Minggu, 30 Juli 2017

PUISI kls 8



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE-4


Satuan Pendidikan
: SMPN ……
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: VIII/II Dua
Materi Pokok
: Teks Puisi
Alokasi Waktu
: 4 Jam Pelajaran ( 2 x pertemuan )

A.                Kompetensi Inti
KI-1       :    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2       :    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3       :    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4       :    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.                 Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.7  Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca.



4.7 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun makna puisi yang diperdengarkan atau dibaca
3.7.1        Peserta didik dapat memahami Pengertian unsur-unsur pembangun puisi
3.7.2        Peserta didik dapat mengidentifikasi Unsur-unsur pembangun teks puisi

4.7.1        Peserta didik dapat menyimpulkan unsur-unsur pembangun puisi
4.7.2        Peserta didik dapat menyimpulakan makna  puisi


C.                Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah mendengarkan atau membaca puisi rakyat, peserta didik dapat :
a.       Dengan mendengarkan atau membaca teks puisi, Peserta didik dapat menentukan tema dalam puisi yang didengar dan yang dibaca
b.      Dengan mendengarkan atau membaca teks puisi, Peserta didik dapat menentukan Nada dan suasanadalam puisi yang didengar dan yang dibaca
c.       Dengan mendengarkan atau membaca teks puisi, Peserta didik dapat mengungkapkanrasa  dalam puisi yang didengar dan yang dibaca
d.      Dengan mendengarkan atau membaca teks puisi, Peserta didik dapat menentukan amanat dalam puisi yang didengar dan yang dibaca
Pertemuan Kedua
Setelah mendengarkan atau membaca puisi rakyat pesreta didik dapat
a.       Menyimpulkan tema
b.      Menyimpulkan rasa
c.       Menyimpulkan nada
d.      Menyimpulkan amanat
e.       Menyimpulkan makna atau  isi puisi berdasarkan tema, rasa,nada puisi , dan amanat puisi
Fokus nilai-nilai sikap
-          Tanggung jawab
-          Ketelitian
-          Kerja sama
Fokus nilai-nilai sikap
-          Ketelitian
-          Peduli

D.           Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
(1)  Faktual
Contoh Puisi
MENYESAL
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang dating melayang
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai di pagi hari
Beta lengah di masa muda
Kini hidup meracun hati Miskin ilmu, miskin harta

Akh, Apa guna kusesalkan
Menyesal tua tiada berguna
Hanya menambah luka sukma

Kepada yang muda kuharapkan :
-Atur barisan di hari pagi
Menuju ke arah padang bakti !

(2) Konsep
Pengertian puisi
Pengertian tema
Pengertian nada dan suasana
Pengertian rasa
Pengertian amanat
           
(3) Prosedur

            Unsur-unsur  pembangun  puisi



2. Materi Pembelajaran Pengayaan
a.Periodisasi sastra
3.      Materi Pembelajaran Remidial
a.  Pengertian teks puisi
b. Unsur-unsur pembentuk  teks puisi
c. Simpulan isi, unsur-unsur pembangun teks puisidan jenis-jenisnya.

Pertemuan Kedua
1.      Materi Pembelajaran Reguler
a.       Cara menyimpulkan unsur puisi
b.      Cara menyimpulkanmakna isi puisi

2.      Materi Pembelajaran Pengayaan
a.       Menyimpulkan isi puisi

3.      Materi Pembelajaran Remidial
a.       Cara menyimpulkan isi puisi
b.      Cara memahami makna puisi



E.           Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Demonstrasi
F.            Media Pembelajaran
1. Contoh beberapa teks puisi
2. Video
3. Internet


G.                Sumber Belajar
Mulyadi, Yadi dkk. 2016. Bahasa Indonesia  Kelas VIII. Bandung: Yrama Widya


H.                Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (3JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.       Peserta didik menjawab salam, dan berdoa untuk mengawali pembelajaran
b.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
c.       Guru menanyakan pemahaman materi sebelumnya.
d.      Guru membangun konteks dengan mengajak Peserta didik bernyanyi yang syairnya berbentuk puisi
e.       Guru mengajak seluruh Peserta didik bernyanyi dengan bimbingan lirik lagu dari guru dengan syair lagu berbentuk puisi
f.       Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
g.      Membentuk kelompok antara 4-5 Peserta didik, dengan Peserta didik yang pandai menjadi kelompok dan yang lainnya menjadi anggota.

Kegiatan Inti (100 menit)
a.       Peserta didik mengamati contoh-contoh puisi yang disajikan
b.      Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum diketahui dari contoh-contoh puisi
c.       Peserta didik  mengumpulkan informasi tentang unsur unsur yang membangun puisi
d.      Peserta didik  berdiskusi tentang tema,nada, rasa, dan amanat puisi dengan menggunakan lembar kerja dari guru.
e.       Guru membimbing peserta didik  yang mengalami kesulitan.
f.       Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan berbagai informasi tentang  unsur pembangun puisi puisi
g.      Melaksanakan tes tertulis

Kegiatan Penutup (10 menit)
a.       Guru memberikan reviuw hasil pembelajaran
b.      Guru memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran.
c.       Guru dan Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
d.      Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.

Pertemuan Kedua (3JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
a.       Peserta didik menjawab salam, dan berdoa untuk mengawali pembelajaran
b.      Guru mengecek kehadiran .
c.       Guru bertanya jawab dengan Peserta didik tentang materi sebelumnya.
d.      Guru menyampaikan cakupan materi, yaitu Unsur-unsur pembangun puisi dan makna puisi yaitu kegiatan pembelajaran yang meliputi pencermatan model, kerja kelompok/ berpasangan, dan kerja individual.
e.       Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta teknik penilaian.
f.       Membentuk kelompok antara 4-5 Peserta didik, dengan Peserta didik yang pandai menjadi kelompok dan yang lainnya menjadi anggota

Kegiatan Inti (100 Menit)
a.       Peserta didik berkelompok membaca pemahaman isi puisi
b.      Peserta didik membuat pertanyaan tentang hal yang dideskripsikan tentang isi pada puisi
c.       Peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan yang mereka susun dari buku teks.
d.      Peserta didik  berdiskusi tentang isi puisi
e.       Guru membimbing peserta didik  yang mengalami kesulitan.
f.       Peserta didik membuat kesimpulan tentang isi puisi
g.      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya tentang puisi
h.      Peserta didik mengumpulkan hasil kerja kelompok untuk diberi penilaian

Kegiatan Penutup (10 Menit)
a.       Guru memberikan reviu hasil pembelajaran
b.      Guru memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran.
c.       Guru dan Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
d.      Guru memberikan tugas secara mandiri untuk membuat kesimpulan tentang isi puisi
e.       Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.

I.                   Penilaian
Teknik Penilaian
a.       Sikap (Observasi/jurnal)
b.      Pengetahuan
-          Tes tertulis
c.       Keterampilan
-          Produk
-          Praktik

Pertemuan Pertamadan Pertemuan Pertama (6 JP)
-          Instrumen Penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP

Nama Sekolah      : SMP DINAS PENDIDIKAN
Kelas/Semester     : VIII/Semester I
Tahun pelajaran    : 2017/ 2018
No
Waktu
Nama Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3








-          Instrumen Penilaian Pengetahuan (Per. 1 Dan Per. 2)
KISI-KISI TES TERTULIS
NO
KOPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
SOAL


3.7 Mengidentifikasi unsur unsur
pembangun tekspuisi yang diperdengarkan
Pengertian teks Puisi
Unsur-unsur pembentuk  teks puisi
Simpulan isi, unsur-unsur pembangun teks puisidan jenis-jenisnya.




3.7.1Peserta didik dapat memahami Pengertian puisi .
3.7.2 Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur-unsur pembangun puisi

1.        Disajikan sebuah teks Puisi
2.        Peserta didik dapat memahami  arti puisi
3.        Peserta didik menentukan tema, rasa, nada, dan amanat dalam sebuah  puisi


2.

4.7 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi  yangdiperdengarkan atau dibaca
Simpulan isi, unsur-unsur pembangun teks puisi, dan jenis-jenisnya.

4.7.1 Peserta didik dapat menyimpulkan unsur-unsur pembangun puisi

4.7.2 Peserta didik dapat menyimpulkan makna  puisi
1. Peserta didik dapat menyimpulkan isi puisi
2.Peserta didik dapat menyimpulkan unsur –unsur pembangun puisi
3.Peserta didik dapat menyimpulkan makna teks puisi (amanat)


-          Soal Pengetahuan (Pertemuan Pertama)
1.      Sebutkan ciri-ciri umum teks puisi!
2.      Sebutkan pengertian tema!
3.      Sebutkan pengertian nada!
4.      Sebutkan pengertian rasa!
5.      Sebutkan pengertian amanat !
6.      Cermati dan tentukan tema dalam penggalan puisi berikut !
7.      Cermati dan tentukan nada dalam penggalan puisi berikut !
8.      Cermati dan tentukan rasa dalam penggalan puisi berikut !
9.      Cermati dan tentukan amanat dalam penggalan puisi berikut !
10.  Cermati dan tentukan
-          Soal Pengetahuan (Pertemuan kedua )


RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
PERTEMUAN PERTAMA
NO
URAIAN
SKOR
JUMLAH
1
Dapat menentukan ciri umum pembangun teks puisi dengan tepat
a.       Skor 4 jika dapat menuliskan 4 ciri puisi
b.      Skor3 jika dapat menuliskan 3 ciri puisi
c.       Skor2 jika dapat menuliskan 2 ciri puisi
d.      Skor1 jika dapat menuliskan 1 ciri puisi


2
Dapat menentukan  pengertian unsur puisi dengan tepat
a.       Skor 4 jika dapat menuliskan 4  pengertian
b.      Skor3 jika dapat menuliskan 3 ciri pengertian
c.       Skor2 jika dapat menuliskan 2 pengertian
d.      Skor1 jika dapat menuliskan 1 pengertian


3
Dapat menentukan unsur pembangun puisi dengan tepat
a.       Skor 4 jika dapat menentukan 4 unsur pembangun puisi
b.      Skor 3 jika dapat menentukan 3 unsur pembangun puisi
c.       Skor 2 jika dapat menentukan 2 unsur pembangun puisi
d.      Skor 1 jika dapat menentukan 2 unsur pembangun puisi


4
Dapat menyimpulkan isi puisi
a.       Skor 4 jika dapat menyimpulkan 3 bait dengan tepat
b.      Skor 3 jika dapat menyimpulkan 2 bait dengan tepat
c.       Skor 2 jika dapat menyimpulkan 1 bait dengan tepat


5
Dapat menyimpulkan makna teks puisi
a.       Skor 4 jika dapat menyimpulkan teks puisi dengan tepat dan benar
b.      Skor 3 jika dapat menyimpulkan 2 bait
c.       Skor 2 jika dapat menyimpulkan 1 bait

a.        
b.       



Skore maksimal = 22















LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 1)

Nama Peserta didik/Kelomok  :      ................................................................
Kelas                                         :      ................................................................
NO
TULISKAN CIRI-CIRI  TEKS PUISI
1.









NO
URAIKAN ISI YANG TERKANDUNG DIDALAM PUISI
1.

















LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 3)

Nama Peserta didik/Kelomok  :      ................................................................
Kelas                                         :      ................................................................

Mengetahui,
Kepala SMP ……………………………,




………………………………
NIP …………………………
………………….,    Juli 2017
Guru Mata Pelajaran,




………………………………..
NIP …………………………..






1 komentar: