan penggunaan kata keterangan tempat dan
kata depan yang ditemukan dalam teks
5.
Menjelaskan penggunaan sinonim yang ditemukan
dalam teks
Pertemuan kedua :
Setelah mendengarkan atau membaca teks puisi rakyat, siswa
dapat :
1.
Mendaftar kalimat yang digunakan pada
puisi rakyat pantun, syair, dan gurindam.
2.
Mendata kalimat rincian yang ditemukan dalam teks
3.
Mendata kalimat bermajas yang ditemukan dalam
teks
4.
Membandingkan persamaan dan perbedaan struktur
pantun, syair, dan gurindam .
Pertemuan ketiga :
Setelah mendengarkan atau membaca teks puisi rakyat, siswa
dapat :
1.
Menyimpulkan isi pantun
2.
Menyimpulkan isi syair
3.
Menyimpulkan isi gurindam
Fokus nilai-nilai sikap
1.Kejujuran
2. Percaya diri
3. Santun
D. Materi
Pembelajaran
Materi Pengetahuan :
1) Pengertian Puisi Rakyat
2) Jenis puisi rakyat
a.
Pantun
1)
Pengetian Pantun
2)
Ciri-ciri pantun
b. Syair
1) Pengertian Syair
2) Ciri syair :
c. Gurindam
1) Pengertian Gurindam
2) ciri-ciri gurindam
3) Tujuan komunikasi puisi rakyat
4) Persamaan dan perbedaan puisi rakyat (syair,
gurindam, pantun)
5) Kata berima pada puisi rakyat makna kata/
ungkapan pada puisi rakyat
6) Unsur kebahasaan teks puisi rakyat :
a)
menggunakan kata benda,
b)
kata sifat,
c)
keterangan
tempat,
d)
kata depan,
e)
sinonim kata,
f)
kalimat rincian,
g)
kalimat bermajas
Materi Keterampilan :
Contoh ragam teks puisi rakyat
a. teks pantun
b. teks syair
c. teks gurindam
E.
Metode
Saintifik
Berbasis teks
F.
Media dan Bahan Pembelajaran
1.
Media:
a.Contoh
teks pantun
b.Contoh teks syair
c. Contoh teks gurindam
d. Kartu kata benda dan kata sifat
2. Bahan :
a. .Kertas manila
b. gunting
c. kertas pos it
d. Spidol warna
G.
Sumber Belajar
Titik Hariyati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas VII SMP/ MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang, Kemdikbud. Hlm.165—178
Titik Hariyati. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/ MTs. Jakarta:
Pusat Kurikulum, Balitbang, Kemdikbud. Hlm.90—95
KBBI
...........................................
H.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan pertama: 3 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.
Siswa
dikondisikan dalam suasana belajar yang menyenangkan
2.
Siswa diajak berdoa sebelum mengawali kegiatan
3.
Mengarahkan
menyanyikan lagu rasa sayange guru mengamati semangat siswa.
4.
Siswa
bertanya jawab tentang teks puisi rakyat
dalam kehidupan.
5.
Siswa
mendapat penjelasan tentang tujuan pembelajaran dan garis besar kegiatan yang
akan dilakukan.
b.
Kegiatan Inti (100 menit)
1. Siswa membaca teks
puisi rakyat (pantun, syair, gurindam)
2. Siswa berdiskusi
tentang bagian-bagian teks puisi rakyat
3. Siswa
berdiskusi tentang isi puisi rakyat dengan percaya diri
4. Siswa berdiskusi dengan bahasa yang santun tentang kata sifat
dan kata benda yang terdapat dalam teks puisi rakyat, guru mengamati keaktifan
dan perilaku sisswa, selama kegiatan.
5. Siswa
berdiskusi tentang kata depan dan kata keterangan yang terdapat dalam teks
puisi rakyat
6. Siswa
berdiskusi tentang sinonim yang terdapat dalam teks puisi rakyat
7. Siswa
mewakili kelompok untuuk presentasi
c. Kegiatan Penutup
(10 menit)
1. Siswa bersama guru menyimpulkan tentang butir pokok
teks puisi rakyat
2.Siswa bersama guru melakukan identifikasi
keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari ini
3. Siswa menerima umpan balik dalam proses
pembelajaran mengenali teks puisi rakyat
4. Siswa menerima penyampaian guru tentang
kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling
mengesankan
2.
Pertemuan
kedua (3 JP )
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.
Siswa
dikondisikan dalam suasana belajar yang menyenangkan
2.
Siswa diajak bernyanyi lagu “cindai”
3.
Siswa bertanya jawab tentang isi lagu
4.
Siswa menyampaikan penguasaan kompetensi yang
sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab bersama Guru.
5.
Siswa menerima informasi dan target lingkup penilaian pembelajaran.
6.
Guru membentuk kelompok
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1.
Siswa menerima 3 teks puisi
rakyat dan mencermati
2.
Siswa berdiskusi dengan bahasa yang santun tentang
kalimat rincian yang terdapat dalam teks
3.
Siswa berdiskusi tentang kalimat bermajas yang
terdapat dalam teks
4.
Siswa berdiskusi tentang
berbedaan dan persamaan teks
puisi rakyat
5.
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil kerja di depan dengan penuh percaya diri.
6.
Setiap kelompok menanggapi
hasil kerja kelompok lain dengan santun
c. Kegiatan
Penutup (10
menit)
1. Siswa difasilitasi guru
membuat butir-butir simpulan tentang teks prosedur.
2. Siswa bersama guru
melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari
ini.
3. Siswa menerima penyampaian umpan balik
dalam proses pembelajaran mengenali teks puisi rakyat.
4.
Siswa menerima tugas dari guru mencari contoh teks puisi
rakyat di majalah, koran,buku, media lainnya..
3. Pertemuan ketiga: 3 JP
a. Kegiatan
Pendahuluan (10
menit)
1.
Siswa
dikondisikan dalam suasana belajar yang menyenangkan
2.
Siswa menerima penyampaian tujuan pembelajaran membaca teks puisi rakyat
3.
Siswa bersama guru menyepakati tagihan
4.
Guru membuat kelompok
b. Kegiatan
Inti (100 menit)
1.
Siswa membaca teks puisi rakyat yang berbeda ( pantun, syair, dan gurindam) yang telah disediakan guru.
2.
Siswa menyimpulkan
isi pantun dengan bahasanya sendiri.
3.
Siswa menyimpulkan isi syair dengan bahasanya
sendiri.
4.
Siswa menyimpulkan isi gurindam dengan bahasanya
sendiri.
5.
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil kerja di depan dengan penuh percaya diri.
6.
Setiap kelompok menanggapi
hasil kerja kelompok lain dengan santun
c. Kegiatan
Penutup (10
menit)
1. Siswa difasilitasi guru membuat butir-butir simpulan tentang teks puisi
rakyat
2. Siswa bersama guru melakukan identifikasi
kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran.
3. Siswa menerima umpan
balik guru dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi penguatan
tentang teks puisi
rakyat.
4. Siswa menerima penyampaian kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR.
5. Siswa menerima apresiasi terhadap hasil kerja
kelompok terbaik dengan dengan cara mevotivasi peserta didik.
I.
Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a.
Penilaian sikap
sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
b.
Penilaian pengetahuan
dilakukan dengan teknik tes
tulis.
c.
Penilaian
keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.
2. Instrumen
Penilaian
a.
Instrumen
penilaian sikap sosial
dengan teknik observasi
Jurnal
Perkembangan
Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMPN ..........
Kelas/Semester : VII/Dua
Tahun pelajaran : 2017/2018
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
25 /07/17
|
Yahya
|
Sangat
aktif ketika menyanyikan lagi, tetapi sangat pendiam ketika berdiskusi
|
Percaya diri
|
2
|
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Instrumen Uraian
1)Kisi-Kisi soal
pengetahuan
No
KD
|
Materi/
teks
|
Indikator
soal
|
Level
kognitif
|
No
soal
|
Kunci
|
||
Teks puisi rakyat/......
|
1
|
2
|
3
|
||||
1
|
Mengidentifikasi ciri umum pantun
|
Disajikan teks pantun , siswa dapat
menentukan cirinya
|
V
|
|
|
1
|
|
2
|
Mengidentifikasi ciri umum
syair
|
Disajikan teks syair , siswa dapat
menentukan cirinya
|
V
|
|
|
2
|
|
3.
|
Mengidentifikasi ciri umum
gurindam
|
Disajikan teks syair , siswa dapat
menentukan cirinya
|
V
|
|
|
3
|
|
4
|
Menentukan kata benda
|
Disajikan teks puisi
rakyat(pantun,syair,gurindam),siswa dapat menentukan kata benda di dalamnya
|
|
V
|
|
4
|
|
5
|
Menentukan kata sifat
|
Disajikan teks puisi
rakyat(pantun,syair,gurindam),siswa dapat menentukan kata sifat di dalamnya
|
|
V
|
|
5
|
|
6
|
Menentukan kata keterangan
|
Disajikan teks puisi
rakyat(pantun,syair,gurindam),siswa dapat menentukan kata keterangan di
dalamnya
|
|
V
|
|
6
|
|
7
|
Menentukan kata depan
|
Disajikan teks puisi
rakyat(pantun,syair,gurindam),siswa dapat menentukan kata depan di dalamnya
|
|
V
|
|
7
|
|
8
|
Membandingkan pantun,syair,dan guridam
|
Disajikan teks puisi
rakyat(pantun,syair,gurindam),siswa dapat membandingkan ketiganya.
|
|
|
V
|
8
|
|
1 = pengetahuan dan
pemahaman: mengidentifikasi; menentukan; memaknai
2 =
Aplikasi : menunjukkan bukti; menyimpulkan; menuliskan ide;
menginterpretasikan;
menggunakan; menyusun
3 =
Penalaran: mengevaluasi; membandingkan; menanggapi; merefleksi
Instrumen Penilaian :
7.
Tentukan ciri-ciri pantun secara umum !
8.
Tentukan ciri-ciri syair secara umum !
9.
Tentukan ciri-ciri gurindam secara umum !
10.
Tuliskan kata benda, yang terdapat dalam teks pantun, syair, dan gurindam di atas!
11.
Tuliskan kata sifat yang terdapat dalam teks pantun, syair, dan
gurindam di atas!
12.
Tuliskan kata keterangan yang terdapat dalam pantun, syair, dan gurindam di
atas!
13.
Tuliskan kata depan yang terdapat dalam pantun, syair, dan gurindam di
atas!
14.
Jelaskan perbedaan ketiga teks puisi rakyat tersebut !
Penilaian Keterampilan : Kinerja
Kisi-Kisi Penilaian Kinerja
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1.
|
4.9 Menyimpulkan
isi puisi rakyat (pantun, syair, dan
bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis
|
Memahami isi
puisi rakyat (syair, gurindam, pantun)
Praktik memahami isi puisi rakyat (menjawab
pertanyaan hal yang dideskripsikan,
apa saja informasi rincian)
|
Disajikan puisi rakyat (pantun,
syair, dan gurindam) siswa dapat menuliskan simpulan dari ketiga teks di atas
|
Kinerja
|
Rubrik pensekoran kinerja
Pendemontrasian teks prosedur
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|
Ada
|
Tidak ada
|
||
1
|
Kesesuaian isi
a. pantun
b. syair
c. gurindam
|
2
2
2
|
|
2
|
Penggunaan bahasa efektif
a.pantun
b.syair
c.gurindam
|
2
2
2
|
1
|
3
|
Penggunaan ejaan
a.pantun
b.syair
c.gurindam
|
2
2
2
|
|
Skor akhir = Skor yang
diperoleh
Skor maksimal X 100
,
.....................
Mengetahui
Kepala SMPN........................ Guru
Mata Pelajaran
.........................................
NIP. NIP.
Lampiran 1:
LK 3.9 Aspek Pengetahuan
Cermati 3 teks puisi rakyat berikut ini !
I
Air surut memungut bayam,
Sayur diisi ke dalam kantung;
Jangan diikuti tabiat ayam,
Bertelur sebiji riuh sekampung
II
Wahai muda kenali dirimu
Ialah perahu tamsil hidupmu
Tiadalah berapa lama hidupmu
Ke akhirat jua kekal hidupmu
III
Jika hendak mengenal orang yang berbahagia,
sangat
memeliharakan yang sia-sia.
Tugas :
1. Tentukan ciri-ciri pantun secara umum !
2. Tentukan ciri-ciri syair secara umum !
3. Tentukan ciri-ciri gurindam secara umum !
4. Tuliskan kata benda, yang terdapat dalam teks pantun, syair, dan
gurindam di atas!
5. Tuliskan kata sifat yang terdapat dalam teks pantun, syair, dan
gurindam di atas!
6. Tuliskan kata keterangan yang terdapat dalam pantun, syair, dan gurindam
di atas!
7. Tuliskan kata depan yang terdapat dalam pantun, syair, dan gurindam di
atas!
Jawaban : 1,2, dan 3
1. Ciri Pantun
|
2.Ciri Syair
|
3.Ciri Gurindam
|
|
|
|
Jawaban : 4 Daftar kata benda
kata benda dalam pantun
|
Kata benda dalam Syair
|
Kata benda Gurindam
|
|
|
|
Jawaban : 5
Kata sifat Pantun
|
Kata sifat Syair
|
Kata sifat Gurindam
|
|
|
|
Jawaban : 6
Kata keterangan dalam Pantun
|
Kata keterangan Syair
|
Kata leterangan Ciri Gurindam
|
|
|
|
Jawaban : 7
Kata depan dalam Pantun
|
Kata depan Syair
|
Kata depan Gurindam
|
|
|
|
Lampiran : 2
4.9 Menyimpulkan
isi puisi rakyat (pantun, syair, dan
bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis
Cermati 3 teks puisi rakyat berikut ini !
I
Akar keladi
melilit selasih,
Selasih tumbuh di hujung taman;
kalungan budi
junjungan kasih,
Mesra kenangan
sepanjang zaman
Kalau ada sumur di ladang,
Boleh kita menumpang mandi,
Kalau ada umurku panjang,
Boleh kita menumpang mandi
II
Jika hendak mengenal orang yang
baik perangai
lihat pada ketika bercampur
dengan orang ramai.
Tua-tua keladi,
Makin tua makin menjadi.
III
Inilah gerangan suatu madah
Mengarangkan syair terlalu indah
Membetuli jalan tempat berpindah
Di sanalah iktikat diperbetuli sudah
Malam ini sepi dan resah,
Sempurnakan hatiku nan gundah,
Terbayang seraut wajah,
Yang meneduhiku kala gelisah.
Soal :
Jelaskan perbedaan ketiga teks puisi rakyat tersebut !
Berbedaan ke tiga teks di atas :
Indikator
|
keterangan
|
Struktur/bagian
|
|
Aspek kebahasaan
|
|
|
|
|
|
Pengertian puisi rakyat
Kesustraan rakyat yang sudah tertentu bentuknya,
biasanya terddiri dari beberapa deret kalimat, ada yang berdasar mantra, ada
yang berdasar panjang pendek kata, lemah tekanan suara, atau hanya berdasarkan
irama. Puisi rakyat berisi nilai-nilai yang berkembang dalam kehidupan
masyarakat
Jenis puisi rakyat
a.
Pantun
Pantun adalah puisi Melayu yang mengakar dan
membudaya dalam masyarakat. Pantun dikenal dengan banyak nama di berbagai
bahasa di Nusantara, tonton (bahasa Tagalog), tuntun (bahasa Jawa), pantun
(bahasa Toba) yang memiliki arti kurang lebih sama, yaitu sesuatu ucapan yang
teratur, arahan yang mendidik, bentuk kesantunan.
Ciri-ciri pantun :
a). Tiap bait
terdiri atas empat baris (larik).
b). Tiap baris
terdir atas 8 sampa 12 suku
kata.
c). Rima akhir setiap
baris adalah a-b-a-b.
d). Baris pertama dan kedua merupakan sampiran. Baris ketiga dan keempat
merupakan isi.
b.
Syair
Syair Syair adalah salah satu puisi lama. Syair
berasal dari Persia dan dibawa masuk ke Nusantara bersama dengan masuknya Islam
ke Indonesia. Kata atau istilah syair berasal dari bahasa arab yaitu syi’ir
atau syu’ur yang berarti “perasaan yang menyadari”, kemudian kata syu’ur
berkembang menjadi syi’ru yang berarti puisi dalam pengetahuan umum. Dalam
perkembangannya syair tersebut mengalami perubahan dan modifikasi sehingga
menjadi khas Melayu, tidak lagi mengacu pada tradisi sastra syair negeri Arab.
Ciri
syair :
a). Setiap bait terdiri dari empat baris.
2. Setiap
baris terdiri atas 8-14 suku kata.
3.
Bersajak a-a-a-a.
4. Semua
baris adalah isi.
5. Bahasa
yang digunakan biasanya berupa kiasan.
c.
Gurindam
Gurindam Gurindam adalah puisi lama yang berasal
dari negeri India. Istilah gurindam berasal dari bahasa India, yaitu kirindam
berarti “mulamula” atau “perumpamaan”. Gurindam sarat nilai agama dan moral.
Tak dimungkiri bahwa gurindam bagi orang dulu sangat penting dan dijadikan
norma dalam kehidupan.
Ciri gurindam :
a)
terdiri atas dua baris dalam sebait
b) tiap baris memiliki jumlah kata sekitar 10-14
kata
c) tiap baris memiliki rima sama atau bersajak
A-A, B-B, C-C, dan seterusnya
d) merupakan satu kesatuan yang utuh.
e) baris pertama berisi soal, masalah, atau
perjanjian
f) baris kedua berisi jawaban, akibat dari
masalah atau perjanjian pada baris pertama.
(isi atau maksud gurindam
terdapat pada baris kedua)
g) isi gurindam biasanya berupa nasihat,
filosofi hidup atau kata-kata mutiara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar