RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Negeri ….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester : VII/Genap
Materi Pokok : Teks
Fabel
Alokasi Waktu : 9
JP ( 3 X pertemuan )
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3.12 Menelaah struktur
dan kebahasaan fabel/ legenda
daerah setempat yang dibaca dan didengar.
|
3.12.1.
menjelaskan karakteristik bagian-bagian
struktur cerita fabel
3.12.2.
mengidentifikasi struktur fabel
3.12.3.
menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada cerita fabel
3.12.4.
melengkapi cerita fabel sesuai struktur dan kaidah bahasa
3.12.5.
memvariasikan alur, dialog, latar,
dari fabel yang disajikan
3.12.6.
menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
|
4.12 Memerankan isi
fabel/ legenda daerah setempat yang dibaca
dan didengar.
|
1.12.1.
menulis cerita fabel dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
1.12.2.
memerankan isi fabel dengan intonasi, gestur, dan aspek pemeranan lain yang sesuai
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan mengamati, tanya jawab, penugasan individu
dan kelompok, diskusi, dan praktik diharapkan siswa mampu:
1.
Menyebutkan
bagian-bagian struktur teks fabel dengan tepat.
2.
Menunjukkan
struktur teks fabel dengan tepat.
3.
Menjelaskan
prinsip penggunaan kata pada cerita fabel dengan tepat
4.
Menjelaskan
prinsip penggunaan kalimat pada cerita fabel dengan tepat
5.
Menjelaskan
variasi pola alur pada teks fabel yang
dibaca dengan tepat
6.
Menjelaskan
variasi pengembangan dialog teks fabel yang dibaca dengan tepat.
7.
Menjelaskan
variasi pengembangan latar pada teks fabel yang dibaca dengan tepat.
8.
Menjelaskan
variasi pengembangan latar yang dibaca dengan tepat.
9.
Menunjukkan
kesalahan penggunaan kata pada teks fabel dengan tepat.
10. Memperbaiki kesalahan penggunaan kata pada teks fabel
dengan tepat
11. Menunjukkan kesalahan penggunaan kalimat pada teks fabel
dengan tepat.
12. Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat pada teks fabel
dengan tepat
13. Menulis
cerita fabel dengan baik.
14. Memerankan
isi fabel dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1.
Materi
pembelajaran reguler
a. Teks cerita
fabel
b. Struktur
teks cerita fabel
c. Penggunaan kata/
kalimat pada teks cerita fabel:
· Pilihan
kata
· Sinonim
dan antonim
· Kalimat
langsung
· Kata
seru
· Kata
sambung dan kata depan
d.
Variasi orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda dari fabel.
e.
Perbaikan kesalahan penggunaan kata, kalimat,ejaan,
dan tanda baca
f.
Penulisan fabel/ legenda berdasarkan ide yang direncanakan dan data yang diperoleh
g.
Pemeranan dan Penceritaan
fabel/ legenda yang berasal dari daerah
setempat
- Materi pembelajaran pengayaan
a. Teks cerita
fabel
b. Struktur
teks cerita fabel
c. Penggunaan kata/
kalimat pada teks cerita fabel:
· Pilihan
kata
· Sinonim
dan antonim
· Kalimat
langsung
· Kata
seru
· Kata
sambung dan kata depan
d.
Variasi orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda dari fabel.
e.
Perbaikan kesalahan penggunaan kata, kalimat,ejaan,
dan tanda baca
f.
Penulisan fabel/ legenda berdasarkan ide yang direncanakan dan data yang diperoleh
g.
Pemeranan dan Penceritaan
fabel/ legenda yang berasal dari daerah
setempat
3. Materi pembelajaran remedial
a. Teks cerita
fabel
b. Struktur
teks cerita fabel
c. Penggunaan kata/
kalimat pada teks cerita fabel:
· Pilihan
kata
· Sinonim
dan antonim
· Kalimat
langsung
· Kata
seru
· Kata
sambung dan kata depan
d.
Variasi orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda dari fabel.
e.
Perbaikan kesalahan penggunaan kata, kalimat,ejaan,
dan tanda baca
f.
Penulisan fabel/ legenda berdasarkan ide yang direncanakan dan data yang diperoleh
g.
Pemeranan dan Penceritaan
fabel/ legenda yang berasal dari daerah
setempat
E. Metode Pembelajaran
Inkuiri/Discovery Learning
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Teks fabel
Gambar berseri
2.
Alat
a) Kertas
post it
b) Kertas HVS
c)
Lem
d)
Laptop
e)
LCD
3. Sumber Belajar
a)
Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta:
Kemdikbud, halaman 192 s.d. 238
b) Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka.
c) Permendiknas No.
50 Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan yang
Disempurnakan”.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan pertama: 3 JP
a. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru bersama
peserta didik berdoa bersama mengecek
kebersihan kelas, dan kerapian meja kursi. (Spritual)
2)
Peserta didik
diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya. (kritis)
3)
Guru memandu siswa mengamati
kompetensi yang akan dicapai, yaitu menentukan ciri-ciri fabel
4)
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang
akan dilakukan
5)
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
6)
Guru menyampaikan
lingkup penilaian
7)
Guru menyampaikan
manfaat dari kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita fabel.
b. Kegiatan
Inti (100 menit)
1)
Peserta didik membaca
dan mencermati teks fabel Gajah yang Baik Hati.
2)
Peserta didik secara
berkelompok menyusun pertanyaan terkait
strutur teks fabel,
(gotong royong)
3)
Peserta didik menggali informasi dari berbagai sumber terkait
struktur teks fabel. (kreatif)
4)
Peserta didik dalam kelompok berdiskusi menentukan struktur teks
fabel,
(gotong royong)
5)
Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas
secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar. (komunikasi)
6)
Peserta didik
bersama guru menyimpulkan struktur teks cerita fabel.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Peserta didik
bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan
pembelajaran pada hari itu.
2)
Peserta didik
menerima umpan balik dalam proses pembelajaran mengenai strutur teks
fabel.
3)
Peserta didik
menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
2. Pertemuan kedua (3 JP )
a. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru bersama
peserta didik berdoa bersama mengecek
kebersihan kelas, dan kerapian meja kursi.(spritual)
2.
Guru dan peserta didik melakukan tanya
jawab untuk mengetahui penguasaan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya. (kritis)
3.
Guru memandu siswa mengamati
kompetensi yang akan dicapai, yaitu menentukan ciri-ciri kebahsaan fabel
4.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang
akan dilakukan
5.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
6.
Guru menyampaikan
lingkup penilaian
7.
Guru menyampaikan
manfaat dari memiliki kemampuan ciri aspek kebahasaan teks cerita fabel.
b. Kegiatan
Inti (100 menit)
1)
Peserta didik mengamati dan membaca dan mencermati teks fabel (mandiri)
2)
Peserta
didik menanyakan hal-hal yang terkait tentang unsur
kebahasaan cerita fabel (pilihan kata, sinonim dan antonim, kalimat langsung,
kata seru, kata sambung dan kata depan, kata hubung, kata sandang, )
3)
Peserta didik secara
berkelompok menggali informasi dari berbagai sumber tentang unsur kebahasaan cerita fabel.
4)
Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan
unsur kebahasaan
yang ditemukan pada teks fabel yang dibaca. (komunikasi)
5)
Peserta didik menyajikan hasil diskusi di depan kelas secara
bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.(komunikasi)
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Peserta didik
difasilitasi guru membuat butir-butir simpulan tentang ciri kebahasaan yang menjadi ciri cerita
fabel.
2)
Peserta didik
bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan
pembelajaran pada hari itu.
3)
Peserta didik
menerima penyampaian umpan balik dalam proses pembelajaran mengenai
kata/kalimat yang menjadi cirri fabel
4)
Peserta didik
menerima tugas dari guru untuk mencari teks fabel dengan judul yang berbeda.
5)
Peserta didik
menerima penyampaian kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan
pengalaman yang paling mengesankan.
3. Pertemuan ketiga: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru bersama
peserta didik berdoa bersama mengecek
kebersihan kelas, dan kerapian meja kursi. (Spritual)
2)
Peserta didik
diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya. (kritis)
3)
Guru memandu siswa mengamati
kompetensi yang akan dicapai, yaitu menemukan variasi orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda, dari fabel yang dibaca .
4)
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang
akan dilakukan
5)
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
6)
Guru menyampaikan
lingkup penilaian
7)
Guru menyampaikan
manfaat dari kemampuan menelaah struktur dan
kebahasaan teks cerita fabel
b. Kegiatan
Inti (100 menit)
1)
Peserta didik diberikan
potongan potongan beberapa cerita fabel.
2)
Peserta didik membaca dan mengamati potongan potongan beberapa cerita fabel.
3)
Peserta didik mengurutkan
cerita fabel
berdasarkan strukturnya (mandiri, kreatif)
4)
Peserta didik yang
memperoleh cerita fabel yang sama berkumpul dalam kelompok dan berdiskusi untuk menentukan pola pengembangan cerita
fabel. (komunikasi)
5)
Peserta didik
menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas
secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.(komunikasi)
6)
Peserta didik
diberikan penguatan oleh guru didik tentang variasi pola pengembangan cerita frabel.
7)
Peserta didik menyimpulkan tentang variasi pengembangan teks cerita fabel.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Peserta didik
difasilitasi guru didik membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran
2)
Guru bersama siswa melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran.
3)
Guru meberikan umpan balik guru tentang variasi
pengembangan teks fabel.
4)
Guru menyampaikan rencana
kegiatan pembelajaran pertemuan yang akan datang, yaitu menyusun teks fabel.
3. Pertemuan keempat (3 JP)
a. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru bersama
peserta didik berdoa bersama mengecek
kebersihan kelas, dan kerapian meja kursi. (Spritual)
2)
Peserta didik
diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya. (kritis)
3)
Guru memandu siswa mengamati
kompetensi yang akan dicapai, yaitu menemukan variasi orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda, dari fabel yang dibaca .
4)
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang
akan dilakukan
5)
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
6)
Guru menyampaikan
lingkup penilaian
7)
Guru menyampaikan
manfaat dari kemampuan memiliki keterampilan menulis fabel
b. Kegiatan
Inti (100 menit)
1)
Peserta didik mengamati gambar berseri.
2)
Peserta didik dalam kelompok berdiskusi menentukan kata kunci sesuai
gambar.(kolaborasi)
3)
Peserta didik dalam
kelompok mengembangkan kata kunci menjadi
kalimat dan pargraf cerita fabel memperhatikan pola pengembangan dan kebahasaan
(pilihan kata, kalimat langsung dan tidak langsung dalam dialog).(kreatif)
4)
Peserta didik dalam
kelompok menyunting teks fabel yang disusun dengan memperhatikan struktur dan
kebahasaan.
5)
Peserta didik
merevisi teks fabel sesuai hasil sunting.
6)
Peserta didk
bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Peserta didik
difasilitasi guru membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran
2)
Guru bersama siswa melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran.
3)
Guru meberikan umpan balik guru tentang cara menulis teks
fabel
4)
Guru menyampaikan rencana
kegiatan pembelajaran pertemuan yang akan datang, yaitu memerankan teks fabel.
Pertemuan kelima (3 JP)
a. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru bersama
peserta didik berdoa bersama mengecek
kebersihan kelas, dan kerapian meja kursi. (Spritual)
2)
Peserta didik
diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya. (kritis)
3)
Guru memandu siswa mengamati
kompetensi yang akan dicapai, yaitu memerankan sesuai fabel yang dibaca .
4)
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang
akan dilakukan
5)
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
6)
Guru menyampaikan
lingkup penilaian
7)
Guru menyampaikan
manfaat dari kemampuan memiliki keterampilan memerankan teks fabel
b. Kegiatan
Inti (100 menit)
1)
Peserta didik mengamati dan membaca teks fabel hasil pertemua
sebelumnya.
2)
Peserta didik dalam kelompok berdiskusi untuk berbagi peran sesuai
teks fabel.
3)
Peserta didik dalam
kelompok berlatih bermain peran.
4)
Peserta didik
dipandu guru melakukan undian tampilan bermain
peran. (demokrasi)
5)
Peserta didik dalam
kelompok tampil bermain peran sedangkan
kelompok lain mengamati dengan menggunakan
instrumen yang disediakan guru. (kritis)
6)
Peserta didik
bersama guru melakukan refleksi kegiatan pembelajaran.
7)
Kelompok penampil
terbaik memperoleh reward dari guru.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Peserta didik
difasilitasi guru didik membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran
2)
Guru bersama siswa melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran.
3)
Guru meberikan umpan balik guru tentang cara menulis teks
fabel
4)
Guru menyampaikan rencana
kegiatan pembelajaran pertemuan yang akan datang, yaitu memerankan teks fabel.
H.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian
a. Penilaian sikap
sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
b. Penilaian
pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis dan penugasan.
c. Penilaian
keterampilan dilakukan dengan teknik tes tulis
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Instrumen
Penilai Sikap Spiritual/Sosial
Jurnal Perkembangan Sikap
Nama Sekolah : SMP
NEGERI LPMP
Kelas/Semester :
VII/Genap
Tahun pelajaran :
2016/2017
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
b. Instrumen Tes
Pedoman
Penilaian
Kisi-Kisi Penilaian Tes Uraian dan Kinerja
Nama Sekolah : SMP
NEGERI LPMP Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun pelajaran : 2017/2018
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Teknik
Penilaian
|
1.
|
3.12 Menelaah struktur
dan kebahasaan fabel/ legenda
daerah setempat yang dibaca dan didengar.
|
Struktur dan kebahasaan fabel
|
1. Disajikan kutipan teks fabel siswa mampu menentukan
struktur teks.
2. Disajikan kutipan teks fabel siswa mampu menentukan kebahasaan fabel
3. Disajikan
tiga kutipan fabel siswa mampu menentukan pola pengembangan orientasi,
komplikasi, resolusi, koda pada cerita rakyat (fabel/ legenda)
|
Tulis
Penugasan
|
|
4.12 Memerankan isi
fabel/ legenda daerah setempat yang dibaca
dan didengar.
|
Menulis teks fabel
|
1. 1.Disajikan sebuah gambar bergambar siswa mampu membuat
teks fabel.
2. Disajikan sebuah teks fabel siswa mampu memerankan teks
fabel.
|
Tulis (produk)
Unjuk Kerja
|
2. Tes
Tulis (Pengetahuan dan Keterampilan)
Instrumen Penilaian :
Pengetahuan
Cermatilah teks fabel berikut!
Burung Bangau dan Seekor Anjing
Suatu hari
seekor anjing pergi mencari makanan ke sebuah danau, disana terkadang
terdapat beberapa makanan terkadang pula tidak sama sekali ada makanan untuk
sang anjing. Sang anjing menggunakan penciuman, mata dan telingannya untuk
mencari makanan hingga ketika dia berjalan sang anjing mencium bau anyir lalu
dia mengikuti arah bau itu dan sampailah dia tepat dimana bau itu berasal
namun dia tidak menemukan ikan itu di tanah maupun dekat air danau. Ketika
dia melihat ke atas ternyata seekor bangau bertengger di sebuah pohon,
paruhnya yang besar sedang memegang ikan di paruhnya. Burung bangau itu
bukanlah burung yang sering dilihat oleh sang anjing.
Sang anjing
tersenyum bahagia karena dia telah menemukan makanan, meskipun makanan itu
dipegang oleh seekor burung bangau yang besar “ah aku tidak perlu mencari ke
tempat yang jauh karena aku sudah menemukan makanan yang aku cari dan makanan
itu cukup untuk membuatku kenyang.” pikir sang anjing. Sang anjing kini
melihat sang burung bangau yang bertengger di pohon itu dengan penuh rasa
kagum lalu sang anjing berkata sambil berteriak dengan keras “hai burung yang
indah dan cantik, kau kelihatan sangat indah ketika bertengger di dahan itu.”
sang burung bangau menoleh ke arah sang anjing dengan memiringkan kepalanya
dia memperhatikan sang anjing dengan sangat curiga, sang burung bangau tetap
menutup paruhnya dan tidak membalas sahutan sang anjing.
“Lihatlah
kakimu yang besar dan kuat itu” kata sang anjing “tubuhmu yang besar dan
warna bulumu yang cerah seperti pelangi, sayapmu yang lebar itu sangat cantik
dan paruhmu yang panjang itu sangat indah.” rayu sang anjing, “burung indah
seperti dirimu pasti memiliki suara yang cukup bagus dan merdu, kau adalah
burung sempurna ketika kau bernyanyi dengan indah dan aku akan memujimu
selayaknya sang ratu burung yang indah.” Mendengar rayuan sang anjing yang
begitu membuat senang sang burung bangau, sang burung bangau kini lupa akan
rasa curiga dan ikan besar yang dipegang oleh mulutnya.
Sang burung
bangau ingin sekali disebut-sebut sebagai sang ratu burung dan kini dia
membuka mulutnya dan mengeluarkan suara-suaranya yang cukup keras. Tidak
sadar sang burung telah menjatuhkan ikan besarnya ke dekat sang anjing.
Sang anjing
berhasil mengelabui sang burung, ketika ikan itu jatuh ke tanah sang anjing
menginjak itu sambil berkata “Kau memang burung besar dan cantik, kau
memiliki suara meskipun tidak semerdu burung lain tapi dimanakah otakmu kau
menjatuhkan ikan yang cukup besar ini, aku sangat berterima kasih.” Sang
anjing menggigit dan pergi dari sang burung sambil tersenyum manis dan sang
burung kini menyesali perbuatannya.
|
1.
Tunjukkan
struktur teks fabel tersebut dan tuliskan pada tabel berikut!
NO.
|
URUTAN
FABEL
|
BUKTI
DALAM TEKS
|
1
|
Orientasi
|
|
2
|
Komplikasi
|
|
3
|
Resolusi
|
|
4
|
Koda
|
|
2.
Tunjukkan
kata sifat, keterangan tempat, kata depan, dan kata sambung pada cerita fabel tersebut!
NO.
|
Uraian
|
BUKTI
DALAM TEKS
|
1
|
Kata sifat
|
|
2
|
Kata
keterangan tempat
|
|
3
|
Kata depan
|
|
4
|
Kata
sambung
|
|
3.
Tunjukkan
2 kalimat langsung dan 2 kalimat langsung pada cerita fabel tersebut!
Rubrik Penilaian Pengetahuan:
No
|
Aspek
|
Deskripsi cerita
|
Skor
|
1
|
Struktur teks
fabel
|
a.
Semua struktur terpenuhi dan sesua
b.
Tiga struktur terpenuhi dan sesuai
c.
dua struktur terpenuhi dan sesuai
d.
satu struktur terpenusi dan sesuai
|
4
3
2
1
|
2
|
Kebahasaan
|
a.
Semua kata terpenuhi
b.
Tiga kata terpenuhi
c.
dua kata terpenuhi
d.
satu kata terpenusi
|
4
3
2
1
|
3
|
Kalimat langsung
dan tidak langsung
|
a.
Menyebutkan lengkap
b.
Menyebutkan sebagian
c.
tidak menyebutkan
|
3
2
1
|
Jumlah
|
11
|
Penugasan
4.
Carilah
tiga teks fabel kemudia tentukan pola cariasi pengembangan teks tersebut!
Keterampilan
Cermatilah gambar-gambar berikut!






a.
Susunlah sebuah cerita fabel berdasarkan
gambar di atas, dengan urutan sesuai struktur (orientasi, komplikasi, resolusi,
dan koda)!
b.
Perankanlah cerita fabel yang telah
kalian susun, sesuai dengan tokoh dan watak tokoh-tokohnya!
Rubrik Penilaian Produk (Portofolio) Keterampilan
No. Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian dengan gambar
Sesuai
Tidak seusai
|
2
1
|
2
|
Penulisan Judul
Ada dan menarik
Ada tapi tidak menarik
Tiidak ada
|
3
2
1
|
3
|
Kalimat Langsung
Kalimat tidak langsung
|
2
1
|
Skor
maksimum
|
7
|
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
No
|
Aspek
|
Deskripsi cerita
|
Skor
|
1
|
Tokoh dan Penokohan
|
Apakah mimik, gerak mimik, bahasa
lisan semua tokoh sesuai dengan watak yang harus diperankan.
e.
Semua unsur terpenuhi
f.
Tiga unsur terpenuhi
g.
dua unsur terpenuhi
h.
satu unsur terpenusi
|
4
3
2
1
|
2
|
Orientasi
|
Apakah narator mengungkapkan
perkenalan tentang tokoh dan latar cerita dengan gaya yang kreatif dan sesuai
dengan isi fabel.
e.
Semua unsur terpenuhi
f.
Tiga unsur terpenuhi
g.
dua unsur terpenuhi
h.
satu unsur terpenusi
|
4
3
2
1
|
3
|
Komplikasi
|
Apakah isi pemeranan sesuai pada tahap
konflik
{ para pelaku bereaksi terhadap
konflik dan kemudian konflik meningkat }?
Apakah bahas / dialog dalam membangun
konflik diungkapkan dengan intonasi, gerak gerik dan mimic yang sesuai ?
d.
dua unsur terpenuhi
e.
satu unsur terpenusi
|
2
1
|
4
|
Resolusi/ reorientasi
|
Apakah pemeranan pada tahap resolusi
sesuai ?
Apakah bahasa/dialog dalam
pemerananresolusi diungkapkan dengan
intonasi, garak- gerik, dan mimik yang variatif dan sesuai watak tokoh yang
diungkapkan
a.
sesuai
b.
tidak sesuai
|
2
1
|
5
|
Koda
|
Apakah peran-peran dalam koda
diungkapkan narrator dengan tepat ?
Apakah pesan – pesan moral dalam koda
diungkapkan narrator dengan kreatif ?
a.
tepat dan kreatif
b.
tepat tapi tidak kreatif
c.
tidak tepat
|
3
2
1
|
6
|
Orisinalitas ide
|
Apakah karyamu asli hasil idemu
sendiri dan belum pernah ada sebelumnya? Asli tapi modifikasi
a.
asli dan belum pernah ada
b.
asli dan modifikasi
c.
tidak asli
|
3
2
1
|
7
|
Properti pendukung dan iringan musik
|
Apakah properti pendukung dan iringan
musik mendukung isi cerita?
Apakah properti pendukung dan iringan
musik diciptakan secara kreatif?
Apakah properti pendukung dan iringan
musik diciptakan secara murah dan mudah didapatkan?
a.
properti mendukung, murah, dan mudah
b.
properti mendukung, mudah tetapi mahal.
c.
properti tidak mendukung
|
3
2
1
|
Jumlah
|
21
|
Pembelajaran Remedi dan Pengayaan
a.
Pembelajaran
Remedial
Menulis Teks Fabel
b.
Pembelajaran
Pengayaan
Menyimpulkan variasi teks fabel
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
............................... ..............................
NIP. ................................ NIP.
......................
Keterangan warna:
1.
Merah: PPK (penguatan Pendidikan Karakter
2.
Hijau : Pengembangan Literasi dalam Pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar