RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
SatuanPendidikan : SMPN
….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII/1
Materi Pokok : Teks
Laporan hasil Observasi
Alokasi Waktu : 15 x 40 menit (5
xTM)
A. Kompetensi
Inti
KI-1 :Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2 :Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3:.Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan laporan hasil observasial) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI-4 :Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KompetensiDasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil
observasi yang berupa
buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
|
3.8.1 Menjelaskan hasil telaah terhadap struktur teks laporan hasil
observasi
3.8.2Menjelaskan perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi
3.8.3 Menyimpulkan prinsip penggunaan
kat/kalimat/paragraf pada teks LHO
3.8.4Melengkapi teks laporan hasil observasi sesuai dengan telaah struktur
dan bahasa
3.8.5menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan
dan tanda baca
|
2
|
4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa
buku
pengetahuan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan
atau aspek lisan
|
4.8.1 Merencanakan penulisan teks laporan
hasil observasi
4.8.2 Menulis rangkuman teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan
pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda
baca/ejaan
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1
3.8.1
Setelah membaca teks Laporan Hasil Observasi, Siswa dapat:
1.
menguraikan struktur teks laporan hasil observasi
dengan tepat
2.
Menentukan
struktur teks LHO dengantepat
3.8.2
Setelah membaca teks Laporan Hasil Observasi, Siswa dapat membandingkan struktur
teks LHO dengan teks deskripsi dengan tepat
Pertemuan 2 :
3.8.3 Setelah
membaca teks Laporan Hasil Observasi, Siswa
dapat:
1. Mendaftar istilah pada teks LHO dengan tepat
2. Menelaah untuk melengkapi teks LHO dengan tepat
3. Mengembangkan pola urutan isi dengan tepat
4. Menelaah dan memperbaiki kepaduan paragraf dengan tepat
5. Menyunting kalimat yang mengungkapkan klasifikasi dengan tepat
6. Menyuntung kalimat boros
7. Menelaah prinsip penggunaan kata, kalimat, tanda baca,dan ejaan
8. Siswa dapat menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada
teks laporan hasil observasi
Pertemuan 3 :
3.8.4 Setelah membaca pegembangan pola teks LHO,Siswa dapat melengkapi teks laporan hasil
observasi sesuai dengan telaah struktur dan bahasa dengan tepat
3.8.5
Setelah membaca teks LHO, siswa dapat menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan
dan tanda baca
Pertemuan 4 :
3.8.6
Siswa dapat merencanakan penulisan teks laporan hasil observasi
1.dapat
menentukan topik dengan tepat
2.
menemukan informasi yang yang diperlukan dengan tepat
Pertemuan
5 :
3.8.6.1
Setelah mengumpulkan informasi siswa dapat:
1.
Menata informasi dengan tepat
2.
Memvariasikan kalimat dengan tepat dan
mengembangkan paragraf dengan tepat.
3.
Merevisi teks yang dibuat dengan tepat
4.
merangkuman teks laporan hasil observasi dengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata
kalimat/ tanda baca/ejaan dengan tepat.
Fokus Sikap:
1.
Kejujuran
2.
Tanggung jawab
3.
Kerja sama
4
Materi Pembelajaran
FAKTA :Teks Laporan Hasil Observasi
KONSEP :
1. Struktur
teks Laporan Hasil Observasi
1.
Pernyataan
umum(klasifikasi dan definisi)
2.
Deskripsi bagian
3.
Deskripsi Bagian
4.
Simpulan (boleh
adaboleh tidak)
a.
Pernyataan umum/
klasifikasi umum/ definisi umum;
Pernyataan umum/definisi umum berisi definisi, kelas/ kelompok, keterangan
umum, atau informasi tambahan tentang subjek yang dilaporkan. Pernyataan umum
berisi informasi umum (nama latin, asal usul, kelas, informasi tambahan tentang
hal yang dilaporkan). Ciri bahasa Teks Laporan Hasil Observasi adalah
menggunakan istilah dalam bidang ilmu tertentu, definisi menggunakan adalah dan
merupakan. Penggunaan kata yang sebagai pembeda pada kalimat definisi.
b.
Deskripsi
bagian: berisi perincian bagian- bagian hal yang dilaporkan.
Kalau binatang mencakup ciri fisik, habitat, makanan, perilaku. Kalau
tumbuhanberupa perincian ciri fisik bunga, akar, buah atau perincian bagian
yang lain.Perincian manfaat dan nutrisi juga dipaparkan pada bagian ini. Kalau
yang dilaporkan berupa objek, deskripsi bagian berisi klasifikasi objek dari
berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek, sifat-sifat khusus objek. Ciri
bahasa menggunakan kata khusus dan kalimat-kalimat yang menjelaskan
(memerinci). Deskripsi bagian menggunakan istilah dalam bidang ilmu, kata baku,
dan kalimat efektif. Kata sambung yang digunakan: yaitu, dan, selain itu, di
samping itu, dari segi ...., rincian jenis kelompok pertama, kedua, dan
lain-lain.
c.
Simpulan :berisi ringkasan umum hal yang dilaporkan (simpulan
ini boleh ada dan boleh tidak ada).
Pola pengembangan isi laporan tergantung apa yang
diobservasi. Di bawah
ini contoh-contoh pengembangan isi dalam teks laporan
hasil observasi.
Contoh 1
definisi pantai
uraian jenis pantai dari berbagai segi
manfaat pantai
Contoh 2
definisi dan kelas kunang-kunang
ciri fisik
habitat kunang-kunang
makanan kunang-kunang
ciri unik kunang-kunang
Contoh 3
definisi terumbu karang
habitat terumbu karang
jenis terumbu karang dari segi bentuk
jenis terumbu karang dari segi tempat tumbuh
Menelaah Prinsip Penggunaan Kata, Kalimat,
Tanda Baca dan Ejaan
Penggunaan Huruf Kapital,
Tanda Koma, Tanda Titik pada Teks
Tanda koma (,) dipakai di antara unsur-unsur
dalam suatu perincian ata pembilangan.(dan, ataupun)
Tanda koma dipakai di belakang kata penghubung
antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat (jadi, dengan demikian)
Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama
diri atau nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budayaPulau Seram,
Antartika, Sungai Kapuas
Huruf pertama unsur-unsur
nama geografi yang diikuti nama diri geografi ( Selat
Lombok, Teluk Benggala)
Penggunaan Imbuhan Asing dalam Teks Laporan Hasil
Oservasi
Akhiran -is
memiliki makna ‘bersangkutan dengan’. Akhiran –is
merupakan
adaptasi dari bahasa Belanda dan bahasa Inggris berikut.
Belanda Inggris Indonesia
Technisch technical teknis
Practisch practical praktis
chronologis chchronological kronologis
Contoh
teknis : bersifat atau mengenai (menurut) teknik.
praktis : berdasarkan praktik; mudah dan senangmemakainya.
kronologis : berkenaan dengan kronologi; menurut urutanwaktu.
Biologis : berkenaan dengan biologi
Akhiran -isasi
menyatakan ‘proses atau menjadikan sesuatu’. Akhiran –
isasi
adaptasi dari bahasa Inggris berikut.
Belanda Inggris Indonesia
Specialisatie specialization spesialisasi
globalisatie globalization globalisasi
naturalisatie naturalization naturalisasi
Penggunaan Imbuhan Asing dalam Teks Laporan Hasil
Oservasi
Awalan asing banyak digunakan pada istilah-istilah bahasa Indonesia
terutama untuk laporan hasil observasi (kajian pengetahuan). Kata
yangmenggunakan awalan asing dicontohkan berikut.
Contoh
• antioksidan, antikomunis, antiklimaks, antikarat yang artinya‘melawan’
atau ‘bertentangan dengan’.
• bi- misalnya pada bilateral, bilingual, bikonveks.
Awalan ini artinya‘dua’.
• de- seperti pada dehidrasi, devaluasi, dehumanisasi, deregulasi.Awalan
ini artinya ‘meniadakan’ atau ‘menghilangkan’.
• ekstra- seperti pada ekstrakurikuler, ekstralinguistik, kadang
jugadipakai pada kata-kata bahasa Indonesia sendiri. Contoh: ekstraketat,
ekstrahati-hati. Awalan ini artinya ‘tambah’, ‘diluar’, atau ‘sangat’.
• hiper- misalnya pada hipertensi, hipersensitif. Awalan ini artinya‘lebih’
atau ‘sangat’.
• in- misalnya
pada kata inkonvensional, inaktif, ilegal. Awalan iniartinya ‘tidak’.
• infra-
misalnya pada infrastruktur, inframerah, infrasonik. Awalan iniartinya ‘di
tengah’.
KATA BAKU DAN TIDAK BAKU
Kata
tidak baku disebabkan oleh penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah
penyerapan, tidak sesuai kaidah tata bentukan, dan kosakata daerah.
Contoh
ngumpulkan, ngelihat, ambilin (tidak baku)
mengumpulkan,
melihat, ambilkan (baku)
Mempengaruhi
(tidak baku)
Memengaruhi (baku)
Merubah ( tidak baku)
Mengubah (baku)
hipotesa, analisa (tidak baku)
hipotesis, analisis (baku)
Pengertian Kalimat Efektif
Kalimat efektif
adalah kalimat yang menggunakan kaidah/ strutur bahasa Indonesia dan pilihan
kata baku. Ketidakefektifan kalimat dapat membuat pesan yang disampaikan
pembicara atau penulis tidak sampai sehingga akan beda maknanya saat ditangkap
oleh pendengar atau pembicara.
Unsur-Unsur
kalimat Efektif
Sebuah kalimat
dinyatakan efektif bila mengandung beberapa ciri khas, yaitu kesepadanan
struktur, keparalelan bentuk, ketegasan makna, kehematan kata, kecermatan
penalaran, kepaduan gagasan, dan kelogisan bahasa.
Keparalelan
Keparalelan
adalah kesamaan bentuk kata yang digunakan dalam kalimat itu. Artinya, jika
bentuk pertama menggunakan nomina, maka bentuk kedua dan selanjutnya juga
menggunakan nomina. Begitu pun dengan verba.
Hutan bakau
dikelompokkan berdasarkan pembentukan, pasangsurutnya air, dan cara
memanfaatkan. (kurang paralel)
Hutan bakau
dikelompokkan berdasarkan pembentukan, pasang surutnya air, dan cara
pemanfaatan (paralel)
Hutan bakau memiliki
beberapa manfaat: (a) melindungi pantai dariM abrasi, (b) perlindungan
organisme laut, dan (c) perbaikan ekosistempantai di sekitar hutan bakau. (kurang
paralel) Hutan bakau memiliki beberapa manfaat: (a) melindungi pantai
dari abrasi, (b) melindungi organisme laut, dan (c) memperbaikiekosistem
pantai. (paralel)
Prinsip Kehematan dalam Penggunaan Kalimat
Kehematan
Kehematan adalah
hemat mempergunakan kata, frasa, atau bentuk lain yang dianggap tidak perlu.
Kehematan tidak berarti harus menghilangkan kata-kata yang dapat menambah
kejelasan kalimat. Ada beberapa kriteria penghematan, yaitu:
a. Penghematan dapat dilakukan dengan cara
menghilangkan pengulangan subjek.
Contoh:
Karena ia tidak diundang, dia tidak datang ke tempat
itu. (tidak hemat)
Karena tidak diundang, ia tidak datang ke tempat itu.
(hemat)
b. Penghematan dapat dilakukan dengan cara
menghindarkan pemakaian superordinat pada hiponimi kata.
Contoh:
Ia memakai baju warna merah. (tidak hemat)
Ia memakai baju merah. (hemat)
c. Penghematan kata
dapat dilakukan dengan cara menghindarkan kesinoniman dalam satu kalimat.
Contoh:
Sejak dari pagi dia bermenung. (tidak hemat)
Sejak pagi dia bermenung. (hemat)
Semua itu disebabkan karena kurangnya disiplin.
(tidak hemat)
Semua itu disebabkan kurangnya disiplin. (hemat)
d. Penghematan dapat dilakukan dengan cara TIDAK
menjamakkan kata-kata yang berbentuk jamak.
Contoh:
Para tamu-tamu datang tepat waktu. (tidak hemat)
Para tamu datang tepat waktu. (hemat)
Kecermatan
Kecermatan
adalah bahwa kalimat itu tidak menimbulkan tafsir ganda, dan tepat dalam
pilihan kata.
Contoh:
Mahasiswa perguruan tinggi yang terkenal itu menerima
hadiah. (salah)
Mahasiswa perguruan tinggi terkenal itu menerima
hadiah. (benar)
PRINSIP :
1.
Untuk
memahami strukturTeks laporan hasil observasi kita harus memahami ciri
bagian-bagian teks prosedur beserta karakteristiknya.
2.
Untuk
dapat menyusun teks laporan hasil observasi kita harus memahami rencana
penulisan dan langkah-langkah penulisan
laporan hasil observasi
PROSEDURAL:
a.
Menentukan
struktur teks laporan hasil observasi dan ciri bagian-bagian struktur
b.
Perbandingan
teks laporan hasil observasi dengan teks deskripsi
c.
prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks laporan hasil
observasi
d.
Menetukan
dan memperbaiki penggunaan bahasa dalam teks laporan hasil observasi
e.
Menyusun
rencana penulisan teks laporan hasil observasi
f.
Menulis
teks laporan hasil observasi
5
Metode
Pembelajaran
Pertemuan
1 Saintifik
Pertemuan
2 Inkuiri
Pertemuan
3 Discovery Learning
Pertemuan
4-5 Pembelajaran Bebasis Proyek
6
Media
dan Bahan
Spiker aktif, gambar-gambar objek pengamatan, berbagai
teks laporan observasi,karton, spidol, Alat peraga
7
Sumber
Belajar
Kemdikbud. …Bahasa Indonesia
…Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud,
Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa
Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Permendiknas No. 50 Tahun 2015.
―Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan.
7.8.5.1.1
Internet
8
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
pertama: 3 JP
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru
bertanya-jawab tentang teks laporan hasil
observasi dalam kehidupan sehari-hari.
2. Guru
menampilkan teks Hasil Observasi
3. Bertanya jawab pembelajaran
sebelumnya tentang struktur
teks laporan hasil
observasi dan ciri bagian-bagiannya
4. Mengungkapkan kompetensi dasar
dan indikator yang akan dicapai
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran
dan menyepakati langkah-langkah yang akan dilakukan beserta penilaiannya.
Kegiatan Inti (100 menit) (Saintifik)
1. Siswa berkelompok sesuai kelompok yang sudah
disepakati.
2. Siswa membaca teks laporan hasil observasi dan teks
deskripsi bersama dengan kelompok masing-masing. (mengamati)
3. Siswa dan guru bertanya jawab
struktur teks LHO dan teks deskripsi (bertanya)
4. Siswa merinci teks laporan hasil observasi dan teks deksripsi tersebut
berdasarkan struktur teks serta menyimpulkan ciri bagian-bagian struktur.(mengumpulkan informasi)
5. Menggali informasi tentang struktur dan ciri bagian
teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi ( tanggung jawab)
6. Bersama dengan kelompoknya siswa mendiskusikan tentang
struktur dan ciri bagian teks laporan hasil observasi dan teks dekripsi (kerja
sama)
7. Setiap kelompok menuliskan hasil jawabannya pada
kertas yang sudah disiapkan guru (mengolah
informasi)
8. Kemudian siswa menempelkan jawabannya pada karton yang
sudah disiapkan di papan sesuai pemetaan kelompok (mengomunikasikan)
9. Perwakilan kelompok menyampaikan hasil kerjanya di
depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan.
Kegiatan Penutup
(10 menit)
1) Siswa bersama guru
menyimpulkan butir-butir pokok tentang struktur
dan ciri bagian teks laporan hasil observasi dan teks
deskripsi
2) Siswa bersama guru melakukan
identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran padahari itu.
3) Siswa menerima umpan balik
dalam proses pembelajaran mengenali ciri umum teks laporan hasil observasi
4 ) Guru memberikan motivasi
terhadap semua kelompok tentang hasil kerjanya.
5) Siswa menerima penyampaian
guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman
yang paling mengesankan.
Pertemuan kedua (3JP )
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.
Siswa
menyampaikan penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan
melakukan tanya jawab bersama guru.
2.
Siswa
menerima kompetensi yang akan dicapai yaitu Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat/paragraf pada teks LHO
3.
Siswa
menerima penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan
dilakukan
4.
Guru
menyampaikan lingkup penilaian
b.
Kegiatan Inti (100 menit) Inkuiri
1. Siswa dibentuk kelompok
2. Kelompok menerima penjelasan
mengenai apa yang harus dilakukan dalam kegiatan pembelajaran (tahap Orientasi)
3. Kelompok membaca teks LHO yang mengandung istilah
sulit,struktur bagian yang kurang,pola isi yang tidak urut,Paragraf tidak
padu,dan kalimat boros dan mencoba mengidentifikasinya(tahap
merumuskan masalah)
4.
Guru bertanya tentang mencari istilah sulit,mencari struktur bagian
yang kurang,pola isi yang tidak urut,paragraf yang tidak padu,dan kalimat yang
boros dan Kelompok mencari jawaban sementara (tahap
merumuskan hipotesa)
5. Kelompok mengumpulkan
data/informasi tentang istilah
sulit,struktur teks,urutan pola isi,paragraf padu,dan kalimat boros (tahap mengumpulkan data)
6. Kelompok menentukan jawaban yang dianggap diterima
sesuai data dan informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data dengan
dibimbing guru (tahap menguji hipotesis)
7.
Kelompok mendeskripsikan temuan
yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan dibimbing guru..(tahap merumuskan kesimpulan)
8. Guru menunjukan pada siswa data
mana yang relevan .(tahap merumuskan kesimpulan)
c. Kegiatan Penutup
(10 menit)
1) Siswa difasilitasi guru
membuat butir-butir simpulan tentang Menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/kalimat/paragraf pada teks LHO
2) Siswa bersama guru melakukan
identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3) Siswa menerima penyampaian
umpan balik dalam proses pembelajaran mengenai Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat/paragraf pada teks LHO
4) Siswa menerima penyampaian
kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling
mengesankan.
Pertemuan ketiga: 3 JP
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru
bertanya
jawab untuk
mengetahui penguasaan siswa terhaadap kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya.
2.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai yaitu melengkapi teks laporan hasil observasi sesuai
dengan telaah struktur dan bahasa
3.
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
4.
Guru menyampaikan ruang lingkup penilaian
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1) Siswa berkelompok sesuai kelompok pada pertemuan sebelumnya.
2) Maing-masing kelompok mendapatkan teks laporan hasil observasi
3) Masing_masing kelompok membaca teks
laporan hasil observasi
3) Siswa rmendaftar
istilah-istilah yang ada dalam teks LHO kemudian memassukkan ke dalam table
yang ada( kerja sama )
4 ) Selanjutnya siswa mencari pola
pengembangan urutan isi teks LHO
5) Siswa menelaah dan melengkapi teks LHO (
Terumbu Karang: hal 149 )
6) Siswa mendiskusikan istilah,kalimat yang sesuai untuk melengkapi
teks laporan hasil observasi tersebut
7) Siswa menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
8) Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompok.
9) Masing-masing kelompok membertikan tanggapan atas kerja kelompok tersebut.
Kelompok
lain menanggapi ( Tanggung jawab )
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Guru bersama siswa membuat
butir-butir simpulan tentang melengkapi kalimat pada teks laporan hasil
observasi
2) Guru melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran.
3) Siswa menerima umpan balikguru
dalam proses dan hasil pembelajaran
4) Siswa menerima apresiasi
terhadap hasil kerja kelompok terbaik dengan cara yang bisa memotivasi Siswa.
Pertemuan
keempat:3 JP
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
6.
Guru
bertanya-jawab tentang teks laporan hasil
observasi dalam kehidupan sehari-hari.
7. Guru
menampilkan teks Hasil Observasi
8. Bertanya jawab pembelajaran
sebelumnya tentang
struktur teks laporan
hasil observasi dan ciri bagian-bagiannya
9. Mengungkapkan kompetensi dasar
dan indikator yang akan dicapai
10. Menyampaikan tujuan pembelajaran
dan menyepakati langkah-langkah yang akan dilakukan beserta penilaiannya.
Kegiatan Inti (100 menit) (Pembelajaran Berbasis Proyek)
10. Siswa bersama guru menentukan
tema proyek tentang tentang hewan, tumbuhan, pasar, dan ( penentuan proyek).
11. Siswa membuat kelompok
berdasarkan tema yang telah dibuat. Setiap kelompok terdiri 4-5 siswa) (kerja sama)
12. Setiap kelompok membentuk
pengurus kelompok
13. Setiap kelompok menentukan judul
proyek dari topik yang telah ditentukan
14. Setiap kelompok menentukan
instrumen untuk mengumpulkan informasi, (Perancangan Langkah-langkah
penyelesaian Proyek)
15. Setiap kelompok menentukan cara mengumpulkan informasi, baik melalui
wawancara, observasi, literasi)
16. Setiap kelompok membagi tugas
untuk mengumpulkan informasi
17. Guru bersama siswa menyusun
jadwal perancangan penyelesaian proyek
a. Menentukan jadwal mengumpulkan
informasi
b. Menentukan jadwal pengolahan
informasi
c. Menentukan Jadwal penyusunan teks
LHO
d. Menentukan presentasi teks
laporan
(penyusunan jadwal pelaksanaan proyek)
Kegiatan Penutup
(10 menit)
1) Siswa bersama guru
melakukan refleksi pembelajaran
2) Siswa bersama guru melakukan
identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran padahari itu.
3) Siswa menerima umpan balik
dalam proses penyunanan proyek pembelajaran
4 ) Guru memberikan motivasi
terhadap semua kelompok tentang hasil kerjanya.
5) Siswa menerima penyampaian
guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman
yang paling mengesankan.
Pertemuan kelima (3JP )
c.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
5.
Siswa
menyampaikan penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan
melakukan tanya jawab bersama guru.
6.
Bertanya jawab pengalaman siswa dalam mengumpulkan
informasi
7.
Guru memberikan motivasi dari pengalaman siswa
8.
Siswa
menerima penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan
dilakukan pada pembelajaran ini
d.
Kegiatan Inti (60 menit)
9.
Setiap kelompok mengolah informasi dengan tepat (kejujuran)
menjadi teks LHO, guru memfasilitasi dan memonitoring pekerjaan siswa dalam
menyelesaikan (Penyelesaian Proyek dengan fasilitasi
dan monitoring guru)
10. Setiap kelompok mempresentasikan
Hasil Laporan, siswa yang lain bersama guru menanggapi.
5.
Siswa secara mandiri melakukan rangkuman
teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah
penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan dengan tepat.
6.
Siswa bersama guru melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil proyek dari semua
kelompok (Evaluasi Proses dan Hasil Proyek)
7.
Guru memberikan kesimpulan dari hasil proyek dari semua kelompok
c. Kegiatan Penutup
(10 menit)
1. Siswa
bersama merangkum pembelajaran berbasis proyek bersama guru
2. Siswa bersama guru melakukan
identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3. Siswa melaksanakan Ulangan
Harian (40 Menit)
I.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian sikap sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
b.
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.
Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik Praktik
2.
Instrumen
Penilaian
Pertemun 1,2,3,4, 5
a.
lembar observasi
Jurnal
Perkembangan Sikap Sosial dan Spiritual
Nama
Sekolah : SMPN 1 LPMP 1
Kelas/Semester
: VII/Satu
Tahun
pelajaran : 2016/2017
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
|
Jono
|
|
|
2
|
|
Paimo
|
|
|
b. Pengetahuan
Pertemuan 1
Teknik : Tes Tulis
Bentuk : Uraian
Kisi-kisi :
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Jumlah
soal
|
Teknik
Penilaian
|
1
|
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil
observasi yang berupa
buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
|
Stuktur dan karakteristik bagian- bagian teks
laporan hasil observasi
|
3.8.1 Menjelaskan hasil telaah terhadap struktur teks laporan hasil
observasi
|
2
|
Tes Tulis
Uraian
|
Instrumen
penilaian :
Bacalah Teks berikut!
(terlampir)
Amatilah tabel yang tersedia!
1.
Tentukan struktur teks dari teks laporan hasil
observasi tersebut!
2.
Tentukan ciri-ciri atau karakteristik masing-masing
srtuktur teks!
Pedoman
penskoran
Pedoman
penskoran
No.
|
Aspek dan Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Menentukan
struktur teks
a.
sesuai
b.
kurang sesuai
c.
tidak sesuai
|
3
2
1
|
2.
|
Menetukan ciri-ciri atau karakteristik
masing-masing struktur teks
a. sesuai
b. kurang sesuai
c. tidak sesuai
|
3
2
1
|
Skor
perolehan X 100%
Skor
maksimal
Teknik : Tes Tulis
Bentuk : Uraian
Kisi-Kisi :
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Jumlah
soal
|
Teknik
Penilaian
|
1
|
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil
observasi yang berupa
buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
|
Perbedaan teks laporan hasil observasi dengan teks
deskripsi
|
3.8.2Menjelaskan perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi
|
1
|
Tes Tulis
Uraian
|
Instrumen
Penilaian:
Bacalah kedua
teks berikut!(terlampir)
1.
Tentukan perbedaan dan persamaan teks laporan hasil
observasi dengan teks deskripsi !
Pedoman
penskoran
No.
|
Aspek dan Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Menentukan persamaan
a. Dengan
tepat
b. kurang tepat
c. tidak tepat
|
3
2
1
|
2.
|
Menentukan
perbedaan
8.8.5.1.1.1.10.1
Dengan tepat
b. kurang tepat
c. tidak tepat
|
3
2
1
|
Skor
perolehan X 100%
Skor
maksimal
Pertemuan 2
Teknik :
Tes Tulis
Bentuk :
Uraian
Kisi
–Kisi :
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Jumlah
soal
|
Teknik
Penilaian
|
1
|
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil
observasi yang berupa
buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
|
Bahasa yang digunakan dalam teks laporan hasil
observasi
|
3.8.3Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks
laporan hasil observasi
|
1
|
Tes Tulis
Uraian
|
Instrumen
Penilaian:
Bacalah
Teks laporan hasil observasi berikut
ini! (terlampir)
1.
Simpulkan penggunaan kata /kalimat/paragraph pada
teks tersebut !
Pedoman
penskoran
No.
|
Aspek dan Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Menyimpulkan
pengunaan kata/kalimat/paragraph
a. Sesuai
b. Kurang sesuai
c. Tidak sesuai
|
3
2
1
|
Skor
perolehan X 100%
Skor
maksimal
Pertemuan 3
Teknik :
Tes Tulis
Bentuk :
Uraian
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jumlah soal
|
Teknik Penilaian
|
1
|
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil
observasi yang berupa
buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
|
Teks
laporan hasil observasi rumpang
|
3.8.4Melengkapi teks laporan hasil observasi sesuai dengan telaah struktur
dan bahasa
|
1
|
Tes Tulis
Uraian
|
Instrumen : 1. Bacalah teks
laporan hasil berikut, kemudian perbaikilah berdasarkan penggunaan kata,
kaalimat, ejaan dan tanda baca sehingga menjadi teks yang sesuai dengan EYD!
Pedoman
penskoran
No.
|
Aspek dan Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Pengunaan kata
a.
Sangat bagus
b.
Cukup bagus
c.
Kurang bagus
|
3
2
1
|
2.
|
Penggunaan
kalimat
a.
Sangat tepat
b.
Kurang tepat
c.
Tidak tepat
|
3
2
1
|
3.
|
Penggunaan
ejaan
d.
Sangat tepat
e.
Kurang tepat
f.
Tidak tepat
|
3
2
1
|
4.
|
Penggunaan
tanda baca
a.
tepat
b.
Kurang tepat
c.
Tidak tepat
|
3
2
1
|
Skor
perolehan X 100%
Skor
maksimal
Pertemuan 4-5
Kisi-kisi
Penilaian Proyek
Nama Sekolah : SMP LPMP
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Pelajaran : 2016/2017
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
1
|
4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa
buku
pengetahuan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan
atau aspek lisan
|
Menyusun
Teks LHO
|
Setelah mengumpulkan
informasi siswa dapat:
1. Menata
informasi dengan tepat
2. Memvariasikan
kalimat dengan tepat dan mengembangkan paragraf dengan tepat.
3. Merevisi
teks yang dibuat dengan tepat
4. merangkuman teks laporan
hasil observasi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan
kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan dengan tepat.
|
Proyek
|
Rubrik Penilaian
NO
|
Penilaian
|
Indikator
|
NIlai
|
||||
|
Perencanaan
|
Menentukan Judul
Menyusun instrumen pengumpulan informasi
Menentukan alat informasi
Menyusun usul proyek
|
1
1
1
1
|
2
2
2
2
|
|||
|
Pelaksanaan/pengolahan
|
1. Menata
informasi dengan tepat
2. Memvariasikan
kalimat dengan tepat dan mengembangkan paragraf dengan tepat.
3. Merevisi
teks yang dibuat dengan tepat
4. merangkuman teks laporan
hasil observasi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan
kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan dengan tepat.
|
1
1
1
1
|
2
2
2
2
|
3
3
3
3
|
||
|
Pelaporan
|
Kelengkapan Struktur teks LHO
Penggunaan Kebahasaan
Kemampuan mempresentasikan
|
1
1
1
|
2
2
2
|
3
3
3
|
4
4
4
|
|
Penyekoran pada pelaporan
4= Jika terdapat unsur semua
3= jika terdapat unsur 3
2= jika terdapat unsur 2
1= terdapat unsur 1
Skor
perolehan X 100%
Skor
maksimal
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
|
|
Guru
Mata Pelajaran
|
|
|
|
Lengkap sekali. Terima kasih yah. saya bisa jadikan pedoman untuk jadikan bahan pembelajaran menambah ilmu.
BalasHapus