RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP ke-1)
KELOMPOK TEKS BERITA
Satuan
Pendidikan
|
:
SMPN ……
|
Mata
Pelajaran
|
:
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
VIII/I Satu
|
Materi
Pokok
|
:
Teks Berita
|
Alokasi
Waktu
|
:
8 jam pelajaran (4 x pertemuan)
|
A.
Kompetensi
Inti
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.1
Mengidentifikasi informasi dalam teks berita tentang objek (sekolah,
tempat wisata, tempat bersejarah dan atau suasana pentas seni daerah) yang
didengar dan dibaca
|
3.1.1.
Pengertian teks berita
3.1.2.
Unsur-unsur teks berita
3.1.3.
Karakteristik teks berita.
|
4.1
Menyimpulkan isi dari berita
(mengembangkan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.
|
4.1.1. Menentukan
pokok-pokok teks berita.
4.1.2. Menyimpulkan
teks berita.
|
3.2
Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks berita (membanggakan dan
memotivasi) yang didengar dan dibaca.
|
3.2.1. Menelaah
struktur teks berita
3.2.2. Menelaah
kebahasaan teks berita
|
4.2
Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita
secara lisan dan tertulis dengan memerhatikan struktur, kebahasaan atau aspek
lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik).
|
4.2.1
Memerhatikan kaidah kebahasaan teks berita.
4.1.2
Menyajikan teks berita
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah
membaca teks berita, peserta didik dapat:
1.
Memahami pengertian teks berita
2.
Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita
3. Memahami karakteristik teks berita.
Fokus
penguatan pendidkan karakter :
-
Cermat
-
Teliti
Pertemuan Kedua
Setelah
membaca teks berita, peserta didik dapat:
1. Menentukan
pokok-pokok berita
2. Menyimpulkan
isi teks berita
Fokus
penguatan pendidikan karakter :
1.
Cermat
2.
Teliti
3.
Percaya diri
Pertemuan Ketiga
Setelah
membaca teks berita , peserta didik dapat:
1. Menelaah
struktur teks berita.
2. Menelaah
kebahasaan teks berita.
Fokus
penguatan pendidikan karakter :
1. Cermat
2. Teliti
3. Percaya
diri
Pertemuan Keempat
Setelah
membaca teks berita, peserta didik dapat:
1. Memerhatikan
kaidah kebahasaan teks berita.
2. Menyajikan
teks berita
Fokus penguatan pendidikan karakter :
1. Kesantunan
2. Tanggung
jawab
3. Percaya
diri
D.
Materi
Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan Pertama
(1) Faktual
Paduan
Suara Anak Indonesia Jadi Juara di Italia
Paduan suara anak Indonesia,
The Resonanz Children’s Choir (TRCC) berhasil menjadi juara umum dalam
Claudio Monteverdi Internasional Choral Festival and Competition di Venezia,
Italia pada tanggal 7-10 Juli 2016.
Dalam keterangan pers yang
diterima kompas.com, Minggu
(10/7/2016), manajer proyek TRCC, Dani Dumadi, mengungkapkan, TRCC
berkompetensi dalam kategori Children
and Youth Choir. Mereka dipimpin konduktor Devi Fransisca.
“Mereka membawakan dua lagu,
yakni lagu Papua “Yamko Rambe Yamko” yang diaransemen Agustinus Bambang
Jusana dan lagu ‘Tancnota’ karya komposer Hungaria, Zoltan Kodaly,” kata
Dani.
Dalam video yang diunggah di
facebook oleh Meta Dharmasaputra, TRCC tampil atraktif ketika membawakan lagu
‘Yamko Rambe Yamko’ dengan iringan tifa, alat musik pukul dari Indonesia
Timur.
Dengan mengenakan baju serba
hijau, mereka tidak hanya menyanyi tetapi juga menampilkan koreografi yang
dinamis. Mereka bergerak memenuhi area panggung.
Tangan mereka tidak pernah
berhenti, sedangkan kaki mereka menghentak. Badan mereka meliuk mengikuti
irama rancak musik khas Papua.
Dalam babak semi final, mereka
membawakan empat lagu, yaitu ‘Der Wassermann’ karya Robert Schumann, ‘Salve
Regina’ karya Javier Busto, serta dua lagu karya Fero Aldiansya, ‘137 Hip
Street’ dan lagu Aceh ‘Bungong Jeumpa’.
“Dengan berbalut kostum
bernuansa Aceh, paduan suara berkekuatan 42 anak ini mampu memukau juri serta
hadirin yang memadati ruangan auditorium Santa Margherita. Hal tersebut
tampak dari riuh tepukan serta standing
ovations yang diberikan”, tutur Dani.
Para juri kemudian meloloskan
TRCC ke babak final untuk melawan empat finalis dari kategori lainnya, yaitu
kategori Adult’s Choir dan kategori
Sacred Music.
Pada kompetensi ini, TRCC berhasil menjadi Juara
Umum (Winner of Grand Pix). Selain
itu, TRCC juga meraih juara pertama untuk kategori Children’s and Youth Choir, dengan nlai 94,5 dan memeroleh Gold Diploma level II.
Keikutseraan TRCC padsa kompetensi ini merupakan salah
satu bagian dari kegiatan tour concert
& competititon bertajuk Musical
Journey 2016.
Kegiatan tersebut diawali
dengan konser di Balai Resital Kertanegara, Jakarta pada tanggal 2-3 April
dan dilanjutkan dengan tour concert
di Jerman, yakni di Hannover dan berlin.
Di Hannover, TRCC menggelar
konser di Richard Jacoby Saal, Hochschulefur Musik, Theater und Medien (HMTM)
pada tanggal 29 Juni 2016. Sementara itu, di Berlin TRCC berkonser atas
undangan konser bersama dari Madchencor der Sing-Akademie zu Berlin pada
tanggal 2 Juli 2016. Paduan suara anak TRCC bernaung di bawah Yayasan The
Resonanz Music Studio yang bermarkas di Jalan Kertanegara, Jakarta.
Selain TRCC, sekolah music
pimpinan konduktor Avip Priatna ini juga menanungi kelompok paduan suara
Batavia Madrigal Singers dan kelompok Orchestra Jakarta Concert Orchestra.
Dalam waktu dekat, sekolah
musik tersebut akan menyelenggarakan kompetisi solo vocal tingkat nasional, Catarina W. Leimena Singing Competition,
yang akan diselenggarakan pada tanggal 14-16 September 2016.
Sumber: http://entertainment.kompas.com/
|
(2) Konsep
a)
Pengertian teks berita
b)
Identifikasi
unsur-unsur
teks berita
(5W+1
H)
c)
Memahami Karakteristik teks berita
(3)Prosedur
a.
Eksplorasi konsep
b.
Menjawab
pertanyaan unsur-unsur teks berita
Pertemuan Kedua
(1) Faktual
Siswa SMP Indonesia Sabet Emas Olimpiade
MAtematika di Thailand
REPUBLIKA.CO.ID,
JAKARTA-Siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) dari Indonesia sukses menyabet
satu medali emas dalam ajang Thailand International Mathematics Competitions
(TIMC) 2016 pada 14-20 Agustus 2016 di Chiang Mai, Thailand. Peserta dari
Indonesia juga berhasil memeroleh tiga perak dan empat perunggu, baik
individual maupun team contest.
Dirjen
Dikdasmen, Kemendikbud, Hamid Muhammad, mengatakan, TIMC diikuti 296 peserta
tingkat SMP yang terdiri atas 74 tim. Siswa siswi yang mengikuti komptensi
merupakan putra putri terbaik dibidang Matematika yang berasal dari 29
negara.
“Seperti
Australia, Bulgaria, Belanda, Kanada, Tiongkok, Siprus, Fillipina, Ghana,
Hongkong, India, Indonesia, Iran, Kazakstan, Laos, Libanon, Malaysia,
Meksiko, Mongolia, Nepal, Romania, Afrika Selatan, Korea Selatan, Sri Langka,
Taiwan, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam”, kata Hamid dalam
keterangan resminya, Minggu, (21/8).
TIMC
mengujikan dua tes bagi masing-masing peserta, yakni individual dan tim. Pada
tes individu, peserta harus mengerjakan 12 soal isisan singkat dan tiga soal
uraian dalam waktu 120 menit. Sementara pada kontes tim, masing-masing tim
yang terdiri atas empat siswa diminta mengerjakan sepuluh soal.
Thailand
International Mathematics Competeition (TIMC) merupakan kompetisi matematika
paling bergengsi dengan tingkat kesulitan soal sangat tinggi untuk siswa
siswi usia SMP di tingkat internasional. Selain itu, banyanknya Negara yang
mengikuti TIMC semakin meningkatkan reputasi baik olimpiade ini di kancah
internsional.
Direktorat
Pembina SMP, Ditjen Dikdasmen, Kemedikbud, Supriano, telah mengirim dua tim
pada TIMC 2016 untuk mewakili Indonesia. Dua tim ini terdiri atas dua team
leader, dua deputy leader, dan delapan siswa. Ke delapan siswa yang
mengharumkan nama Indonesia ini di seleksi dari 15 siswa peraih medali emas
dan medali perak yang sebelumnya mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN)
2016 di Palembang, Sumatera Selatan. Ke delapan siswa tersebut, yaitu Stanve
Avrilium Widjadja (SMPK Ipeka Plus BSD), Hendrikus Hansen Witarsa (SMPK 4
Penabur), Alvin Putra Budiman (SMP Lab School Kebayoran), Aaron Alvarado
Kristanto (SMPK Petra 3 Surabaya) Nicholas Rusell Saerangm (SMPK IpekaSunter
2), Farrel Dwiresawara Salim (SMP Kharisma Bangsa), Markus Leonard Wijaya
(SMP Theresiana 01), dan Muflih Naufal Maxi (SMP Al Azhar).
Sumber://http//nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/08/21/oc91v-siswa-smp-indonesia-sabet-emas-olimpiade-matematika-di-thailand
|
(2) Konsep
a.
Peta konsep teks berita
b.
Kebahasaan teks berita
(3) Prosedur
a.
Menentukan pokok-pokok teks berita.
b.
Menyimpulkan teks berita.
Pertemuan Ketiga
(1) Faktual
|
(2) Konsep
a.
Struktur teks berita
1) Orientasi
2) Peristiwa
3) Sumber
berita
b.
Struktur kebahasaan teks berita
1) Keterangan
atau adverbial
2) Verba
transitip
3) Verba
pewarta
Pertemuan Keempat
(1) Faktual
|
(2) Konsep
a. Memerhatikan
kaidah kebahasaan teks berita
1)
Penggunaan ejaan
2)
Penggunaan tanda baca
b. Menyajikan
teks berita
1)
Menyajikan berita secara tertulis
2)
Menyajikan berita secara lisan
(2)
Prosedur
a.
Menyajikan teks berita secara tertulis
1)
Menentukan topik teks berita
2)
Mendatangi sumber berita
3)
Mencatat hal-hal pokok informasi
4)
Mengembangkan pokok-pokok informasi
b.
Menyajikan teks berita secara lisan
1)
Menyampaikan teks berita secara lengkap
2)
Menggunakan bahasa yang komunikatif
3)
Menyampaikan berita dengan ekspresif
2.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
Menulis
teks beritayang menarik sesuai dengan peristiwa yang dilihat atau didengar.
3.
Materi
Pembelajaran Remedial
a. Kaidah
ejaan bahasa Indonesia
b. Menulis
teks berita
c. Menyunting
teks berita
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Inquiry/discovery
learning
2. Saintifik
F.
Media
dan Bahan
a.
Media
1)
Gambar/foto objek peristiwa
2)
Teks berita
3)
KBBI
4)
LK pemandu kegiatan
5)
Laptop
b.
Bahan
1)
Kertas plano
2)
Lem/double
tapes
3)
Gunting, spidol
G.
Sumber
Belajar
Mulyadi, Yadi. dkk.2017. Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia untuk
Siswa SMP-MTs Kelas VIII. Bandung:Yrama Widya.
Kamus Besar
Bahasa Indonesia (Elektronik)
Permendikbud
No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.30 Novemner 2015.
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2
JP)
Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
a. Peserta
didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b. Guru
memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang hal- hal yang dapat
dideskripsikan.
c. Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai, yaitu mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang
objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni
daerah) yang didengar dan dibaca.
d. Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru menyampaikan lingkup penilaian
pengetahuan.
f. Guru
membentuk kelompok Peserta didik dengan Peserta didik yang pandai menjadi ketua
kelompok dan Peserta didik lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti (70
menit)
a. Peserta
didik menyimak konsep,
unsur-unsur dan karakteristik
teks berita.
b. Peserta
didik membaca teks berita tentang ‘Paduan Suara Anak Indonesia Jadi Juara di
Italia’.
c. Peserta
didik menanyakan hal-hal yang berlum
dimengerti tentang teks berita dalam teks berita yang sudah dibaca.
d. Peserta
didik menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan teks berita.
e. Peserta
didik mengumpulkan data tentang unsur-unsur dan karakteristik teks berita.
f. Peserta
didik mengidentifikasi unsur-unsur
dan karakteristik dalam teks berita.
g. Peserta
didik mendiskusikan hasil kerja dengan teman sekelompok.
h. Peserta
didik mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelompok lain.
i.
Tiap
kelompok mengomentari hasil kerja yang sudah dipresentasikan
Kegiatan Penutup (10
menit)
a. Peserta
didik mereviu hasil pembelajaran mengenai konsep, unsur dan karakteristik teks berita.
b. Gurubersama
peserta didik membuat simpulan mengenai konsep, unsur dan karakteristik teks berita.
c. Guru
bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran tentang unsur,
konsep dan karakteristik
teks berita.
d. serta
menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
e. Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan
cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali konsep, unsur dan karakteristik teks berita.
Pertemuan
Kedua (2 JP)
Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
a.
Peserta didikmengucapkan salam dan doa di
awal pembelajaran
b.
Peserta didik diberi motivasi oleh guru
untuk bertanya tentang pokok-pokok teks berita
c.
Peserta didik menyimak kompetensi yang
akan dicapai, yaitu menentukan pokok-pokok teks berita dan menyimpulkan teks
berita.
d.
Peserta didik menyimak garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
e.
Peserta didik membentuk kelompok dengan
peserta didik yang pandai menjadi ketua kelompok dan Peserta didik lain menjadi
anggota.
Kegiatan Inti (70
menit)
a.
Peserta didik membaca teks berita yang
diberikan oleh guru
b.
Peserta didik menayakan hal-hal yang
berlum dimengerti tentang pokok-pokok teks berita lalu menyimpulkan teks berita
c.
Peserta didik mengumpulkan data tentang struktur dan kebahasaan teks berita
d.
Peserta
didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja tentang struktur dan kebahasaan teks berita.
e.
Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f.
Kelompok lain menanggapi hasil di.kusi kelompok lainnya.
g.
Peserta didik mencermati penguatan
tentang hasil diskusi yang disampaikan
oleh guru.
h.
Peserta didik melaksanakan evaluasi
tertulis.
Kegiatan Penutup (10
menit)
a.
Peserta didik mereviu (mengulas,
merefleksi) hasil pembelajaran mengenai struktur dan kebahasaan teks berita.
b.
Peserta
didik bersama guru
membuat simpulan mengenai struktur
dan kebahasaan teks berita.
c.
Peserta
didik bersama guru
melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentang struktur dan kebahasaan teks berita. serta menyampaikan tindak lanjut / perbaikan
untuk kegiatan belajar berikutnya.
d.
Guru memberi umpan balik peserta didik
dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta
didik untuk menyebutkan kembali struktur
dan kebahasaan teks berita.
Pertemuan Ketiga (2 JP)
Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
a. Peserta
didik mengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b. Guru
memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang hal- hal yang dapat berhubungan
dengan teks berita.
c. Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai, yaitu memahami
struktur teks berita dan struktur kebahasaan teks berita
d. Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru
membentuk kelompok Peserta didik dengan Peserta didik yang pandai menjadi ketua
kelompok dan Peserta didik lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti (70
menit)
a. Peserta
didik membaca teks berita berjudul ‘Siswa SMP Indonesia Sabet Medali emas
Olimpiade Matematika di Thailand’.
b. Peserta
didik memerhatikan penjelasan dan contoh tentang struktur teks berita.
c. Peserta
didik menayakan hal-hal yang belum
dimengerti tentang struktur dan kebahasaan teks berita.
d. Peserta
didik mencatat dan mendiskusikan struktur dan kebahasaan teks berita
e. Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f. Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g. Peserta
didik menyimak penguatan hasil diskusi
yang disampaikan guru.
h. Peserta
didik mengumpulkan hasil diskusi kelompok untuk diberi penilaian.
Kegiatan Penutup (10
menit)
a. Peserta
didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai struktur dan
kebahasaan teks berita.
b. Peserta
didik dan guru membuat simpulan mengenai
struktur dan kebahasaan teks berita.
c. Peserta
didik dan guru melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran tentang struktur dan kebahasaan teks berita.
d. Peserta
didik memerhatikan gurutentang penyampaian tindak lanjut/perbaikan untuk
kegiatan belajar berikutnya.
e. Peserta
didik menerimaumpan balik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali mengenai struktur
dan kebahasaan teks berita.
Pertemuan
Keempat (2
JP)
Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
a. Peserta
didik mengucapkan salam dan doa di awal
pembelajaran.
b. Guru
memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang sajian berita atau kaidah kebahasaan dalam
berita
c. Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai, yaitu menyajikan data, gagasan, kesan dalam
bentuk teks berita
tentang objek (sekolah, tempat wisata,
tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan
struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
d. Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru menyampaikan lingkup penilaian
keterampilan.
f. Guru
membentuk kelompok Peserta didik dengan Peserta didik yang pandai menjadi ketua
kelompok dan Peserta didik lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti (70 menit)
a. Peserta
didik mengamati contoh teks berita
yang diberikan oleh guru
b. Peserta
didik menayakan hal-hal yang belum
dimengerti dari hasil pengamatan.
c. Peserta
didik Membaca berbagai sumber untuk memahami
struktur teks berita, kaidah kebahasaan (bahasa baku, kalimat langsung,
konjungsi bawah, konjungsi temporal dan kronologis, keterangan waktu, kata
kerja mental) yang digunakan dalam menulis bagian-bagian teks berita
d. .Peserta
didik dibimbing oleh guru
jika mengalami kesulitan dalam .mengerjakan lembar kerja tentang
tentang kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan cara menyunting teks berita.
e. Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f. Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g. Guru
memberikan penguatan h
h. asil
diskusi.
i.
Peserta didik mempublikasikan teks berita di mading kelas.
Kegiatan Penutup (10
menit)
a. Peserta
didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai teks berita yang ditulis secara mandiri
b. Guru
bersama peserta didik membuat simpulan mengenai kerangka teks, struktur,
kebahasaan, dan menyunting teks berita
c. Guru
bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajarankerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks berita serta menyampaikan tindak
lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d. Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan
cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali mengenai
kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks berita
e. Peserta
didik mendapat tugas secara mandiri untuk menulis teks berita dari suatu
objek(sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) secara tertulis maupun lisan
I.
Penilaian
Teknik
penilaian
a. Sikap
-
Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
-
Tes tertulis
c. Keterampilan
-
Produk
Instrumen Penilaian
Pertemuan Pertama
-
Instrumen
penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMPN Mewah
Kelas/Semester : VIII/Semester II
Tahun
pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Ttd
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
-
Instrumen Penilaian Pengetahuan
KISI-KISI
TES TERTULIS
NO
|
LEVEL KOGNITIF
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
INDIKATOR SOAL
|
NO SOAL
|
|
Pengetahuan
|
Teks Berita
|
3.1.1
Pengertian teks berita
3.1.2
Unsur-unsur teks berita
3.1.3
Karakteristik teks berita..
|
1. Menjelaskan pengertian teks berita
2. Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dengan 5W + 1H
3. Menjelaskan karaktertistik teks berita
|
1
2
3
|
-
Instrumen
Soal
Tes
tertulis
1. Jelaskan menurut Anda apa yang dimaksud dengan teks
berita ?
2. Bacalah kembali teks yang berjudul “ Paduan Suara Anak Indonesia Jadi Juara
di
Italia “
kemudian lengkapilah tabel hasil
identifikasi unsur berita berikut !
Unsur-Unsur Berita
|
Unsur Berita dalam Teks“
Paduan Suara Anak Indonesia Jadi Juara di
Italia “
|
Peristiwa apa yang diinformasikan dalam teks diatas?
|
|
Siapa yang mengalami peritiwa tersebut?
|
|
Dimana peristiwa tersebut terjadi?
|
|
Kapan peristiwa tersebut terjadi?
|
|
Mengapa peristiwa tersebut terjadi?
|
|
Bagaimana peristiwa tersebut terjadi?
|
|
3. Jelaskan karakteristik umum suatu teks bisa dikatakan
sebagai suatu berita !
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN
PENSKORAN
No Soal
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
a.
Menjelaskan pengertian berita dengan tepat
b.
Menjelaskan pengertian berita cukup tepat
c.
Menjelaskan pengertian berita kurang tepat
|
3
2
1
|
|
JUMLAH
SKOR
|
3
|
2.
|
a.
Menuliskan 6 jawaban unsur teks berita
b.
Menuliskan 3-5 jawaban unsur teks berita
c.
Menuliskan < 3 jawaban unsur teks berita
|
3
2
1
|
|
JUMLAH SKOR
|
3
|
3.
|
b.
a.
Menuliskan 5 jawaban karakteristik teks berita
b.
Menuliskan 3-4 jawaban karakteristik teks berita
c.
Menuliskan <3 jawaban karakteristik teks berita
|
3
2
1
|
|
JUMLAH SKOR TOTAL
|
9
|
-
Kunci
Jawaban
1. Kebijakan guru masing-masing
2. Unsur-unsur berita
Unsur-Unsur Berita
|
Unsur Berita dalam Teks“
Paduan Suara Anak Indonesia Jadi Juara di
Italia “
|
Peristiwa apa yang diinformasikan dalam teks diatas?
|
Paduan suara anak indonesia jadi juara dunia di liaIta
|
Siapa yang mengalami peritiwa itersebut?
|
The Resonanz Children’s Choir (TRCC)
|
Dimana peristiwa tersebut terjadi?
|
Di Italia
|
Kapan peristiwa tersebut terjadi?
|
7-10 Juli 2016
|
Mengapa peristiwa tersebut terjadi?
|
Karena TRCC berhasil memperoleh nilai 94,5 dan Gold
Diploma level II
|
Bagaimana peristiwa tersebut terjadi?
|
Para juri meloloskan TRCC ke babak final untuk melawan
empat finalis lainnya dari kategori Adult,s Choir dan Sacred Music
|
3. Lima karakteristik teks berita:
-
Menyampaikan
informasi aktual (terbaru)
-
Menyampaikan
informasi faktual (benar-benar terjadi;ada)
-
Menyampaikan
informasi yang menarik
-
Menyampaikan
informasi dengan menggunakan ragam bahasa baku
-
Mencantmkan
unsur-unsur teks berita
Pedoman Penilaian:
S kor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 1)
3.1
Mengidentifikasi
informasi dalam teks berita tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
.
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas
berikut!
Siswa SMP Indonesia Sabet Emas Olimpiade MAtematika
di Thailand
REPUBLIKA.CO.ID,
JAKARTA-Siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) dari Indonesia sukses menyabet satu
medali emas dalam ajang Thailand International Mathematics Competitions (TIMC)
2016 pada 14-20 Agustus 2016 di Chiang Mai, Thailand. Peserta dari Indonesia
juga berhasil memeroleh tiga perak dan empat perunggu, baik individual maupun
team contest.
Dirjen
Dikdasmen, Kemendikbud, Hamid Muhammad, mengatakan, TIMC diikuti 296 peserta
tingkat SMP yang terdiri atas 74 tim. Siswa siswi yang mengikuti komptensi
merupakan putra putri terbaik dibidang Matematika yang berasal dari 29 negara.
“Seperti
Australia, Bulgaria, Belanda, Kanada, Tiongkok, Siprus, Fillipina, Ghana,
Hongkong, India, Indonesia, Iran, Kazakstan, Laos, Libanon, Malaysia, Meksiko,
Mongolia, Nepal, Romania, Afrika Selatan, Korea Selatan, Sri Langka, Taiwan,
Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam”, kata Hamid dalam keterangan
resminya, Minggu, (21/8).
TIMC mengujikan
dua tes bagi masing-masing peserta, yakni individual dan tim. Pada tes
individu, peserta harus mengerjakan 12 soal isisan singkat dan tiga soal uraian
dalam waktu 120 menit. Sementara pada kontes tim, masing-masing tim yang
terdiri atas empat siswa diminta mengerjakan sepuluh soal.
Thailand
International Mathematics Competeition (TIMC) merupakan kompetisi matematika
paling bergengsi dengan tingkat kesulitan soal sangat tinggi untuk siswa siswi
usia SMP di tingkat internasional. Selain itu, banyanknya Negara yang mengikuti
TIMC semakin meningkatkan reputasi baik olimpiade ini di kancah internsional.
Direktorat
Pembina SMP, Ditjen Dikdasmen, Kemedikbud, Supriano, telah mengirim dua tim
pada TIMC 2016 untuk mewakili Indonesia. Dua tim ini terdiri atas dua team
leader, dua deputy leader, dan delapan siswa. Ke delapan siswa yang
mengharumkan nama Indonesia ini di seleksi dari 15 siswa peraih medali emas dan
medali perak yang sebelumnya mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 di
Palembang, Sumatera Selatan. Ke delapan siswa tersebut, yaitu Stanve Avrilium
Widjadja (SMPK Ipeka Plus BSD), Hendrikus Hansen Witarsa (SMPK 4 Penabur),
Alvin Putra Budiman (SMP Lab School Kebayoran), Aaron Alvarado Kristanto (SMPK
Petra 3 Surabaya) Nicholas Rusell Saerangm (SMPK IpekaSunter 2), Farrel
Dwiresawara Salim (SMP Kharisma Bangsa), Markus Leonard Wijaya (SMP Theresiana
01), dan Muflih Naufal Maxi (SMP Al Azhar).
Sumber://http//nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/08/21/oc91v-siswa-smp-indonesia-sabet-emas-olimpiade-matematika-di-thailand
I.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini berdasarkan teks di atas.
NO
|
SOAL
|
1.
|
Peristiwa apakah yang disampaikan dalam teks diatas ?
|
...............................................................................................................
|
|
2
|
Apakah peristiwa yang disampaikan merupakan peristiwa
yang menarik ?
|
...............................................................................................................
|
|
3
|
Apakah teks tersebut mencantumkan waktu
peristiwa?Tunjukkan!
|
...............................................................................................................
|
|
4
|
Apakah teks tersebut dapat ditelusuri kebenarannya ?
|
...............................................................................................................
|
|
5
|
Apakah teks tersebut menggunakan ragam bahasa baku ?
Jelaskan!
|
...............................................................................................................
|
II.Buatlah
simpulan atas jawaban yang kalian kemukakan dalam bentuk paragraf singkat di
kolom berikut !
SIMPULAN
|
|
Pertemuan Kedua
-
Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMPN Mewah
Kelas/Semester : VIII/Semester II
Tahun
pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Ttd
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
-
Instrumen Penilaian Keterampilan
KISI-KISI TES KETERAMPILAN
NO
|
LEVEL
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK KERJA
|
NO SOAL
|
|
Keterampilan
|
Teks
Deskripsi
|
a. Menuliskan
kata-kata kunci berdasarkan objek yang diamati
b. Mendaftar
kata-kata kunci sebagai bahan penulisan
teks deskripsi
c. Membuat
peta konsep teks deskripsi dari kata-kata kunci.
|
Susunlah teks
deskripsi berdasarkan kata-kata kunci dari teks berjudul Si Bagas, Kelinciku!
|
|
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN
PENSKORAN
ASPEK
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kelengkapan
struktur (identifikasi umum, deskripsi rincian,penutup)
|
-
|
Tiga
unsur struktur terpenuhi
|
Tiga
unsur struktur terpenuhi
|
Hanya
satu unsur terpenuhi
|
Ketepatan
isi pada setiap struktur
|
Semua
gambaran umum objek,gambaran rincian objek pada setiap bagian struktur teks
tepat.
|
Terdapat
satu bagian gambaran umum dan rincian
objeknya tidak tepat.
|
Terdapat
dua bagian struktur yang gambaran uumum dan rincian objeknya tidak tepat
|
Semua
bagian struktur yang gambaran dan rincian objeknya tidak tepat
|
Ketepatan
penggunaan bahasa
|
Penggunaan
kata emotif, kata depan di dan ke, dan konjungsi tepat
|
Terdapat
satu penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat
dua penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat
tiga penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
|
Kreativitas
penggunaan bahasa
|
Terdapat
empat atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat
tiga atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat
dua atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat
satu atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka
seluruh aspek
Pertemuan Ketiga
-
Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMP…………………
Kelas/Semester : VII/Semester I
Tahun
pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
-
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
KISI-KISI TES
TERTULIS
NO
|
LEVEL
|
LINGKUP
MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK
KERJA
|
NO
SOAL
|
|
Pengetahuan
|
Teks Deskripsi
|
1.2.1
Menentukan
bagian struktur teks deskripsi.
1.2.2
Menentukan
ciri kebahasaan teks deskripsi dengan tepat.
|
1.
Menentukan
bagian struktur teks deskripsi.
2.
Menentukan
ciri kebahasaan teks deskripsi dengan tepat.
|
1
2
|
-
Instrumen
Soal
Tes
tertulis
1. Bacalah
teks deskripsi berikut kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!
Ibu,
Inspirasiku
Ibuku
bernama Wulandari. Mukanya selalu bersinar seperti bulan. Cocok sekali dengan
namanya yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti
semut beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa. Beliau tidaklah
tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 tahun
kulihat rambutnya masih legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini
sudah mulai sayu termakan usia. Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.
Ibu
adalah wanita yang sangat baik. Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada
siapa saja. Dia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang dalam
kesusahan. Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk
selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama.
Meskipun
sudah berumur, ibuku masih menuntut ilmu. Ibuku melanjutkan ke jenjang S-2.
Padahal harusnya dia sudah tidak disibukkan oleh tugas kuliah. Tetapi,
sepertinya ibuku sangat menikmati sekolahnya. Sambil bernyanyi kecil dia
mengerjakan tugas kuliahnya. Belajar terus sepanjang hayat, itulah
semboyannya.
|
2.
Tentukan bagian struktur teks
deskripsi teks deskripsi di atas!
3.
Tentukan ciri kebahasaan teks deskripsi
di atas!
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN
PENSKORAN
NO SOAL
|
URAIAN
|
SKOR
|
1.
|
a. Menentukan
struktur dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan tepat.
b. Menentukan
struktur dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan kurang tepat.
c. Menentukan
struktur dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan tidak tepat.
|
3
2
1
|
2.
|
a. Menuliskan
4 ciri kebahasaan dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan
benar.
b. Menuliskan
3 ciri kebahasaan dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan
benar.
c. Menuliskan
2 ciri kebahasaan dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan
benar.
d. Menuliskan
1 ciri kebahasaan dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan
benar.
|
4
3
2
1
|
-
Kunci
Penilaian
1. Struktur
dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku
Identifikasi
Ibuku
bernama Wulandari.Mukanya selalu bersinar seperti bulan.Cocok sekali dengan
namanya yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti
semut beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa.Beliau tidaklah
tinggi, tidak pula pendek.Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 tahun
kulihat rambutnya masih legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini
sudah mulai sayu termakan usia. Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.
Deskripsi bagian
Ibu
adalah wanita yang sangat baik.Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa
saja. Dia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang dalam
kesusahan. Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk selalu
mengajarkan kebaikan kepada sesama.
Simpulan
Meskipun
sudah berumur, ibuku masih menuntut ilmu.Ibuku melanjutkan ke jenjang
S-2.Padahal harusnya dia sudah tidak disibukkan oleh tugas kuliah.Tetapi,
sepertinya ibuku sangat menikmati sekolahnya.Sambil bernyanyi kecil dia
mengerjakan tugas kuliahnya.Belajar terus sepanjang hayat, itulah semboyannya.
2. Ciri
kabahasaan teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku
a. Kata benda dan kata yang mengikuti kata benda (yang menjelaskan)
Ibu
adalah wanita yang sangat baik
b. Kalimat yang seolah-olah dapat dilihat, didengar, dan dirasakan.
Mukanya
bulat dengan alis tipis seperti semut beriring
c. Kata Berimbuhan pada Teks Deskripsi
Mengokohkan,
menikmati
d. menggunakan kata
bersinonim
bersinar,
bercahaya
Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka
seluruh aspek
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 3)
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas
berikut!
PARANGTRITIS NAN INDAH
Salah
satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis.Tepatnya Pantai
Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa
Yogyakarta.Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yokyakarta.
Pemandangan
Pantai Parangtritis sangat memesona.Di sebelah kiri, terlihat tebing yang
sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang
seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat.Pantai bersih
dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.
Kemolekan
pantai serasa sempurna di sore hari.Di sore hari, kita bisa melihat matahari
terbenam yang merupakan saat sangat istimewa.Lukisan alam yang sungguh
memesona.Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang
tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau.Rasa hangat berbaur
dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh.Seakan tersihir
kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan
air laut.
Banyaknya
wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini
tidak pernah sepi dari pengunjung.Di pantai Parangtritis ini kita bisa
menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati embusan segar
angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa
membawa kita ke areakarang laut yang sungguh sangat indah.
1. Struktur
teks deskripsi di atas!
NO
|
STRUKTUR
|
TEKS
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
2. Ciri
Kebahasaan teks deskripsi di atas!
NO
|
STRUKTUR
|
KATA/KALIMAT
|
1.
|
Kata benda dan kata yang mengikuti kata benda (yang
menjelaskan)
|
|
2.
|
Kalimat yang seolah-olah dapat dilihat, didengar, dan
dirasakan.
|
|
3.
|
Kata Berimbuhan pada Teks Deskripsi
|
|
4.
|
Menggunakan kata
bersinonim
|
|
Pertemuan Keempat
-
Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMP …………………
Kelas/Semester : VII/Semester I
Tahun
pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
-
Instrumen
Penilaian Keterampilan
KISI-KISI TES KETERAMPILAN
NO
|
LEVEL
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK KERJA
|
NO SOAL
|
|
Keterampilan
|
Teks Deskripsi
|
4.2.1 Membuat kerangka teks sesuai dengan struktur teks deskripsi
|
1. Buatlah kerangka teks sesuai dengan struktur teks deskripsi
|
|
4.2.2 Menulis
teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan
kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang obyek wisata
4.2.3
Mengomunikasikan objek wisata
yang telah ditulisnya secara lisan.
|
2. buatlah
teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan
kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang obyek wisata
|
|
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN
PENSORAN
ASPEK
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kelengkapan
struktur (identifikasi umum, deskripsi rincian,penutup)
|
-
|
Tiga
unsur struktur terpenuhi
|
Tiga
unsur struktur terpenuhi
|
Hanya
satu unsur terpenuhi
|
Ketepatan
isi pada setiap struktur
|
Semua
gambaran umum objek,gambaran rincian objek pada setiap bagian struktur teks
tepat.
|
Terdapat
satu bagian gambaran umum dan rincian
objeknya tidak tepat.
|
Terdapat
dua bagian struktur yang gambaran uumum dan rincian objeknya tidak tepat
|
Semua
bagian struktur yang gambaran dan rincian objeknya tidak tepat
|
Ketepatan
penggunaan bahasa
|
Penggunaan
kata emotif, kata depan di dan ke, dan konjungsi tepat
|
Terdapat
satu penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat
dua penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat
tiga penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
|
Kreativitas
penggunaan bahasa
|
Terdapat
empat atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat
tiga atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat
dua atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat
satu atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka
seluruh aspek
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 4)
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Membuat
kerangka teks sesuai dengan struktur
teks deskripsi dan Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan
kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan
tentang obyek wisata
NO.
|
HAL
|
HASIL
|
1.
|
Kerangka
teks sesuai dengan struktur teks
deskripsi
|
|
2.
|
Menulis
teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan
kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang obyek wisata
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP ……………………………,
………………………………
NIP …………………………
|
…………………., Juli 2017
Guru Mata Pelajaran,
………………………………..
NIP …………………………..
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar