RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
LITERASI
Sekolah : SMP ……
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : LITERASI (KD. 3. 16 & 4. 16)
Alokasi Waktu :4x Pertemuan (12 JP)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
1.
|
3.16 Menelaah hubungan unsur-unsur
dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
3.16. 1
Menelaah unsur buku fiksi yang bisa
dikomentari
|
3.16.2 Menelaah
unsur buku nonfiksi yang bisa dikomentari.
|
||
3.16.3 Menentukan persamaan dan perbedaan
unsur
buku nonfiksi dan buku fiksi.
|
||
|
||
2.
|
4.16Menyajikan
tanggapan terhadap isi buku fiksi dan
nonfiksi yang dibaca
|
4.16. 1Membuat
komentar tentang buku fiksi
yang dibaca
|
4.16.2 Membuat komentar tentang
buku nonfiksi yang dibaca
|
||
|
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca satu buku fiksi yang
berjudul “Anak Rembulan (Negeri Misteri di Balik Pohon Kenari” karya Djokolelono, siswa mampu menelaah unsur
buku fiksi dengan tepat
2.
Setelah membaca satu buku nonfiksi yang
berjudul “Karena Buku Senikmat Susu” karya Elly Damaiwati, siswa mampu menelaah
unsur buku nonfiksi dengan tepat
3.
Setelah membaca satu buku fiksi yang
berjudul “Anak Rembulan (Negeri Misteri di Balik Pohon Kenari” karya
Djokolelono dan“Karena Buku Senikmat Susu” karya Elly Damaiwati, siswa mampu menentukan
persamaan dan perbedaan unsur buku fiksi dan nonfiksi dengan tepat.
4.
Setelah membaca satu buku nonfiksi yang
berjudul “Karena Buku Senikmat Susu” karya Elly Damaiwati, siswa mampu membuat komentar buku tersebut dengan dengan benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Pengetahuan
unsur buku fiksi
dan nonfiksi
Persamaan dan perbedaan
unsure buku fiksi dan nonfiksi
Unsur-unsur
buku fiksi dan nonfiksi yang dapat dikomentari
Pertanyaan pemandu untuk mengomentari
Contoh komentar terhadap buku fiksi dan nonfiksi
Keterampilan
Praktik membuat komentar buku
fiksi dan nonfiksi yang dibaca
Mengomentari buku nonfiksi
E.
METODE/MODEL
PEMBELAJARAN
Discovery Learning
F.
MEDIA/ALAT DAN BAHAN
1.
Teks Cerita Fiksi Anak
Rembulan (Negeri Misteri di Balik Pohon Kenari” karya Djokolelono
2.
Teks Cerita Nonfiksi Karena
Buku Senikmat Susu” karya Elly Damaiwati
3.
Kertas HVS sejumlah siswa
4.
Laptop
5.
LCD
G.
SUMBER BELAJAR
a.
Harsiati, Titik at all. 2014. Buku Siswa,Bahasa Indonesia Studi dan PengajaranSMP/MTs Kelas VII (Edisi Revisi
2016). Jakarta: Kemdikbud (hal. 243 – 273)
b.
Harsiati, Titik at all. 2014. Buku Guru,Bahasa Indonesia Studi dan
Pengajaran SMP/MTs Kelas VII (Edisi Revisi 2016) (Edisi Revisi 2016).
Jakarta: Kemdikbud (hal. 122 – 136)
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan Pertama(3 jam pelajaran)
a.
Pendahuluan (8 menit)
1)
Siswa merespon salam, berdoa
bersama, mengecek kebersihan
sekitar tempat duduk dan kerapian meja kursi.
(spiritual)
2)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
3)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
yaitu menelaah unsur buku nonfiksi dan membuat
komentar atas isi buku nonfiksi.
4)
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan.
5)
Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu pengetahuan
dan keterampilan.
b.
Kegiatan Inti (100menit) Discovery
Learning
1)
Siswa membaca buku nonfiksi “Karena Buku Senikmat Susu” karya Elly Damaiwati (tahap I).
2)
Siswa mengajukan pertanyaan sehubungan dengan isi buku
(melatih siswa mengekplorasi unsur-unsur
buku melalui kegiatan menanya.)
(tahap II)
3)
Siswa
membentuk kelompok untuk mendiskusikan unsur-unsur buku nonfiksi dan membuat
komentar terhadap isi buku tersebut.
4)
Siswa bersama guru mengajukan dugaan atau
kemungkinan jawaban.
(mengasosiasi/menalar terhadap pertanyaan yang diajukan.)
(tahap III).
5)
Siswa
dalam kelompok mengumpulkan data (yang terkait dengan dugaan/pertanyaan untuk
merumuskan simpulan
dan memberikan komentar terhadap isi buku nonfiksi.)
(tahap IV)
6)
Siswa
merumuskan simpulan berdasarkan data
untuk presentasi
(tahap V).
7)
Siswa menanggapi atau mengevaluasi hasil presentasi suatu kelompok.
8)
Siswa
secara bersama-sama menyimpulkan unsur-unsur buku dan hasil komentar
terhadap isi buku nonfiksi.
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
1)
Guru dan siswa merefleksi tentang manfaat dari kegiatan
pembelajaran yang telah berlangsung.
2)
Dengan difasilitasi guru, siswa menyimpulkan kegiatan
pembelajaran yang telah berlangsung.
3)
Siswa menerima tugas untuk menelaah
unsur buku fiksi dengan penuh tanggung
jawab.
2.
Pertemuan Kedua
(3 Jam Pelajaran)
a. Pendahuluan (8 menit)
1)
Siswa merespon salam, berdoa
bersama, mengecek kebersihan
sekitar tempat duduk dan kerapian meja kursi. (spiritual)
2)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
3)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
yaitu menelaah unsur buku fiksi dan membuat
komentar atas isi buku fiksi.
4)
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan.
5)
Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu pengetahuan
dan keterampilan.
b. Kegiatan Inti (100menit) Discovery
Learning
1)
Siswa membaca buku fiksi yang
berjudul “Anak Rembulan (Negeri Misteri di Balik Pohon Kenari” karya
Djokolelono (tahap I).
2)
Siswa mengajukan pertanyaan sehubungan dengan isi buku
(melatih siswa mengekplorasi unsur-unsur
buku melalui kegiatan menanya.)
(tahap II)
3)
Siswa
membentuk kelompok untuk mendiskusikan unsur-unsur buku fiksi dan membuat
komentar terhadap isi buku tersebut.
4)
Siswa bersama guru mengajukan dugaan atau
kemungkinan jawaban.
(mengasosiasi/menalar terhadap pertanyaan yang diajukan.)
(tahap III).
5)
Siswa
dalam kelompok mengumpulkan data (yang terkait dengan dugaan/pertanyaan untuk
merumuskan simpulan
dan memberikan komentar terhadap isi buku fiksi.)
(tahap IV)
6)
Siswa
merumuskan simpulan berdasarkan data
untuk presentasi
(tahap V).
7)
Siswa menanggapi atau mengevaluasi hasil presentasi suatu kelompok.
8)
Siswa
secara bersama-sama menyimpulkan unsur-unsur buku dan hasil komentar
terhadap isi buku fiksi.
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1)
Guru dan siswa merefleksi tentang manfaat dari kegiatan pembelajaran yang
telah berlangsung.
2)
Dengan difasilitasi guru, siswa menyimpulkan kegiatan
pembelajaran yang telah berlangsung.
3)
Siswa menerima tugas untuk menelaah
persamaan unsur buku fiksi dan nonfiksi dengan penuh tanggung jawab.
3.
Pertemuan Ketiga (3 Jam Pelajaran)
a. Pendahuluan (8 menit)
1)
Siswa merespon salam, berdoa
bersama, mengecek kebersihan
sekitar tempat duduk dan kerapian meja kursi. (spiritual)
2)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
3)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
yaitu menelaah persamaan dan perbedaan buku
nonfiksi dan buku fiksi.
4)
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan.
5)
Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu pengetahuan dan keterampilan.
2.
Kegiatan Inti (100menit) Discovery Learning
1)
Siswa membaca buku nonfiksi “Karena Buku Senikmat Susu” karya Elly Damaiwati dan buku fiksi “Anak
Rembulan (Negeri Misteri di Balik Pohon Kenari” karya Djokolelono (tahap I).
2)
Siswa mengajukan pertanyaan sehubungan dengan isi buku
(melatih siswa mengekplorasi persamaan
dan perbedaan buku melalui
kegiatan menanya.) (tahap II)
3)
Siswa
membentuk kelompok untuk mendiskusikan perbedaan dan persamaan unsur-unsur buku
nonfiksi dan membuat komentar terhadap isi buku tersebut.
4)
Siswa bersama guru mengajukan dugaan atau
kemungkinan jawaban.
(mengasosiasi/menalar terhadap pertanyaan yang diajukan.)
(tahap III).
5)
Siswa
dalam kelompok mengumpulkan data (yang terkait dengan dugaan/pertanyaan untuk
merumuskan simpulan
dan memberikan komentar terhadap isi buku nonfiksi.)
(tahap IV)
6)
Siswa
merumuskan simpulan berdasarkan data
untuk presentasi
(tahap V).
7)
Siswa menanggapi atau mengevaluasi hasil presentasi suatu kelompok.
8)
Siswa
secara bersama-sama menyimpulkan komentar terhadap perbedaan dan persamaan buku
nonfiksi dan fiksi.
3.
Kegiatan Penutup (12 menit)
1)
Guru dan siswa merefleksi tentang manfaat dari kegiatan
pembelajaran yang telah berlangsung.
2)
Dengan difasilitasi guru, siswa menyimpulkan kegiatan
pembelajaran yang telah berlangsung.
3)
Siswa menerima tugas untuk menelaah
unsur buku fiksi dan fiksi sebagai pengayaan dengan
penuh tanggung jawab.
4.
PENILAIAN HASIL
PEMBELAJARAN
1. Teknik Penilaian
a.
Penilaian sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/jurnal(pengajaran tidak langsung/indirect teaching).
b.
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tertulis,
penugasan, dan lisan
c. Penilaian keterampilan
dilakukan dengan teknik tes tertulis, penugasan, dan lisan
2. Instrumen Penilaian
a. Instrumen Jurnal
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP SOSIAL
Nama Sekolah : SMP LPMP
Kelas/Semester : VII/2
Tahun pelajaran : 2016/2017
NO
|
TGL
|
NAMA SISWA
|
CATATAN PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
(Ctt. Lembar Jurnal
selengkapnya dibuat pada lembar khusus yang dilengkapi dengan nama siswa)
PEDOMAN PENILAIAN
Kisi-Kisi Penilaian Tes Tertulis
Nama Sekolah : SMP
LPMP
Kelas/Semester : VII/2
Tahun pelajaran : 2016/2017
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
TEKNIK
PENILAIAN
|
1.
|
3.16 Menelaah
hubungan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
Teks Fiksi dan Nonfiksi
|
Disajikan
sebuah teks Fiksi
dan nonfiksi, siswa mampu:
1. Menelaah unsur buku fiksi dengan tepat
2. Menelaah unsur buku nonfiksi dengan
tepat
3. Menentukan persamaan dan perbedaan
unsur buku fiksi dan nonfiksi
|
Tes tertulis
|
2.
|
4.16Menyajikan
tanggapan terhadap isi buku fiksi dan
nonfiksi yang dibaca
|
|
Siswa
dapat
1. membuat komentar buku nonfiksi
2. membuat komentar buku fiksi
|
Praktik
|
Butir Soal
Pengetahuan
Baca dan cermatilah buku fiksi dan nonfiksi berikut ini!
Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan nomor 1, 2 dan 3!
- Tuliskan unsur-unsur buku fiksi!
- Tuliskan unsur-unsur buku nonfiksi!
- Jelaskan persamaan dan perbedaan unsur buku fiksi dan nonfiksi!
Keterampilan
Setelah
kalian membaca buku X (peserta
didik bisa memilih buku fiksi atau nonfiksi) komentari, kekurangan, keunggulan,
maupun hal menarik yang terdapat dalam buku tersebut!
RUBRIK PENSKORAN
No.
|
Indikator
|
Skor Perolehan
|
|||
0-55
|
56-70
|
71-85
|
86-100
|
||
1.
|
Menuliskan semua unsur buku fiksi/nonfiksi dengan tepat
|
|
|
|
|
2.
|
Menuliskan beberapa unsur buku fiksi/nonfiksi dengan tepat
|
|
|
|
|
3.
|
Menentukan persamaan dan perbedaan buku fiksi dan
nonfiksi dengan benar (sesuai unsur)
|
|
|
|
|
4.
|
Mengomentari buku fiksi/nonfiksi dengan lengkap (ada
kelemahan, keunggulan dan hal menarik) dgtepat
|
|
|
|
|
5.
|
Mengomentari buku fiksi/nonfiksi dengan kurang lengkap
(ada sebagian dan benar)
|
|
|
|
|
6.
|
Mengomentari buku fiksi/nonfiksi tidak lengkap (ada
sebagian dan salah)
|
|
|
|
|
7.
|
Mengomentari buku fiksi dengan lengkap (ada
kelemahan, keunggulan dan hal menarik) dgtepat
|
|
|
|
|
Penskoran
86-100 =jikaterdapatsemuaunsur
71-85 =jikaterdapat3unsur
56-70 =jikaterdapat2unsur
0-55 =jikaterdapat1unsur
Skorakhir= Skor yang diperoleh
Skor Maksimal
Kunci Jawaban
Pengetahuan
1.Unsur buku nonfiksi:
·
Bagian cover buku
·
Rincian subbab buku
·
Judul subbab
·
Isi buku
·
Cara menyajikan isi
buku
·
Bahasa yang
digunakan
·
Sistematika
·
2.Unsur buku fiksi:
·
Bagian cover buku
·
Rincian subbab buku
·
Judul subbab
·
Tokoh dan penokohan
·
Tema cerita
·
Bahasa yang
digunakan
·
Penyajian alur
cerita
3.Persamaan dan perbedaan buku
fiksi dan nonfiksi:
Persamaan:
·
Cover buku
·
Rincian subbab buku
·
Judul subbab
·
Bahasa yang
digunakan
Perbedaan:
·
Isi buku
·
Cara menyajikan
Kunci untuk
keterampilan, sesuai kebijakan guru.
Mengetahui,
Kepala, Guru
Mapel,
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar