Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Siklus
1 (KD 3.13 dan 4.13)
Satuan
Pendidikan : SMP ....
Mata
Pelajaran : Bahasa Indoesia
Kelas/semester :
VII/Semester Genap
Materi Pokok : Surat Pribadi dan Surat Dinas
Alokasi Waktu : 3X
Pertemuan (9 jam pelajaran)
A.
KOMPETENSI
INTI
KI-1
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI -2
|
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI-3
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI-4
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.13 Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan,
permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan
surat dinas yang dibaca dan didengar.
|
3.13.1 Menentukan ciri umum surat pribadi dan surat dinas.
3.13.2 Mendata kata/kalimat sebagai ciri surat
pribadi dan surat dinas.
3.13.3 Menentukan
ciri surat pribadi dan surat dinas
3.13.4 Menentukan
struktur surat pribadi dan surat dinas.
3.13.5 Menentukan
perbedaan surat pribadi dan surat
dinas.
|
4.13 Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan,
dan/atau
permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau
diperdengarkan.
|
4.13.1 Menjawab pertanyaan isi
surat pribadi dan surat dinas.
4.13.2 Menyimpulkan dengan
bahasa sendiri isi surat pribadi dan surat dinas.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
1. Siswa dengan kreatif dapat mendata kata/kalimat sebagai ciri surat
pribadi dan surat dinas setelah membaca
surat pribadi dan surat dinas.
2. Siswa dengan ....... dapat menentukan
ciri isi surat
pribadi dan surat dinas
setelah membaca surat pribadi dan surat dinas.
Pertemuan
kedua
1. Siswa dengan
....... dapat menentukan
ciri struktur surat pribadi dan surat dinas
setelah membaca
surat pribadi dan surat dinas
2. Siswa dengan ....... dapat menentukan
perbedaan surat pribadi dan surat dinas
setelah membaca surat pribadi dan surat dinas.
Pertemuan ketiga
1. Siswa dengan
....... dapat menjawab
pertanyaan isi surat pribadi dan surat dinas setelah membaca surat pribadi dan surat dinas
2. Siswa dengan
....... dapat menyimpulkan
dengan bahasa sendiri isi surat pribadi dan surat dinas setelah membaca surat pribadi dan surat dinas, siswa.

D. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Pengetahuan
a.
Pengertian surat pribadi dan surat dinas
b.
Jenis surat pribadi dan surat dinas
c.
Tujuan komunikasi surat pribadi dan surat dinas
d.
Pola pengembangan isi pada surat pribadi dan surat dinas
e.
Struktur surat pribadi dan surat dinas
f.
Karakteristik tiap bagian surat pribadi dan surat dinas
g.
Contoh cara melengkapi surat pribadi dan surat dinas
h.
Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan
tempat,
kalimat rincian
i.
Contoh sinonim dan hiponim pada surat pribadi dan surat dinas
j.
Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar
2. Keterampilan
- Menjawab pertanyaan berkaitan informasi isi surat pribadi dan surat dinas
yang dideskripsikan, apa saja
informasi rincian
Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
- Praktik melengkapi struktur i surat pribadi dan surat dinas (melengkapi bagian
identifikasi/ gambaran umum, deskripsi
bagian)
- Praktik melengkapi kata/ kalimat
- Praktik membuat telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/
ejaan pada surat pribadi dan surat
dinas
E. METODE/ MODEL PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
:
sainifik
2. Metode : tanya jawab, diskusi
3. Model : discovery learning
F. MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Media/Alat/Bahan
Model surat, buku
harian siswa, Kertas manila dan spidol
G. SUMBER BELAJAR
o
Harsiati, Titik. 2014. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII
SMP/MTs. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud Jakarta.
o
Harsiati, Titik. 2014. Buku Guru Bahasa Indonesia. Pusat
Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud Jakarta.
o
Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia
Permendikbud Nomor 20 Tahun 2015.
o
Kamus Besar Bahasa Indonesia.
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Ø Pertemuan pertama (2 X 40 menit)
Kegiatan
|
Langkah-langkah/ Model
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Discovery learning
(64)
|
1)
Guru mengondisikan siswa.
2)
Guru bertanya-jawab
tentang manfaat surat dalam kehidupan
sehari-hari.
3)
Guru memotivasi siswa tentang manfaat mempelajari
surat dalam
kehidupan sehari-hari.
4) Guru membuka contoh model surat
pribadi dan surat dinas.
5)
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran, kompetensi dasar dan indikator yang
akan dicapai.
6)
Guru membangun konteks
untuk menumbuhkan sikap peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama,
proaktif, dan kreatif.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Discovery learning
(64)
|
1)
Siswa menerima
pertanyaan guru tentang ciri surat pribadi dan surat dinas. (Berpikir kritis/Criticalof thinking)
2)
Siswa secara
berkelompok mengamati contoh surat
pada buku materi pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa (244 s.d. 249)
3)
Siswa mendiskusikan
ciri isi dan bahasa surat pribadi dan surat dinas dan Guru
mengamati (Bekerja
sama/Colaboratif)
4)
Siswa mengumpulkan data
berkaitan dengan surat pribadi dan surat dinas.
5)
Siswa mengolah data
dan informasi berkaitan dengan surat pribadi dan surat dinas. (Kreatif/Creatif) di pajang
pada kertas manila.
6)
Siswa menyimpulkan ciri isi dan
bahasa surat pribadi
dan surat dinas
7)
Siswa mempresentasikan hasil
diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi
tanggapan. (Komuikatif/Comunikatif)
|
60
menit
|
Penutup
|
Discovery learning
(64)
|
1) Guru
bersama siswa menyimpulkan tentang hasil
pembelajaran.
2) Siswa menerima umpan balik dalam
proses pembelajaran
3) Guru
bersama siswa melakukan refleksi terkait
pembelajaran
4) Siswa menerima tugas dari guru untuk mencari contoh surat pribadi dan surat
dinas.
5) Siswa dan guru menyepakati materi yang akan dipelajari pada
pertemuan selanjutnya
|
10
menit
|
Ø Pertemuan kedua ( 2 X 40 menit)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Discovery learning
|
1) Guru
mengkondisikan siswa.
2) Guru
bertanya-jawab tentang ciri struktur surat pribadi dan surat dinas.
3) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar dan indikator yang
akan dicapai.
4) Guru membangun konteks untuk menumbuhkan sikap peduli, tanggung jawab, tolerasi , kreatif.
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Discovery learning
|
1)
Siswa membaca kembali
contoh surat pribadi dan surat dinas
2)
Siswa menanya tentang ciri struktur dan perbedaan surat pribadi dengan surat dinas. (Critical thinking)
3)
Siswa mendiskusikan ciri struktur dan perbedaan surat
pribadi dengan surat dinas. (Colaboratif).
4)
Siswa mengumpulkan data
berkaitan dengan ciri struktur dan perbedaan surat pribadi dan surat dinas.
5)
Siswa mengolah data
dan informasi berkaitan dengan ciri struktur dan perbedaan surat
pribadi dan surat dinas. (Creatif)
6)
Siswa menyimpulkan ciri struktur dan perbedaan surat pribadi dengan surat dinas.
7) Siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang ciri struktur dan perbedaan surat pribadi dengan surat dinas. (Comunikatif)
|
55
menit
|
Penutup
|
Discovery learning
|
1) Siswa bersama guru melakukan
refleksi pembelajaran dan menyampaikan manfaat kegiatan pembelajaran hari ini
2) Siswa menerima umpan balik dalam
proses pembelajaran
3) Siswa menerima tugas dari guru untuk dikerjakan di rumah
4) Siswa mendapat penjelasan guru tentang
materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
|
10
menit
|
Ø Pertemuan ketiga ( 3 X 40 menit)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Discovery learning
|
1) Guru
mengkondisikan siswa.
2) Guru
bertanya-jawab tentang cara menyimpulkan isi surat pribadi dan
surat dinas.
3) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar dan indikator yang
akan dicapai.
4) Guru membangun konteks untuk menumbuhkan sikap peduli, tanggung jawab, tolerasi , kreatif’
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Discovery learning
|
1)
Siswa membaca kembali
contoh surat pribadi dan surat dinas
2)
Siswa menanya tentang cara menyimpulkan isi surat
pribadi dan surat dinas. (Critical thinking)
3)
Siswa mendiskusikan cara menyimpulkan
pengembangan surat pribadi dan surat
dinas. (Colaboratif).
4)
Siswa mengumpulkan data
berkaitan dengan simpulan surat pribadi dan surat dinas.
5)
Siswa mengolah data
dan informasi berkaitan dengan simpulan surat pribadi dan surat dinas.
(Creatif)
6)
Siswa menyimpulkan cara menyimpulkan surat pribadi dan surat dinas.
7)
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi menyimpulkan surat pribadi dan surat dinas.
|
55
menit
|
Penutup
|
Discovery learning
|
1) Siswa bersama guru melakukan
refleksi pembelajaran dan menyampaikan manfaat kegiatan pembelajaran hari ini
2) Siswa menerima umpan balik dalam
proses pembelajaran
3) Siswa menerima tugas dari guru untuk dikerjakan di rumah
4) Siswa mendapat penjelasan guru tentang
materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
|
10
menit
|
I. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Bentuk dan Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
o
Sikap
|
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
|
o
Pengetahuan
|
Tes tulis
|
o
Keterampilan
|
Tes Tulis dan lisan
|
J. REMIDIAL DAN PENGAYAAN
a. Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan dengan tutor sebaya dengan materi yang belum dipahami setiap
siswa yang memerlukan remediasi.
Contoh:
b.
Pembelajaran Pengayaan
Pembelajaran pengayaan dilakukan dengan penugasan bagi
siswa yaitu [ ....... ]
menyesuaikan*
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
|
Guru Mata
Pelajaran,
|
|
|
|
LAMPIRAN DAN INSTRUMEN
- Lembar pengamatan sikap
Jurnal
Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Pacitan
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Sikap yang akan ditumbuhkan adalah
Ø Peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleransi, kerjasama, proaktif
dan kreatif
No
|
Waktu
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan
Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ket.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Penilaian Pengetahuan (siklus 1)
a. Kisi-kisi soal
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Indikator
Soal
|
Jumlah Soal
|
1
|
3.13 Mengidentifikasi informasi (kabar,
keperluan, permintaan, dan/atau
permohonan) dari surat pribadi
dan surat dinas yang dibaca dan
didengar.
|
Surat pribadi dan surat dinas
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
1. Disajikan surat pribadi dan surat dinas, siswa dapat menunjukkan pengertian surat pribadi dan surat dinas
|
8
|
2. Disajikan
surat pribadi dan surat dinas, siswa dapat ciri
umum surat pribadi dan surat dinas
|
||||||
3.
Disajikan surat pribadi dan surat
dinas, dapat mendata
kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas
|
||||||
4.
Disajikan surat pribadi dan surat
dinas, siswa dapat menentukan
ciri isi
surat pribadi dan surat dinas.
|
||||||
5.
Disajikan surat pribadi dan surat
dinas, siswa dapat menentukan ciri struktur
surat pribadidan surat dinas
|
||||||
6.
Disajikan surat pribadi dan surat
dinas, siswa dapat menentukan perbedaan
surat pribadi dan surat dinas.
|
b.
Soal :
Bacalah
contoh surat berikut!
Surat 1.
![]() |
Jayapura,
12 November 2015
Salam
sayang untuk Bunda
Bunda,
Edo merindukan Bunda.
Sudah seminggu Edo di Bandung untuk mengikuti
jambore UKS. Di sini
Edo tinggal di asrama bersama teman-teman dari
seluruh Indonesia. Edo
senang belajar dan berteman dengan mereka. Bapak dan
ibu instruktur
sangat ramah dan baik. Edo mendapatkan banyak ilmu
dari mereka.
Meskipun Edo bahagia di sini, Edo tetap merindukan
Bunda. Rindu
masakan
Bunda. Apalagi ada kabar pelatihan UKS diperpanjang hingga tiga hari. Tetapi
Bunda tidak usah khawatir. Edo akan baik-baik saja di sini.
Terimakasih sudah mengizinkan Edo mengikuti
pelatihan ini. Edo akan
segera pulang.
Buah hati Bunda
Edo
Surat 2
![]() |
PANITIA
KEGIATAN PERKEMAHAMAN SABTU DAN MINGGU
(Persami)
PRAMUKA
SMP MUTIARA HARAPAN 1 TUBAN
----------------------------------------------------------------------------------------------
No
: 08/K/UKS 23
November 2015
Lamp
: 1 berkas
Hal:
Permohonan izin
Yth.
Wali Murid Sofia Nazila
Di Tuban
Dengan
Hormat,
Dalam rangka upaya untuk lebih mengenal
lingkungan pantai dan membantu pelestarian lingkungan, Pramuka SMP Mutiara
Harapan 1akan mengadakan perkemahaman Sabtu dan Minggu pada tanggal 5 s.d. 6 Desember 2015 di kawasan pantai
Kelapa, Tuban. Oleh sebab itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu untuk mengizinkan
putra putrinya mengikuti kegiatan Persami tersebut. Sebagai bahan pertimbangan
kami lampirkan jadwal kegiatan.
Terima
kasih atas perhatian dan izin Bapak dan Ibu.
Hormat
kami,
Mengetahui, Ketua
Panitia
Kepala
Sekolah
ttd ttd
Imam Mustaqim, M.Pd Rozik
Ahmad Zaini
Setelah
mengamati dua contoh surat tersebut selanjutnya jawablah pertanyaan berikut
dengan mengisi kolom di bawah ini!
no
|
Pertanyaan
|
jawaban
|
1.
|
Tulislah
pengertian surat pribadi dan surat dinas!
|
……………………………………………………….........
……………………………………………………………..
………………………………………………………….….
……………………………………………………….…….
|
2.
|
Tentukan ciri umum surat pribadi dan surat dinas
|
……………………………………………………….........
……………………………………………………………..
………………………………………………………….….
……………………………………………………….…….
|
3.
|
Datalah kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas
|
……………………………………………………….........
……………………………………………………………..
………………………………………………………….….
……………………………………………………….…….
|
4.
|
Tentukan isi surat (kabar, keperluan,
permintaan, dan/atau permohonan) pribadi dan surat dinas di atas
|
……………………………………………………….........
……………………………………………………………..
………………………………………………………….….
……………………………………………………….…….
|
5.
|
Sebutkan perbedaan surat pribadi dan surat dinas
|
……………………………………………………….........
……………………………………………………………..
………………………………………………………….….
……………………………………………………….…….
|
c.
Rubrik
Penilaian Pengetahuan
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Pengertian
surat
|
o
o
o
o
|
4 = jika
terdapat 4 unsur
3 = jika
terdapat 3 unsur
2 = jika
terdap 2 unsur
1 = jika terdapat 1 unsur
|
2.
|
ciri umum surat pribadi dan surat
dinas yang dibaca dari segi tujuan komunikasi dan bukti
|
o .
o .
o
.
o
|
4 = terdapat 4
unsur
3 = terdapat 3
unsur
2 = terdapat 2
unsur
1 = terdapat 1 unsur
|
3.
|
Data
kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas
|
o
jenis
teks yang berdiri sendiri sebagai teks
o
Alasan
karena teks tersebut tidak berada dalam bentuk teks lain.
o
Bukti
berdiri sendiri dan mempunyai judul teks sendiri dan bukan keterangan atau
penjelasan teks lain.
|
3 = terdapat 3
unsur
2 = terdapat 2
unsur
1 = terdapat 1 unsur
|
4.
|
menyimpulkan isi surat
pribadi dan surat dinas (kabar, keperluan,
permintaan, dan/atau permohonan
|
o
|
4 = terdapat 4
unsur
3 = terdapat 3
unsur
2 = terdapat 2
unsur
1 = terdapat 1 unsur
|
5.
|
Perbedaan
surat pribadi dan surat dinas
|
o
|
6 = terdapat 6
unsur
5 = terdapat 5
unsur
4 = terdapat 4
unsur
3 = terdapat 3
unsur
2 = terdapat 2
unsur
1 = terdapat 1 unsur
|
Penskoran
Skor
akhir = Skor yang diperoleh x
100
Dibagi
skor maksimal (25)
2. Penilaian Keterampilan (siklus 2)
Kisi-kisi
a.
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Indikator
Soal
|
Jumlah Soal
|
1
|
4.13 Menyimpulkan isi (kabar, keperluan,
permintaan, dan/atau permohonan)
surat pribadi dan surat dinas yang
dibaca atau diperdengarkan
|
Surat pribadi dan surat dinas
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Disjikan dua surat
pribadi siswa dapat menjawab pertayaan berkaitan dengan surat
pribadi dan surat dinas.
|
5
|
Disajikan surat pribadi dan surat dinas, siswa dapat menyimpulkan isi (kabar, keperluan,
permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas.
|
b.
Soal
Bacalah surat pribadi berikut dengan cermat, kemudian kerjakan soal
yang menyertainnya.
Surat 1
Malang, 14 November 2015
Salam semangat pelajar!
Apa kabarmu, Ozi?
Ozi saya dengar kotamu sedang di landa bencana asap.
Aku khawatir akan keadaanmu. Apakah kamu baik-baik saja? Apakah kamu dapat
belajar di sekolah tanpa terganggu asap?
Liburan semester ini, Ayahku akan memberikan penyuluhan program Desa
Bebas Api di desamu. Aku diajak oleh ayah agar dapat mengunjungimu. Apakah
kamu ada kesibukan liburan semester ini? Jika tidak, aku akan sangat senang
dapat mengunjungimu.
Sekian
dulu, kutunggu balasanmu.
Sepupu dan sahabatmu,
Fiola
|
Surat 2
Ibu Ratna yang baik,
Ketika surat ini saya tulis, saya
sedang di atas perahu diantar Bapak bersama Pak Guru menuju kecamatan untuk
mengikuti lomba cerdas cermat. Saya bangga mengenakan seragam sekolah yang
Ibu kirim untuk kami. Semua buku yang Ibu sediakan buat kami sangat membantu
untuk belajar ilmu pengetahuan umum. Bapak juga sudah sadar pentingnya
sekolah buat saya. Bapak akan kerja keras supaya saya bisa sekolah di SMA.
Ibu Ratna yang baik, hari ini juga
saya kehilangan sahabat karena dia harus ikut orang tuanya pindah ke
Banjarmasin. Saya sedih, tapi langit biru di atas Danau Jempang telah
menghibur hati yang gundah.
Kedatangan Ibu dan Mister ke tempat
kami membuat saya ingin terus belajar tentang apa saja. Kami memang jauh
berada di pedalaman, kami tak punya cita-cita yang tinggi, kami hanya ingin
bisa berbagi ilmu seperti Ibu dan Mister. Kami tak ingin danau yang indah ini
digusur oleh perusahaan batu bara. Karena itu kami harus pandai.
Salam dari Danau Jempang.
Diah.
|
2. Jawablah pertayaan berikut!
a) Uraikanlah maksud isi surat 1 dan
surat 2 di atas!
Isi surat 1
Isi surat 2
b) Mengapa Fiola mengirim surat kepada
Ozi?
c) Mengapa Diah mengirim surat?
Surat Dinas
Sekolah Menengah Pertama Negeri 43
Jalan Pahlawan Trip II Nomor 102
Makassar
15 April 2015
Hal: Ucapan Terima Kasih
Yth. Pimpinan Museum Hasanuddin
Makassar
Dengan hormat,
Kami mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan dan
layanan pihak Museum Hasanuddin Makassar kepada siswa SMPN 43 saat kegiatan
karya wisata minggu lalu. Kami sangat berterima kasih atas waktu dan
kesabaran menjawab semua pertanyaan siswa kami, dan kesibukan atas kunjungan
kami.
Kami perlu menyatakan bahwa keluarga besar SMPN 43
merasa puas atas kunjungan ke Museum Hasanuddin Makassar. Semoga kerja sama
yang baik ini dapat dilanjutkan di masa mendatang.
Hormat kami,
Kepala Sekolah
Andi Laki Mappang, S.Pd.
|
Surat 2
Jakarta, 20 Mei 2015
Hal: Permohonan Izin a.n. Elfira Kette
Kepada
Yth. Guru Mata pelajaran
Di SMP Negeri 3 Malang
Dengan hormat,
Dengan ini, saya, orangtua Elfira Kette, memohon Bapak
untuk mengizinkan anak kami tidak masuk sekolah pada 25 November 2015 karena
ada kepentingan keluarga.
Demikian surat permohonan izin ini saya buat. Atas
perhatian dan izin yang Bapak berikan, saya ucapkan banyak terima kasih. Tak
lupa kami sekeluarga mengucapkan mohon maaf lahir batin.
Hormat saya,
Lede Kette
|
2. Jawablah pertayaan beriku!
1)
Uraikanlah maksud isi surat dinas di
atas!
2)
Mengapa panitia merasa perlu menulis
surat kepada wali murid?
3)
Mengapa surat permohonan izin tersebut
berbentuk surat dinas? Bukan surat pribadi
4)
Simpulkan dengan bahasamu sendiri isi
surat dinas 1 dan 2 tersebut!
c.
Rubrik
Penilaian Keterampilan
No.
|
Aspek
|
Kreteria
|
Skor
|
1.
|
Jawaban pertanyaan
|
o Empat
pertanyaan dijawab dengan benar *
|
4 = jika terdapat
4 unsur
3 = jika
terdapat 3 unsur
2 = jika
terdapat 2 unsur
1 = jika terdapat 1 unsur
|
2.
|
Menyimpulkan isi
|
o Menyimpulkan
disertai bukti dengan tepat
o Menyimpulkan
disertai bukti namun kurang tepat
o Menyimpulkan
tanpa bukti
|
3 = terdapat 3
unsur
2 = terdapat 2
unsur
1 = terdapat 1 unsur
|
*Menyesuikan
jumlah soal
Penskoran
Skor
akhir = Skor yang diperoleh x
100
Dibagi
skor maksimal (…)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar