RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Siklus 2)
Sekolah : SMPN ….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Teks Surat Pribadi dan Surat Dinas
(KD 3.14 dan
4.14)
Alokasi Waktu : 4 x Pertemuan (12 JP)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
1.
|
3.14. Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
|
3.14.1. Menjelaskan perincian unsur/struktur surat
pribadi dan surat dinas.
|
3.14.2.
Menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/ kalimat/paragraf pada surat pribadi dan surat dinas.
|
||
3.14.3.
Melengkapi
surat pribadi dan surat dinas sesuai struktur dan kaidah bahasa.
|
||
3.14.4.
Menentukan
kesalahan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan, dan
tanda baca.
|
||
2.
|
4.14. Menulis surat (pribadi dan dinas)
untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan
isi.
|
4.14.1. Merencanakan penulisan surat
pribadi dan surat dinas
|
4.14.2. Menulis surat pribadi dan surat dinas dengan memperhatikan pilihan
kata, kalimat, dan tanda baca/ejaan
|
||
4.14.3. Menyunting surat pribadi dan surat dinas dari segi isi, struktur, dan
bahasa.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah
membaca surat pribadi dan surat dinas, Peserta didik mampu menjelaskan
perincian unsur/struktur surat pribadi dan
surat dinas dengan tepat.
2.
Setelah
membaca surat pribadi dan surat dinas, Peserta didik mampu menyimpulkan prinsip
penggunaan kata/kalimat/paragraf pada surat pribadi dan surat dinas dengan
benar.
3.
Setelah
membaca surat pribadi dan surat dinas yang dirumpangkan, Peserta didik mampu melengkapi
surat pribadi dan surat dinas sesuai dengan struktur dan kaidah bahasa.
4.
Setelah
membaca surat pribadi dan surat dinas yang terdapat kesalahan penggunaan kata,
kalimat, ejaan, dan tanda baca, Peserta didik mampu menentukan kesalahan dan memperbaikinya
dengan teppat.
5.
Peserta
didik mampu merencanakan penulisan surat pribadi dan surat dinas dengan tepat.
6.
Peserta
didik mampu menulis surat pribadi dan surat dinas dengan memperhatikan pilihan kata,
kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan
dengan tepat.
7.
Setelah
membaca surat dinas, Peserta didik mampu menyunting surat dinas dari segi isi,
struktur, dan bahasa dengan tepat.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Pengetahuan
Struktur surat pribadi dan surat
dinas
Karakteristik tiap bagian surat
pribadi dan surat dinas
Contoh cara melengkapi surat
pribadi dan surat dinas
Contoh penggunaan kata/frasa
benda, kata/frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
Contoh sinonim dan hiponim pada
surat pribadi dan surat dinas
Contoh penggunaan tanda baca/ejaan
baik yang salah maupun yang benar
Contoh langkah penyusunan surat
pribadi dan surat dinas
Contoh variasi judul pada surat
pribadi dan surat dinas
Contoh variasi identifikasi
Contoh variasi rincian bagian
Keterampilan
Praktik melengkapi struktur surat
pribadi dan surat dinas (melengkapi bagian identifikasi/gambaran umum,
deskripsi bagian)
Praktik melengkapi kata/kalimat
Praktik membuat telaah ketepatan struktur
dan penggunaan bahasa/tanda baca/ejaan pada surat pribadi dan surat dinas
Praktik menulis surat pribadi dan
surat dinas
Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat
E.
METODE/MODEL
PEMBELAJARAN
Pendekatan Saintifik
F.
MEDIA/ALAT DAN BAHAN
1.
Teks surat pribadi dan surat
dinas
2.
Kertas plano 5 lembar
3.
Kertas post it 5 warna
4.
Kertas HVS sejumlah Peserta
didik
5.
Laptop
6.
LCD
G.
SUMBER BELAJAR
a.
Harsiati, Titik at all. 2014. Buku Peserta didik,Bahasa Indonesia Studi dan PengajaranSMP/MTs Kelas VII (Edisi Revisi
2016). Jakarta: Kemdikbud (hal. 243 – 273)
b.
Harsiati, Titik at all. 2014. Buku Guru,Bahasa Indonesia Studi dan
Pengajaran SMP/MTs Kelas VII (Edisi Revisi 2016) (Edisi Revisi 2016).
Jakarta: Kemdikbud (hal. 122 – 136)
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan Pertama (3 jam pelajaran)
a.
Pendahuluan (15 menit)
1)
Peserta didik
merespon salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk dan kerapian
meja kursi.
2)
Guru mengecek
penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya
jawab.
3)
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yaitu menjelaskan perincian unsur/struktur
surat pribadi dan surat dinas serta merencanakan penulisan surat pribadi dan
surat dinas.
4)
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5)
Guru menyampaikan
lingkup penilaian, yaitu pengetahuan dan keterampilan.
b.
Kegiatan Inti (80 menit)
1.
Mengamati
§ Peserta didik membaca dan
mencermati contoh surat pribadi dengan cermat.
2.
Menanya
§ Peserta didik bertanya tentang
surat pribadi yang telah dibaca.
3.
Mengumpulkan Informasi
§ Peserta didik
secara berkelompok mengidentifikasi struktur dan karakteristik tiap bagian surat
pribadi.
4.
Mengasosiasi
§ Peserta didik mendiskusikan tentang
struktur dan karakteristik tiap bagian surat pribadi yang sudah
diidentifikasi.
5.
Mengomunikasikan
§ Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya mengenai struktur dan karakteristik
tiap bagian surat pribadi dengan penuh tanggung jawab.
c.
Kegiatan Penutup
(25 menit)
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok tentang surat pribadi.
2.
Peserta
didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan
pembelajaran pada hari itu.
3.
Peserta
didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran mengenai surat pribadi.
4.
Peserta
didik menerima tugas dari guru mencari contoh surat pribadi
di majalah, koran, di buku, dan internet.
2.
Pertemuan Kedua(3 Jam Pelajaran)
a.
Pendahuluan (15
menit)
1.
Peserta didik
merespon salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk dan
kerapian meja kursi.
2.
Guru mengecek
penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya
jawab.
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yaitu menjelaskan perincian
unsur/struktur surat pribadi dan surat dinas serta merencanakan penulisan surat
pribadi dan surat dinas.
4.
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5.
Guru menyampaikan
lingkup penilaian, yaitu pengetahuan dan keterampilan.
b.
Kegiatan Inti (80
menit)
1.
Mengamati
§ Peserta didik mengamati
contoh surat pribadi dengan cermat.
2.
Menanya
§ Peserta didik bertanya tentang
bagaimana cara menulis surat pribadi yang baik dan benar.
3.
Mengumpulkan Informasi
§ Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangku tentang langkah-langkah menulis surat pribadi yang baik
dan benar.
4.
Mengasosiasi
§ Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangku menulis surat pribadi.
5.
Mengomunikasikan
§ Peserta didik menempelkan hasil kerja kelompoknya (surat pribadi) di papan tulis dengan penuh tanggung jawab.
§ Kelompok lain menanggapi hasil kerja temannya yang
dituliskan dikertas plano lalu ditempelkan dibawah atau disampaing hasil
pekerjaan temannya.
c.
Kegiatan Penutup
(25 menit)
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok tentang surat pribadi.
2.
Peserta
didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan
pembelajaran pada hari itu.
3.
Peserta
didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran mengenai surat pribadi.
4.
Peserta
didik menerima tugas dari guru mencari contoh surat pribadi
di majalah, koran, di buku, dan internet.
3.
Pertemuan Ketiga(3 Jam Pelajaran)
a.
Pendahuluan (15
menit)
1.
Peserta didik
merespon salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk dan
kerapian meja kursi.
2.
Guru mengecek
penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya
jawab.
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yaitu menjelaskan perincian
unsur/struktur surat pribadi dan surat dinas serta merencanakan penulisan surat
pribadi dan surat dinas.
4.
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5.
Guru menyampaikan
lingkup penilaian, yaitu pengetahuan dan keterampilan.
b.
Kegiatan Inti (80
menit)
1.
Mengamati
§ Peserta didik membaca dan
mencermati contoh surat dinas dengan cermat.
2.
Menanya
§ Peserta didik bertanya tentang
surat dinas yang telah dibaca.
3.
Mengumpulkan Informasi
§ Peserta didik
secara berkelompok mengidentifikasi struktur dan karakteristik tiap bagian surat
dinas.
4.
Mengasosiasi
§ Peserta didik mendiskusikan tentang struktur dan karakteristik tiap bagian surat
dinas yang sudah diidentifikasi.
5.
Mengomunikasikan
§ Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya mengenai struktur dan karakteristik
tiap bagian surat dinas dengan penuh tanggung jawab.
c.
Kegiatan Penutup
(25 menit)
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok tentang surat dinas.
2.
Peserta
didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan
pembelajaran pada hari itu.
3.
Peserta
didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran mengenai surat dinas.
4.
Peserta
didik menerima tugas dari guru mencari contoh surat dinas
di majalah, koran, di buku, dan internet.
4.
Pertemuan Keempat (3 Jam Pelajaran)
a.
Pendahuluan (15
menit)
1.
Peserta didik
merespon salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk dan
kerapian meja kursi.
2.
Guru mengecek
penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya
jawab.
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yaitu menjelaskan perincian
unsur/struktur surat pribadi dan surat dinas serta merencanakan penulisan surat
pribadi dan surat dinas.
4.
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5.
Guru menyampaikan
lingkup penilaian, yaitu pengetahuan dan keterampilan.
b.
Kegiatan Inti (80
menit)
1.
Mengamati
§ Peserta didik mengamati
contoh surat dinas dengan cermat.
2.
Menanya
§ Peserta didik bertanya tentang
bagaimana cara menulis surat dinas yang baik dan benar.
3.
Mengumpulkan Informasi
§ Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangku tentang langkah-langkah menulis surat dinas yang baik
dan benar.
4.
Mengasosiasi
§ Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangku menulis surat dinas.
5.
Mengomunikasikan
§ Peserta didik menempelkan hasil kerja kelompoknya (surat dinas) di papan tulis dengan penuh tanggung jawab.
§ Kelompok lain menanggapi hasil kerja temannya dengan
penuh tanggung jawab yang dituliskan
dikertas plano lalu ditempelkan dibawah atau disamping hasil pekerjaan
temannya.
c.
Kegiatan Penutup
(25 menit)
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok tentang surat dinas.
2.
Peserta
didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan
pembelajaran pada hari itu.
3.
Peserta
didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran mengenai surat dinas.
4.
Peserta
didik menerima tugas dari guru mencari contoh surat dinas
di majalah, koran, di buku, dan internet.
I.
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian sikap
sosial dilakukan dengan teknik observasi/jurnal (pengajaran tidak langsung/indirect teaching).
b.
Penilaian
pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tertulis, penugasan, dan lisan
c.
Penilaian keterampilan
dilakukan dengan teknik tes tertulis, penugasan, dan lisan
2.
Instrumen Penilaian
a.
Instrumen Jurnal
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
SOSIAL
Nama
Sekolah : SMPN 1 Suka Kaya
Kelas/Semester : VII/2
Tahun
pelajaran : 2016/2017
NO
|
TGL
|
NAMA PESERTA
DIDIK
|
CATATAN
PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
(Ctt. Lembar Jurnal selengkapnya dibuat pada lembar
khusus yang dilengkapi dengan nama Peserta didik)
PEDOMAN PENILAIAN
Kisi-Kisi Penilaian
Tes Tertulis
Nama
Sekolah : SMPN 1 Suka Kaya
Kelas/Semester : VII/2
Tahun
pelajaran : 2016/2017
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
TEKNIK
PENILAIAN
|
1.
|
Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yangdibaca
dan didengar.
|
Teks Surat Pribadi dan Surat Dinas
|
Disajikan sebuah teks Surat Pribadi
dan surat dinas, Peserta didik dapat
1. menjelaskan
perincian unsur/struktur surat pribadi dan surat dinas
2. menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada surat pribadi dan surat dinas
3. melengkapi
surat pribadi dan surat dinas sesuai struktur dan kaidah bahasa
4. menentukan
dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
|
Tes tertulis
|
2.
|
Menulis surat
(pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi denganmemperhatikan
struktur teks, kebahasaan, dan isi.
|
|
Peserta didik dapat
1. merencanakan
penulisan surat pribadi dan surat dinas
2. menulis
surat pribadi dan surat dinas dengan memperhatikan pilihankata, kelengkapan
struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan
3. menyunting
surat pribadi dan surat dinas dari segi isi, struktur, dan bahasa
|
Tes tertulis
|
Butir Soal
Pengetahuan
Baca dan cermatilah surat pribadi (Surat 1) dan surat dinas (Surat2) berikut ini! Selanjutnya, jawablah
pertanyaan-pertanyaan nomor 1 dan 2!
Surat 1
Surat 2
1.
Jelaskanlah unsur-unsur/struktur
surat pribadi dan surat dinas di atas!
2.
Simpulkanlah
prinsip penggunaan kata/kalimat/paragraf pada surat pribadi dan surat dinas di
atas!
Surat 3
Hal: Keterlambatan Pengembalian Buku
Yth. [ ....]
Dengan hormat,
Terima kasih atas kartu pos yang menginformasikan kepada
saya tentang habisnya batas waktu pengembalian buku yang saya pinjam. Mohon
maaf karena belum mengembalikan buku “Di bawah lindungan kabah” karangan Hamka
setelah surat permintaan pengembalian yang pertama. Saya takut saya tidak punya
alasan yang kuat yang dapat saya berikan kecuali bahwa saya lupa tentang hal
itu. Mohon maaf, saya sedang
tidak berada di Palembang hingga Kamis mendatang. Namun
saya akan mengembalikan dua buku tersebut pada Jumat siangnya (1 Maret 2015).
[ ... ]
[....]
1.
Lengkapilah surat
dinas (Surat 3) sehingga surat tersebut
tepat dan komunikatif!
2.
Tentukan dan
perbaikilahempat kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan, dan tanda baca pada
surat dinas di atas! (surat 3)
Keterampilan
Keterampilan
1. Buatlah rencana
penulisan surat pribadi dan surat dinas dengan ketentuan sebagai berikut!
a. Surat Pribadi
Pengirim : kamu
Penerima : seorang
teman sekelasmu
Tujuan :
mengundang untuk hadir pada perayaan ulang tahunmu
Tanggal dan tempat: tentukanlah sendiri
b. Surat Dinas
Pengirim : Ketua
OSIS
Penerima : Kepala
Sekolah
Tujuan :
permohonan penggunaan tempat untuk pelantikan pengurus OSIS
Tanggal dan tempat: tentukanlah sendiri
2. Tulislah surat
pribadi dan surat dinas sesuai dengan perencanaan yang telah kamu susun, dengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan unsur/struktur, dan kaidah penggunaan
kata, kalimat, tanda baca, dan ejaan!
3. Suntinglah
surat dinas dari segi isi, unsur/struktur, ejaan, dan tanda baca!
RUBRIK PENSKORAN
No.
|
Indikator
|
Skor
Perolehan
|
|||
0-55
|
56-70
|
71-85
|
86-100
|
||
1.
|
menjelaskan unsur-unsur/struktur surat pribadi
dan surat dinas
|
|
|
|
|
2.
|
menyimpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat/paragraf
pada surat pribadi dan surat dinas
|
|
|
|
|
3.
|
melengkapi surat pribadi dan surat dinas sesuai
struktur dan kaidah bahasa
|
|
|
|
|
4.
|
menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan
kata, kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
|
|
|
|
5.
|
merencanakan penulisan surat pribadi dan surat
dinas
|
|
|
|
|
6.
|
menulis surat pribadi dan surat dinas dengan
memperhatikan pilihankata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata
kalimat/tanda baca/ejaan
|
|
|
|
|
7.
|
menyunting surat dinas dari segi isi, struktur, ejaan,
dantanda baca
|
|
|
|
|
Penskoran
86 -100 =jika terdapat
semua unsur
71 - 85 =jika
terdapat 3 unsur
56 - 70 =jika
terdapat 2 unsur
0 - 55 =jika
terdapat1unsur
Skor Akhir= Skor
yang diperoleh
Skor Maksimal
Kunci
Jawaban
Pengetahuan
1.
Unsur/struktur
Surat Pribadi dan Surat Dinas
a.
Surat Pribadi
1)
Tempat dan tanggal
surat
2)
Alamat surat
3)
Salam pembuka
4)
Bagian pembuka
(kalimat pembuka/paragraf pertama)
5)
Bagian isi/isi
surat
6)
Kalimat penutup (penutup
surat)
7)
Salam akhir
8)
Nama dan tanda
tangan
b.
Surat Dinas
1)
Kepala surat
2)
Nomor dan tanggal
3)
Lampiran
4)
Perihal/hal
5)
Alamat surat
6)
Salam pembuka
7)
Paragraf pembuka
8)
Inti surat
9)
Paragraf penutup
10)
Salam penutup
11)
Nama dan tanda
tangan
2.
Prinsip penggunaan
kata, kalimat, ejaan, dan tanda baca:
a.
Surat pribadi
Penggunaan bahasa (kata, kalimat, ejaan, atau tanda baca) tidak baku
b.
Surat dinas
1)
Pilihan kata baku
dan efektif
2)
Penggunaan kalimat
efektif dan komunikatif
3)
Penggunaan ejaan
dan tanda baca tepat (sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia)
3.
Melengkapi surat
pribadi dan surat dinas yang dirumpangkan.
a.
Ketepatan ide
b.
Ketepatan
penggunaan kata, kalimat, ejaan, dan tanda baca
4.
Lihat rubrik
penskoran:
a.
Betul 1: 55
b.
Betul 2: 70
c.
Betul 3: 85
d.
Betul 4: 100
Mengetahui,
Kepala SMPN Guru Mapel Bahasa Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar