Minggu, 30 Juli 2017

Teks Berita



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP ke-1)
KELOMPOK TEKS BERITA

Satuan Pendidikan
: SMPN ……
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: VIII/I Satu
Materi Pokok
: Teks Berita
Alokasi Waktu
: 8 jam pelajaran (4 x pertemuan)

A.      Kompetensi Inti
KI-1    :    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2    :    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3    :    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4    :    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1          Mengidentifikasi informasi dalam teks berita tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca

3.1.1.         Pengertian teks berita
3.1.2.         Unsur-unsur teks berita
3.1.3.         Karakteristik teks berita.
4.1          Menyimpulkan isi dari berita (mengembangkan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.
4.1.1.      Menentukan pokok-pokok teks berita.
4.1.2.      Menyimpulkan teks berita.
3.2         Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.
3.2.1.      Menelaah struktur teks berita
3.2.2.       Menelaah kebahasaan teks berita
4.2          Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tertulis dengan memerhatikan struktur, kebahasaan atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik).

4.2.1         Memerhatikan kaidah kebahasaan teks berita.
4.1.2        Menyajikan teks berita


C.                Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah membaca teks berita, peserta didik dapat:
1.         Memahami pengertian teks berita
2.         Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita
3.   Memahami karakteristik teks berita.
Fokus penguatan pendidkan karakter :
-          Cermat
-          Teliti

Pertemuan Kedua
Setelah membaca teks berita, peserta didik dapat:
1.      Menentukan pokok-pokok berita

2.      Menyimpulkan isi teks berita

Fokus penguatan pendidikan karakter :
1.         Cermat
2.         Teliti
3.         Percaya diri

Pertemuan Ketiga
Setelah membaca teks berita , peserta didik dapat:
1.      Menelaah struktur teks  berita.
2.      Menelaah kebahasaan teks berita.
Fokus penguatan pendidikan karakter :
1.    Cermat
2.    Teliti
3.    Percaya diri

Pertemuan Keempat
Setelah membaca teks berita, peserta didik dapat:
1.      Memerhatikan kaidah kebahasaan teks berita.
2.      Menyajikan teks berita
Fokus penguatan pendidikan karakter :
1.    Kesantunan
2.    Tanggung jawab
3.    Percaya diri

D.                Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan Pertama
(1)  Faktual
Paduan Suara Anak Indonesia Jadi Juara di Italia
Paduan suara anak Indonesia, The Resonanz Children’s Choir (TRCC) berhasil menjadi juara umum dalam Claudio Monteverdi Internasional Choral Festival and Competition di Venezia, Italia pada tanggal 7-10 Juli 2016.
Dalam keterangan pers yang diterima kompas.com, Minggu (10/7/2016), manajer proyek TRCC, Dani Dumadi, mengungkapkan, TRCC berkompetensi dalam kategori Children and Youth Choir. Mereka dipimpin konduktor Devi Fransisca.
“Mereka membawakan dua lagu, yakni lagu Papua “Yamko Rambe Yamko” yang diaransemen Agustinus Bambang Jusana dan lagu ‘Tancnota’ karya komposer Hungaria, Zoltan Kodaly,” kata Dani.
Dalam video yang diunggah di facebook oleh Meta Dharmasaputra, TRCC tampil atraktif ketika membawakan lagu ‘Yamko Rambe Yamko’ dengan iringan tifa, alat musik pukul dari Indonesia Timur.
Dengan mengenakan baju serba hijau, mereka tidak hanya menyanyi tetapi juga menampilkan koreografi yang dinamis. Mereka bergerak memenuhi area panggung.
Tangan mereka tidak pernah berhenti, sedangkan kaki mereka menghentak. Badan mereka meliuk mengikuti irama rancak musik khas Papua.
Dalam babak semi final, mereka membawakan empat lagu, yaitu ‘Der Wassermann’ karya Robert Schumann, ‘Salve Regina’ karya Javier Busto, serta dua lagu karya Fero Aldiansya, ‘137 Hip Street’ dan lagu Aceh ‘Bungong Jeumpa’.
“Dengan berbalut kostum bernuansa Aceh, paduan suara berkekuatan 42 anak ini mampu memukau juri serta hadirin yang memadati ruangan auditorium Santa Margherita. Hal tersebut tampak dari riuh tepukan serta standing ovations yang diberikan”, tutur Dani.
Para juri kemudian meloloskan TRCC ke babak final untuk melawan empat finalis dari kategori lainnya, yaitu kategori Adult’s Choir dan kategori Sacred Music.
Pada kompetensi ini, TRCC berhasil menjadi Juara Umum (Winner of Grand Pix). Selain itu, TRCC juga meraih juara pertama untuk kategori Children’s and Youth Choir, dengan nlai 94,5 dan memeroleh Gold Diploma level II.
Keikutseraan TRCC padsa kompetensi ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan tour concert & competititon bertajuk Musical Journey 2016.
Kegiatan tersebut diawali dengan konser di Balai Resital Kertanegara, Jakarta pada tanggal 2-3 April dan dilanjutkan dengan tour concert di Jerman, yakni di Hannover dan berlin.
Di Hannover, TRCC menggelar konser di Richard Jacoby Saal, Hochschulefur Musik, Theater und Medien (HMTM) pada tanggal 29 Juni 2016. Sementara itu, di Berlin TRCC berkonser atas undangan konser bersama dari Madchencor der Sing-Akademie zu Berlin pada tanggal 2 Juli 2016. Paduan suara anak TRCC bernaung di bawah Yayasan The Resonanz Music Studio yang bermarkas di Jalan Kertanegara, Jakarta.
Selain TRCC, sekolah music pimpinan konduktor Avip Priatna ini juga menanungi kelompok paduan suara Batavia Madrigal Singers dan kelompok Orchestra Jakarta Concert Orchestra.
Dalam waktu dekat, sekolah musik tersebut akan menyelenggarakan kompetisi solo vocal tingkat nasional, Catarina W. Leimena Singing Competition, yang akan diselenggarakan pada tanggal 14-16 September 2016.
Sumber: http://entertainment.kompas.com/

(2)  Konsep
a)             Pengertian teks berita
b)             Identifikasi unsur-unsur teks berita
(5W+1 H)
c)             Memahami Karakteristik teks berita
(3)Prosedur
a.       Eksplorasi  konsep
b.      Menjawab pertanyaan unsur-unsur teks berita

Pertemuan Kedua
(1)  Faktual
Siswa SMP Indonesia Sabet Emas Olimpiade MAtematika di Thailand

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) dari Indonesia sukses menyabet satu medali emas dalam ajang Thailand International Mathematics Competitions (TIMC) 2016 pada 14-20 Agustus 2016 di Chiang Mai, Thailand. Peserta dari Indonesia juga berhasil memeroleh tiga perak dan empat perunggu, baik individual maupun team contest.
Dirjen Dikdasmen, Kemendikbud, Hamid Muhammad, mengatakan, TIMC diikuti 296 peserta tingkat SMP yang terdiri atas 74 tim. Siswa siswi yang mengikuti komptensi merupakan putra putri terbaik dibidang Matematika yang berasal dari 29 negara.
“Seperti Australia, Bulgaria, Belanda, Kanada, Tiongkok, Siprus, Fillipina, Ghana, Hongkong, India, Indonesia, Iran, Kazakstan, Laos, Libanon, Malaysia, Meksiko, Mongolia, Nepal, Romania, Afrika Selatan, Korea Selatan, Sri Langka, Taiwan, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam”, kata Hamid dalam keterangan resminya, Minggu, (21/8).
TIMC mengujikan dua tes bagi masing-masing peserta, yakni individual dan tim. Pada tes individu, peserta harus mengerjakan 12 soal isisan singkat dan tiga soal uraian dalam waktu 120 menit. Sementara pada kontes tim, masing-masing tim yang terdiri atas empat siswa diminta mengerjakan sepuluh soal.
Thailand International Mathematics Competeition (TIMC) merupakan kompetisi matematika paling bergengsi dengan tingkat kesulitan soal sangat tinggi untuk siswa siswi usia SMP di tingkat internasional. Selain itu, banyanknya Negara yang mengikuti TIMC semakin meningkatkan reputasi baik olimpiade ini di kancah internsional.
Direktorat Pembina SMP, Ditjen Dikdasmen, Kemedikbud, Supriano, telah mengirim dua tim pada TIMC 2016 untuk mewakili Indonesia. Dua tim ini terdiri atas dua team leader, dua deputy leader, dan delapan siswa. Ke delapan siswa yang mengharumkan nama Indonesia ini di seleksi dari 15 siswa peraih medali emas dan medali perak yang sebelumnya mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 di Palembang, Sumatera Selatan. Ke delapan siswa tersebut, yaitu Stanve Avrilium Widjadja (SMPK Ipeka Plus BSD), Hendrikus Hansen Witarsa (SMPK 4 Penabur), Alvin Putra Budiman (SMP Lab School Kebayoran), Aaron Alvarado Kristanto (SMPK Petra 3 Surabaya) Nicholas Rusell Saerangm (SMPK IpekaSunter 2), Farrel Dwiresawara Salim (SMP Kharisma Bangsa), Markus Leonard Wijaya (SMP Theresiana 01), dan Muflih Naufal Maxi (SMP Al Azhar).
Sumber://http//nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/08/21/oc91v-siswa-smp-indonesia-sabet-emas-olimpiade-matematika-di-thailand

(2)  Konsep
a.       Peta konsep teks berita
b.      Kebahasaan teks berita

(3)  Prosedur
a.         Menentukan pokok-pokok teks berita.
b.         Menyimpulkan teks berita.

Pertemuan Ketiga
(1)     Faktual


(2)  Konsep
a.       Struktur teks berita
1)   Orientasi
2)   Peristiwa
3)   Sumber berita
b.      Struktur kebahasaan teks berita
1)   Keterangan atau adverbial
2)   Verba transitip
3)   Verba pewarta

Pertemuan Keempat
(1)  Faktual


(2)  Konsep
a.       Memerhatikan kaidah kebahasaan teks berita
1)        Penggunaan ejaan
2)        Penggunaan tanda baca
b.      Menyajikan teks berita
1)        Menyajikan berita secara tertulis
2)        Menyajikan berita secara lisan
(2)     Prosedur
a.     Menyajikan teks berita secara tertulis
1)        Menentukan topik teks berita
2)        Mendatangi sumber berita
3)        Mencatat hal-hal pokok informasi
4)        Mengembangkan pokok-pokok informasi
b.      Menyajikan teks berita secara lisan
1)        Menyampaikan teks berita secara lengkap
2)        Menggunakan bahasa yang komunikatif
3)        Menyampaikan berita dengan ekspresif

2.        Materi Pembelajaran Pengayaan
Menulis teks beritayang menarik sesuai dengan peristiwa yang dilihat atau didengar.

3.        Materi Pembelajaran Remedial
a.       Kaidah ejaan bahasa Indonesia
b.      Menulis teks berita
c.       Menyunting teks berita


E.            Metode Pembelajaran
1.      Inquiry/discovery learning
2.      Saintifik

F.                 Media dan Bahan
a.       Media
1)      Gambar/foto objek peristiwa
2)      Teks berita
3)      KBBI
4)      LK pemandu kegiatan
5)      Laptop
b.      Bahan
1)      Kertas plano
2)      Lem/double tapes
3)      Gunting, spidol

G.                Sumber Belajar
Mulyadi, Yadi. dkk.2017. Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP-MTs Kelas VIII. Bandung:Yrama Widya.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (Elektronik)
Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.30 Novemner 2015.

H.                Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.       Peserta didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b.      Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang hal- hal yang dapat dideskripsikan.
c.       Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)  yang didengar dan dibaca.
d.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e.       Guru menyampaikan lingkup penilaian pengetahuan.
f.       Guru membentuk kelompok Peserta didik dengan Peserta didik yang pandai menjadi ketua kelompok dan Peserta didik lain menjadi anggota.

Kegiatan Inti (70 menit)
a.       Peserta didik menyimak konsep, unsur-unsur dan karakteristik teks berita.
b.      Peserta didik membaca teks berita tentang ‘Paduan Suara Anak Indonesia Jadi Juara di Italia’.
c.       Peserta didik menanyakan  hal-hal yang berlum dimengerti tentang teks berita dalam teks berita yang sudah dibaca.
d.      Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan teks berita.
e.       Peserta didik mengumpulkan data tentang unsur-unsur dan karakteristik teks berita.
f.       Peserta didik mengidentifikasi unsur-unsur dan karakteristik dalam teks berita.
g.      Peserta didik mendiskusikan hasil kerja dengan teman sekelompok.
h.      Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelompok lain.
i.        Tiap kelompok mengomentari hasil kerja yang sudah dipresentasikan

Kegiatan Penutup (10 menit)
a.       Peserta didik mereviu hasil pembelajaran mengenai konsep, unsur dan karakteristik teks berita.
b.      Gurubersama peserta didik membuat simpulan mengenai konsep, unsur dan karakteristik teks berita.
c.       Guru bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentang unsur, konsep dan karakteristik teks berita.
d.      serta menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
e.       Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali konsep, unsur dan karakteristik teks berita.



Pertemuan Kedua (2 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.       Peserta didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran
b.      Peserta didik diberi motivasi oleh guru untuk bertanya tentang pokok-pokok teks berita
c.       Peserta didik menyimak kompetensi yang akan dicapai, yaitu menentukan pokok-pokok teks berita dan menyimpulkan teks berita.
d.      Peserta didik menyimak garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
e.       Peserta didik membentuk kelompok dengan peserta didik yang pandai menjadi ketua kelompok dan Peserta didik lain menjadi anggota.

Kegiatan Inti (70 menit)
a.       Peserta didik membaca teks berita yang diberikan oleh guru
b.      Peserta didik menayakan hal-hal yang berlum dimengerti tentang pokok-pokok teks berita lalu menyimpulkan teks berita
c.       Peserta didik mengumpulkan data tentang struktur dan kebahasaan teks berita
d.      Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja tentang struktur dan kebahasaan teks berita.
e.       Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f.       Kelompok lain menanggapi hasil di.kusi kelompok lainnya.
g.      Peserta didik mencermati penguatan tentang hasil diskusi  yang disampaikan oleh guru.
h.      Peserta didik melaksanakan evaluasi tertulis.

Kegiatan Penutup (10 menit)
a.       Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai struktur dan kebahasaan teks berita.
b.      Peserta didik bersama guru membuat simpulan mengenai struktur dan kebahasaan teks berita.
c.       Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentang struktur dan kebahasaan teks berita.   serta menyampaikan tindak lanjut / perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d.      Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali struktur dan kebahasaan teks berita.

Pertemuan Ketiga (2 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.       Peserta didik mengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b.      Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang hal- hal yang dapat berhubungan dengan teks berita.
c.       Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu memahami struktur teks berita dan struktur kebahasaan teks berita
d.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e.       Guru membentuk kelompok Peserta didik dengan Peserta didik yang pandai menjadi ketua kelompok dan Peserta didik lain menjadi anggota.

Kegiatan Inti (70 menit)
a.       Peserta didik membaca teks berita berjudul ‘Siswa SMP Indonesia Sabet Medali emas Olimpiade Matematika di Thailand’.
b.      Peserta didik memerhatikan penjelasan dan contoh tentang struktur teks berita.
c.       Peserta didik menayakan  hal-hal yang belum dimengerti tentang struktur dan kebahasaan teks berita.
d.      Peserta didik mencatat dan mendiskusikan struktur dan kebahasaan teks berita
e.       Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f.       Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g.      Peserta didik menyimak penguatan hasil diskusi  yang disampaikan guru.
h.      Peserta didik mengumpulkan hasil diskusi kelompok untuk diberi penilaian.

Kegiatan Penutup (10 menit)
a.       Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai struktur dan kebahasaan teks berita.
b.      Peserta didik dan guru membuat  simpulan mengenai struktur dan kebahasaan teks berita.
c.       Peserta didik dan guru melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentang struktur dan kebahasaan teks berita.
d.      Peserta didik memerhatikan gurutentang penyampaian tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
e.       Peserta didik menerimaumpan balik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali mengenai struktur dan kebahasaan teks berita.

Pertemuan Keempat (2 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.       Peserta didik mengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b.      Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang sajian berita atau kaidah kebahasaan dalam berita
c.       Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks berita tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah)  secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
d.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e.       Guru menyampaikan lingkup penilaian keterampilan.
f.       Guru membentuk kelompok Peserta didik dengan Peserta didik yang pandai menjadi ketua kelompok dan Peserta didik lain menjadi anggota.

Kegiatan Inti (70 menit)
a.       Peserta didik mengamati contoh teks berita yang diberikan oleh guru
b.      Peserta didik menayakan  hal-hal yang belum dimengerti dari hasil pengamatan.
c.       Peserta didik Membaca berbagai sumber untuk memahami struktur teks berita, kaidah kebahasaan (bahasa baku, kalimat langsung, konjungsi bawah, konjungsi temporal dan kronologis, keterangan waktu, kata kerja mental) yang digunakan dalam menulis bagian-bagian teks berita
d.      .Peserta didik dibimbing oleh guru jika mengalami kesulitan dalam .mengerjakan lembar kerja tentang tentang kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan cara menyunting teks berita.
e.       Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f.       Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g.      Guru memberikan penguatan h
h.      asil diskusi.
i.        Peserta didik mempublikasikan teks berita di mading kelas.

Kegiatan Penutup (10 menit)
a.       Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai teks berita yang ditulis secara mandiri
b.      Guru bersama peserta didik membuat simpulan mengenai kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks berita
c.       Guru bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajarankerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks berita serta menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d.      Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali mengenai kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks berita
e.       Peserta didik mendapat tugas secara mandiri untuk menulis teks berita dari suatu objek(sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah)  secara tertulis maupun lisan

I.                   Penilaian
Teknik penilaian
a.       Sikap
-          Observasi (jurnal)
b.      Pengetahuan
-          Tes tertulis
c.       Keterampilan
-          Produk









Instrumen Penilaian
Pertemuan Pertama
-          Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP

Nama Sekolah      : SMPN Mewah
Kelas/Semester     : VIII/Semester II
Tahun pelajaran    : 2017/ 2018
No
Waktu
Nama Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3







-          Instrumen Penilaian Pengetahuan
KISI-KISI TES TERTULIS
NO
LEVEL KOGNITIF
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL
NO SOAL

Pengetahuan









Teks Berita
3.1.1             Pengertian teks berita

3.1.2             Unsur-unsur teks berita




3.1.3             Karakteristik teks berita..






1.      Menjelaskan pengertian teks berita
2.      Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dengan 5W + 1H

3.      Menjelaskan karaktertistik teks berita
1


2




3

-          Instrumen Soal
Tes tertulis
1. Jelaskan menurut Anda apa yang dimaksud dengan teks berita ?
2. Bacalah kembali teks yang berjudul “ Paduan Suara Anak Indonesia Jadi Juara di 
     Italia “ kemudian lengkapilah tabel  hasil identifikasi unsur berita berikut !
Unsur-Unsur Berita
Unsur Berita dalam Teks“ Paduan Suara Anak Indonesia Jadi Juara di   Italia “
Peristiwa apa yang diinformasikan dalam teks diatas?

Siapa yang mengalami peritiwa tersebut?

Dimana peristiwa tersebut terjadi?

Kapan peristiwa tersebut terjadi?

Mengapa peristiwa tersebut terjadi?

Bagaimana peristiwa tersebut terjadi?


3. Jelaskan karakteristik umum suatu teks bisa dikatakan sebagai suatu berita !

                                                      





RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
No Soal
Uraian
Skor
1.
a.         Menjelaskan pengertian berita dengan tepat
b.        Menjelaskan pengertian berita cukup tepat
c.         Menjelaskan pengertian berita kurang tepat

3
2
1

JUMLAH SKOR
3
2.
a.         Menuliskan 6 jawaban unsur teks berita
b.        Menuliskan 3-5 jawaban unsur teks berita
c.         Menuliskan < 3 jawaban unsur teks berita
3
2
1


JUMLAH SKOR
3
3.
b.       
a.         Menuliskan 5 jawaban karakteristik teks berita
b.        Menuliskan 3-4 jawaban karakteristik teks berita
c.         Menuliskan <3  jawaban karakteristik teks berita

3

2

1

JUMLAH SKOR TOTAL
9











-          Kunci Jawaban
1.      Kebijakan guru masing-masing
2.      Unsur-unsur berita
Unsur-Unsur Berita
Unsur Berita dalam Teks“ Paduan Suara Anak Indonesia Jadi Juara di   Italia “
Peristiwa apa yang diinformasikan dalam teks diatas?
Paduan suara anak indonesia jadi juara dunia di liaIta
Siapa yang mengalami peritiwa itersebut?
The Resonanz Children’s Choir (TRCC)
Dimana peristiwa tersebut terjadi?
Di Italia
Kapan peristiwa tersebut terjadi?
7-10 Juli 2016
Mengapa peristiwa tersebut terjadi?
Karena TRCC berhasil memperoleh nilai 94,5 dan Gold Diploma level II
Bagaimana peristiwa tersebut terjadi?
Para juri meloloskan TRCC ke babak final untuk melawan empat finalis lainnya dari kategori Adult,s Choir dan Sacred Music
3.      Lima karakteristik  teks berita:
-          Menyampaikan informasi aktual (terbaru)
-          Menyampaikan informasi faktual (benar-benar terjadi;ada)
-          Menyampaikan informasi yang menarik
-          Menyampaikan informasi dengan menggunakan ragam bahasa baku
-          Mencantmkan unsur-unsur teks berita

Pedoman Penilaian:
S kor = jumlah perolehan angka seluruh aspek







LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 1)
3.1    Mengidentifikasi informasi dalam teks berita tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
.
Nama Peserta didik/Kelomok  :      ................................................................
Kelas/Kelompok                       :      ................................................................

Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!
Siswa SMP Indonesia Sabet Emas Olimpiade MAtematika di Thailand

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) dari Indonesia sukses menyabet satu medali emas dalam ajang Thailand International Mathematics Competitions (TIMC) 2016 pada 14-20 Agustus 2016 di Chiang Mai, Thailand. Peserta dari Indonesia juga berhasil memeroleh tiga perak dan empat perunggu, baik individual maupun team contest.
Dirjen Dikdasmen, Kemendikbud, Hamid Muhammad, mengatakan, TIMC diikuti 296 peserta tingkat SMP yang terdiri atas 74 tim. Siswa siswi yang mengikuti komptensi merupakan putra putri terbaik dibidang Matematika yang berasal dari 29 negara.
“Seperti Australia, Bulgaria, Belanda, Kanada, Tiongkok, Siprus, Fillipina, Ghana, Hongkong, India, Indonesia, Iran, Kazakstan, Laos, Libanon, Malaysia, Meksiko, Mongolia, Nepal, Romania, Afrika Selatan, Korea Selatan, Sri Langka, Taiwan, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam”, kata Hamid dalam keterangan resminya, Minggu, (21/8).
TIMC mengujikan dua tes bagi masing-masing peserta, yakni individual dan tim. Pada tes individu, peserta harus mengerjakan 12 soal isisan singkat dan tiga soal uraian dalam waktu 120 menit. Sementara pada kontes tim, masing-masing tim yang terdiri atas empat siswa diminta mengerjakan sepuluh soal.
Thailand International Mathematics Competeition (TIMC) merupakan kompetisi matematika paling bergengsi dengan tingkat kesulitan soal sangat tinggi untuk siswa siswi usia SMP di tingkat internasional. Selain itu, banyanknya Negara yang mengikuti TIMC semakin meningkatkan reputasi baik olimpiade ini di kancah internsional.
Direktorat Pembina SMP, Ditjen Dikdasmen, Kemedikbud, Supriano, telah mengirim dua tim pada TIMC 2016 untuk mewakili Indonesia. Dua tim ini terdiri atas dua team leader, dua deputy leader, dan delapan siswa. Ke delapan siswa yang mengharumkan nama Indonesia ini di seleksi dari 15 siswa peraih medali emas dan medali perak yang sebelumnya mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 di Palembang, Sumatera Selatan. Ke delapan siswa tersebut, yaitu Stanve Avrilium Widjadja (SMPK Ipeka Plus BSD), Hendrikus Hansen Witarsa (SMPK 4 Penabur), Alvin Putra Budiman (SMP Lab School Kebayoran), Aaron Alvarado Kristanto (SMPK Petra 3 Surabaya) Nicholas Rusell Saerangm (SMPK IpekaSunter 2), Farrel Dwiresawara Salim (SMP Kharisma Bangsa), Markus Leonard Wijaya (SMP Theresiana 01), dan Muflih Naufal Maxi (SMP Al Azhar).
Sumber://http//nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/08/21/oc91v-siswa-smp-indonesia-sabet-emas-olimpiade-matematika-di-thailand

I. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini berdasarkan teks  di atas.
NO
SOAL
1.
Peristiwa apakah yang disampaikan dalam teks diatas ?
...............................................................................................................
2
Apakah peristiwa yang disampaikan merupakan peristiwa yang menarik ?
...............................................................................................................
3
Apakah teks tersebut mencantumkan waktu peristiwa?Tunjukkan!
...............................................................................................................
4
Apakah teks tersebut dapat ditelusuri kebenarannya ?
...............................................................................................................
5
Apakah teks tersebut menggunakan ragam bahasa baku ? Jelaskan!
...............................................................................................................

II.Buatlah simpulan atas jawaban yang kalian kemukakan dalam bentuk paragraf singkat di kolom berikut !

SIMPULAN
















Pertemuan Kedua
-          Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP

Nama Sekolah      : SMPN Mewah
Kelas/Semester     : VIII/Semester II
Tahun pelajaran    : 2017/ 2018

No
Waktu
Nama Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3







-          Instrumen Penilaian Keterampilan
KISI-KISI TES KETERAMPILAN
NO
LEVEL
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
PETUNJUK KERJA
NO SOAL

Keterampilan
Teks Deskripsi
a.       Menuliskan kata-kata kunci berdasarkan objek yang diamati
b.      Mendaftar kata-kata kunci sebagai bahan penulisan  teks deskripsi
c.       Membuat peta konsep teks deskripsi dari kata-kata kunci.
Susunlah teks deskripsi berdasarkan kata-kata kunci dari teks berjudul Si Bagas, Kelinciku!










RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
ASPEK
SKOR
4
3
2
1
Kelengkapan struktur (identifikasi umum, deskripsi rincian,penutup)
-
Tiga unsur struktur terpenuhi
Tiga unsur struktur terpenuhi
Hanya satu unsur terpenuhi
Ketepatan isi pada setiap struktur
Semua gambaran umum objek,gambaran rincian objek pada setiap bagian struktur teks tepat.
Terdapat satu bagian gambaran umum dan  rincian objeknya tidak tepat.
Terdapat dua bagian struktur yang gambaran uumum dan rincian objeknya tidak tepat
Semua bagian struktur yang gambaran dan rincian objeknya tidak tepat
Ketepatan penggunaan bahasa
Penggunaan kata emotif, kata depan di dan ke, dan konjungsi tepat
Terdapat satu penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Terdapat dua penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Terdapat tiga penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Kreativitas penggunaan bahasa
Terdapat empat atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat tiga atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat dua atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat satu atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi

Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
Pertemuan Ketiga
-          Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP

Nama Sekolah      : SMP…………………
Kelas/Semester     : VII/Semester I
Tahun pelajaran    : 2017/ 2018

No
Waktu
Nama Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3







-          Instrumen Penilaian Pengetahuan
KISI-KISI TES TERTULIS
NO
LEVEL
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
PETUNJUK KERJA
NO SOAL

Pengetahuan





Teks Deskripsi
1.2.1        Menentukan bagian  struktur teks  deskripsi.
1.2.2        Menentukan ciri kebahasaan teks deskripsi dengan tepat.
1.      Menentukan bagian  struktur teks  deskripsi.
2.      Menentukan ciri kebahasaan teks deskripsi dengan tepat.
1


2


-          Instrumen Soal
Tes tertulis
1.      Bacalah teks deskripsi berikut kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!
Ibu, Inspirasiku
Ibuku bernama Wulandari. Mukanya selalu bersinar seperti bulan. Cocok sekali dengan namanya yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa. Beliau tidaklah tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 tahun kulihat rambutnya masih legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai sayu termakan usia. Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.
Ibu adalah wanita yang sangat baik. Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja. Dia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang dalam kesusahan. Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama.
Meskipun sudah berumur, ibuku masih menuntut ilmu. Ibuku melanjutkan ke jenjang S-2. Padahal harusnya dia sudah tidak disibukkan oleh tugas kuliah. Tetapi, sepertinya ibuku sangat menikmati sekolahnya. Sambil bernyanyi kecil dia mengerjakan tugas kuliahnya. Belajar terus sepanjang hayat, itulah semboyannya.

2.      Tentukan bagian  struktur teks  deskripsi teks deskripsi di atas!
3.      Tentukan ciri kebahasaan teks deskripsi di atas!

RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
NO SOAL
URAIAN
SKOR
1.
a.       Menentukan struktur dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan tepat.
b.      Menentukan struktur dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan kurang tepat.
c.       Menentukan struktur dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan tidak tepat.
3

2


1
2.
a.       Menuliskan 4 ciri kebahasaan dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan benar.
b.      Menuliskan 3 ciri kebahasaan dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan benar.
c.       Menuliskan 2 ciri kebahasaan dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan benar.
d.      Menuliskan 1 ciri kebahasaan dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan benar.
4


3


2


1

-          Kunci Penilaian
1.      Struktur dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku
Identifikasi
Ibuku bernama Wulandari.Mukanya selalu bersinar seperti bulan.Cocok sekali dengan namanya yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa.Beliau tidaklah tinggi, tidak pula pendek.Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 tahun kulihat rambutnya masih legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai sayu termakan usia. Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.

Deskripsi bagian
Ibu adalah wanita yang sangat baik.Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja. Dia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang dalam kesusahan. Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama.

Simpulan
Meskipun sudah berumur, ibuku masih menuntut ilmu.Ibuku melanjutkan ke jenjang S-2.Padahal harusnya dia sudah tidak disibukkan oleh tugas kuliah.Tetapi, sepertinya ibuku sangat menikmati sekolahnya.Sambil bernyanyi kecil dia mengerjakan tugas kuliahnya.Belajar terus sepanjang hayat, itulah semboyannya.

2.      Ciri kabahasaan teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku
a.       Kata benda dan kata yang mengikuti kata benda (yang menjelaskan)
Ibu adalah wanita yang sangat baik
b.      Kalimat yang seolah-olah dapat dilihat, didengar, dan dirasakan.
Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring
c.       Kata Berimbuhan pada Teks Deskripsi
Mengokohkan, menikmati
d.      menggunakan  kata bersinonim
bersinar, bercahaya

Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek

























LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 3)

Nama Peserta didik/Kelomok  :      ................................................................
Kelas/Kelompok                       :      ................................................................

Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!

PARANGTRITIS NAN INDAH

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis.Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yokyakarta.

Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona.Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat.Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari.Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa.Lukisan alam yang sungguh memesona.Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau.Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh.Seakan tersihir kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.

Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung.Di pantai Parangtritis ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati embusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke areakarang laut yang sungguh sangat indah.



1.      Struktur teks deskripsi di atas!
NO
STRUKTUR
TEKS
1.


2.


3.



2.      Ciri Kebahasaan teks deskripsi di atas!
NO
STRUKTUR
KATA/KALIMAT
1.
Kata benda dan kata yang mengikuti kata benda (yang menjelaskan)

2.

Kalimat yang seolah-olah dapat dilihat, didengar, dan dirasakan.

3.

Kata Berimbuhan pada Teks Deskripsi

4.
Menggunakan  kata bersinonim

















Pertemuan Keempat
-          Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP

Nama Sekolah      : SMP …………………
Kelas/Semester     : VII/Semester I
Tahun pelajaran    : 2017/ 2018

No
Waktu
Nama Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3







-          Instrumen Penilaian Keterampilan
KISI-KISI TES KETERAMPILAN
NO
LEVEL
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
PETUNJUK KERJA
NO SOAL

 Keterampilan
Teks Deskripsi
4.2.1     Membuat  kerangka teks sesuai dengan struktur  teks deskripsi
1.      Buatlah  kerangka teks sesuai dengan struktur  teks deskripsi

4.2.2       Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang obyek wisata
4.2.3        Mengomunikasikan objek wisata yang telah ditulisnya secara lisan.
2.      buatlah teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang obyek wisata














RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSORAN
ASPEK
SKOR
4
3
2
1
Kelengkapan struktur (identifikasi umum, deskripsi rincian,penutup)
-
Tiga unsur struktur terpenuhi
Tiga unsur struktur terpenuhi
Hanya satu unsur terpenuhi
Ketepatan isi pada setiap struktur
Semua gambaran umum objek,gambaran rincian objek pada setiap bagian struktur teks tepat.
Terdapat satu bagian gambaran umum dan  rincian objeknya tidak tepat.
Terdapat dua bagian struktur yang gambaran uumum dan rincian objeknya tidak tepat
Semua bagian struktur yang gambaran dan rincian objeknya tidak tepat
Ketepatan penggunaan bahasa
Penggunaan kata emotif, kata depan di dan ke, dan konjungsi tepat
Terdapat satu penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Terdapat dua penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Terdapat tiga penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Kreativitas penggunaan bahasa
Terdapat empat atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat tiga atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat dua atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat satu atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi

Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek


















LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 4)

Nama Peserta didik/Kelomok  :      ................................................................
Kelas/Kelompok                       :      ................................................................

Membuat  kerangka teks sesuai dengan struktur  teks deskripsi dan Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang obyek wisata

NO.
HAL
HASIL
1.


Kerangka teks sesuai dengan struktur  teks deskripsi

2.




Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang obyek wisata



Mengetahui,
Kepala SMP ……………………………,




………………………………
NIP …………………………
………………….,    Juli 2017
Guru Mata Pelajaran,




………………………………..
NIP …………………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar