RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII/Gasal
Materi Pokok :
Teks Prosedur (KD 3.5 dan 4.5)
Alokasi Waktu: 9x
40 menit (3 kali pertemuan)
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan
menghayati perilakujujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.5 Mengidentifikasi
teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu
dan cara membuat (cara
memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kulinerkhas daerah,
dll.) dari berbagai sumber yang dibaca
dandidengar.
|
3.5.1
Menentukan ciri umum, teks
prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.2 Menentukan
tujuan dan isi, teks
prosedur yang dibaca/didengar.
3.5.3 Menentukan
jenis teks prosedur pada teks
yang dibaca/didengar
3.5.4 Mendaftar kata/kalimat sebagai cirrikebahasaan teksprosedur pada teks yangdibaca/didengar.
|
4.5Menyimpulkan isi teks
prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara
membuat cinderamata, dan/atau kuliner
khas daerah) yang dibaca dan didengar
|
4.5.1
Meringkas urutan isi teks prosedur
4.5.2
Menjawab pertanyaan isi teks prosedur
4.5.3
Menyimpulkan urutan teks
prosedur yang dibaca/didengar
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah
membaca teks prosedur, siswa mampu:
Pertemuan Pertama
1. menentukan
ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
2. menentukan tujuan dan isi, teks prosedur yang
dibaca/didengar
3.
menentukantujuan dan isi, teks prosedur yang
dibaca/didengar.
4.
menentukan jenis teks prosedur pada teks
yang dibaca/didengar.
Pertemuan kedua
5.
mendaftar
kata/kalimat sebagai cirri
kebahasaan teks prosedur
pada teks yang dibaca/didengar dengan kreatif.
Pertemuan
ketiga
1. menyimpulkan/meringkas urutan isi teks prosedur
2. menjawab
pertanyaan isi teks prosedur
3. menyimpulkan urutan teks prosedur yang dibaca/didengar
Fokus nilai-nilai sikap
·
Tanggung
jawab
·
Kerjasama
D.
Materi Pembelajaran
Pengetahuan
Pertemuan Pertama ( 3 Jl)
a.
Contoh Teks Prosedur
b.
Ciri
umum teks prosedur
c.
Jenis
teks prosedur
d.
Tujuan
teks prosedur
Pertemuan Kedua ( 3 JP)
e.
Ciri
kebahasaan teks prosedur (kata benda, kata kerja, kata sambung urutan, kalimat
perintah, kalimat larangan).
Keterampilan
Pertemuan Ketiga (3 Jampel)
a.
Ringkasan isi teks prosedur
b.
Simpulan teks prosedur
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
(Scientific Approach)
2. Model
Pembelajaran : Discovery Learning
F.
Media
dan Bahan/AlatPembelajaran
1. Tayangan video “Cara Membatik Canting”
2. Tayangan contoh teks prosedur “Cara Membuat Jus Jambu
Merah”
3. Power pointciri-ciri teks prosedur
4. Tayangan video “Cara Membatik Canting”
5. Tayangan contoh teks prosedur “Cara Membuat Jus Jambu Merah”
6. LCD
7. Laptop
8. Foxcit
9. Kertas Plano
G.
Sumber
Belajar
1. Harsiati,
Titik. 2014. Bahasa Indonesia SMP/MTs VII.
Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud. Halaman 81 s.d.97
2. ----------
2014. Buku Guru Bahasa Bahasa Indonesia
SMP/MTs VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud.
3. Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan. 1993.Tata
Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Pendahuluan
(10 menit)
1) Guru
mempersiapkan kegiatan pembelajaran diawali dengan berdoa, selanjutnya guru bertanya siswa yang
tidak hadir serta
menyuruh siswa menyiapkan buku pelajaran.
2) Guru memotivasi siswa untuk peduli terhadap budaya yang ada di lingkungannya, dengan bertanya jawab tentang kegiatan sebelum berangkat
sekolah.
3) Guru mengaitkan jawaban siswa dengan materi yang akan dipelajari.
4) Guru menyampaikan kompetensi, tujuan, dan langkah pembelajaran serta penilaian yang akan dilaksanakan.
5) Guru membimbing siswa dalam membentuk kelompok belajar, tiap kelompok terdiri empat/lima orang.
2. Kegiatan Inti (100 menit)
Bagian unit/KD
|
Kegiatan
|
Bagian A (KD 3.5)
prakonstruksi
Pertemuan
pertama
|
ü
Siswa diarahkan guru untuk
memerhatikan dan mencermati tayangan video “Prosedur Membatik Canting”
ü
Secara kelompok siswa
diarahkan guru untuk berdiskusi tentang hal-hal yang dilihat dalam tayangan
video dan menuliskannya.
ü
Masing-masing kelompok,
menyampaikan hasil diskusi
tentang hal-hal yang diamati/dilihat dari tayangan video dengan penuh
tanggung jawab.
ü
Guru menghargai dan memberikan
tanggapan terhadap jabawan siswa yang terkait dengan teks prosedur.
ü
Siswa diarahkan guru dalam kelompok masing-masing untuk membaca contoh
teks prosedur yang terdapat dalam buku teks halaman 82 s.d. 97 dengan penuh
tanggung jawab.
ü
Masing-masing kelompok menerima Lembar Kerja, dan foxcit.
ü
Secara kelompok siswa berdiskusi menentukan ciri umum jenis teks prosesdur, tujuan isi teks
prosedur sesuai LK yang diterima dengan penuh
tanggung jawab.
ü
Masing-masing kelompok diminta
untuk menyampaikan hasil diskusi.
ü
Kelompok lain menanggapi yang ditulis pada
foxcit, dan ditempelkan pada LK kelompok lain yang ditanggapi.
ü
Hasil kerja kelompok yang sudah ditanggapi kelompok lain ditempel pada
papan yang tersedia.
ü
Siswa dan guru memberikan penilaian pada hasil kerja kelompok, tiga
kelompok dengan hasil terbaik mendapatkan hadiah.
|
Pertemuan
kedua
|
ü
Siswa diarahkan guru untuk siap mengikuti pembelajaran, sebelum
pelajaran, salah satu siswa diminta guru untuk memimpin
doa sebelum pelajaran dimulai.
ü
Siswa diarahkan guru untuk membentuk kelompok sesuai dengan kelompok pada
pertemuan sebelumnya, dengan tertib dan bertanggung
jawab.
ü
Secara kelompok siswa diarahkan untuk membaca kembali teks prosedur yang
terdapat pada buku teks pada halaman 82 s.d. 97.
ü
Secara kelompok siswa berdiskusi ciri bahasa teks prosedur
ü
Hasil kerja kelompok ditukarkan pada kelompok lain dan kelompok lain
menanggapinya.
ü
Hasil kerja kelompok dikumpulkan dan dinilai guru.
|
Bagian
B (KD 4.5)
Pertemuan ketiga
|
Mengamati
Siswa
membaca dua
teks prosedur dengan cermat dan penuh tanggung jawab.
Menanya
Siswa
bertanya tentang cara menyimpulkan/meringkas isiteks
prosedur yang dibaca.Guru mengamati keaktifan siswa
dalam berdiskusi
Menggali informasi
Secara kelompok siswa menggali informasi untuk menyimpulkan/meringkas
teks prosedur.
Menalar/mengasosiasi
Secara kelompok siswa mengidentifikasi hasil simpulan teks prosedur.
Mengomunikasikan
Masing-masing kelompok memeragakan
hasil simpulan teks prosedur.
|
3. Kegiatan Penutup
1) Siswa dipandu guru
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2) Siswa bersama guru melakukan
refleksi untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran, hasil-hasil yang diperoleh,
dan manfaat hasil pembelajaran yang
telah berlangsung.
3) Siswa menerima umpan balik dari
proses dan hasil pembelajaran.
4) Siswa mendapat penjelasan guru tentang
materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
F. Penilaian
a. Penilaian Sikap
1. Teknik Penilaian : Observasi
2.
Bentuk Penilaian : Jurnal
3.
InstrumenPenilaian:
Jurnal Perkembangan Sikap
Nama Sekolah : SMP
Kelas/Semester : VII/Satu
Tahun Pelajaran : 2016/2017
No
|
Waktu
|
Nama siswa
|
Catatan perilaku
|
Butir sikap
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
b.
Penilaian
Pengetahuan (KD 3.5)
1.Teknik Penilaian : Tes Tulis
2.
Bentuk Penilaian : Uraian
3.Instrumen
Penilaian:
Bacalah teks prosedurberikut!
Tks 1
Cara
Memainkan Angklung(BS: 83)
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
Teks 2
Cara Membuat Obat Tradisional Insomnia (BS: 84)
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
Teks 3
Cara Melakukan Gerakan Tari Tor Tor (BS:
85)
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
a) Tenentukan ciri umum teks prosedur
di atas dari segi tujuan, dan isi!
b) Daftarlah kalimat perintah, kata bilangan,
kata yang menunjukkan ukuran,
dan
kalimat yang menunjukkan panduan pada teks prosedur di atas!
c)
Tentukan jenis teks prosedur di atas!
4. Pedoman Penskoran
No.
|
Aspek/Indikator
|
Deskripsi/Kriteria
|
Skor
|
1.
|
3.5.1
Menentukan ciri umum teks prosedur pada
teks
yang dibaca/didengar.
|
Dapat menentukan 1 ciri teks prosedur dari segi tujuan dan isi
|
1
|
Dapat menentukan 2 ciri teks prosedur dari segi tujuan dan isi
|
2
|
||
Dapat menentukan 3 ciri teks prosedur dari segi tujuan dan isi
|
3
|
||
Dapat menentukan 4 ciri teks prosedur dari segi tujuan dan isi
|
1
|
||
Skor maksimal
|
4
|
||
2.
|
3.5.2
Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur pada teks yang
dibaca/didengar.
|
Dapat mendaftar 4 ciri teks
prosedur
dari segi bahasa (kalimat perintah, kata bilangan, kata yang menunjukkan ukuran, dan kalimat yang menunjukkan
panduan)
|
4
|
Dapat mendaftar 3 ciri teks
prosedur
dari segi bahasa
|
3
|
||
Dapat mendaftar 2 ciri teks
prosedur
dari segi bahasa
|
2
|
||
Dapat mendaftar 1 ciri teks
prosedur
dari segi bahasa
|
1
|
||
Skor maksimal
|
4
|
||
3.
|
3.5.3
Menentukan jenis teks prosedur pada teks
yang
dibaca/didengar.
|
Dapat menentukan 3 jenis teks prosedur
|
3
|
Dapat menentukan 2 jenis teks prosedur
|
2
|
||
Dapat menentukan 1 jenis teks prosedur
|
1
|
||
Skor maksimal
|
3
|
c.
Penilaian Keterampilan(KD 4.5)
1. Teknik Penilaian :
Tes Tulis
2.
Bentuk Penilaian : Uraian
3.
Instrumen Penilaian:
Bacalah teks prosedur berikut!
Teks 1
Membuat Batik Tulis (BS: 92)
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
Teks 2
Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan
Benar (BS: 95)
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
a) Ringkaslah
urutan isi kedua teks prosedur di atas!
b) Jawablah
pertanyaan isi teks prosedur “Membuat Batik Tulis” berikut ini!
(1) Apa tujuan
teks “Membuat Batik Tulis” di atas?
(2) Apa alat dan
bahan yang diperlukan untuk membuat batik tulis?
(3) Bagaimana
langkah-langkah untuk membuat batik tulis?
(4) Bagaiman simpulan
yang dapat kamu ambil tentang membuat batik tulis?
c). Simpulkanisi teksproedur “Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar!
4. Pedoman Penskoran
No.
|
Aspek/Indikator
|
Deskriptor/Kriteria
|
Skor
|
1.
|
4.5.1
Meringkas urutan isi teks prosedur
|
Dapat
meringkas urutan isi teks prosedur
dengan tepat
|
3
|
Dapat
meringkas urutan isi teks prosedur
dengan kurang tepat
|
2
|
||
Dapat
meringkas urutan isi teks prosedur
dengan tidak tepat
|
1
|
||
Skor maksimal
|
3
|
||
2.
|
4.5.2
Menjawab pertanyaan isi teks prosedur
|
Dapat
menjawab 4 pertanyaan isi teks prosedur
|
4
|
Dapat
menjawab 3 pertanyaan isi teks prosedur
|
3
|
||
Dapat
menjawab 2 pertanyaan isi teks prosedur
|
2
|
||
Dapat
menjawab 1 pertanyaan isi teks prosedur
|
1
|
||
Skor maksimal
|
4
|
||
3.
|
4.5.3
Menyimpulkan
teks yang dibaca/
didengar
|
Dapat mendemonstrasikan cara mecuci tangan
dengan benar
|
3
|
Dapat mendemonstrasikan cara mecuci tangan
dengan kurabng benar
|
2
|
||
Dapat mendemonstrasikan cara mecuci tangan dengan
tidak benar
|
1
|
||
Sekor maksimal
|
4
|
Skor
yang diperoleh
Nilai akhir =
------------------------------ X 100
Skor maksimal
Mengetahui,
Kepala Sekolah
.....................................
.....................................
|
Surabaya,
Guru Bahasa Indonesia,
............................................
............................................
|
Lampiran1:
Contoh Teks Prosedur
Contoh petunjuk membuat Jus Jambu
1.
Pilihlah
satu buah jambu merah yang masih segar dan sudah matang.
2.
Kupaslah
kulit buah jambu kemudian potong-potong sesuai selera.
3.
Masukkanlah
potongan jambu kedalam blender
4.
Tuangkanlah
air kedalam blender, tambahkan gula
pasir, susu kental manis, dan es batu secukupnya
5.
Blenderlah
dengan kecepatan sedang dan tunggu sampai benar-benar halus dan lembut
6.
Tuangkanlah
kedalam gelas saji sambil sambil disaring supaya jus jambu lebih halus lagi
7.
Jus
jambu biji siap untuk dinikmati
|
Lampiran 2: Soal Teks
Prosedur KD 3.5
Teks 1.
Cara Memainkan
Angklung
Angklung merupakan warisan seni tradisional Indonesia.
Sebagai warisan seni yang sangat berharga, kita hendaknya belajar memainkan
angklung. Begini cara memainkan angklung.
1.
Pegang angklung dengan tangan kiri.
Pegang angklung dengan cara memegang simpul pertemuan dua tiang angklung
vertikal dan horisontal (yang berada di tengah), sehingga angklung dipegang
tepat di tengah-tengah.
2.
Pegang dengan genggaman tangan dan
telapak tangan menghadap keatas atau pun ke bawah.
3.
Posisikan angklung yang dipegang tegak
dan sejajar dengan tubuh. Jarak angklung dari tubuh sebaiknya cukup jauh (siku
tangan kiri hampir lurus) agar angklung dapat digetarkan dengan baik
danmaksimal.
4.
Pegang ujung tabung dasar angklung
(horisontal) dengan tangan kanan dan getarkan dengan getaran ke kiri dan ke
kanan, dengan posisi angklung tetap tegak (horisontal), tidak miring agar suara
angklungangklung rata dan nyaring.
5.
Sewaktu angklung digetarkan, sebaiknya
dilakukan dengan frekuensi getaran yang cukup sering sehingga suara angklung
lebih halus dan rata.
6.
Mainkan angklung sambil berdiri agar
hasil permainan lebih baik.
Teks 2.
Cara Membuat Obat
Tradisional Insomnia
Anda mengalami insomnia (tidak bisa tidur)? Nenek moyang
kita mewariskan resep tradisional untuk penderita insomnia.
Bahan :
·
potong akar kelapa hijau masing-masing 4 cm.
·
600 cc air
Langkah-langkah :
1.
Ambil 5 potong akar kelapa hijau
masing-masing 4 cm.
2.
Tumbuk kasar bersama 10 butir biji
teratai.
3.
Tambahkan 600 cc air ke dalam hasil
tumbukan.
4.
Rebus semuanya dengan anco yang telah
dibuang bijinya sehingga air tersisa 300cc.
5.
Minum selagi hangat.
Teks 3.
Cara Melakukan
Gerakan Tari Tor Tor
1. Putar lagu dari
daerah Sumatera Utara yang sesuai.
2. Ambil posisi kedua
kaki rapat. Kaki kanan agak maju sedikit.
3. Tangkupkan kedua
telapak tangan di depan pinggang kanan. Ujungibu jari saling menyentuh.
4. Gerakkan kedua
telapak tangan perlahan ke arah kiri. Ujung-ujung jari juga ikut digerakkan
perlahan.
5. Ganti gerakkan
kedua telapak tangan perlahan ke arah kanan.
6. Gerakan telapak
kaki ke atas bawah dengan gerakan jinjit selama tangan bergerak ke kiri dan ke
kanan.
7. Ulangi gerakan
tangan dan kaki. Begitu seterusnya sampai lagu habis atau mengikuti irama
gondang.
Lampiran 3: Soal Teks Prosedur KD 4.5
Teks 1
Membuat Batik
Tulis
Proses pembuatan
batik tulis adalah proses yang membutuhkan teknik, ketelitian, dan kesabaran
yang tinggi. Batik sebagai warisan budaya yang agung perlu kita lestarikan.
Dengan latihan yang tekun dan semangat melestarikan budaya, kita dapat belajar
membuat batik tulis. Rincian bahan dan langkah membuat batik tulis diuraikan
berikut.
Bahan dan
alat pembuatan batik tulis
1.
canting (alat tulis lilin yang
digunakan untuk menutupi pola dan motif batik
2.
pensil
pola
3.
kain mori putih (kain sutera atau kain
katun
4.
lilin malam (wax)
5.
kompor atau alat pemanas lilin malam
6.
bahan pewarna kain
Langkah-
langkah Pembuatan Batik Tulis
1.
Siapkan kain mori/ sutra, kemudian
buatlah motif diatas kain tersebutdengan menggunakan pensil.
2.
Setelah motif selesai dibuat, sampirkan
atau letakkan kain padagawangan dengan posisi melebar supaya mudah dibatik.
3.
Panaskan malam/ lilin ke dalam wajan
dengan api kecil sampai malam/ lilin mencair sempurna. Untuk menjaga agar suhu
kompor/anglo stabil biarkan api tetap menyala kecil.
4.
Ambil sedikit malam yang sudah cair
dengan menggunakan canting, tiup-tiup sebentar biar tidak terlalu panas
kemudian torehkan canting dengan mengikuti motif. Dalam proses ini harus
dilakukandengan hati-hati agar jangan sampai malam yang cair menetes diatas,
permukaan kain karena akan mempengaruhi hasil motif batik. Canting untuk bagian
halus, atau kuas untuk bagian berukuran besar. Proses ini bertujuan agar pada
saat pencelupan bahan/ kain ke dalam larutanpewarna bagian yang diberi lapisan
malam tidak terkena pewarna.
5.
Setelah semua motif yang tidak ingin
diberi warna tertutup oleh malam/lilin,kemudian celupkan kainnya ke dalam
larutan pewarna. Proses ini merupakan pewarnaan pertama pada bagian yang tidak
tertutup oleh malam. Sebaiknya, pencelupan dimulai dengan warnawarnamuda,
dilanjutkan dengan warna lebih tua atau gelap pada tahap berikutnya.
6.
Jemur kain yang telah diwarnai sampai
kering.
7.
Setelah kering dilakukan proses
pelorodan yaitu dengan cara lilin dikerik dengan pisau, kemudian kain direbus
bersama-sama dengan air yang telah diberi soda abu. Proses ini bertujuan
menghilangkan lapisan malam sehingga motif yang telah digambar menjadi terlihat
jelas. Jika diinginkan beberapa warna pada batik yang kita buat, proses dapat
diulang beberapa kali tergantung pada jumlah warna yang kitainginkan.
8.
Setelah kain bersih dari malam,
dilakukan kembali proses pembatikan dengan penutupan malam, pewarnaan kedua,
dan seterusnya. Begitu terus diulangi seperti proses sebelumnya sebanyak jumlah
warnayang diinginkan.
9.
Setelah beberapa kali proses pewarnaan,
kain yang telah dibatik dicelupkan ke campuran air dan soda ash untuk mematikan
warnayang menempel pada batik. Hal ini untuk menghindari kelunturan.
10. Proses terakhir
rendam batik dalam air dingin dan dijemur sebelum dapat digunakan dan dipakai.
11. Perlu ketelitian
dan kecermatan untuk belajar membatik. Meski agak sulit tidak ada salahnya
dicoba. Berkreasi untuk melestarikan tradisidan warisan nenek moyang kita.
Teks 2
Cara Mencuci Tangan
dengan Baik dan Benar
Setiap orang harus
memperhatikan dan menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun
kebersihan diri sendiri. Menjaga kesehatan ternyata tidaklah sulit. Kita bisa
melakukannya dengan kegiatan sederhana yaitu mencuci tangan. Apakah kamu sudah
mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar? Berikut ini akan dipaparkan
cara mencuci tangan yang baik dan benar.
1.
Basahilah tangan hingga pergelangan dengan
air yang mengalir,kemudian tuangkan sabun ke telapak tangan dua sampai tiga
tetes.
2.
Gosoklah telapak tangan secara perlahan
dengan gerakan memutar empat ruas jari tangan yang lain hingga sabun berbusa
dan lakukan secara bergantian.
3.
Gosoklah punggung tangan dan sela-sela
jari tangan kiri dengan tangan kanan, begitu juga sebaliknya secara perlahan.
4.
Gosoklah telapak tangan dan sela-sela
jari dengan menyelipkan jari di masing-masing ruas jari.
5.
Pasangkan kedua tangan dengan posisi
tangan kanan di atas hingga jari-jari tangan dalam keadaan saling mengunci,
lalu gosoklah secaraperlahan dan ulangi gerakan tersebut dengan posisi tangan
kiri di atas.
6.
Gosoklah ibu jari tangan sebelah kiri
dengan gerakan memutar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan gerakan serupa
pada ibu jari tangan sebelah kanan.
7.
Gosoklah telapak tangan kiri dengan
gerakan memutar ujung jari-jari tangan kanan begitu juga sebaliknya dengan
telapak tangan kanan.
8.
Bilaslah kedua tangan dengan air yang
mengalir hingga busa hilang.
9.
Gunakan handuk atau tisu tersebut untuk
menutup kran hingga air berhenti mengalir.
Menjaga kesehatan hanya perlu beberapa menit dimulai dari
mencuci tangan. Mencuci tangan sebentar, tetapi berbagai penyakit bisa kita
hindari.
CUKUP MEMBANTU KAK.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus