RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE-4
Satuan
Pendidikan
|
:
SMPN ……
|
Mata
Pelajaran
|
:
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
VIII/II Dua
|
Materi
Pokok
|
:
Teks Puisi
|
Alokasi
Waktu
|
:
4 Jam Pelajaran ( 2 x pertemuan )
|
A.
Kompetensi
Inti
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.7 Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun
teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
4.7 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun
makna puisi yang diperdengarkan atau dibaca
|
3.7.1
Peserta didik dapat memahami Pengertian unsur-unsur pembangun puisi
3.7.2
Peserta didik dapat mengidentifikasi Unsur-unsur pembangun teks puisi
4.7.1
Peserta didik dapat menyimpulkan unsur-unsur pembangun puisi
4.7.2
Peserta didik dapat menyimpulakan makna puisi
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah mendengarkan atau membaca puisi
rakyat, peserta didik dapat :
a.
Dengan mendengarkan atau membaca teks puisi, Peserta didik dapat
menentukan tema dalam puisi yang didengar dan yang dibaca
b.
Dengan mendengarkan atau membaca teks puisi, Peserta didik dapat
menentukan Nada dan suasanadalam puisi yang didengar dan yang dibaca
c.
Dengan mendengarkan atau membaca teks puisi, Peserta didik dapat
mengungkapkanrasa dalam puisi yang
didengar dan yang dibaca
d.
Dengan mendengarkan atau membaca teks puisi, Peserta didik dapat
menentukan amanat dalam puisi yang didengar dan yang dibaca
Pertemuan
Kedua
Setelah
mendengarkan atau membaca puisi rakyat pesreta didik dapat
a.
Menyimpulkan tema
b.
Menyimpulkan rasa
c.
Menyimpulkan nada
d.
Menyimpulkan amanat
e.
Menyimpulkan makna atau isi
puisi berdasarkan tema, rasa,nada puisi , dan amanat puisi
Fokus nilai-nilai sikap
-
Tanggung jawab
-
Ketelitian
-
Kerja sama
Fokus nilai-nilai sikap
-
Ketelitian
-
Peduli
D.
Materi
Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran
Reguler
(1) Faktual
Contoh Puisi
MENYESAL
Pagiku hilang
sudah melayang
Hari mudaku
sudah pergi
Sekarang
petang dating melayang
Batang usiaku
sudah tinggi
Aku lalai di
pagi hari
Beta lengah di
masa muda
Kini hidup
meracun hati Miskin ilmu, miskin harta
Akh, Apa guna
kusesalkan
Menyesal tua
tiada berguna
Hanya menambah
luka sukma
Kepada yang
muda kuharapkan :
-Atur barisan
di hari pagi
Menuju ke arah
padang bakti !
(2) Konsep
Pengertian puisi
Pengertian tema
Pengertian nada dan suasana
Pengertian rasa
Pengertian amanat
(3) Prosedur
Unsur-unsur pembangun
puisi
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
a.Periodisasi sastra
3.
Materi
Pembelajaran Remidial
a. Pengertian teks puisi
b. Unsur-unsur
pembentuk teks puisi
c. Simpulan
isi, unsur-unsur
pembangun teks puisidan jenis-jenisnya.
Pertemuan
Kedua
1.
Materi Pembelajaran Reguler
a.
Cara
menyimpulkan unsur puisi
b.
Cara
menyimpulkanmakna isi puisi
2.
Materi Pembelajaran Pengayaan
a.
Menyimpulkan isi
puisi
3.
Materi Pembelajaran Remidial
a.
Cara
menyimpulkan isi puisi
b.
Cara memahami
makna puisi
E.
Metode
Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Demonstrasi
F.
Media
Pembelajaran
1. Contoh
beberapa teks puisi
2. Video
3. Internet
G.
Sumber Belajar
Mulyadi, Yadi dkk.
2016. Bahasa Indonesia Kelas VIII. Bandung: Yrama Widya
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama (3JP)
Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
a. Peserta
didik menjawab salam, dan berdoa untuk mengawali pembelajaran
b. Guru
mengecek kehadiran peserta didik
c. Guru
menanyakan pemahaman materi sebelumnya.
d. Guru
membangun konteks dengan mengajak Peserta didik bernyanyi yang syairnya
berbentuk puisi
e. Guru
mengajak seluruh Peserta didik bernyanyi dengan bimbingan lirik lagu dari guru
dengan syair lagu berbentuk puisi
f. Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang
akan dicapai.
g.
Membentuk
kelompok antara 4-5 Peserta didik, dengan Peserta didik yang pandai menjadi
kelompok dan yang lainnya menjadi anggota.
Kegiatan Inti (100
menit)
a. Peserta didik mengamati contoh-contoh
puisi yang disajikan
b. Peserta didik menanyakan hal-hal
yang belum diketahui dari contoh-contoh puisi
c. Peserta didik mengumpulkan informasi tentang unsur unsur
yang membangun puisi
d. Peserta didik berdiskusi tentang tema,nada, rasa, dan
amanat puisi dengan menggunakan lembar kerja dari guru.
e.
Guru
membimbing peserta didik
yang mengalami kesulitan.
f. Peserta didik secara berkelompok
mempresentasikan berbagai informasi tentang unsur pembangun puisi puisi
g. Melaksanakan
tes tertulis
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Guru
memberikan reviuw hasil pembelajaran
b. Guru
memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran.
c. Guru
dan Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan
guru.
d. Guru
menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
Pertemuan Kedua (3JP)
Kegiatan Pendahuluan
(10 Menit)
a. Peserta
didik menjawab salam, dan berdoa untuk mengawali pembelajaran
b. Guru
mengecek kehadiran .
c. Guru
bertanya jawab dengan Peserta didik tentang materi sebelumnya.
d. Guru
menyampaikan cakupan materi, yaitu Unsur-unsur pembangun puisi dan makna puisi
yaitu kegiatan pembelajaran yang meliputi pencermatan model, kerja kelompok/
berpasangan, dan kerja individual.
e. Guru
menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan
keterampilan serta teknik penilaian.
f. Membentuk kelompok antara 4-5 Peserta didik, dengan
Peserta didik yang pandai menjadi kelompok dan yang lainnya menjadi anggota
Kegiatan Inti (100
Menit)
a. Peserta
didik berkelompok membaca pemahaman isi puisi
b. Peserta
didik membuat pertanyaan tentang hal yang dideskripsikan tentang isi pada puisi
c. Peserta
didik mencari jawaban atas pertanyaan yang mereka susun dari buku teks.
d. Peserta didik berdiskusi tentang isi puisi
e.
Guru
membimbing peserta didik
yang mengalami kesulitan.
f. Peserta didik membuat kesimpulan
tentang isi puisi
g. Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompoknya tentang puisi
h. Peserta
didik mengumpulkan hasil kerja kelompok untuk diberi penilaian
Kegiatan Penutup (10
Menit)
a. Guru
memberikan reviu hasil pembelajaran
b. Guru
memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran.
c. Guru
dan Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
d. Guru
memberikan tugas secara mandiri untuk membuat kesimpulan tentang isi puisi
e. Guru
menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
I.
Penilaian
Teknik
Penilaian
a.
Sikap
(Observasi/jurnal)
b.
Pengetahuan
-
Tes tertulis
c.
Keterampilan
-
Produk
-
Praktik
Pertemuan Pertamadan
Pertemuan Pertama (6 JP)
-
Instrumen
Penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMP DINAS PENDIDIKAN
Kelas/Semester :
VIII/Semester I
Tahun
pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Ttd
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
-
Instrumen Penilaian Pengetahuan
(Per. 1 Dan Per. 2)
KISI-KISI TES TERTULIS
NO
|
KOPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
SOAL
|
|
3.7
Mengidentifikasi unsur unsur
pembangun
tekspuisi yang diperdengarkan
|
Pengertian
teks Puisi
Unsur-unsur pembentuk teks
puisi
Simpulan isi, unsur-unsur pembangun
teks puisidan jenis-jenisnya.
|
3.7.1Peserta didik dapat memahami Pengertian
puisi .
3.7.2 Peserta didik dapat mengidentifikasi
unsur-unsur pembangun puisi
|
1.
Disajikan sebuah teks Puisi
2.
Peserta didik dapat memahami arti puisi
3.
Peserta didik menentukan tema,
rasa, nada, dan amanat dalam sebuah
puisi
|
2.
|
4.7 Menyimpulkan
unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi
yangdiperdengarkan atau dibaca
|
Simpulan isi, unsur-unsur pembangun teks
puisi, dan jenis-jenisnya.
|
4.7.1
Peserta didik dapat menyimpulkan unsur-unsur pembangun puisi
4.7.2 Peserta
didik dapat menyimpulkan makna puisi
|
1.
Peserta didik dapat menyimpulkan isi puisi
2.Peserta
didik dapat menyimpulkan unsur –unsur pembangun puisi
3.Peserta
didik dapat menyimpulkan makna teks puisi (amanat)
|
-
Soal Pengetahuan (Pertemuan Pertama)
1.
Sebutkan
ciri-ciri umum teks puisi!
2.
Sebutkan
pengertian tema!
3.
Sebutkan
pengertian nada!
4.
Sebutkan
pengertian rasa!
5.
Sebutkan
pengertian amanat !
6.
Cermati dan
tentukan tema dalam penggalan puisi berikut !
7.
Cermati dan
tentukan nada dalam penggalan puisi berikut !
8.
Cermati dan
tentukan rasa dalam penggalan puisi berikut !
9.
Cermati dan
tentukan amanat dalam penggalan puisi berikut !
10. Cermati dan tentukan
-
Soal
Pengetahuan (Pertemuan kedua )
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN
PENSKORAN
PERTEMUAN PERTAMA
NO
|
URAIAN
|
SKOR
|
JUMLAH
|
1
|
Dapat
menentukan ciri umum pembangun teks puisi dengan tepat
a. Skor
4 jika dapat menuliskan 4 ciri puisi
b. Skor3
jika dapat menuliskan 3 ciri puisi
c. Skor2
jika dapat menuliskan 2 ciri puisi
d. Skor1
jika dapat menuliskan 1 ciri puisi
|
|
|
2
|
Dapat
menentukan pengertian unsur puisi
dengan tepat
a. Skor
4 jika dapat menuliskan 4 pengertian
b. Skor3
jika dapat menuliskan 3 ciri pengertian
c. Skor2
jika dapat menuliskan 2 pengertian
d. Skor1
jika dapat menuliskan 1 pengertian
|
|
|
3
|
Dapat
menentukan unsur pembangun puisi dengan tepat
a. Skor
4 jika dapat menentukan 4 unsur pembangun puisi
b. Skor
3 jika dapat menentukan 3 unsur pembangun puisi
c. Skor
2 jika dapat menentukan 2 unsur pembangun puisi
d. Skor
1 jika dapat menentukan 2 unsur pembangun puisi
|
|
|
4
|
Dapat
menyimpulkan isi puisi
a. Skor
4 jika dapat menyimpulkan 3 bait dengan tepat
b. Skor
3 jika dapat menyimpulkan 2 bait dengan tepat
c. Skor
2 jika dapat menyimpulkan 1 bait dengan tepat
|
|
|
5
|
Dapat
menyimpulkan makna teks puisi
a. Skor
4 jika dapat menyimpulkan teks puisi dengan tepat dan benar
b. Skor
3 jika dapat menyimpulkan 2 bait
c. Skor
2 jika dapat menyimpulkan 1 bait
a.
b.
|
|
|
|
Skore maksimal = 22
|
|
|
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 1)
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas : ................................................................
NO
|
TULISKAN CIRI-CIRI TEKS PUISI
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
URAIKAN ISI YANG TERKANDUNG
DIDALAM PUISI
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 3)
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas : ................................................................
Mengetahui,
Kepala SMP ……………………………,
………………………………
NIP …………………………
|
…………………., Juli 2017
Guru Mata Pelajaran,
………………………………..
NIP …………………………..
|
itu puisinya kata dating itu maksudnya datang atau apa?
BalasHapus