Minggu, 30 Juli 2017

Puisi Rakyat 3.9 & 4.9



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                        (Teks Puisi Rakyat Sikilus 1 )
Sekolah                             : SMP
Mata Pelajaran                : BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester                : VII/dua
Materi Pokok                   : TEKS PUISI RAKYAT (SIKLUS 1)
Alokasi Waktu               : 9 jam (3 X pertemuan)

A.       Kompetensi Inti (KI)
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,   menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di  sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi   (IPK)
3.9  Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi  rakyat (pantun, syair, da bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.

4.9   Menyimpulkan isi puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis

       Indikator Pencapaian Kompetensi KD 3.9
3.9.1 Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.  
3.9.2 Membandingkan persamaan dan perbedaan  struktur  pantun, syair, dan gurindam pada teks yang dibaca/didengar.    
3.9.3 Mendaftar kata/ kalimat yang digunakan  pada  puisi rakyat pada teks yang dibaca/didengar.

Indikator Pencapaian Kompetensi KD 4.9
4.9.1 Setelah mempelajari pengetahuan teks puisi rakyat tentang “pantun” siswa dapat menyimpulkan isi pantun.
4.9.2  Setelah mempelajari pengetahuan teks puisi rakyat tentang “syair” siswa dapat menyimpulkan isi syair
4.9.3 Setelah mempelajari pengetahuan teks puisi rakyat tentang “gurindam” siswa dapat menyimpulkan isi gurindam.

C.     TujuanPembelajaran
Pertemuan pertama :
Setelah mendengarkan atau membaca teks puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) siswa dapat :
1.      Menentukan tujuan komunikasi teks puisi rakyat
2.      Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) ;
3.      Menentukan kata benda dan kata sifat yang ditemukan dalam teks
4.      Menjelaskan penggunaan kata keterangan tempat dan kata depan yang ditemukan dalam teks
5.      Menjelaskan penggunaan sinonim yang ditemukan dalam teks

Pertemuan kedua :
Setelah mendengarkan atau membaca teks puisi rakyat, siswa dapat :
1.      Mendaftar kalimat yang digunakan  pada  puisi rakyat pantun, syair, dan gurindam.
2.      Mendata kalimat rincian yang ditemukan dalam teks
3.      Mendata kalimat bermajas yang ditemukan dalam teks
4.      Membandingkan persamaan dan perbedaan  struktur  pantun, syair, dan gurindam .

Pertemuan ketiga :
Setelah mendengarkan atau membaca teks puisi rakyat, siswa dapat :
1.    Menyimpulkan isi pantun
2.    Menyimpulkan isi syair
3.    Menyimpulkan isi gurindam

Fokus nilai-nilai sikap
1.Kejujuran
2. Percaya diri
3. Santun

D.     Materi Pembelajaran
Materi Pengetahuan :
1)      Pengertian Puisi Rakyat
2)      Jenis puisi rakyat
a.                                                                                    Pantun
1)      Pengetian Pantun
2)       Ciri-ciri pantun  
b. Syair
1) Pengertian Syair
2) Ciri syair :
c. Gurindam
    1) Pengertian Gurindam
    2) ciri-ciri gurindam
3)      Tujuan komunikasi puisi rakyat 
4)      Persamaan dan perbedaan puisi rakyat (syair, gurindam, pantun)
5)      Kata berima pada puisi rakyat makna kata/ ungkapan pada puisi rakyat
6)      Unsur kebahasaan teks puisi rakyat :
a)                                                                                                                                                                menggunakan  kata benda,
b)                                                                                                                                                               kata sifat,
c)                                                                                                                                                                keterangan tempat, 
d)                                                                                                                                                               kata depan, 
e)                                                                                                                                                                sinonim kata,
f)                                                                                                                                                                kalimat rincian,
g)                                                                                                                                                                kalimat bermajas

Materi Keterampilan :
Contoh ragam teks puisi rakyat
a. teks pantun
b. teks syair
c. teks gurindam
E.      Metode
Saintifik
Berbasis teks

F.      Media dan Bahan Pembelajaran
1.      Media:
a.Contoh  teks pantun
b.Contoh teks syair
c. Contoh teks gurindam
d. Kartu kata benda dan kata sifat
2. Bahan :
a. .Kertas manila
b. gunting
c. kertas pos it
d. Spidol warna

G.     Sumber Belajar
Titik Hariyati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/ MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang, Kemdikbud. Hlm.165—178
Titik Hariyati. 2016. Buku Guru  Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/ MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang, Kemdikbud. Hlm.90—95
KBBI
...........................................

H.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan pertama: 3 JP
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.    Siswa dikondisikan dalam suasana belajar yang menyenangkan
2.    Siswa diajak berdoa sebelum mengawali kegiatan
3.    Mengarahkan menyanyikan lagu rasa sayange guru mengamati semangat siswa.
4.    Siswa bertanya jawab tentang teks puisi rakyat  dalam kehidupan.
5.    Siswa mendapat penjelasan tentang tujuan pembelajaran dan garis besar kegiatan yang akan dilakukan.

b. Kegiatan Inti (100 menit)
                 1. Siswa membaca teks puisi rakyat (pantun, syair, gurindam)
                 2. Siswa berdiskusi tentang bagian-bagian teks puisi rakyat
     3. Siswa berdiskusi tentang isi puisi rakyat dengan percaya diri
     4. Siswa berdiskusi  dengan bahasa yang santun tentang kata sifat dan kata benda yang terdapat dalam teks puisi rakyat, guru mengamati keaktifan dan perilaku sisswa, selama kegiatan.
     5. Siswa berdiskusi tentang kata depan dan kata keterangan yang terdapat dalam teks puisi rakyat
     6. Siswa berdiskusi tentang sinonim yang terdapat dalam teks puisi rakyat
     7. Siswa mewakili kelompok untuuk presentasi

c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
     1. Siswa  bersama guru menyimpulkan tentang butir pokok teks puisi rakyat
     2.Siswa  bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari ini
    3. Siswa menerima umpan balik dalam proses pembelajaran mengenali teks puisi rakyat
    4. Siswa menerima penyampaian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya   berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan

2.                 Pertemuan kedua (3 JP )
 a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.    Siswa dikondisikan dalam suasana belajar yang menyenangkan
2.    Siswa diajak bernyanyi lagu “cindai”
3.    Siswa bertanya jawab tentang isi lagu
4.    Siswa menyampaikan penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab bersama Guru.
5.    Siswa menerima informasi dan target lingkup penilaian pembelajaran.
6.    Guru membentuk kelompok


b. Kegiatan Inti (100 menit)
1.                  Siswa menerima 3 teks puisi rakyat dan mencermati  
2.         Siswa berdiskusi dengan bahasa yang santun tentang kalimat rincian yang terdapat dalam teks
3.         Siswa berdiskusi tentang kalimat bermajas yang terdapat dalam teks
4.         Siswa berdiskusi  tentang  berbedaan dan persamaan  teks puisi rakyat
5.         Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja di depan dengan penuh percaya diri.
6.         Setiap kelompok menanggapi hasil kerja kelompok lain dengan santun

c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
1.      Siswa difasilitasi guru membuat butir-butir simpulan tentang teks prosedur.  
2.      Siswa bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari ini.
3.      Siswa  menerima penyampaian umpan balik dalam proses pembelajaran mengenali teks puisi rakyat.
4.         Siswa  menerima tugas dari guru mencari contoh teks puisi rakyat di majalah, koran,buku, media lainnya..


3.  Pertemuan ketiga: 3 JP
a.     Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.    Siswa dikondisikan dalam suasana belajar yang menyenangkan
2.    Siswa  menerima penyampaian tujuan pembelajaran membaca teks puisi rakyat
3.    Siswa bersama guru menyepakati tagihan  
4.    Guru membuat kelompok
             b. Kegiatan Inti (100 menit)
1.    Siswa membaca teks puisi rakyat  yang berbeda ( pantun, syair, dan gurindam)  yang telah disediakan guru.
2.    Siswa  menyimpulkan isi pantun dengan bahasanya sendiri.
3.    Siswa menyimpulkan isi syair dengan bahasanya sendiri.
4.    Siswa menyimpulkan isi gurindam dengan bahasanya sendiri.
5.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja di depan dengan penuh percaya diri.
6.    Setiap kelompok menanggapi hasil kerja kelompok lain dengan santun

c.   Kegiatan Penutup (10 menit)
1. Siswa difasilitasi guru  membuat butir-butir simpulan tentang teks puisi rakyat
2. Siswa  bersama guru melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran.
3. Siswa menerima umpan balik guru dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi penguatan tentang  teks puisi rakyat.
4. Siswa menerima penyampaian kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR.
5. Siswa menerima  apresiasi terhadap hasil kerja kelompok terbaik dengan dengan cara mevotivasi peserta didik.

I.       Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian sikap sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
b.      Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.       Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.

2.      Instrumen Penilaian
a.       Instrumen penilaian sikap sosial dengan teknik observasi


Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : SMPN ..........
Kelas/Semester     : VII/Dua
Tahun pelajaran    : 2017/2018

No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1.
25 /07/17


Yahya
Sangat aktif ketika menyanyikan lagi, tetapi sangat pendiam ketika berdiskusi
Percaya diri
2
dst.









b. Instrumen Uraian
   
                     1)Kisi-Kisi soal pengetahuan
No KD
Materi/ teks
Indikator soal
Level kognitif
No soal
Kunci
Teks puisi rakyat/......
1
2
3
1
Mengidentifikasi ciri umum pantun

Disajikan teks pantun , siswa dapat menentukan cirinya

V






1



2
Mengidentifikasi ciri umum syair
Disajikan teks syair , siswa dapat menentukan cirinya

V



2


3.
Mengidentifikasi ciri umum gurindam
Disajikan teks syair , siswa dapat menentukan cirinya

V


3

4
Menentukan kata benda
Disajikan teks puisi rakyat(pantun,syair,gurindam),siswa dapat menentukan kata benda di dalamnya

V

4

5
Menentukan kata sifat
Disajikan teks puisi rakyat(pantun,syair,gurindam),siswa dapat menentukan kata sifat di dalamnya

V

5

6
Menentukan kata keterangan
Disajikan teks puisi rakyat(pantun,syair,gurindam),siswa dapat menentukan kata keterangan di dalamnya

V

6

7
Menentukan kata depan
Disajikan teks puisi rakyat(pantun,syair,gurindam),siswa dapat menentukan kata depan di dalamnya

V

7

8
Membandingkan  pantun,syair,dan guridam
Disajikan teks puisi rakyat(pantun,syair,gurindam),siswa dapat membandingkan ketiganya.


V
8

  1 = pengetahuan dan pemahaman: mengidentifikasi; menentukan; memaknai
  2 = Aplikasi : menunjukkan bukti; menyimpulkan; menuliskan ide; menginterpretasikan;
       menggunakan; menyusun
  3 = Penalaran: mengevaluasi; membandingkan; menanggapi; merefleksi

Instrumen Penilaian :
7.                                                                                                                           Tentukan ciri-ciri pantun secara umum !
8.                                                                                                                           Tentukan ciri-ciri syair secara umum !
9.                                                                                                                           Tentukan ciri-ciri gurindam secara umum !
10.                                                                                                                        Tuliskan kata benda, yang terdapat dalam teks pantun, syair, dan gurindam  di atas!
11.                                                                                                                        Tuliskan kata sifat yang terdapat dalam teks pantun, syair, dan gurindam  di atas!
12.                                                                                                                        Tuliskan kata keterangan yang terdapat dalam pantun, syair, dan gurindam di atas!
13.                                                                                                                        Tuliskan kata depan yang terdapat dalam pantun, syair, dan gurindam di atas!
14.                                                                                                                        Jelaskan perbedaan ketiga teks puisi rakyat tersebut !

Penilaian Keterampilan : Kinerja
                   Kisi-Kisi Penilaian Kinerja

No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik
Penilaian
1.
4.9   Menyimpulkan isi puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis
Memahami isi  puisi rakyat (syair, gurindam, pantun)
Praktik memahami isi puisi rakyat (menjawab pertanyaan hal  yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)

Disajikan puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) siswa dapat menuliskan simpulan dari ketiga teks di atas
Kinerja


Rubrik pensekoran kinerja
Pendemontrasian teks prosedur

No
Aspek yang dinilai
Skor
Ada
Tidak ada
1
Kesesuaian isi
a. pantun
b. syair
c. gurindam 

2
2
2

2
Penggunaan bahasa efektif
a.pantun
b.syair
c.gurindam

2
2
2
1
3
Penggunaan ejaan
a.pantun
b.syair
c.gurindam

2
2
2


Skor akhir = Skor yang diperoleh
                      Skor maksimal                  X 100






                                                                                                , .....................
            Mengetahui
            Kepala SMPN........................                                               Guru Mata Pelajaran




                                                                                                .........................................
            NIP.                                                                                        NIP.



























Lampiran 1:
LK 3.9 Aspek Pengetahuan
Cermati 3 teks puisi rakyat berikut ini !
                              I
Air surut memungut bayam,
Sayur diisi ke dalam kantung;
Jangan diikuti tabiat ayam,
Bertelur sebiji riuh sekampung
                              II
Wahai muda kenali dirimu
Ialah perahu tamsil hidupmu
Tiadalah berapa lama hidupmu
Ke akhirat jua kekal hidupmu
                              III
Jika hendak mengenal orang yang berbahagia,
 sangat memeliharakan yang sia-sia.

Tugas :
1. Tentukan ciri-ciri pantun secara umum !
2. Tentukan ciri-ciri syair secara umum !
3. Tentukan ciri-ciri gurindam secara umum !
4. Tuliskan kata benda, yang terdapat dalam teks pantun, syair, dan gurindam  di atas!
5. Tuliskan kata sifat yang terdapat dalam teks pantun, syair, dan gurindam  di atas!
6. Tuliskan kata keterangan yang terdapat dalam pantun, syair, dan gurindam di atas!
7. Tuliskan kata depan yang terdapat dalam pantun, syair, dan gurindam di atas!

Jawaban : 1,2, dan 3

1. Ciri Pantun
2.Ciri Syair
3.Ciri Gurindam






















Jawaban : 4 Daftar kata benda

kata benda dalam  pantun
Kata benda dalam Syair
Kata benda Gurindam


















Jawaban : 5
Kata sifat Pantun
Kata sifat Syair
Kata sifat  Gurindam


















Jawaban : 6
Kata keterangan dalam Pantun
Kata keterangan Syair
Kata leterangan Ciri Gurindam

















Jawaban : 7

Kata depan dalam Pantun
Kata depan Syair
Kata depan Gurindam















































Lampiran : 2
4.9   Menyimpulkan isi puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis
Cermati 3 teks puisi rakyat berikut ini !
                      I
Akar keladi melilit selasih,
 Selasih tumbuh di hujung taman;
kalungan budi junjungan kasih,
Mesra kenangan sepanjang zaman
          Kalau ada sumur di ladang,
          Boleh kita menumpang mandi,
          Kalau ada umurku panjang,
          Boleh kita menumpang mandi

                              II
 Jika hendak mengenal orang yang baik perangai
 lihat pada ketika bercampur dengan orang ramai.

Tua-tua keladi,
Makin tua makin menjadi.

            III
Inilah gerangan suatu madah
Mengarangkan syair terlalu indah
Membetuli jalan tempat berpindah
Di sanalah iktikat diperbetuli sudah
Malam ini sepi dan resah,
Sempurnakan hatiku nan gundah,
Terbayang seraut wajah,
Yang meneduhiku kala gelisah.
Soal :
Jelaskan perbedaan ketiga teks puisi rakyat tersebut !
Berbedaan ke tiga teks di atas :
Indikator
keterangan
Struktur/bagian




Aspek kebahasaan



















Pengertian puisi rakyat 
Kesustraan rakyat yang sudah tertentu bentuknya, biasanya terddiri dari beberapa deret kalimat, ada yang berdasar mantra, ada yang berdasar panjang pendek kata, lemah tekanan suara, atau hanya berdasarkan irama. Puisi rakyat berisi nilai-nilai yang berkembang dalam kehidupan masyarakat
Jenis puisi rakyat
a.                                                                                    Pantun
Pantun adalah puisi Melayu yang mengakar dan membudaya dalam masyarakat. Pantun dikenal dengan banyak nama di berbagai bahasa di Nusantara, tonton (bahasa Tagalog), tuntun (bahasa Jawa), pantun (bahasa Toba) yang memiliki arti kurang lebih sama, yaitu sesuatu ucapan yang teratur, arahan yang mendidik, bentuk kesantunan.
Ciri-ciri pantun  :
a). Tiap            bait terdiri atas empat   baris (larik).
b). Tiap            baris terdir atas            8 sampa 12 suku kata.
c). Rima akhir  setiap baris adalah a-b-a-b.
d). Baris pertama dan kedua merupakan          sampiran. Baris            ketiga   dan keempat merupakan isi.


b.         Syair
Syair Syair adalah salah satu puisi lama. Syair berasal dari Persia dan dibawa masuk ke Nusantara bersama dengan masuknya Islam ke Indonesia. Kata atau istilah syair berasal dari bahasa arab yaitu syi’ir atau syu’ur yang berarti “perasaan yang menyadari”, kemudian kata syu’ur berkembang menjadi syi’ru yang berarti puisi dalam pengetahuan umum. Dalam perkembangannya syair tersebut mengalami perubahan dan modifikasi sehingga menjadi khas Melayu, tidak lagi mengacu pada tradisi sastra syair negeri Arab.
 Ciri syair :
a). Setiap bait terdiri dari empat baris.
2.  Setiap baris terdiri atas 8-14 suku kata.
   3.  Bersajak a-a-a-a.
4.  Semua baris adalah isi.
5.  Bahasa yang digunakan  biasanya berupa kiasan.

c.            Gurindam
Gurindam Gurindam adalah puisi lama yang berasal dari negeri India. Istilah gurindam berasal dari bahasa India, yaitu kirindam berarti “mulamula” atau “perumpamaan”. Gurindam sarat nilai agama dan moral. Tak dimungkiri bahwa gurindam bagi orang dulu sangat penting dan dijadikan norma dalam kehidupan.
    Ciri gurindam :
            a)  terdiri atas dua baris dalam sebait
 b)  tiap baris memiliki jumlah kata sekitar 10-14 kata
 c)  tiap baris memiliki rima sama atau bersajak A-A, B-B, C-C, dan seterusnya
 d)  merupakan satu kesatuan yang utuh.
 e)  baris pertama berisi soal, masalah, atau perjanjian
 f)  baris kedua berisi jawaban, akibat dari masalah atau perjanjian pada baris pertama.  (isi atau maksud  gurindam terdapat pada baris kedua)
 g)  isi gurindam biasanya berupa nasihat, filosofi hidup atau kata-kata mutiara














Tidak ada komentar:

Posting Komentar