RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMPN
Mata
Pelajaran : Bahasa Indoesia
Kelas/Semester : VII/Satu
Materi Pokok : Teks
Fantasi
Alokasi Waktu : 4
Pertemuan (12 JP)
A. Kompetensi
Inti (KI)
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
3.4 Menelaah
struktur dan unsur kebahasaan dari teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca
dan didengar
4.4 Menyajikan gagasan kreatif
dalam bentuk cerita fantasi secara lisan dan tulisan dengan memperhatikan
struktur dan penggunaan bahasa
C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD 3.4
3.4.1
Menentukan bagian-bagian struktur teks cerita fantasi yang disajikan dengan
tepat
3.4.2 Menentukan
susunan teks cerita fantasi berdasarkan struturnya dengan tepat
3.4.3 Menelaah
kesalahan penggunaan unsur bahasa teks cerita fantasi, baik kalimat, ejaan, dan
tanda baca
3.4.4 Memperbaiki kesalahan penggunaan unsur bahasa
teks cerita fantasi, baik kalimat, ejaan, dan tanda baca
KD 4.4
4.4.1 Menyusun
kerangka teks cerita fantasi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan
struktur, dan kaidah penggunaan kalimat/tanda baca/ejaan dengan tepat
4.4.2 Mengembangkan kerangka teks cerita fantasi yang telah
disusun dengan tepat
4.4.3 Menyajikan teks cerita fantasi secara kreatif baik lisan
dan tulisan dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa.
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah membaca teks cerita fantasi, siswa dapat menentukan
bagian-bagian struktur teks cerita fantasi yang disajikan secara tepat dengan
penuh tanggung jawab.
2. Setelah membaca teks cerita fantasi,
siswa dapat menentukan susunan teks cerita fantasi berdasarkan struturnya secara
tepat dengan penuh kebersamaan.
3. Setelah mencermati teks cerita fantasi,
siswa dapat menelaah kesalahan penggunaan unsur bahasa teks cerita fantasi,
baik kalimat, ejaan, dan tanda baca dengan cermat.
4.
Setelah mencermati teks cerita fantasi, siswa dapat memperbaiki
kesalahan penggunaan unsur bahasa teks cerita fantasi, baik kalimat, ejaan, dan
tanda baca dengan penuh tanggung jawab
5.
Setelah
mencermati ilustrasi teks
cerita fantasi, siswa dapat menyusun kerangka teks cerita fantasi secara
tepat dengan penuh kebersamaan.
6.
Setelah menyusun
kerangka teks cerita fantasi, siswa dapat mengembangkan kerangka tersebut
dengan memperhatikan struktur dan
penggunaan unsur bahasa secara tepat dengan penuh tanggung jawab.
7.
Setelah mengembangkan
kerangka teks cerita fantasi, siswa dapat menyajikan teks cerita fantasi baik lisan dan
tulisan dengan memperhatikan struktur dan
penggunaan unsur bahasa secara kreatif.
E. Materi Pembelajaran
a.
Contoh teks narasi berupa cerita fantasi
b.
Struktur teks
narasi( cerita fantasi ) dan bagian-bagiannya
c.
Kaidah-kaidah
kebahasaan teks narasi ( cerita fantasi )
d.
Ilustrasi teks
narasi (cerita fantasi)
e.
Kerangka teks narasi
( cerita fantasi ) dan variasi pola pengembangannya
f.
Penulisan teks narasi
( cerita fantasi )
F.
Kegiatan Pembelajaran (P B L)
1.
Pertemuan pertama: 3
JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Pendidik dan peserta didik mempersiapkan kegiatan
pembelajaran dengan berdoa, menanyakan keadaannya, dan mendata kehadirannya.
2)
Pendidik dan peserta didik bertanya jawab tentang
teks narasi ( cerita fantasi ) dan contohnya
3)
Pendidik menyampaikan kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi
pembelajaran yang akan dicapai.
4)
Pendidik menyampaikan informasi dan target
lingkup penilaian pembelajaran yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan
keterampilan.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Peserta didik secara
berkelompok dengan penuh antusias mendiskusikan dan menelaah susunan teks narasi ( cerita fantasi ) yang disajikan
secara acak bagian-bagiannya
2) Peserta didik menyusun teks narasi yang acak ke dalam bentuk susunan
teks narasi yang tepat berdasarkan srtruktur teks dengan penuh tanggung jawab.
3) Peserta didik menukarkan
hasil susunan teks narasi ( cerita fantasi ) yang
telah disusun bersama kelompoknya dengan kelompok lain dengan antusias.
4) Peserta didik diminta untuk mengungkapkan kembali penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya tentang struktur
dan ciri umum teks narasi ( cerita fantasi ) sebagai dasar penentuan susunan teks narasi
yang benar dengan penuh semangat.
5) Peserta didik dengan bimbingan pendidik menelaah struktur isi dan bagian-bagian teks narasi ( cerita fantasi )
dengan penuh semangat
6) Peserta didik menyampaikan dan menanggapi hasil telaah tentang struktur isi dan
bagian-bagian teks narasi( cerita fantasi ) dengan santun.
7) Peserta didik membandingkan hasil diskusi
dengan simpulan dalam buku siswa dengan cermat.
8) Peserta didik menemuan susunan teks cerita
fantasi yang tepat berdasarkan struktur teks yang benar (orientasi,
komplikasi, resolusi) dengan penuh kebersamaan.
c. Kegiatan
Penutup (10
menit)
1) Pendidik memfasilitasi peserta didik menyimpulkan susunan teks cerita fantasi
yang tepat berdasarkan struktur teks narasi ( cerita
fantasi ) yang benar.
2)
Pendidik memberikan umpan balik kepada peserta didik yang terkait dengan
proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberikan beberapa pertanyaan
tentang struktur teks cerita fantasi.
3) Pendidik memberikan penguatan
tentang struktur dan bagian-bagian teks narasi ( cerita
fantasi ).
4)
Pendidik menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dikerjakan
pada pertemuan berikutnya yaitu menelaah dan merevisi teks cerita fantasi
berdasarkan unsur kebahasaannya.
2.
Pertemuan kedua: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Pendidik dan peserta didik mempersiapkan kegiatan
pembelajaran dengan berdoa, menanyakan keadaannya, dan mendata kehadirannya.
2)
Pendidik menanyakan penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
3)
Pendidik menyampaikan kompetensi dan indikator pencapaian
kompetensi pembelajaran yang akan dicapai.
4)
Pendidik menyampaikan informasi dan target
lingkup penilaian pembelajaran yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan
keterampilan.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Peserta didik secara
berkelompok mendiskusikan dan menelaah teks narasi ( cerita fantasi ) yang disajikan berdasarkan
unsur kebahasaan dengan rasa kebersamaan yang tinggi..
2) Peserta didik menentukan kesalahan penggunaan unsur kebahasaan teks narasi berdasarkan kaidah bahasa
Indonesia dengan penuh tanggung jawab.
3) Peserta didik merevisi kesalahan penggunaan unsur kebahasaan teks narasi berdasarkan kaidah bahasa
Indonesia dengan penuh tanggung jawab.
4) Peserta didik menukarkan
hasil revisi teks narasi yang telah dilakukan bersama kelompoknya dengan kelompok
lain dengan penuh kebersamaan.
5) Peserta didik diminta untuk mengungkapkan kembali penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya tentang unsur
kebahasaan yang ada dalam teks narasi sebagai dasar penentuan revisi penggunaan
unsur kebahasaan dalam teks narasi yang benar dengan penuh antusias.
6) Peserta didik dengan bimbingan pendidik merevisi penggunaan unsur kebahasaan teks narasi ( cerita fantasi )
berdasarkan kaidah kebahasaannya dengan penuh tanggung
jawab.
7) Peserta didik menyampaikan dan menanggapi hasil revisi penggunaan unsur kebahasan teks
narasi( cerita fantasi ) berdasarkan kaidah kebahasaannya dengan santun.
8) Peserta didik menemukan penggunaan
unsur kebahasaan teks cerita fantasi yang tepat berdasarkan kaidah
kebahasaannya dengan penuh semangat.
c. Kegiatan
Penutup (10
menit)
1) Pendidik memfasilitasi peserta didik menyimpulkan teks cerita fantasi yang menggunakan
unsur kebahasaan yang tepat berdasarkan kaidah kebahasaannya
2)
Pendidik memberikan umpan balik kepada peserta didik yang terkait dengan
proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberikan beberapa pertanyaan trekait
dengan penggunaan unsur kabahasaan dalam teks cerita fantasi.
3) Pendidik memberikan penguatan
tentang penggunaan unsur kabahasaan teks narasi ( cerita fantasi ).
4)
Pendidik menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dikerjakan
pada pertemuan berikutnya yaitu menyusun dan menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita
fantasi
3. Pertemuan ketiga
(3 JP )
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Pendidik dan peserta didik mempersiapkan kegiatan
pembelajaran dengan berdoa, menanyakan keadaannya, dan mendata kehadirannya.
2) Pendidik menanyakan penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
3)
Pendidik menyampaikan kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi
pembelajaran yang akan dicapai.
4)
Pendidik menyampaikan informasi dan target
lingkup penilaian pembelajaran yang mencakup aspek keterampilan menulis teks narasi cerita fantasi dan
menyajikan dengan lisan maupun tulis secara kreatif.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Peserta didik mengamati gambar-gambar lingkungan, kecanggihan teknologi seperti
pesawat dan sebagainya, gambar pahlawan,
atau gambar tokoh kartun yang menarik dengan cermat.
2)
Peserta didik diajak pendidik untuk
berfantasi seakan-akan mengembara pada 100 tahun yang lalu dengan penuh semangat.
3)
Peserta didik menentukan sejumlah alternatif topik cerita fantsi berdasarkan gambar-gambar yang telah diamati
secara kelompok dengan penuh rasa tanggung jawab.
4)
Peserta didik dalam kelompok menentukan salah satu topik
untuk dibuat kerangka cerita fantasi sesuai dengan konsep narasi teks
cerita fantasi yang benar dengan penuh tanggung
jawab.
5)
Peserta didik sebagai perwakilan kelompoknya mempresentasikan kerangka teks cerita fantasi yang telah dibuat
dengan penuh percaya diri untuk
ditanggapi oleh kelompok lain yang dipandu pendidik dengan penuh semangat.
c. Kegiatan
Penutup (10 menit)
1) Pendidik memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan tentang
menentukan topik dan menyusun kerangka teks narasi
cerita fantasi.
2) Pendidik menyampaikan umpan balik dalam proses dan hasil pembelajaran .
3) Pendidik menyampaikan kegiatan yang akan datang tentang
mengembangkan kerangka teks cerita fantasi dan menyajikannya secara kreatif.
4. Pertemuan keempat (3
JP )
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Pendidik dan peserta didik mempersiapkan kegiatan
pembelajaran dengan berdoa, menanyakan keadaannya, dan mendata kehadirannya.
2) Pendidik menanyakan penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
3)
Pendidik menyampaikan kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi
pembelajaran yang akan dicapai.
4)
Pendidik menyampaikan informasi dan target
lingkup penilaian pembelajaran yang mencakup aspek keterampilan menulis teks narasi cerita fantasi dan
menyajikan dengan lisan maupun tulis secara kreatif.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Peserta didik mendengarkan ilustrasi tentang cerita fantasi yang
disajikan oleh pendidik dengan penuh antusias.
2)
Peserta didik secara individu mengembangkan kerangka teks cerita fantasi yang telah dibuat
dalam kelompoknya sesuai dengan konsep teks narasi cerita fantasi yang benar dengan memperhatikan
struktur dan penggunaan unsur bahasa
secara tepat dengan penuh tanggung jawab menurut kreatifitas
masing-masing.
3)
Peserta didik saling menukar pekerjaannya dengan
teman dalam kelompoknya untuk menelaah struktur
dan penggunaan unsur bahasa secara tepat dengan cermat dan tanggung jawab.
4)
Peserta didik menandai penggunaan
unsur bahasa yang perlu direvisi dengan penuh rasa tanggung jawab.
5)
Peserta didik mengembalikan pekerjaan yang telah
ditelaah untuk diperbaiki oleh peserta didik yang telah menyusunnya dengan rasa kebersamaan.
6)
Peserta didik memperbaiki teks cerita fantasi masing-masing yang telah ditelaah temannya agar menjadi
teks cerita fantasi yang kreatif dan menarik untuk disajikan di mading maupun di media sosial dengan penuh rasa tanggung
jawab.
7)
Peserta didik dibawah bimbingan pendidik memilih teks cerita
fantasi yang terbaik dan layak untuk diberi penghargaan dengan jujur.
c. Kegiatan
Penutup (10
menit)
1) Pendidik memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan tentang
menentukan konsep teks narasi cerita fantasi yang kreatif dan layak disajikan di
media.
2) Pendidik menyampaian umpan balik dalam proses dan hasil pembelajaran .
3) Pendidik melakukan refleksi tentang teks narasi
cerita Fntasi.
G.
Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a.
Penilaian sikap
sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
b.
Penilaian pengetahuan
dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.
Penilaian
keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.
2. Instrumen
Penilaian
a.
Instrumen
jurnal
Contoh:
Jurnal Perkembangan
Sikap Spiritual
Nama Sekolah : SMPN
Kelas/Semester : VII/Satu
Tahun pelajaran : 2017/2018
‘No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
21/08/16
|
Hasan
|
Menjadi
muadzin pada shalat dhuhur di sekolah
|
Relegius
|
2
|
27/08/17
|
Alfi
|
Selalu mengucapkan basmala ketika mengawali
kegiatan menyusun teks cerita fantasi
|
Relegius
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Contoh:
Jurnal Perkembangan
Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMPN
Kelas/Semester : VII/Satu
Tahun pelajaran : 2017/2018
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1
|
22/08/16
|
Dedik
|
Menyampaikan
usulan konstruktif dalam diskusi mnyusun
teks
narasi cerita fantasi
|
peduli
|
2
|
28/08/17
|
Ana
|
Dua
kali tidak mengerjakan tugas bahasa Indonesia
|
tidak bertanggung jawab
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Instrumen Teknik Tes
Tertulis
Soal untuk KD: 3.4
Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian
kerjakan soal yang tersedia dengan tepat!
Soal tes tertulis bentuk uraian :
1. Teks tersebut susunannya
belum sesuai dengan urutan struktur bagian-bagian teks narasi cerita fantasi,
susunlah dengan urutan yang tepat!
2. Tentukanlah bagian-bagian struktur isi teks narasi tersebut
dan tuliskan hal-hal yang diungkapkan pada setiap bagian!
3.
Di dalam
teks tersebut terdapat kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca, temukan kesalahan tersebut dan perbaikilah
agar teks tersebut menjadi teks yang baik!
Kisi-kisi
dan Pedoman Penilaian Tes
Uraian
Nama
Sekolah : SMPN
Kelas/Semester
: VII/I
Tahun
pelajaran : 2017/2018
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1.
|
3.4 Menelaah
struktur dan unsur kebahasaan
dari teks narasi
tentang cerita fantasi
|
Teks narasi,
struktur isi teks narasi dan bagian-bagiannya
|
Disajikan teks narasi cerita fantasi secara acak
bagian-bagiannya, peserta didik dapat menyusun dengan urutan secara tepat.
Peserta didik dapat menentukan bagian-bagian struktur
teks narasi cerita fantasi yang disajikan secara tepat
Disajikan teks narasi cerita fantasi yang di dalamnya
terdapat kesalahan kalimat, ejaan dan tanda basa, peserta didik dapat
memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat, ejaan, dan tanda baca dengat tepat.
|
Tes uraian
Tes
uraian
Tes
uraian
|
Soal untuk KD: 4.4
Cermatilah
gambar 1. Hary Poter 2. Ular Naga 3.
Kuda Bersayap berikut dengan saksama, kemudian pilihlah salah satu dari gambar
tersebut , buatlah kerangka teks narasi cerita fantasi dengan melengkapi kerangka rangkaian peristiwa yang tersedia dan
kembangkan menjadi teks narasi certa fantasi secara utuh sesuai dengan kerangka tersebut!
Rubrik Penskoran kinerja
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Bobot Nilai
|
1
|
Benar
ketiga unsur kelengkapan terpenuhi (Orientasi,Komplikasi,Resolusi)
Benar dua unsur kelengkapan terpenuhi
Benar
satu unsur kelengkapan terpenuhi
|
3
2
1
|
50
|
2
|
Benar tidak terdapat kesalahan
penggunaan bahasa (kalimat, ejaan, dan tanda baca)
Terdapat kesalahan penggunaan
bahasa (kalimat, ejaan, dan tanda baca)
5-10
Terdapat kesalahan penggunaan
bahasa (kalimat, ejaan, dan tanda baca) lebih dari 10
|
3
2
1
|
50
|
Skor maksimum
|
6
|
100
|
G. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
a. Teks narasi
yang tersusun secara acak (berupa potongan paragraf)
b. Gambar
ilustrasi yang akan digunakan menyusun teks cerita fantasi.
2. Bahan
a.
Kertas manila 5 lembar
b.
Kertas post it 5 warna
c.
Kertas HVS sejumlah siswa
3. Sumber
Belajar
a.
Kemdikbud.
…Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud, halaman 12 s.d.42
b.
Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
c.
Permendiknas No. 50 Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan yang
Disempurnakan”.
Mengetahui :
Kepala SMPN
...............................................
NIP............................................
|
Guru pengajar,
.......................................
NIP .....................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar